knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Konten Evergreen Tips Meningkatkan Traffic Website secara Lifetime

10 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 11.588  
Digital Marketing

Konten Evergreen Manfaatnya Bagus Untuk Meningkatkan Traffic Website Secara Lifetime

Apa yang muncul di benak Anda saat mendengar kata konten evergreen? Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau membuat konten evergreen, seperti dapat meningkatkan traffic website secara lifetime hingga posisi situs lebih stabil di mesin pencari.

Itulah sebabnya, banyak pemilik website mengutamakan konten jenis ini demi performa situs yang terjaga dengan baik.

Ingin tahu lebih banyak tentang konten evergreen? Simak yuk penjelasan lengkapnya dalam ulasan artikel Knowledge kali ini. 

Pengertian Konten Evergreen 

Konten evergreen adalah jenis konten dengan topik atau informasi yang tetap relevan untuk dibaca hingga beberapa tahun ke depan, bahkan lifetime.

Bisa dibilang, konten evergreen adalah tipe konten yang timeless atau tak ada batasan waktu. 

Meski begitu, tetap perlu ada pembaharuan pada konten evergreen supaya bisa mengikuti perkembangan zaman, bermanfaat bagi pembaca, serta terus bisa mendatangkan traffic menuju website.

Contoh topik konten evergreen, seperti cara kaya, tips sehat, panduan menabung, mengatasi masalah keuangan, ide bisnis dari rumah, dan sebagainya.

Konten evergreen bertolak belakang dengan konten yang sedang tren, kontroversial, viral, atau gosip. Yah walaupun tak bisa dipungkiri, informasi yang sedang tren, apalagi dikemas dengan judul yang kontroversial bertipe clickbait, konten bisa mendatangkan banyak traffic.

Tetapi biasanya konten yang isinya berdasarkan tren seperti ini memiliki jangka waktu yang sangat singkat. 

Setelah trennya turun, traffic website pun ikut turun. Kadang bisa sampai tak ada kunjungan pembaca sama sekali.

Jenis Konten Evergreen yang Bisa Anda Buat

Umumnya, konten evergreen memuat atau membahas hal-hal umum dan bisa menjadi solusi untuk membantu audiens menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Beberapa jenis konten evergreen yang bisa Anda buat, seperti konten tentang tutorial atau panduan, daftar referensi, tips dan trik, informasi statis, parenting, pengembangan diri, artikel motivasi dan pengetahuan, atau Frequently Asked Question (FAQ). 

Konten evergreen sudah terbukti efektif untuk mendapatkan traffic lebih banyak dengan jumlah yang stabil. 

Biasanya konten-konten seperti ini mampu menjangkau pembaca dari berbagai tingkatan, profesi, bahkan usia. 

Bentuk konten tidak selalu harus berupa tulisan / artikel. Anda bisa membuat konten evergreen dalam bentuk video, carousel foto yang ditayangkan di website, hingga infografis yang dilengkapi dengan data akurat. 

Teknik pembuatan konten seperti ini bisa diterapkan sebagai bagian dari digital marketing strategy bagi brand.

Cara Mudah Membuat Konten Evergreen 

Konten evergreen akan sangat mudah dibuat jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian khusus di bidang tertentu, sehingga isi konten lebih depth, informatif, detail. Anda pun tidak akan merasa bingung dalam menentukan niche atau topik yang akan diangkat.

Misalnya, Anda memiliki keahlian di bidang blogging. Anda bisa membuat tips dan panduan tentang blogging, misalnya. 

Hal yang sama juga berlaku kalau Anda menguasai desain, fotografi, pembuatan website, berpengalaman mengelola sosial media, dan sebagainya. Semakin berbobot konten yang Anda buat, semakin betah pembaca berada di situs Anda. 

Pada akhirnya, audiens yang merasa konten Anda bermanfaat tak segan untuk membagikannya ke jaringan pertemanan mereka, atau kelak berkunjung lagi ke situs Anda saat mereka mencari informasi tertentu. 

Formula Membuat Konten Evergreen

Jika masih bingung dalam membuat konten tipe evergreen, berikut beberapa kata ampuh untuk memulai sebuah konten evergreen. Misalnya: 

Intinya, membuat konten evergreen sebaiknya menggunakan formula how to. Menggunakan formula ini memungkinkan Anda mengembangkan satu topik jadi banyak konten menarik yang bisa memikat pembaca untuk terus datang ke website Anda. 

Manfaat Konten Evergreen untuk Meningkatkan Traffic Website

Ada banyak manfaat bagi website yang memiliki banyak konten evergreen, di antaranya sebagai berikut: 

1. Timeless atau Tak Lekang oleh Waktu

Informasi yang disajikan selalu relevan. Pembaca bisa berkunjung kapanpun mereka membutuhkan informasi, kemudian mempraktikkan isi di dalamnya. Hal ini bagus jika diterapkan pada website marketing company.

2. Memiliki Posisi Stabil di Mesin Pencari

Konten evergreen seringkali mendapatkan posisi page one di SERP untuk waktu yang lama, karena masuk dalam kategori konten favorit.

Syarat agar posisi konten ini tak tergeser dengan konten lain, yaitu:

  • Anda harus sering melakukan pembaharuan informasi yang ada di dalam konten.
  • Memastikan isi konten bermanfaat bagi audiens.
  • Menggunakan query yang banyak digunakan audiens melakukan pencarian di mesin pencari.
  • Isi konten bisa menjawab user frustration dan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan mereka.

3. Menjadi Sumber Backlink Organik 

Jika konten Anda disukai dan berhasil membantu seseorang, tak menutup kemungkinan orang tersebut akan menjadikan konten Anda sebagai sumber referensi. 

Kemudian, mereka dengan senang hati akan merekomendasikan konten itu kepada orang-orang di dalam jaringan mereka yang kebetulan membutuhkan informasi yang sama. 

4. Topik Bahasan Lebih Organik

Anda tidak perlu bingung menentukan topik atau bahasan untuk konten evergreen yang ingin Anda buat. Sebab, ada banyak ide yang bisa Anda ambil dari kehidupan sehari-hari atau permasalahan yang banyak orang hadapi.

Semakin lengkap bahasan di dalam konten evergreen yang Anda buat, akan semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda. 

5. Traffic Website Tetap Ramai

Website akan tetap ramai dan memiliki pembaca setia karena mereka sudah tahu ada banyak konten di website Anda yang bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang mereka hadapi. 

Otomatis, traffic website Anda pun akan terjaga, bahkan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa melengkapi website Anda dengan tambahan channel YouTube atau tautan menuju Podcast sebagai bonus. Lengkapi juga dengan call to action yang menarik ya.

Ini menjadi salah satu strategi digital marketing berikutnya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau di dalam website bisnis banyak memiliki konten evergreen. Agar konten yang Anda buat menarik, coba ikuti Tema Konten Evergreen Tahun Ini dan Cara Jitu Membuat Konten Evergreen yang Bisa Meningkatkan Traffic Website.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER