Apa yang muncul di benak Anda saat mendengar kata konten evergreen? Konten evergreen memiliki manfaat yang bagus untuk meningkatkan traffic website secara lifetime. Itu sebabnya, banyak website mengutamakan konten jenis ini demi mendapatkan lalu lintas website yang stabil sepanjang tahun. 

 

Pengertian Konten Evergreen 

Konten evergreen adalah sebuah konten dengan topik atau informasinya merupakan hal-hal yang selalu relevan untuk beberapa tahun ke depan, bahkan tak menutup kemungkinan abadi. Bisa dibilang, konten evergreen ini memiliki tipe konten yang timeless atau tak ada batasan waktu. Namun, tentu saja ada beberapa konten evergreen yang tetap harus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman, sehingga manfaat serta traffic-nya akan selalu mengalir. 

 

Konten evergreen bertolak belakang dengan konten yang sedang tren, kontroversial, viral, atau gosip. Tidak bisa dipungkiri, informasi yang sedang tren, apalagi dikemas dengan judul yang kontroversial bertipe clickbait, akan mendatangkan banyak traffic, tetapi jangka waktu untuk konten-konten seperti ini sangat singkat. Setelah trennya turun, maka traffic website pun ikut turun, kadang bisa sampai tak ada kunjungan pembaca sama sekali.

 

 

Konten Evergreen yang Biasa Dibuat

Umumnya, konten evergreen memuat atau membahas hal-hal umum dan bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi orang lain, seperti konten tentang tutorial atau panduan, daftar referensi, tips dan trik, informasi statis, parenting, pengembangan diri, artikel motivasi dan pengetahuan, atau Frequently Asked Question (FAQ). 

 

Konten evergreen sudah terbukti efektif untuk mendapatkan traffic lebih banyak dengan jumlah yang stabil. Biasanya konten-konten seperti ini menjangkau pembaca dari berbagai tingkatan, profesi, bahkan usia. Bentuk konten tidak selalu harus berupa tulisan / artikel. Anda bisa membuat konten evergreen dalam bentuk video ataupun infografis yang dilengkapi dengan data akurat. Teknik pembuatan konten seperti ini bisa diterapkan sebagai bagian dari digital marketing strategy bagi brand.

 

Konten evergreen akan sangat mudah dibuat jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian khusus di bidang tertentu, sehingga konten yang dibuat lebih berisi dan detail. Anda pun tidak akan merasa bingung dalam menentukan niche atau topik yang akan diangkat.

 

Misalnya, Anda memiliki keahlian di bidang blogging, maka buatlah konten terkait tips dan panduan tentang blogging. Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang menguasai desain, fotografi, pembuatan website, sosial media, dan sebagainya. Semakin berbobot konten yang Anda buat, semakin betah pembaca berada di situs Anda, dan mereka tak segan untuk kembali mencari informasi yang mereka butuhkan di website milik Anda. 

 

 

Formula Membuat Konten Evergreen

Jika Anda masih bingung dalam membuat konten tipe evergreen ini, berikut beberapa kata yang ampuh untuk memulai sebuah konten evergreen. Misalnya: cara membuat artikel SEO, tips agar branding companies berhasil, 10 rahasia mengoptimalkan Search Engine Marketing, dan masih banyak lagi. Intinya, membuat konten evergreen sebaiknya menggunakan formula how to.

 

Dari formula di atas, Anda bisa mengembangkannya kembali menjadi lebih banyak konten menarik yang bisa memikat pembaca untuk terus datang ke website Anda. 

 

Konten Evergreen, Manfaatnya Bagus untuk Peningkatan Traffic Website secara Lifetime

Ada banyak manfaat bagi sebuah website yang memiliki konten evergreen, di antaranya sebagai berikut: 

 

  • Timeless atau Tak Lekang oleh Waktu. 

Informasi yang disajikan selalu relevan. Pembaca bisa berkunjung kapanpun mereka membutuhkan informasi, kemudian mempraktikkan isi di dalamnya. Hal ini bagus jika diterapkan pada website marketing company.

 

  • Memiliki Posisi Stabil di Mesin Pencari

Konten evergreen seringkali bisa mendapatkan posisi yang bagus untuk waktu yang lama di mesin pencari karena termasuk konten favorit. Syarat agar posisi konten ini tak tergeser dengan konten lain, Anda harus sering melakukan pembaharuan informasi yang ada di dalam konten sehingga tetap sesuai dengan perkembangan terkini.  

 

  • Menjadi Sumber Backlink Organik. 

Jika konten Anda disukai dan berhasil membantu seseorang, tak menutup kemungkinan orang tersebut akan menjadikan konten Anda sebagai sumber referensi. Kemudian, mereka dengan senang hati akan merekomendasikan konten itu kepada orang-orang di dalam jaringan mereka yang kebetulan membutuhkan informasi yang sama. 

 

 

  • Topik Bahasan Lebih Organik.

Anda tidak perlu bingung menentukan topik atau bahasan untuk konten evergreen yang ingin Anda buat karena Anda bisa mengambil ide dari kehidupan dan aktivitas sehari-hari yang secara umum juga akan dialami oleh orang lain. Semakin lengkap bahasan di dalam konten evergreen yang Anda buat, akan semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda. 

 

  • TrafficWebsite Tetap Ramai

Website Anda akan tetap ramai dan memiliki pembaca setia karena mereka sudah tahu ada banyak konten di website Anda yang bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Otomatis, traffic website Anda pun akan terjaga, bahkan dapat meningkat dari waktu ke waktu. Anda juga bisa melengkapi website Anda dengan tambahan channel YouTube atau Podcast sebagai bonus dan strategi digital marketing berikutnya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika website Anda memiliki konten evergreen. Walaupun harus diakui, dalam membuat satu konten yang bagus dan baik itu membutuhkan upaya lebih besar, namun seharusnya jerih payah Anda akan terbayar dengan meningkatnya traffic ke website Anda. Traffic meningkat, kunjungan pembaca banyak, otomatis iklan digital apa pun yang Anda sertakan di website tersebut bisa sampai kepada banyak orang.