Jenis digital agency bisa disesuaikan dengan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Seiring dengan perkembangan dunia digital, kini semakin banyak pengusaha yang meninggalkan pemasaran konvensional untuk bisnis mereka.

 

Dalam pemasaran konvensional, bisa dibayangkan berapa banyak kertas yang dihabiskan untuk mencetak materi promosi. Belum lagi saat harus membagikannya, tentu memakan waktu, biaya, dan tenaga. Akibatnya, cara ini dinilai kurang efektif, mengingat penerima media promosi terkadang tidak sesuai dengan target market yang disasar.

 

Sementara itu, pemasaran secara digital dinilai lebih relevan dan efektif dengan perkembangan zaman, serta lebih ekonomis. Meski dinilai lebih ekonomis dan lebih spesifik dalam menyasar target, promosi digital memiliki bentuk yang amat beragam. Jika tidak jeli atau memiliki pengalaman, bisa-bisa Anda salah langkah dalam membuat promosi digital. Hal ini tentu berdampak pada banyak hal, salah satunya mengakibatkan boncos biaya memasang iklan.

 

Apabila Anda merasa pemula dan awam cara menerapkan promosi digital, tak perlu risau. Kini, hadir berbagai jenis digital agency yang bisa menjawab kebutuhan Anda akan promosi digital. Namun, sebelum memilih bentuk promosi digital, ada baiknya jika Anda memahami 4 konsep digital marketing.

 

Konsep digital marketing perlu diketahui, agar Anda lebih memahami peran digital marketing dalam upaya meraih hasil semaksimal mungkin dengan biaya seminimal mungkin. Dikutip dari akun Twitter seorang praktisi digital marketing @andinrahmana, berikut 4 konsep digital marketing.

 

4 Konsep Promosi Digital

 

 

  1. Zero Moment of Truth

Zero moment of truth adalah sebuah proses di mana calon pembeli belum mengetahui secara spesifik produk yang ingin dibelinya. Dalam zero moment of truth, mayoritas calon pembeli akan mencari informasi di mesin pencarian Google.

 

Itu sebabnya, penting bagi Anda pemilik perusahaan untuk memastikan bahwa konten yang tersaji sudah baik. Dalam artian, memiliki informasi yang jelas, berada di halaman awal pencarian Google, menuai ulasan positif atau jika terdapat pernyataan yang bernada negatif, perusahaan sudah melakukan klarifikasi.

 

  1. Metode AISAS dari Jepang

Terdiri dari 5 tahapan, yaitu Attention (tahu), Interest (tertarik), Search (pencarian), Action (membeli), dan Share (membagikan pengalaman). Dalam tiap tahapnya, dibutuhkan pendekatan yang berbeda.

 

  1. Pastikan Konten Anda Mobile Friendly

Di era serba canggih ini, hampir semua orang selalu membawa handphone ke mana pun ia melangkah. Oleh karena itu, konten yang dibuat harus mobile friendly atau nyaman bila diakses menggunakan handphone. Maka, hal-hal kecil semacam jenis dan ukuran font, seharusnya disesuaikan dengan kenyamanan pembaca. Tujuannya, agar pembaca betah dengan konten yang Anda sajikan.

 

  1. Digital Marketing Trifecta

Konsep ini terdiri dari Owned (website, akun sosial media), Paid (iklan yang dibuat seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, hingga merekrut jasa influencer). Terakhir, ialah earned, berupa ulasan, testimoni, mention atau tag media sosial, dan sebagainya.

 

 

Manfaat Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency Indonesia untuk Bisnis Anda

Jika Anda menggunakan jasa digital marketing agency Indonesia, dalam membuat iklan, berikut beberapa manfaat yang akan didapat:

 

  • Anda tidak perlu berkutat dalam seluruh proses pembuatan materi iklan karena digital agency sudah memiliki tim yang berkompeten untuk mengeksekusi ide-ide Anda.
  • Materi iklan yang dihasilkan akan lebih profesional karena dikerjakan oleh mereka yang memang berkompeten di bidangnya.
  • Fokus Anda pada pekerjaan utama tidak akan terganggu.

 

Nah, setelah Anda mengetahui konsep dasar dalam pemasaran digital dan manfaat menggunakan digital marketing agency Indonesia untuk membantu produksi iklan, selanjutnya Anda bisa mencari jenis-jenis digital agency yang sesuai dengan tujuan promosi digital Anda.

 

Jenis Digital Marketing Agency yang Bisa Maksimalkan Promosi Online

 

  1. Media Buying Advertising Agency

Media buying advertising agency memiliki fokus pada perencanaan dan pembelian media. Digital agency ini akan merencanakan timeline, budget, dan target yang sesuai dengan perusahaan.

 

  1. Public Relation Advertising Agency

Jenis digital agency ini memiliki fokus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan perusahaan atau membantu perusahaan dalam membuat kesan baik.

 

  1. Creative Advertising Agency

Creative advertising agency biasanya merupakan top digital agency yang fokus pada strategi dan eksekusi kreatif. Jenis digital agency ini cocok bagi perusahaan yang menginginkan strategi pengiklanan kreatif.

 

  1. Social Advertising Agency

Fokus pada strategi iklan di sosial media. Biasanya, terdiri dari sekumpulan content creator yang siap mempromosikan bisnis Anda di media sosial dengan tujuan spesifik.

 

  1. Branding Advertising Agency

Top digital agency yang melayani branding perusahaan dengan fokus pada pembuatan logo, kartu nama, kop surat dan sebagainya. Jenis digital marketing agency Jakarta ini cocok bagi perusahaan yang baru merintis atau bagi perusahaan yang tengah melakukan rebranding perusahaan.

 

  1. Digital Advertising Agency

Seperti namanya, digital advertising agency bergerak di bidang pembuatan iklan digital, sebut saja SEO, web designand development, social media marketing, marketing automation, dan accounting based marketing. Digital agency ini cocok sebagai rekan kerja perusahaan yang mulai merambah pasar digital atau bagi mereka yang telah memiliki target yang jelas.

 

 

  1. Full Service Advertising Agency

Full service advertising agency merupakan digital agency yang melayani pembuatan iklan secara menyeluruh, baik itu iklan tradisional atau dalam bentuk digital.

 

Agency ini biasanya memiliki tim yang lengkap sesuai dengan keahlian masing-masing. Cocok bagi perusahaan yang membutuhkan jasa iklan menyeluruh karena menyediakan beragam bentuk iklan. Mulai dari, iklan televisi, content creation, web development, SEO, iklan radio, dan banyak lagi.

 

  1. Influencer Marketing

Merupakan digital agency yang melayani pemasaran dengan bantuan influencer. Influencer marketing, termasuk jenis digital agency yang kian relevan seiring dengan naiknya minat masyarakat akan sosial media.

 

  1. Marketing Platform

Marketing platform menjadi tempat bertemunya klien dan para influencer. Jenis digital agency ini biasanya menyediakan jasa buzzer, key opinion leader (KOL) atau disebut juga influencer

 

 

Itulah berbagai jenis digital advertising yang dapat Anda pilih untuk membantu promosi digital perusahaan Anda secara tepat. Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang telah berpengalaman selama 20 tahun dalam menciptakan berbagai creative campaign bagi lebih dari 500+ brand, serta pernah mendapatkan penghargaan 3 kali Gold Winner Independent Agency, siap melayani kebutuhan kampanye digital perusahaan Anda. Mari berdiskusi dan langsung saja kontak kami.