Ingin tahu lebih banyak tentang konten evergreen? Simak yuk penjelasan lengkapnya dalam ulasan artikel Knowledge kali ini.
Pengertian Konten Evergreen
Konten evergreen adalah jenis konten dengan topik atau informasi yang tetap relevan untuk dibaca hingga beberapa tahun ke depan, bahkan lifetime.
Bisa dibilang, konten evergreen adalah tipe konten yang timeless atau tak ada batasan waktu.
Meski begitu, tetap perlu ada pembaharuan pada konten evergreen supaya bisa mengikuti perkembangan zaman, bermanfaat bagi pembaca, serta terus bisa mendatangkan traffic menuju website.
Contoh topik konten evergreen, seperti cara kaya, tips sehat, panduan menabung, mengatasi masalah keuangan, ide bisnis dari rumah, dan sebagainya.
Konten evergreen bertolak belakang dengan konten yang sedang tren, kontroversial, viral, atau gosip. Yah walaupun tak bisa dipungkiri, informasi yang sedang tren, apalagi dikemas dengan judul yang kontroversial bertipe clickbait, konten bisa mendatangkan banyak traffic.
Tetapi biasanya konten yang isinya berdasarkan tren seperti ini memiliki jangka waktu yang sangat singkat.
Setelah trennya turun, traffic website pun ikut turun. Kadang bisa sampai tak ada kunjungan pembaca sama sekali.
Jenis Konten Evergreen yang Bisa Anda Buat
Umumnya, konten evergreen memuat atau membahas hal-hal umum dan bisa menjadi solusi untuk membantu audiens menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
Beberapa jenis konten evergreen yang bisa Anda buat, seperti konten tentang tutorial atau panduan, daftar referensi, tips dan trik, informasi statis, parenting, pengembangan diri, artikel motivasi dan pengetahuan, atau Frequently Asked Question (FAQ).
Konten evergreen sudah terbukti efektif untuk mendapatkan traffic lebih banyak dengan jumlah yang stabil.
Biasanya konten-konten seperti ini mampu menjangkau pembaca dari berbagai tingkatan, profesi, bahkan usia.
Bentuk konten tidak selalu harus berupa tulisan / artikel. Anda bisa membuat konten evergreen dalam bentuk video, carousel foto yang ditayangkan di website, hingga infografis yang dilengkapi dengan data akurat.
Teknik pembuatan konten seperti ini bisa diterapkan sebagai bagian dari digital marketing strategy bagi brand.