MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tujuan dan Manfaat Customer Relationship Management (CRM)

13 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 25.439  
CRM Strategy

redcomm

Mengelola pelanggan itu gampang-gampang susah. Anda perlu memiliki serangkaian kegiatan yang sistematis dan efektif untuk menarik perhatian konsumen, menjaga dan meningkatkan kepuasaan pelanggan, hingga akhirnya membuat pelanggan menjadi loyal.

Itulah sebabnya, Anda perlu menerapkan Customer Relationship Management (CRM). Cari tahu selengkapnya tujuan dan manfaat CRM bagi perusahaan di artikel Redcomm Knowledge ini, yuk.

Tujuan CRM bagi Perkembangan Bisnis

Customer Relationship Management atau CRM adalah pendekatan strategis yang berfokuskan pada manajemen dan pengelolaan hubungan antara bisnis dan pelanggan.

Ada banyak tujuan CRM bagi pengembangan bisnis, antara lain meningkatkan retensi dan memperkuat interaksi perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada, sekaligus membangun hubungan dengan calon pelanggan. 

Di saat yang sama, CRM membantu Anda memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan agar dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personal. 

Hal ini nantinya akan meningkatkan kepuasaan pelanggan. Ketika pelanggan puas, maka mereka dengan senang hati akan terus berbelanja dan menggunakan produk dari bisnis Anda. 

Tentu untuk mencapai semua ini, Anda harus benar-benar memahami cara kerja CRM, mulai dari pengumpulan data pelanggan, merancang strategi promosi dan pemasaran yang sesuai target, menerapkan retargeting dan remarketing, melakukan analisis data, dan akhirnya dapat melakukan cross selling secara lebih efektif.

9 Manfaat CRM bagi Perusahaan

1. Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi Data

Penerapan CRM membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional dengan menyediakan transparansi data pelanggan yang lebih baik.

Arti efisiensi operasional, yaitu kemampuan perusahaan mengelola dan memanfaatkan data pelanggan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan potensial sehingga akan meningkatkan pula angka penjualan. 

Selain itu, juga membantu mempercepat proses pengambilan keputusan berkaitan dengan pengembangan bisnis.

2. Lebih Mudah Mengambil Keputusan Berdasarkan Data

Transparansi data karena menerapkan CRM akan membantu perusahaan memahami riwayat pembelian pelanggan, interaksi pelanggan dengan merek, dan preferensi produk yang mereka harapkan. 

Semua data tersebut kemudian dapat perusahaan gunakan untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam menyusun strategi pemasaran, serta membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan pasar yang kompetitif.

3. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Kalau perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, maka hubungan baik dapat dibangun secara lebih personal dengan berbagai strategi, mulai dari penggunaan email marketing, menerapkan strategi remarketing dan retargeting campaign, serta lainnya.

Semakin pelanggan menganggap perusahaan Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin mereka akan loyal dengan layanan bisnis, produk, maupun jasa yang Anda tawarkan.

4. Mempermudah Kerjasama Antar Tim

Customer Relationship Management (CRM) memiliki kemampuan untuk membantu seluruh divisi di dalam perusahaan menjadi lebih mudah untuk berkolaborasi.

Hal ini karena sistem CRM umumnya menyediakan pusat data terpadu yang memungkinkan tim mendapatkan informasi terkini terkait pelanggan.

Contohnya: 

  • Tim penjualan dapat melihat pertanyaan atau keluhan pelanggan dan menggunakan data ini untuk melakukan pendekatan yang lebih personal kepada pelanggan.
  • Bagian penjualan dan marketing dapat memanfaatkan data pelanggan yang sudah tersedia pada sistem CRM untuk membuat penawaran baru, merancang strategi promosi, dan sebagainya.
  • Karena CRM memudahkan segmentasi pasar dan pelanggan, maka tim digital marketing akan bekerja dengan efektif untuk melakukan penargetan kampanye pemasaran yang tepat sasaran.

5. Pelayanan Pelanggan Jadi Lebih Efisien

Memaksimalkan Customer Relationship Management (CRM) memungkinkan perusahaan mengintegrasikan dan mengelola informasi pelanggan secara terpusat, mempercepat respons terhadap kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan yang sudah ada. 

Dengan cara ini, efisiensi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dapat tercapai karena perusahaan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, mengidentifikasi peluang penjualan, serta memastikan ketersediaan layanan pelanggan yang lebih responsif dan tepat waktu.

6. Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Melalui strategi penjualan yang terarah dan layanan pelanggan yang lebih personal, CRM dapat meningkatkan loyalitas pelanggan

Pelanggan yang merasa dihargai cenderung tetap setia kepada brand maupun produk yang Anda tawarkan. Bahkan mereka tak segan untuk mempromosikan bisnis Anda kepada orang-orang yang mereka kenal.

7. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Penerapan CRM di perusahaan tidak hanya menjadi alat untuk mengelola informasi pelanggan lho, tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk peningkatan efisiensi operasional perusahaan, bahkan berkontribusi pada pengalaman kerja yang lebih memuaskan.

Kok bisa? Ya, iya, karena sistem CRM membantu menciptakan pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dengan menyederhanakan tugas-tugas rutin dan memberikan akses mudah ke informasi yang diperlukan. 

Karyawan yang merasa terbantu akhirnya dapat bekerja lebih produktif, meningkatkan motivasi karyawan untuk memberikan hasil kerja yang optimal, serta membuat karyawan lebih betah bekerja di perusahaan.

8. Peningkatan Laba / Keuntungan Usaha

Anda pasti sudah bisa memperkirakan ketika operasional perusahaan menjadi lebih baik dengan produktivitas karyawan yang tinggi akan berdampak pada peningkatan laba dan keuntungan usaha.

Di saat yang sama, penerapan CRM juga dapat meningkatkan retensi pelanggan dan memastikan kepuasan pelanggan. 

Apalagi kalau Anda menerapkan strategi yang lebih berfokus serta responsif pada kebutuhan pasar, maka pertumbuhan laba perusahaan akan terus mengalami peningkatan.

9. Menghemat Biaya Operasional

Penerapan CRM dapat mengurangi biaya operasional dengan mengoptimalkan proses bisnis dan mengurangi kesalahan manusia. Ini membantu perusahaan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien.

5 Manfaat CRM Bagi Konsumen

CRM tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan, tetapi juga bagi pelanggan. Berikut ini beberapa manfaat CRM bagi konsumen:

1. Mendapatkan Layanan Terbaik

Berinteraksi dengan perusahaan yang memiliki dan menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) memungkinkan konsumen mendapatkan layanan terbaik, respons yang lebih cepat, termasuk untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

2. Jadi Lebih Mudah Berkomunikasi dan Menghubungi Bisnis

Konsumen menjadi lebih mudah berkomunikasi dan menghubungi bisnis ketika memerlukan solusi, ingin menyampaikan keluhan, atau membutuhkan bantuan. Hal ini karena pada sistem CRM, tersedia berbagai fitur, seperti:

  • Sistem pelacakan interaksi yang mencatat semua interaksi pelanggan dengan bisnis Anda. Mulai dari panggilan telepon, email, dan obrolan secara online lainnya.
  • Tersedianya CRM data, yaitu informasi dan data pelanggan yang terpusat.
  • CRM mendukung komunikasi multikanal sehingga konsumen bisa memilih mau menghubungi perusahaan menggunakan saluran komunikasi yang paling nyaman bagi mereka.
  • Sudah cukup banyak sistem CRM yang memiliki alat analisis sentimen sehingga dapat membantu pemilik bisnis memahami perasaan konsumen terhadap produk maupun layanan bisnis yang mereka dapatkan.

3. Cepat Mendapatkan Tanggapan dan Solusi

CRM memastikan konsumen mendapatkan tanggapan dan solusi dengan cepat saat mereka membutuhkan bantuan. 

Apalagi history data pelanggan sudah tersimpan sehingga memudahkan perusahaan memahami apa yang sebenarnya konsumen butuhkan.

4. Pengalaman Berbelanja Jadi Lebih Menyenangkan

Dengan informasi yang terpusat, pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan personal. 

Promosi dan penawaran yang sesuai dengan preferensi mereka membuat mereka jadi lebih nyaman melakukan transaksi pembelian produk maupun layanan bisnis yang perusahaan tawarkan.

5. Memiliki Hubungan Positif dengan Perusahaan

Penerapan CRM menciptakan hubungan positif antara pelanggan dan perusahaan. Pelanggan merasa dihargai dan dipahami, yang pada gilirannya, membangun kesetiaan terhadap merek.


Tujuan dan manfaat Customer Relationship Management (CRM) pada akhirnya membantu perusahaan merencanakan strategi promosi dan pemasaran yang lebih baik untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang. Supaya penerapan CRM tepat sasaran, pahami juga Fungsi, Komponen, dan Tahapan Customer Relationship Management (CRM).

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER