MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Digital Marketing Agency: Tips dan Cara Menjalin Kerja Sama

31 May  · 
2 min read
 · 
eye 6.918  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Sebagai pemilik usaha, Anda tak perlu memikirkan strategi secara terperinci. Digital agensi akan melakukannya untuk Anda. Dengan catatan, Anda sudah menerapkan tips dan cara menjalin kerja sama dengan digital marketing agency di bawah ini.

Tips dan Cara Menjalin Kerja Sama dengan Digital Marketing Agency

1. Sudah Punya Tujuan Bisnis yang Mau Dicapai

Sebelum bekerja sama dengan digital marketing agency, pastikan Anda sudah paham dan tahu dengan jelas tujuan bisnis yang mau dicapai. 

Misalnya, apa yang ingin Anda capai melalui kegiatan pemasaran online? Apakah ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic situs web, atau membangun brand awareness?

Setelahnya, definisikan tujuan Anda tersebut dalam panduan atau brief yang jelas sehingga tim dari agensi digital marketing memahami arah bisnis dan target yang ingin Anda capai saat bekerja sama dengan mereka.

2. Diskusikan Rencana Penerapan Strategi Secara Terperinci

Pada tahap awal kerja sama dan sudah menyerahkan brief, lakukan diskusi mengenai rencana penerapan strategi yang akan dijalankan. Misalnya, tentang target market, pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen, dan sebagainya. 

Sembari berdiskusi, Anda juga bisa mencari tahu ide atau inovasi yang mungkin bisa dilakukan oleh tim dari digital marketing agency. Prinsipnya, lakukan brainstorming untuk menemukan strategi yang paling potensial untuk di implementasi jadi kenyataan.

3. Pahami Work Flow dalam Kerja Kreatif

Anda perlu memahami work flow atau alur kerja dari digital marketing agency yang bekerja sama dengan Anda, mengingat tiap perusahaan agensi periklanan pasti memiliki alur kerja kreatif yang berbeda.

Namun pada umumnya, proses kerja kreatif di agensi digital kurang lebih meliputi: mempelajari brand, produk, dan layanan bisnis. 

Kemudian tim dari agensi digital marketing juga harus menemukan keunikan dari brand Anda yang bisa jadi ide awal untuk menemukan strategi terbaik.

Tahap berikutnya, pencarian referensi dan melakukan riset, pengolahan ide menjadi tahapan strategi yang terencana, dan akhirnya tahap eksekusi ide.

Memahami alur kerja ini penting sehingga Anda bisa memantau setiap progress yang dilakukan oleh digital marketing agency. Boleh juga Anda menetapkan KPI maupun metrik yang harus dicapai.

4. Transparan dan Komunikatif

Komunikasi yang baik dan transparansi adalah kunci dalam menjalin kerja sama yang sukses dengan agensi pemasaran digital. 

Sampaikan harapan Anda secara jelas dan pastikan bahwa agensi tersebut memahami dan dapat memenuhi kebutuhan Anda. 

Jalin komunikasi yang terbuka dan tetap berhubungan dengan tim agensi secara teratur, misalnya membuat pertemuan rutin mingguan atau bulanan untuk mendiskusikan laporan kemajuan, analisis data, dan perubahan strategi yang mungkin diperlukan. 

Dengan komunikasi yang efektif, Anda dapat memastikan kampanye pemasaran yang diselenggarakan tetap berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan Anda.

5. Bangun Kemitraan dan Kerja Sama yang Kolaboratif

Agar kerja sama dengan digital marketing agency bisa sukses dan berjalan dengan baik, Anda perlu sikap kolaboratif. 

Jadi, jangan segan untuk berbagi pengetahuan dan informasi mengenai bisnis Anda kepada tim agensi digital. Tujuannya, agar mereka memahami dengan baik target yang mau Anda dapatkan dari kerja sama tersebut. 

Selain itu, jangan takut untuk memberikan masukan dan ide-ide kreatif kepada mereka. Kemitraan yang kolaboratif akan memastikan kampanye pemasaran digital berjalan dengan baik dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

6. Pantau Hasil Kerja dan Lakukan Evaluasi

Selama kerja sama dengan agensi pemasaran digital, penting untuk terus memantau hasil dan melakukan evaluasi. Anda bisa meninjau metrik yang sudah ditentukan di awal.

Misalnya, bagaimana peningkatan traffic ke situs web bisnis? Apakah tercipta konversi seperti yang sudah direncanakan? Hal-hal apa yang perlu diperbaiki dan sebagainya. 

Diskusikan hasil dan kinerja digital marketing campaign yang telah dilakukan dan jika ada yang tidak berjalan sesuai rencana, coba cari  solusi bersama. 

Dengan memantau dan mengevaluasi hasil, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda.

7. Beri Masukan dan Feedback yang Membangun

Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap boleh kok memberikan masukan dan feedback kepada digital marketing agency yang bekerja sama dengan Anda.

Ingat, tidak ada rencana yang benar-benar sempurna, apalagi dalam digital marketing. Ada tantangan dan kendala yang bisa saja terjadi dan perlu dihadapi bersama. 

Itu sebabnya, kolaborasi dan brainstorming tetap diperlukan sepanjang kerja sama berlangsung demi penerapan strategi yang tepat sasaran.


Semoga 7 tips dan cara menjalin kerja sama dengan digital marketing agency di atas bisa membantu Anda memulai kerja sama yang kolaboratif ya. Jika Anda adalah pemilik bisnis online, tak ada salahnya pelajari juga mengenai Jenis Digital Marketing Agency yang bisa Bantu Promosi Online Bisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER