knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Strategi Terbaik Email Marketing untuk E-commerce

05 Aug  · 
4 min read
 · 
eye 5.367  
Digital Marketing

Strategi Terbaik Email Marketing Untuk E Commerce

Strategi email marketing e-commerce penting untuk Anda pelajari jika saat ini Anda menjalankan bisnis digital. Mengapa? Karena strategi ini dapat membantu Anda mencapai kesuksesan bisnis, sekaligus tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia.

Jadi, bagaimana sebenarnya strategi email marketing untuk e-commerce dan cara mengimplementasikannya? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Memahami 2 Jenis Email dalam Email Marketing E-commerce

Persaingan bisnis saat ini membuat pebisnis dituntut untuk tetap konsisten menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, sekaligus membangun kepercayaan pelanggan lama serta konsumen baru.

Apa pun goals yang ingin Anda capai, semuanya bisa terwujud jika Anda bisa menerapkan strategi digital marketing, yang di dalamnya meliputi email marketing campaign.

Nah, sayangnya ada kendala lain nih yang banyak juga pebisnis alami, yaitu kurangnya kemampuan untuk membedakan email promosi biasa dengan email marketing untuk e-commerce.

Jadi pada dasarnya, email marketing untuk e-commerce tidak hanya mencakup email promosi biasa, tetapi juga mencakup email transaksional yang berhubungan dengan konfirmasi pesanan, pemberitahuan pengiriman, dan tanda terima pembayaran.

1. Email Promosi Biasanya

Email promosi biasanya berkaitan dengan campaign yang telah direncanakan untuk dikirimkan ke pelanggan. 

Penerima email promosi ini merupakan orang-orang yang sudah mengisi formulir pendaftaran sebelumnya.

Kebanyakan pebisnis akan menggunakan email promosi untuk berbagi informasi diskon, peluncuran produk baru, atau menceritakan bisnis Anda, sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan.

2. Email Transaksional

Email transaksional adalah email yang dikirim secara otomatis saat pelanggan melakukan transaksi di web e-commerce Anda. 

Email transaksional ini merupakan bagian yang sangat penting, karena membantu memberikan informasi kepada pembeli mengenai transaksi yang sudah dilakukan.

Umumnya isi email ini mengenai status pesanan yang pelanggan lakukan. Apakah sudah berhasil atau belum? 

Selain itu, email ini juga akan memberikan informasi mengenai konfirmasi pembayaran hingga informasi pengiriman produk yang dibeli. 

Strategi Email Promosi dalam Email Marketing e-Commerce

Dalam penerapan strateginya, tentu saja antara email promosi dan email transaksional memiliki cara yang berbeda. 

Di bawah ini adalah strategi email promosi yang bisa Anda coba terapkan pada bisnis Anda:

1. Buatlah Formulir Pendaftaran

Untuk menjalankan kampanye email promosi, Anda harus memiliki data email pelanggan. Cara mendapatkan data ini bisa dengan membuat formulir pendaftaran melalui halaman website bisnis. 

Letakkan akses formulir pendaftaran di tempat yang terlihat, seperti di beranda e-commerce, sidebar, footer, atau di bagian bawah pada artikel situs bisnis. 

Gunakan Call to Action yang unik. Jangan hanya menggunakan kata “berlangganan” seperti pada umumnya, karena ini terlihat membosankan. 

Anda bisa membuat kalimat bombastis seperti “klik di sini untuk mendapatkan penawaran khusus produk kami.”

2. Desain Template Email

Agar setiap kali mengirimkan email kepada pelanggan jadi lebih mudah, maka cobalah merancang template email yang ingin dikirimkan. 

Pastikan template email yang Anda buat sudah menggunakan logo dan warna yang sesuai dengan merek bisnis Anda. 

Dengan mendesain template email, Anda akan jadi lebih mudah saat mau mengirimkan email secara lebih cepat di masa mendatang. 

Karena ketika perlu mengirimkan email lagi, Anda tinggal melakukan perubahan sedikit saja, menyesuaikan dengan konteks promosi, dan email pun bisa segera dikirimkan kepada para pelanggan.

Template email juga bisa Anda dapatkan dari website penyedia layanan template email marketing.

3. Buat Pesan Selamat Datang

Pastikan untuk selalu mengirimkan pesan selamat datang atau bergabung kepada pelanggan yang baru saja berlangganan email promosi Anda. 

Di dalam email selamat datang tersebut, sertakan juga informasi mengenai bisnis dan beri ucapan terima kasih karena sudah bersedia menjadi pelanggan newsletter

4. Otomatisasi Email

Jika Anda sangat sibuk mengurus e-commerce dan digital marketing strategy lainnya, bekerja sama saja dengan tim dari digital marketing agency Jakarta

Dengan cara ini, Anda bisa melakukan otomatisasi email dengan lebih praktis dan cepat. 

Otomatisasi email merupakan layanan yang membantu menampilkan penawaran lain, meskipun pelanggan tidak mengambil tindakan terhadap email promosi yang Anda kirimkan. 

5. Tentukan Frekuensi Pengiriman Email Secara Tepat

Mengirimkan email promosi terlalu sering kepada pelanggan bukanlah hal yang baik. Karena hal ini bisa dikategorikan sebagai email spam

Sebaliknya, Anda bisa mengatur frekuensi pengiriman email secara tepat ke pelanggan. Pilihlah, apakah Anda akan mengirimkan email setiap 1 bulan sekali atau saat ada peluncuran produk baru saja.

Pilihan lain, Anda bisa mengirimkan email ketika ada hal menarik yang perlu Anda bagikan kepada pelanggan, seperti review pelanggan, artikel terbaru, promo diskon, atau informasi lainnya.

Dengan cara ini, Anda dapat memberikan informasi yang bermanfaat pada pelanggan, dan tidak hanya fokus mempromosikan bisnis saja.

6. Jadwalkan Pengiriman Email

Agar email yang Anda kirim tidak dicurigai sebagai spam, Anda bisa membuat jadwal pengiriman email promosi terlebih dahulu. 

Jadwal ini tidak hanya berkaitan dengan kapan Anda harus mengirimkan email ke pelanggan, tetapi juga bisa membuat jadwal terkait materi promosinya, atau event pendukung lain yang penting untuk pelanggan tahu.

Menjadwalkan pengiriman email bisa Anda lakukan setiap awal bulan, sehingga akan membantu Anda bekerja secara tepat dan efisien. Ini juga jadi cara terbaik agar Anda sudah punya daftar pekerjaan apa saja yang perlu dilakukan selanjutnya berkaitan dengan email marketing campaign.

7. Segmentasikan Daftar Pelanggan

Melakukan segmentasi daftar pelanggan penerima email promosi juga bisa Anda lakukan sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen. 

Misal, ketika menjual produk fashion, maka Anda bisa membuat daftar pelanggan yang hanya tertarik dengan fashion

Ini akan memberikan peluang lebih besar untuk menarik perhatian mereka dengan email promosi yang Anda kirimkan secara personal alih-alih hanya melakukan email blast. Padahal minat pelanggan sangat beragam.

Email Transaksional, Ini Strategi Terbaiknya untuk E-commerce

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau pengertian email transaksional adalah jenis email yang dikirim secara otomatis sebagai respons terhadap tindakan atau transaksi spesifik yang dilakukan oleh pelanggan.

Dalam bisnis e-commerce, email ini berfungsi memberikan informasi penting terkait transaksi yang telah terjadi, seperti konfirmasi pesanan, informasi pengiriman, atau pemberitahuan tentang perubahan status akun.

Meskipun email transaksional tidak bersifat promosi, tetap saja email jenis ini berperan penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, memberikan layanan pelanggan terbaik, serta dapat  memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan.

Nah, strategi implementasi email transaksi dalam kampanye email marketing e-commerce, bisa begini:

1. Gunakan Layanan Khusus

Untuk memudahkan pekerjaan Anda dan tim digital agency Jakarta dalam mengimplementasi strategi email transaksional, gunakan saja layanan khusus yang memberikan banyak fitur. 

Misalnya, Anda bisa memilih layanan yang bisa membantu untuk mempersonalisasi template email dan memastikan email terkirim ke tujuan pelanggan yang sudah ditargetkan. Contohnya, MailChimp, AWeber, Constant Contact, Convertkit, dan sebagainya.

2. Sesuaikan Email Anda

Pastikan Anda sudah menggunakan email yang sesuai, baik dari segi nama maupun desain template

Usahakan menggunakan warna khas bisnis Anda, logo, dan gambar produk saat melakukan email transaksional. 

Hal ini tentu akan memberikan kesan profesional dan juga membuat para pelanggan mengingat bisnis Anda.

3. Berikan Tawaran Lain

Pada umumnya, email transaksional hanya sebatas informasi mengenai hasil dari transaksi yang telah dilakukan pelanggan. 

Namun, tidak ada salahnya jika Anda memberikan tawaran tambahan kepada pelanggan untuk meningkatkan penjualan produk lainnya. 

Jangan lupa, pastikan Anda menawarkan barang yang masih berhubungan dengan produk yang dibeli sebelumnya.

4. Personalisasi Isi Pesan Email Anda

Usahakan selalu memberikan email dengan sentuhan personal, seperti menambahkan nama pelanggan pada bagian isi dan juga memberikan sedikit ciri khas mengenai bisnis Anda. 

Hal ini dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk dan membantu pelanggan menjadi lebih dekat dengan bisnis Anda. 

5. Penawaran Menjadi Reseller

Apabila seseorang berhasil melakukan transaksi pembelian dengan produk Anda, maka kemungkinan besar ia menyukai produk yang Anda pasarkan. 

Ini akan menjadi peluang agar konsumen memberikan rekomendasi mengenai produk Anda ke orang terdekat mereka. 

Nah, Anda bisa juga menawarkan pelanggan untuk menjadi reseller dengan benefit yang bervariasi. 

Misalnya memberikan potongan sebesar 10% untuk pesanan selanjutnya atau potongan lain jika ia resmi menjadi reseller.

6. Pertimbangkan Peluang pada Setiap Email yang Dikirimkan

Untuk setiap email transaksional yang Anda kirimkan, ada baiknya sudah melalui pertimbangan matang terlebih dahulu. 

Hal ini karena, email transaksional pasti secara otomatis akan masuk ke kotak masuk pelanggan. Maka, jika ada kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal bagi bisnis. 

Anda bisa mengirimkan email transaksional berupa ajakan agar pelanggan memberikan review mengenai produk yang sudah dibeli, dan mengingatkan konsumen mengenai produk lain yang juga Anda jual.


Kini Anda sudah mengetahui bagaimana strategi terbaik untuk memaksimalkan email marketing e-commerce. Strategi ini bisa Anda terapkan untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan membangun kepercayaan bisnis. 

Terapkan juga strategi email marketing untuk e-commerce agar memaksimalkan email promosi maupun email transaksional yang dapat meningkatkan penjualan dan membangun bisnis agar semakin sukses kedepannya.

Jika membutuhkan tim khusus untuk menangani email marketing e-commerce, hubungi saja Kontak Redcomm. Sebab sebagai digital marketing agency Indonesia yang terpercaya, tim Redcomm Indonesia siap membantu Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER