MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Affiliate Marketing: Keuntungannya bagi Marketer dan Pebisnis

30 Mar  · 
2 min read
 · 
eye 5.847  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Anda bisa memulai pemasaran afiliasi atau affiliate marketing tanpa uang. Sebab dalam affiliate marketing, Anda hanya perlu mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi milik Anda. 

Nah, apa saja keuntungan affiliate marketing baik bagi marketer maupun bagi pebisnis? Baca, yuk, penjelasan lengkapnya.

Keuntungan Affiliate Marketing bagi Para Marketer

1. Tidak Perlu Memiliki Produk Sendiri

Ingin punya bisnis online dan mendapatkan penghasilan? Kalau iya, Anda bisa ikut program afiliasi. Dengan menjalankan affiliate marketing, Anda bisa punya bisnis tanpa perlu memproduksi produk sendiri untuk dijual.

Anda cukup mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui tautan afiliasi yang Anda sebarkan di media sosial atau di website.

2. Bisa Memilih Produk yang Mau Dijual dan Tidak Perlu Mengurusi Logistiknya

Ada cukup banyak brand yang sudah menerapkan cara pemasaran afiliasi sehingga tersedia berbagai pilihan produk yang bisa dipilih untuk Anda pasarkan. Misalnya Anda berminat dan memiliki keahlian di industri makanan, maka banyak produk makanan yang bisa Anda jual dengan sistem afiliasi.

Kemudahan berikutnya kalau bergabung dengan program afiliasi, Anda tidak perlu mengurusi urusan logistik, mulai dari packing produk hingga pengimanan dan layanan pelanggan. 

Sebab, brand penyedia program afiliasi sudah menyediakan itu semua. Anda cukup memasarkan produknya saja dan menghasilkan pendapatan dari komisi.

3. Fleksibel dan Bisa Dikerjakan Dari Mana Saja

 Sistem bisnis affiliate marketing sangat fleksibel. Anda bisa mempromosikan produk atau layanan bisnis yang Anda pasarkan di situs web atau blog, di media sosial, bahkan melalui iklan PPC. 

Cukup bermodalkan smartphone atau jenis gadget lainnya yang terhubung ke internet, bisnis ini bisa Anda jalankan dari mana saja dan kapan saja. Bahkan bisa dijadikan usaha sampingan di mana Anda menjalankannya sembari menjalankan pekerjaan utama.

4. Keuntungan yang Lebih Besar

Berbeda dengan penghasilan karyawan yang tetap setiap bulan, affiliate marketing membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tak terbatas lho. 

Pokoknya selama Anda rajin menyebarkan tautan afiliasi atau melakukan promosi. Kemudian banyak orang berbelanja melalui tautan tersebut, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan pun bisa semakin besar.

5. Pasif Income yang Menjanjikan

Hal paling menguntungkan jika menjalankan affiliate marketing, Anda bisa mendapatkan pasif income yang mana uang akan masuk terus ke rekening Anda hanya dari satu tautan link yang banyak mendatangkan pembeli. Dengan cara ini Anda tetap dapat menghasilkan uang bahkan ketika Anda sedang tidur atau melakukan hal lain.

Keuntungan Affiliate Marketing bagi Pebisnis

1. Biaya Promosi Lebih Rendah

Dalam model bisnis affiliate marketing, Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis. Bahkan tidak perlu memiliki tim pemasaran sendiri yang akan membuat biaya operasional bisnis semakin besar. 

Menggunakan sistem afiliasi akan membuat Anda dapat mempromosikan bisnis dengan cara yang lebih praktik, cepat, dan masif secara digital, namun dengan biaya yang rendah.

2. Target Pasar yang Lebih Luas

Dalam model bisnis affiliate marketing, Anda dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Sebab untuk menjalankan cara promosi dan pemasaran ini, Anda cukup memanfaatkan media digital, seperti blog, website, atau media sosial.

Jadi di mana pun lokasi bisnis Anda berada, tetap Anda bisa memasarkan produk ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Produk maupun layanan bisnis dari suatu brand yang memiliki awareness tinggi berarti sudah dikenal masyarakat luar. Nah, agar dapat membangun kesadaran merek atau brand awareness ini, Anda bisa menggunakan affiliate marketing

Dengan cara ini, akan ada lebih banyak orang yang mengenal brand Anda, termasuk produk dan layanan bisnisnya. Terlepas apakah mereka akan membeli dan menggunakan produk atau tidak, yang penting mereka kenal dulu dengan bisnis Anda. 

Nanti kalau sudah kenal, baru Anda bisa melakukan tahap pemasaran berikutnya untuk mendorong mereka melakukan pembelian.

4. Mengurangi Risiko Kerugian

Dalam model bisnis affiliate marketing, pebisnis tidak perlu membayar affiliate marketer, kecuali telah terjadi penjualan. Cara ini bisa meminimalkan potensi kerugian, terutama kalau bisnis yang Anda jalankan masih berskala kecil.


Selain keuntungan affiliate marketing yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Namun jika ingin mendapatkan banyak untung, tentu Anda harus benar-benar paham cara kerja affiliate marketing. Untuk itu, pelajari lebih lanjut di artikel ini, yuk: Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC