Menjalankan bisnis dari rumah adalah impian banyak orang. Tidak perlu memakai pakaian formal dan diatur-atur oleh bos. Selain itu, Anda juga tak perlu terikat waktu dalam bekerja. Belum lagi ada banyak ide bisnis dari rumah yang bisa dijalankan siapa pun, asalkan punya konsep bisnis yang jelas dan memiliki kemampuan untuk menjalankannya. Hal paling utama adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut dengan modal seminimal mungkin. 

 

Namun sebenarnya, kemunculan ide bisnis yang dapat dijalankan dari rumah memerlukan  eksperimen, waktu, uang, dan resiko. Ide bisnis yang baik harus berasal dari ide yang matang dan penuh perencanaan. Ada tujuan dan gambaran yang jelas tentang bagaimana ide tersebut dieksekusi.

 

5 Ide Bisnis dari Rumah yang bisa Dijalankan Siapa pun

Bisnis dari rumah memerlukan usaha dan kerja keras. Anda harus membangun brand  sendiri, memperkuat jaringan marketing, mengelola keuangan, mengatur kerja karyawan jika akhirnya Anda membutuhkan bantuan karyawan. Berikutnya, Anda juga perlu menyediakan layanan terbaik agar pelanggan datang dan semakin bertambah banyak. Berikut ini  beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal kecil.

 

  1. Menjadi Dropshipper

Bisnis online yang satu ini merupakan salah satu bisnis paling mudah untuk dijalankan. Tidak perlu modal dan menyediakan tempat untuk menyimpan barang. Anda hanya perlu melakukan promosi barang dagangan dengan cara seefektif mungkin di media sosial. Jika ada penjualan, maka Anda tinggal melakukan order ke supplier. Selanjutnya, barang akan langsung dikirimkan oleh supplier kepada pembeli.

 

Meskipun sistem penjualannya mudah, tentu ada yang namanya persaingan ketat dalam  mendapatkan pembeli, mengingat produk yang Anda jual juga kemungkinan besar dijual oleh orang lain. Untuk itu, Anda memerlukan teknik penjualan yang tepat sasaran. 

 

Dalam sistem dropshipper, sebaiknya Anda mengumpulkan barang-barang dari satu atau lebih supplier untuk menghindari kekosongan stok dan juga membangun ciri khas tertentu. Dengan menyasar target konsumen yang lebih spesifik, Anda lebih mungkin menghasilkan pendapatan dari bisnis dropship ini.

 

 

  1. Bisnis Kuliner Sehat

Bisnis kuliner akan selalu menjadi bisnis yang laris manis, terutama jika Anda memiliki keahlian dalam bidang memasak. Sebagai salah satu kebutuhan primer, dunia kuliner akan selalu hidup. Karena itulah, memulai bisnis kuliner dapat dipertimbangkan sebagai ide bisnis rumahan.

 

Jika ingin menyasar ke ranah baru bidang kuliner, cobalah bisnis kuliner sehat. Anda dapat memadu-padankan resep diet yang dibutuhkan banyak orang, seperti diet vegetarian, diet keto, dan semacamnya. 

 

Percaya atau tidak, bisnis kuliner justru semakin berkembang dari tahun ke tahun. Apalagi di saat pandemi ini, justru bisnis kuliner seolah menjadi garda terdepan dalam menyediakan makanan untuk masyarakat yang membatasi diri dari kerumunan.

 

  1. Kursus Privat Online

Jika Anda memiliki skill atau sertifikasi khusus, pertimbangkan untuk menggunakan pengetahuan akan kemampuan tersebut dengan cara membuka kursus privat. Apalagi dengan kondisi pandemi yang mengharuskan semua orang untuk tetap dirumah, Anda akan mendapat keuntungan dengan mengajar secara online.

 

 

Cara terbaik menjual skill, Anda dapat mempromosikan kelas privat dengan memanfaatkan media sosial agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. Anda tinggal maksimalkan pembuatan konten promosi di media sosial, membuat caption yang menarik perhatian, dan sebagainya. Namun, jika Anda lebih tertarik untuk meraih audiens yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk mencoba bergabung dalam platform kursus online yang saat ini sudah banyak tersedia di dunia maya.   

 

  1. Menjadi Penulis Lepas (Content Writing)

Memiliki kemampuan menulis mempunyai banyak manfaat di zaman sekarang. Ada banyak usaha yang memerlukan penulis lepas sebagai partner bisnis, mulai dari start-up, badan pemerintahan, perusahaan, bahkan sampai influencermembutuhkan penulis lepas untuk membangun kredibilitas dan brand mereka. Penulis lepas diharapkan dapat membuat konten yang menarik dan dapat bersaing di antara konten lainnya di internet, sehingga dapat menaikkan popularitas brand tersebut. 

 

Mulailah bisnis Anda sebagai penulis lepas dengan membangun personal branding, kemudian perluas jaringan network yang baik dengan bisnis atau perusahaan lokal dan tawarkan jasa kepenulisan Anda. Anda juga dapat memulai dengan bergabung di komunitas penulis / blogger lokal untuk mengasah kemampuan dan belajar tentang strategi marketing penulis lepas.

 

  1. Menjual Desain dengan Sistem Print-on-Demand

Jika memiliki kreativitas yang tinggi dan punya kemampuan dalam hal desain, Anda mungkin dapat mengembangkannya menjadi peluang yang menghasilkan uang. Anda dapat menuangkan kreativitas dalam kanvas tak terbatas, mulai dari t-shirt, topi, case handphone, tote bag, dan lainnya.

 

 

Anda tidak perlu khawatir barang desain tidak laku di pasaran, karena Anda dapat menggunakan sistem print-on-demand atau mencetak sesuai permintaan. Anda tinggal jalin saja kerjasama dengan supplier percetakan untuk mencetak desain ketika ada pesanan yang masuk. Dengan sistem ini, Anda dapat meminimalisir kerugian dalam berbisnis.

 

Ada banyak platform print-on-demand yang dapat dijangkau, mulai dari lokal sampai nasional. Jangan lupa untuk mengorder sampel cetakan dari desain sendiri untuk memastikan hasil cetakan produk Anda.

 

Kelima ide bisnis dari rumah dalam artikel ini hanyalah kepingan kecil dari banyaknya ide bisnis lain yang dapat dikerjakan dari rumah. Anda hanya perlu berpikir kreatif dan rajin membaca pasar sehingga dapat mengembangkan bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang  dimiliki.