Sejak awal pandemi sudah banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan karena pendapatan perusahaan semakin menurun. Hal inilah yang membuat bermunculannya bisnis baru. Beberapa ide usaha yang mulai berkembang tersebut sangat bervariasi. Selain itu, tidak sedikit pula pebisnis yang ingin memiliki pendapatan tambahan, sehingga membuka bisnis baru.

 

Jika Anda adalah salah satu dari pebisnis yang sedang ingin mengembangkan usaha ekonomi kreatif, maka Anda wajib mencari tahu ide bisnis kreatif yang menguntungkan tahun ini. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai ya.

 

9 Ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Kini

 

 

  1. Reseller Olshop

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah menjadi reseller olshop atau online shop. Tahukah Anda bahwa kini masyarakat Indonesia lebih menyukai berbelanja secara online. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis. Anda cukup mendaftarkan diri menjadi reseller di salah satu toko online yang menjual produk menjanjikan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menjadi perantara antara supplier dan pembeli.

 

  1. Bisnis Toko Online

Selain menjadi reseller, Anda juga bisa secara langsung membuka bisnis toko online milik Anda sendiri. Pertama, tentukan dulu jenis produk apa yang akan dijual. Lalu, pilih platform yang akan Anda gunakan untuk berbisnis. Selain itu, membuka toko online sangat mudah karena Anda bisa pula bergabung di marketplace atau di e-commerce yang sudah ada. Bisnis online diyakini sangat menguntungkan dan memiliki kelebihan serta manfaat yang luar biasa daripada berbisnis secara offline.

 

  1. Bisnis Makanan Ringan

Berbisnis di bidang makanan ringan menjadi ide usaha selanjutnya yang harus Anda coba. Makanan ringan tidak pernah sepi peminat, apalagi jika Anda berhasil menciptakan inovasi produk makanan yang baru dan menarik pelanggan, dijamin bisnis Anda tidak akan gagal.

 

Bisnis makanan ringan termasuk bisnis rumahan modal kecil, dan menjadi salah satu bisnis yang meroket selama masa pandemi. Untuk memulai bisnis makanan ringan ini, Anda memang benar hanya membutuhkan modal kecil dulu. Lalu, perhatikan pengemasan makanan. 

 

Setelahnya, tinggal lakukan promosi dan pemasaran dengan menggunakan media sosial, menjual di toko online, atau bekerja sama dengan vendor penjualan lain, seperti Go Food, Grab, dan sebagainya. Jangan lupa, usahakan mendapatkan online review yang positif dari pelanggan, untuk memancing lebih banyak pelanggan lainnya.

 

 

  1. Kursus Online 

Kursus online juga tidak kalah menjanjikannya untuk dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Di era serba digital seperti sekarang, seluruh aspek kehidupan sudah go online. Maka tidak menutup kemungkinan, bisnis kursus online yang Anda jalankan akan berkembang dengan pesat. Jadi, tunggu apalagi?

 

  1. Jasa Pembuat Website

Jika Anda ahli di bidang membuat website, maka tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ekonomi kreatif yang satu ini. Kini, hampir setiap orang memiliki website pribadi, bahkan para pebisnis UMKM, UKM, atau brand besar, juga membutuhkan situs bisnis untuk bisa memasarkan produk dan layanan mereka secara online. 

 

Dalam menjalankan bisnis jasa pembuatan website, Anda bisa bekerja sama dengan Redcomm digital marketing agency Jakarta yang sudah membantu banyak brand untuk go online. Salah satu layanan bisnis digital agency ini adalah digital marketing websites, creative agency websites, internet marketing services, online advertising companies, local advertising, dan masih banyak lagi. Bekerja sama dengan Tim Redcomm, jelas akan sangat menguntungkan Anda.

 

  1. Bisnis Tanaman Hias

Untuk mencegah pemanasan global, Anda bisa membantu dengan membuka bisnis yang bergerak di bidang tanaman hias. Peminat tumbuhan hias juga tidak pernah sepi, sehingga bisnis Anda akan terjamin jika bergerak di bidang ini.

 

  1. Pembuat Konten

Selain beberapa ide usaha di atas, Anda bisa mencoba menjadi seorang pembuat konten. Content creator di zaman sekarang tidak pernah sepi job karena sudah banyak platform yang menjadi wadah bagi pekerja di bidang ini untuk berkreasi. Anda bisa menjadi pembuat konten di YouTube, TikTok, atau bahkan menjadi penulis blog atau blogger.

 

 

  1. Laundry

Bisnis kreatif yang selanjutnya adalah membuka usaha laundry kiloan. Jasa pencuci baju yang satu ini memang sudah hadir sejak lama. Meskipun sudah banyak pebisnis yang membuka usaha laundry, tetap saja kehadiran bisnis ini dibutuhkan masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Dengan kata lain, bisnis ini masih memiliki peluang yang menguntungkan dan layak untuk dicoba.

 

  1. Desain Grafis

Jasa desain juga sedang naik daun di zaman sekarang. Hal ini karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain untuk membuat materi promosi atau iklan marketing. Jadi ketika Anda mencoba ide usaha yang satu ini dijamin Anda akan banjir job. Apalagi bayaran yang diterima setiap proyeknya akan sangat menguntungkan Anda. 

 

Nah itulah 9 ide bisnis kreatif yang menguntungkan tahun ini dan bisa Anda coba. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat membantu Anda dalam merintis dan memulai bisnis.