Affiliate marketing sudah berjalan selama lebih dari 30 tahun dan terbukti menjadi taktik bisnis yang sukses bagi para pemasar di seluruh dunia.
Affiliate marketing sudah berjalan selama lebih dari 30 tahun dan terbukti menjadi taktik bisnis yang sukses bagi para pemasar di seluruh dunia.
Teknik pemasaran ini digunakan oleh merek untuk terhubung dengan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan dengan bekerjasama dengan individu, yang disebut afiliasi, untuk mempromosikan produk mereka sebagai imbalan komisi.
Melalui blog, postingan media sosial, dan referensi lainnya, afiliasi membantu lebih banyak orang mengenal merek, mengunjungi situs webnya, dan pada akhirnya, melakukan pembelian.
Biasanya, merek memberikan tautan afiliasi atau kode unik kepada mereka untuk melacak penjualan, dan afiliasi dibayar untuk setiap konversi yang mereka bawa.
Strategi ini adalah win-win bagi kedua belah pihak. Merek mendapatkan peningkatan brand awareness, lalu lintas, dan penjualan, sementara afiliasi memiliki sumber pendapatan pasif dari merek yang mereka sukai.
Sebagai bonus tambahan, konsumen juga terpapar pada produk atau layanan yang luar biasa yang mungkin tidak pernah mereka tahu sebelumnya.
Sekarang, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membangun program afiliasi yang tak tergoyahkan, serta beberapa tips untuk memperluas jaringan afiliasi kamu.
Saat membangun dasar program afiliasi, penting untuk menciptakan komunitas afiliasi yang menarik bagi orang untuk bergabung, namun tetap menguntungkan bagi merek kamu. Jadi, dari mana kita mulai?
Mulailah dengan melakukan riset tentang sistem pembayaran yang ingin kamu gunakan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti:
Beberapa perusahaan membayar afiliasi dengan tarif tetap untuk setiap pelanggan yang mereka bawa, sementara yang lain menawarkan pembayaran berkala untuk setiap pembelian yang dilakukan pelanggan tersebut.
Meskipun yang terakhir memiliki peluang lebih besar untuk mengurangi keuntungan kamu, itu dapat mendorong afiliasi untuk membawa pelanggan berkualitas tinggi dengan tingkat retensi yang lebih tinggi.
Setelah kamu menentukan cara membayar afiliasi kamu, saatnya mencari mitra merek yang berharga.
Sama seperti dalam kemitraan lainnya, baik itu antara dua merek atau antara merek dan influencer, keaslian adalah kunci keberhasilan dalam affiliate marketing.
Dengan kata lain, kamu perlu mencari afiliasi yang selaras dengan merek kamu. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:
Sekarang kamu memiliki pasukan afiliasi yang solid, saatnya mengedukasi mereka tentang merekmu.
Langkah ini sangat penting untuk membantu afiliasi mengkomunikasikan nilai merek kamu kepada audiens mereka.
Diskusikan bagaimana perusahaan kamu didirikan, bagaimana produkmu dapat memudahkan hidup orang, dan bagaimana produk dibuat.
Berbagi informasi “behind the scenes” tidak hanya akan memberikan transparansi, tetapi juga menunjukkan bagaimana merek kamu berbeda dari pesaing.
Jangan lupa untuk mengedukasi mereka tentang panduan dan kebijakan kamu juga.
Komunikasikan dengan jelas ekspektasi kamu dan beritahu mereka bagaimana mereka dapat menjadi mitra bisnis yang sukses.
Kamu harus mengubah afiliasi kamu menjadi mitra merek yang sejati untuk memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki di lingkaran mereka sendiri.
Pada akhirnya, afiliasi kamu bukanlah mesin yang menghasilkan prospek untuk merekmu. Mereka adalah orang nyata yang sedang membangun personal branding mereka sendiri.
Dan meskipun kompensasi keuangan bagus, kemungkinan besar mereka tidak keberatan mendapatkan sedikit perhatian ekstra.
Misalnya, repost konten mereka, minta mereka memberikan feedback produk, dan berikan mereka perlakuan istimewa, seperti akses awal ke produk atau undangan ke acara eksklusif.
Afiliasi yang mengalami keuntungan langsung semacam ini akan semakin mencintai merek kamu dan oleh karena itu, akan secara alami mempromosikan merek kepada teman dan keluarga mereka.
Selain itu, aktivasi-aktivasi ini akan memungkinkan mereka untuk lebih mengenal perusahaan kamu dan membangun hubungan dengan orang-orang di balik merek.
Kamu harus melibatkan seluruh komunitas merekmu dan merekrut anggota komunitas seperti pelanggan, ahli industri, dan bahkan karyawan untuk menjadi afiliasi kamu.
Banyak perusahaan telah mendaftarkan blogger populer dan influencer sebagai afiliasi mereka, karena memiliki pengikut besar dan kepercayaan yang dianggap tinggi.
Itulah mengapa ada banyak kebingungan dalam industri tentang perbedaan antara influencer dan afiliasi.
Namun, setiap individu memiliki kekuatan untuk mempengaruhi, bahkan jika mereka bukan influencer media sosial.
Mereka yang mencintai merek kamu sudah pasti membicarakannya kepada teman dan keluarga, membeli ulang produkmu, dan mungkin bahkan memposting tentangnya di media sosial mereka. Jadi, mengapa tidak memberi mereka imbalan?
Program afiliasi terbaik mencakup semua anggota komunitas merek.
Gali dan temukan penggemar terbesarmu dan ubah mereka menjadi afiliasi, terlepas dari ukuran pengikut mereka. Kemudian, ulangi langkah 1-5 untuk hasil yang produktif.
Kamu juga harus memilih kreator yang tepat agar program afiliasimu dapat semakin berhasil. Ketahuilah Cara Memilih Content Creator untuk Promosi Efektif dan Tepat Sasaran.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC