Di dunia digital, ada banyak model bisnis yang bisa dicoba dan tentunya bisa memberikan keuntungan bagi Anda, salah satunya adalah affiliate marketing. Pemasaran afiliasi ini memiliki prinsip dasar yang sederhana. Anda menjual produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari penjualan itu. Namun seiring dengan popularitasnya yang sangat besar, persaingan antar affiliate marketer juga jadi semakin sulit. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Cobalah untuk menerapkan tips di bawah ini agar Anda sukses menjalankannya. 

 

Mengenal Affiliate Marketing 

Dalam menjalankan pemasaran afiliasi, Anda tidak membutuhkan barang untuk dijual karena Anda hanya menjadi partner affiliate orang lain yang memiliki produk atau jasa. Intinya, Anda hanya perlu mengiklankan produk maupun jasa milik orang lain. 

 

Affiliate marketing sering dilakukan oleh orang yang memiliki situs, blog, atau kanal YouTube dengan pengikut yang banyak. Contoh, Anda bekerja sama menjadi afiliasi sebuah brand yang menjual produk tertentu. Nah, Anda bisa menjalankan internet marketing strategies untuk mempromosikan produk itu melalui konten blog atau memasang iklan. 

 

Kalau Anda berhasil membuat konsumen membeli produk atau menyewa jasa melalui link promosi Anda, dari sanalah Anda akan mendapatkan komisi. Jadi, semakin banyak konversi yang berhasil Anda lakukan, semakin besar juga komisinya. 

 

 

Tips Sukses Jadi Affiliate Marketer 

  1. Pelajari Produk yang akan Dipromosikan 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebagai seorang pemasar afiliasi adalah mengenal terlebih dahulu produk maupun jasa yang akan dipromosikan. Pelajari setiap informasi sedetail mungkin. Hal ini akan berguna ketika ada target audiens yang mengajukan pertanyaan. Dengan menguasai dan mempelajari informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda jadi bisa menjelaskan secara lengkap ketika ada calon pembeli yangmengajukan pertanyaan.

 

Selain itu, pelajari pula kepopuleran produk di pasaran karena semakin populer suatu produk atau jasa, semakin mudah Anda mendapatkan pembeli, yang tentu saja akan mendatangkan lebih banyak komisi bagi Anda. 

 

  1. Buat Konten yang Menarik 

Pada era digital marketing business seperti sekarang ini, konten adalah raja dalam proses pemasaran. Konten yang berkualitas merupakan kunci utama untuk menarik minat audiens dan bisa menjadi faktor yang dapat meningkatkan traffic website atau social media engagement  Anda.

 

Sebagai seorang pebisnis afiliasi, Anda juga perlu membuat konten yang menarik, baik yang kemudian Anda unggah di website maupun di media sosial. Dengan konten inilah Anda bisa menjangkau calon pembeli yang menjadi target pasar Anda. Konten yang Anda buat sebaiknya relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Di saat yang sama, konten tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan target pasar. Fakta yang banyak terjadi, ada orang-orang yang akhirnya memutuskan membeli produk atau menggunakan suatu jasa hanya karena tertarik pada konten yang menarik, unik, dan interaktif.

 

Di sisi lain, memiliki konten yang menarik juga berguna untuk membuat pemilik brand senang bekerja sama dengan Anda, apalagi ditambah dengan banyaknya target audiens yang melakukan klik pada link afiliasi milik Anda. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk terus terhubung atau menjalin kerja sama dengan brand bisa berlangsung lama.  

 

 

  1. Pahami Target Audiens

Untuk membuat konten yang menarik, personal, dan relevan, Anda harus menentukan serta memahami target audiens dengan baik. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan mereka. Perhatikan juga masalah demografi, apakah sudah relevan dengan produk yang Anda promosikan dengan metode affiliate marketing ini? Anda bisa melakukan riset melalui media sosial atau forum diskusi yang tersedia di internet. 

 

  1. Gunakan Strategi SEO

Sudah jadi rahasia umum jika melakukan internet marketing businessuntuk menjangkau target audiens yang sesuai adalah menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO). Mengapa begitu? Sebab, sebagian besar masyarakat, terutama generasi milenial dan setelahnya, lebih senang menggunakan mesin pencari untuk mengetahui informasi seputar barang atau produk yang ingin dibeli. Maka dari itu, strategi SEO dibutuhkan supaya blog dan unggahan media sosial yang Anda buat dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian. Cara menggunakan SEO yang populer, di antaranya menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan dengan produk yang Anda promosikan. 

 

  1. Manfaatkan Media Sosial 

Saat ini, hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan media sosial. Nah, selain memasarkan afiliasi langsung di media sosial, Anda pun dapat membagikan halaman blog atau situs Anda ke media sosial untuk menambah traffic. Buatlah konten media sosial yang menarik serta memorable supaya pengguna internet tertarik mengunjungi situs Anda dan mengetahui lebih banyak tentang produk yang dipromosikan. 

 

 

  1. Fokus pada Niche yang Anda Kuasai 

Akan lebih bagus jika sebagai affiliate marketer Anda memilih program yang sesuai dengan niche atau tema khusus pada blog maupun media sosial Anda. Contohnya, jika blog atau situs Anda memiliki niche fashion, maka sebaiknya Anda menjadi affiliate perusahaan yang fokus pada fashion.

 

Sementara kalau Anda mempromosikan produk yang berbeda niche, seperti gadget, food, healthy, dan lainnya, itu tetap bisa dilakukan. Hanya saja, mungkin akan kurang menarik pelanggan karena isi konten menjadi terlalu acak dan belum tentu sesuai dengan minat audiens. Untuk diketahui, menjalankan affiliate marketing di niche sejenis lebih bisa meningkatkan kredibilitas Anda di mata pengikut atau konsumen dan juga brand.