knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Digital Ecosystem...

Digital Ecosystem Checkup: Apa Itu dan Kenapa Brand Anda Membutuhkannya?

25 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 364  
Bisnis

Digital Ecosystem Checkup Redcomm

Sebelum membahas secara detail mengenai apa itu Digital Ecosystem Checkup (DEC), ada baiknya Anda paham dulu kondisi yang saat ini dihadapi para pebisnis dan marketer di seluruh dunia.

Dunia digital bisa diibaratkan seperti satu lahan yang penuh dengan penjual dan pembeli. Setiap penjual menginginkan sebanyak mungkin pembeli. 

Di saat yang sama, pembeli yang dibombardir dengan informasi produk dan brand akhirnya hanya memilih brand yang paling sering mereka dengar, lihat, atau yang banyak “interaksi” dalam kehidupan mereka.

Dari analogi di atas, Anda pasti bisa memahami dengan jelas, berapa pentingnya “terlihat” dan “terdengar” memberi dampak besar yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Itulah sebabnya, brand Anda harus memiliki performa dan visibilitas yang bagus di ekosistem digital agar konsumen sering melihat, mendengar, dan bisa berinteraksi terus dengan brand Anda.

Tetapi dalam implementasinya pun tidak bisa sembarangan. Ini bukan tentang banyak-banyakan publikasi konten. Bukan pula tentang “bakar uang” untuk iklan yang jor-joran.

Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin terlebih dahulu melalui Digital Ecosystem Checkup gratis yang Redcomm Indonesia sediakan untuk tahu kondisi aset digital yang saat ini Anda miliki. 

Hasil dari pemeriksaan inilah yang nanti jadi dasar implementasi strategi yang lebih baik agar bisnis Anda bisa memenangkan persaingan di pasar digital.

Apa Itu Digital Ecosystem Checkup (DEC)?

Digital Ecosystem Checkup (DEC) mirip dengan pemeriksaan kesehatan pada tubuh. Ketika melakukan tes kesehatan, Anda akan mendapatkan gambaran tentang kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, kan?

Nah, kalau mengikuti program Digital Ecosystem Checkup (DEC), Anda bisa mendapatkan pengetahuan terkait seberapa kuat dan seimbangnya ekosistem digital Anda. 

Hal ini karena tim Redcomm Indonesia akan membantu brand melakukan “diagnosis” menyeluruh terhadap aset digital brand, mulai dari searchability, discoverability, credibility, reachability, hingga purchasability.

Setelah proses DEC selesai, tim Redcomm akan memberikan rekomendasi, perbaikan atau fokus kekuatan apa saja yang diperlukan, untuk mengoptimalkan online presence dan visibilitas brand di dunia digital, sekaligus memperkuat daya saing brand Anda terhadap kompetitor.

Mengapa DEC Penting untuk Brand Anda?

1. Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan Digital Brand Anda 

Berdasarkan pengalaman tim Redcomm Indonesia mendampingi lebih dari 500++ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000+ digital campaign selama lebih dari 23 tahun, masih banyak perusahaan di Indonesia belum memiliki strategi digital yang jelas. 

Itulah sebabnya, Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia menyediakan fasilitas Digital Ecosystem Checkup sehingga Anda bisa menemukan titik lemah yang sebelumnya tidak terlihat, serta memaksimalkan kekuatan yang ada.

2. Meningkatkan Kompetisi dengan Brand Lain

Pasar digital sangat kompetitif, sehingga meningkatkan SEO dan kehadiran organik menjadi prioritas utama yang tak bisa Anda abaikan.

DEC akan membantu brand Anda memahami posisi di antara kompetitor dan memberikan strategi untuk tetap kompetitif dan berpotensi memenangkan pasar.

3. Mengoptimalkan Konversi Penjualan

User experience atau pengalaman pelanggan yang mulus dari pencarian brand Anda hingga pembelian sangat penting. 

Apalagi di era digital seperti sekarang, lebih dari 80% konsumen menganggap pengalaman yang mereka dapatkan saat berinteraksi dengan brand sama pentingnya dengan fungsi dan kualitas produk maupun layanan yang mereka dapatkan.

Maka, mengikuti program DEC akan sangat memudahkan Anda mengidentifikasi hambatan dalam customer journey, bahkan Anda bisa mendapatkan solusi serta strategi terbaik untuk melakukan perbaikan dan peningkatan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Anda pasti sudah paham, kan, kalau konsumen era modern cenderung melakukan pembelian pada brand yang sudah mereka percayai?

Di sinilah elemen credibility dari DEC mengambil peran penting sehingga Anda bisa memperkuat kepercayaan di seluruh touchpoint digital brand Anda.

Mendapatkan Digital Ecosystem Checkup dari Redcomm sangat mudah. Setiap bulan, Redcomm Indonesia menyediakan 5 kuota gratis bagi brand terpilih. 

Jika tertarik, klik tautan berikut: Digital Ecosystem Checkup dan kami akan mengirimkan hasil checkup dalam bentuk PDF ke email Anda.

Digital Ecosystem Checkup (DEC) dari Redcomm akan membantu Anda menemukan semua data penting tersebut. Hasilnya nanti akan Anda terima dalam bentuk laporan PDF yang detail ke email kerja Anda, sekaligus tersedia berbagai insight tentang performa digital brand Anda.


Karena kuota gratis per bulan hanya untuk 5 brand terpilih, maka ketika menemukan artikel ini, jangan sia-siakan kesempatan Anda. Langsung daftarkan brand Anda untuk mendapatkan Digital Ecosystem Checkup atau Anda bisa klik banner di bawah ini.



Apa itu Digital Ecosystem Checkup

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER