Salah satu perubahan paling terasa di era kecanggihan teknologi saat ini, hampir seluruh aspek kehidupan beralih serba digital. Misalnya saja proses jual beli online, dan pemasaran secara online untuk perusahaan atau bisnis yang sudah go digital. Jadi, tak heran jika semakin hari, peran digital marketing agency banyak dibutuhkan oleh brand maupun pemilik bisnis.

 

Kegiatan transaksi berbelanja online dan digital marketing semakin terasa kehadirannya saat wabah COVID-19 melanda. Mobilitas masyarakat yang serba terbatas. Kemudian, anjuran untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Otomatis, membuat aktivitas digital menjadi primadona. Hal ini turut mengubah gaya hidup hampir setiap orang di dunia.

 

Nah, bagi pebisnis, salah satu cara untuk tetap eksis di tengah perubahan zaman ialah mampu menyesuaikan diri dengan beragam perubahan yang terjadi. Apalagi melihat tren yang ada saat ini. Sudah saatnya, pemilik usaha memahami cara bertahan dan mengembangkan bisnis dengan gaya baru. Misalnya, menggandeng digital marketing agency Jakarta untuk bekerja sama.

 

 

Apa Itu Digital Marketing Agency?

Apakah Anda sudah mengetahui tentang digital marketing agency Indonesia? Agensi pemasaran digital merupakan salah satu dari sekian banyak ragam pekerjaan yang muncul seiring perkembangan teknologi. Agency pemasaran online bisa dikatakan memiliki keterlibatan dengan social media strategies, social media admin, social media specialist, hingga influencer.

 

Jadi, apa pengertian tentang digital marketing agency sebenarnya? Sesuai dengan namanya, digital marketing agency adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan dengan berfokus pada strategi penjualan di internet, termasuk platform digital. Jangkauan pemasarannya pun luas. Untuk digital marketing agency Indonesia, promosi bisa menjangkau berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor, Makasar, Balikpapan, Banjarmasin, dan kota-kota lain di Indonesia.

 

Perlu Anda ketahui, pada dasarnya cara kerja mereka tak berbeda jauh dengan agensi pemasaran tradisional. Perbedaan paling mendasar terletak pada platform yang menjadi lingkup kerjanya.

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency

  1. Pemilik usaha atau brand tak perlu menguasai segala sesuatu yang berkaitan dengan digital marketing mulai dari nol.
  2. Perusahaan penyedia jasa digital marketing agency Indonesia memiliki tim atau sumber daya yang kompeten di bidangnya. Hal ini, membuat pemilik bisnis tak perlu pusing memikirkan strategi yang akan digunakan.
  3. Agensi akan mengarahkan Anda sebagai pemilik bisnis sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, ingin menyadarkan masyarakat tentang brand milik Anda atau yang dikenal dengan brand awareness. Kemudian, mencapai target penjualan tertentu, menarik konsumen baru, mempertahankan loyalitas konsumen yang sudah ada, dan sebagainya. Sebagai pemilik usaha, Anda tak perlu memikirkan strategi secara terperinci. Digital agensi akan melakukannya untuk Anda.
  4. Lebih efisien dari segi budget maupun waktu eksekusi. Mengingat, agensi pemasaran digital sudah memiliki tim yang berpengalaman di bidangnya. Dalam segi waktu, Anda tak perlu melakukan trial and error. Sedangkan dari sisi keuangan, Anda tak perlu melatih tim atau merekrut karyawan baru yang memiliki kompetensi pemasaran online.

 

Beberapa Jenis Layanan Digital Marketing Agency yang Banyak Digunakan

 

 

  1. Influencer Marketing

Tidak dipungkiri jika pengguna media sosial di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat dari tahun ke tahun. Fenomena ini kemudian dimanfaatkan oleh brand dalam mengkampanyekan produk atau jasa mereka di berbagai platform media sosial.

 

Salah satu kampanye yang banyak diminati, yaitu berkolaborasi dengan influencer. Kehadiran influencer saat ini bisa dibilang merupakan perpanjangan tangan brand, dan amat dibutuhkan. Inilah yang menjadikan influencer marketing ibarat pasar yang mempertemukan pemilik bisnis dan influencer. Anda tak perlu repot mencari tahu kontak manajer, rate atau harga influencer, dan mengurus perjanjian kerja sama.

 

  1. Digital Advertising Agency

Jika Anda menginginkan pembuatan iklan melalui media digital, maka digital advertising agency merupakan pilihan yang tepat. Mengapa begitu? Sebab, jasa agensi yang satu ini akan membantu Anda dalam melakukan pemasangan iklan. Bisa iklan di platform media sosial, mesin pencari, atau di website.

 

Anda tak perlu khawatir lagi tentang optimasi SEO, social media marketing, email marketing dan iklan digital lainnya. Tim mereka akan siap memantau dan melaporkan hasilnya untuk Anda.

 

  1. Media Buying Agency

Merupakan agensi yang dapat menghubungkan perusahaan dengan media. Sebab, tak dipungkiri jika suatu media membawa pengaruh tersendiri bagi masyarakat, sehingga optimasi melalui media buying agency dinilai akan efektif. Contoh agensinya di dunia digital adalah website yang mendapat backlink melalui portal berita media tersebut.

 

  1. Branding Advertising Agency

Fokus digital marketing agency Jakarta yang satu ini terletak pada sarana branding perusahaan, misalnya seperti pembuatan logo dan portofolio.

 

  1. Marketing Platform

Jasa layanan pemasaran yang biasanya diakses melalui aplikasi. Umumnya melayani campaign di media sosial, seperti memperkenalkan brand. Anda bisa pula melakukan rebranding produk yang berganti kemasan, mencapai trending topic dan berbagai kampanye lainnya di social media.

 

Melihat dari cara kerja atau sepak terjangnya yang mengandalkan media sosial, marketing platform biasanya menyediakan pula layanan penyediaan campaign yang langsung terhubung pada influencer, atau KOL. Influencer bisa mendaftar sendiri pada kampanye yang diminati, dan brand dapat memilih sesuai kriterianya.

 

Layanan ini cenderung aman dari risiko penipuan, seperti fee atau rate card yang perlu dibayar, progres kerja sama dan sebagainya.

 

Tips Memilih Digital Marketing AgencyIndonesiauntuk Diajak Bekerja Sama

 

 

Tentunya ada banyak sekali digital marketing agency Indonesia yang bisa diajak bekerja sama. Namun, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan, Anda bisa mempertimbangkannya melalui tips berikut ini!

 

  1. Memiliki pengalaman menangani industri yang sama atau serupa dengan bisnis Anda. Hal ini akan berguna untuk memberikan gambaran tentang hasil yang akan didapatkan.
  2. Sesuaikan biaya promosi dengan budget yang dimiliki. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang biaya atau paket yang bisa Anda pertimbangkan.
  3. Cari kredibilitas digital marketing agency Jakarta melalui testimoni dari sumber terpercaya. Bisa melalui situs official-nya maupun media sosial.
  4. Agensi pemasaran online yang profesional selalu mencantumkan alamat dan kontak yang lengkap, agar mudah dihubungi.
  5. Buat kesepakatan, misalnya Anda akan memperpanjang kontrak kerja apabila mereka memberikan hasil sesuai yang dijanjikan.

 

Nah, itulah beberapa keuntungan, jenis layanan, serta tips memilih agensi digital yang perlu diketahui. Mengingat jika bisnis ingin terus berkembang, Anda harus mengikuti perubahan. Berbisnis sesuai zamannya akan membuat produk atau jasa yang ditawarkan tetap relevan.