Tahukah Anda bahwa memanfaatkan Customer Relationship Management atau CRM data untuk strategi promosi di media sosial sangat penting? Apalagi sekarang persaingan yang terjadi sangat ketat, sehingga perlu menemukan cara paling mutakhir dalam melayani para pelanggan. Anda tentu sudah tahu, pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Jadi, kehadirannya tak boleh dibiarkan begitu saja.

 

Jika Anda belum paham mengenai CRM, Anda bisa membaca dulu artikel di Redcomm Knowledge yang berjudul Mengenal Istilah Dasar dalam Customer Relationship Management (CRM) dan 8 Contoh Penggunaan CRM.

 

Ketika bicara tentang CRM data untuk strategi promosi di media sosial, mayoritas pebisnis justru mengabaikan hal ini. Padahal, CRM atau manajemen hubungan pelanggan tak boleh ditinggalkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan konsekuensi serius terhadap citra suatu brand.

 

Saat pelanggan mereferensikan brand Anda kepada orang lain. Lalu, orang tersebut berbelanja dan mengulang hal yang sama, yaitu mereferensikan lagi kepada orang berikutnya, ini dapat menjadi pengalaman terbaik bagi brand Anda. Namun, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam pengalaman dengan pelanggan, seperti pengalaman buruk, tentunya akan berpengaruh terhadap bisnis dan profit yang Anda dapatkan.

 

Hal yang menarik adalah, CRM juga dapat digunakan untuk melakukan retargeting dan remarketing atau pemasaran ulang kepada pelanggan yang sudah pernah berbelanja sebelumnya, agar dapat mengingatkan mereka untuk kembali berbelanja produk Anda. 

 

Di bawah ini akan dijelaskan, apa saja manfaat CRM untuk kepentingan promosi di media sosial yang Anda miliki.

 

Memanfaatkan CRM Data untuk Strategi Promosi di Media Sosial

 

 

  1. Bisa Mengidentifikasi Pelanggan Teratas

Bila Anda mengetahui pelanggan mana yang bisa memberikan keuntungan paling banyak, Anda dapat melakukan strategi untuk meningkatkan profit. Itulah mengapa, penting sekali memanfaatkan CRM data di media sosial dan mendapatkan strategi promosi yang paling jitu.

 

Dengan CRM, Anda dapat mengidentifikasi, pelanggan potensial yang bisa ditarik kembali perhatiannya sehingga lebih banyak membeli produk Anda di masa yang akan datang. Jika berhasil mengidentifikasi pelanggan seperti ini, Anda akan semakin mengenal mereka dan bisa mengetahui pula perilaku belanja mereka.

 

Cara menarik perhatian para pelanggan potensial, Anda bisa memberikan penawaran dan penyesuaian lainnya agar pelanggan yang loyal memiliki pengalaman berkesan dengan brand Anda. Bila berhasil melakukannya, peningkatan penjualan akan terjadi dengan signifikan, bahkan mereka bisa saja mereferensikan brand Anda kepada relasi atau kenalan mereka.

 

  1. Menemukan Pelanggan Baru yang Mirip dengan Pelanggan Potensial

CRM data dapat Anda gunakan untuk menemukan pelanggan baru yang memiliki kemiripan dengan pelanggan potensial. Ini akan membantu Anda menetapkan target pelanggan sekaligus memperluas target market. Efek positifnya jika berhasil, tentu saja profit menjadi lebih besar.  

 

Bila secara rutin mengenali kebiasaan pelanggan, Anda dapat mengetahui siapa saja pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan tertinggi. Lalu, fokuslah pada mereka dengan cara memberikan penawaran-penawaran terbaik, misalnya dengan voucher, diskon tambahan, atau melakukan strategi promosi digital tertentu yang akan membuat mereka terus berinteraksi dengan brand Anda.

 

 

  1. Bisa Meningkatkan Koordinasi Antar-departemen

Karena  mayoritas departemen atau divisi dalam perusahaan saling bergantung satu dengan lainnya, maka diperlukan komunikasi yang efektif sehingga kerja sama dalam hal pemasaran dan promosi bisa berjalan selaras. 

 

Dengan adanya kombinasi antara CRM dan promosi di media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor yang mungkin tidak melakukannya. Pelajari pelanggan Anda. Pastikan pula Anda mendapat akses untuk mengetahui aktivitas real time mereka. Setelah mengetahui status setiap pelanggan, Anda dapat menyusun ulang rencana dan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan target customer yang telah ditetapkan.

 

  1. Melacak Setiap Langkah Perjalanan Pelanggan

Melakukan analisys customer journey sangat penting bagi penentuan digital marketing strategies tepat sasaran. Oleh karena itu, hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah mengenal customer journey untuk membuat konten yang tepat dan bisa menarik perhatian mereka.

 

Nantinya, dari analisis tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan. Strategi promosi di media sosial atau social media campaign yang Anda lakukan perlu fokus membangun interaksi yang berkesinambungan. Untuk itu, Anda juga perlu tahu cara terbaik melakukan optimasi saat penyelenggaraan promosi dan kampanye di media sosial, termasuk memanfaatkan keberadaan CRM data, untuk melacak like, comments, dan berbagai matriks aktivitas lainnya.

 

  1. Menargetkan Pelanggan yang Belum Membeli  

Identifikasi pelanggan menggunakan CRM dapat membantu Anda membuat penawaran eksklusif yang memang dikhususkan untuk pelanggan loyal. Jadi, Click-Through Rate (CTR) sosial Anda akan naik seiring meningkatnya penjualan. Mau tak mau, Anda pun harus mempelajari cara untuk menargetkan para pelanggan yang berbeda. 

 

Ketika memilih menggunakan CRM untuk mendapatkan insight mengenai perilaku pelanggan, Anda dapat membuat strategi promosi media sosial menjadi inklusif. Hal ini memungkinkan Anda menargetkan banyak pelanggan lewat berbagai macam penawaran yang telah dipersonalisasi sesuai dengan minat mereka masing-masing, misalnya dengan pengiriman email marketing atau newsletter.

 

 

  1. Membuat Iklan yang Dipersonalisasi

Agar bisnis Anda menjadi selangkah lebih maju, CRM juga dapat digunakan untuk membuat iklan yang dipersonalisasi bagi para pelanggan. CRM mampu memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk kepentingan ini. 

 

Gunakan data pelanggan untuk menampilkan sejumlah iklan yang bisa meningkatkan peluang repeat order atau pembelian kembali dari para pelanggan. Ingatkan pelanggan secara berulang tentang produk yang mereka sukai, dan tunjukkan bahwa Anda menghargai pembelian yang telah mereka lakukan.

 

Berdasarkan pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia terpercaya, yang dikenal pula sebagai digital marketing agency Jakarta, penggunaan CRM data untuk strategi promosi di media sosial atau strategi promosi digital marketing lainnya akan sangat ampuh meningkatkan penjualan. Sudah lebih dari 500 brand yang pernah bekerja sama dengan creative agency Redcomm telah mendapatkan hasil dan peningkatan bisnis yang signifikan, seperti yang terlihat pada client experience.

 

Demikian cara meningkatkan dan memanfaatkan CRM data untuk strategi promosi di media sosial. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam mengembangkan bisnis online yang lebih maju lagi.