Apa yang membuat seorang pengguna internet mau membaca konten di website Anda? Pernahkah Anda berpikir, masih bermanfaatkah konten artikel yang Anda tulis hari ini untuk 5 tahun mendatang? Kedua pertanyaan ini sebenarnya bisa dijawab dengan konten atau artikel evergreen. Nah, seperti apa sebenarnya artikel evergreen? Adakah trik menulis artikel evergreen yang bisa mendatangkan traffic tinggi?

 

Pengertian Artikel Evergreen dan Manfaatnya

Artikel evergreen adalah artikel bertipe timeless, atau tidak memiliki batas waktu dan bisa berguna dalam jangka panjang. Contohnya, artikel tentang bisnis, suatu tipsnya, pendidikan, pengetahuan umum, dan sebagainya. Dengan kata lain, artikel evergreen adalah artikel yang dapat bertahan lama dan akan terus dicari

 

Artikel ini menjadi berguna dan bisa kapan saja dibaca asalkan ditulis dengan kaidah penulisan yang baik dan benar, disertai alur yang rapi dan lengkap. Artikel evergreen yang “berisi” dan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pembaca, sudah bisa dipastikan akan mendatangkan banyak traffic bagi website Anda. 

 

Lantas, bagaimana trik menulis artikel evergreen yang bisa mendatangkan traffic tinggi, terutama pada website bisnis?

 

 

Trik Menulis Artikel Evergreen yang Bisa Mendatangkan Traffic Tinggi

  1. Tentukan dulu Topik yang Tepat sebagai Konten Evergreen

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah topik yang akan dibahas. Konten yang berbentuk question and answer atau yang bisa menjawab pertanyaan “Apa artinya itu?” atau “Kenapa bisa begitu?” biasanya bisa dikategorikan sebagai konten evergreen, asalkan disertai dengan jawaban yang relevan ditambah referensi jika ada. Beberapa contoh topik artikel evergreen:

 

    • Bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal?
    • Kenapa banjir bisa terjadi?
    • Apa arti marketing dan bagaimana cara melakukannya?

 

Konten step by step atau how to juga bisa menjadi topik hangat sebagai artikel evergreen. Alasannya, konten ini bersifatnya dapat menjelaskan secara detail tahapan atau proses melakukan sesuatu, yang dapat menjadi jawaban bagi audiens yang ingin mempelajari sesuatu secara mendalam.

 

Esai atau artikel yang mengulas hasil analisis dapat pula menjadi artikel evergreen jika dilengkapi dengan data riset atau case study.  

 

 

Tema berikutnya yang bisa pula dijadikan konten evergreen, misalnya daftar referensi dalam berbagai tertentu. Contoh: 5 pebisnis sukses di Indonesia, 5 hasil analisis data pengguna internet di Indonesia, dan sebagainya. 

 

Topik lain yang dapat dijadikan artikel evergreen, misalnya tentang parenting, pengembangan diri, public speaking, yang mana konten seperti ini dapat berguna sepanjang waktu dan banyak dicari orang. Mereka tentunya ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik bagi diri sendiri, lingkungan, maupun keluarga.

 

Konten berupa review atau ulasan terkait traveling, beauty, kuliner, produk tertentu, dan lainnya, biasanya juga banyak dicari orang sehingga dapat mendatangkan traffic bagi website Anda. Jika suatu hari nanti ada perubahan data, Anda tinggal melakukan update saja pada artikel-artikel evergreen ini tanpa melakukan banyak perubahan lagi, bahkan tidak perlu menulis artikel baru. Cara ini jauh lebih mudah dan bisa menghemat waktu Anda dalam menyediakan konten berkualitas di website bisnis Anda. 

 

  1. Isi Konten Berupa Penjabaran yang Menarik

Dalam membuat artikel evergreen, Anda harus memperhatikan bagaimana cara membuat pembaca betah membaca artikel yang Anda tulis. Untuk itu, pastikan Anda membuat konten dengan tata bahasa yang menarik, terstruktur, tidak banyak pengulangan dan berbelit-belit.  

 

  1. Pertimbangkan Relevan Tidaknya Konten yang Ditulis

Anda perlu mempertimbangkan jangka waktu konten yang akan Anda buat itu bisa bertahan berapa lama. Apakah konten tersebut akan relevan pada 5 tahun lagi atau bahkan 10 tahun lagi? Apakah konten tersebut membahas topik yang hanya terjadi saat ini atau sesuatu yang sedang menjadi trend saja? 

 

Jika konten tersebut masih bisa relevan untuk jangka waktu yang lama, maka Anda bisa segera mengeksekusinya menjadi satu artikel dengan isi yang lengkap dan detail. Semakin lengkap suatu artikel, maka artikel tersebut bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk dibaca orang, serta bisa pula menempati posisi terbaik di halaman pertama mesin pencari besar seperti Google.

 

 

  1. Share Konten Evergreen Terus Menerus

Agar konten evergreen semakin banyak pembacanya, Anda harus rajin membagikan konten tersebut, baik melalui media sosial, pesan di messenger, atau dengan memasang iklan. Ada banyak media sosial yang sudah menyediakan fitur iklan, yang memungkinkan artikel Anda tersebar secara otomatis dan dapat menjangkau lebih banyak pembaca dari berbagai kalangan, wilayah, bahkan bisa dari luar negeri. Tentu saja untuk memanfaatkan kemudahan dari pemasangan iklan ini, ada biaya yang harus Anda bayarkan. 

 

Cara lain agar artikel Anda bisa mendatangkan lebih banyak pembaca, buatlah jadwal update website yang konsisten, disertai dengan jadwal share di waktu tertentu yang sudah Anda tetapkan sendiri. Jika Anda melakukan hal ini secara berkesinambungan, Anda bisa mendapatkan pembaca setia yang akan dengan senang hati menunggu artikel terbaru rilis dari website Anda. 

 

Apabila tidak ingin terlihat masif dalam membagikan konten yang sama, Anda bisa membagikan konten tersebut dua atau tiga hari sekali. Yang pasti, ingatkan audiens Anda untuk selalu membaca konten evergreen yang telah Anda buat.

 

Itulah trik menulis artikel evergreen yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan traffic tinggi. Selamat mencoba tips dan trik ini dan semoga ulasan ini bermanfaat.