Dunia bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring dengan lajunya perkembangan teknologi informasi. Itu sebabnya, para pelaku bisnis harus mulai menyesuaikan diri untuk mengikuti perubahan yang terjadi, salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai media promosi bisnis. Cara agar bisa menjadikan internet sebagai media bisnis, Anda perlu memahami 4 strategi membuat content marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bisnis.

 

Pengertian dan Manfaat Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang di dalamnya ada kegiatan membuat dan mendistribusikan konten. Konten di sini sudah tentu harus mampu mendeskripsikan bisnis Anda secara jelas dan informatif. 

 

Ada banyak manfaat menggunakan content marketing dalam promosi bisnis. Jika konten marketing yang Anda buat memenuhi tiga syarat, yaitu penting, relevan, dan konsisten, maka konten tersebut memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan pengunjung. Mereka akan dengan senang hati membaca, kemudian membagikan konten tersebut kepada pengguna internet lainnya, bahkan bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

 

 

Setelah memahami pengertian dan manfaat dari content marketing, sekarang waktunya Anda menerapkan 4 strategi membuat content marketing yang dapat mendatangkan keuntungan bisnis.

 

4 Strategi Membuat Content Marketing yang Mendatangkan Keuntungan Bisnis 

  1. Memiliki Tujuan Dalam Membuat Content Marketing

Sebelum membuat konten marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bisnis, Anda perlu tahu terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai. Apakah konten tersebut dibuat hanya untuk memberi informasi yang penting diketahui pembaca, mendatangkan lebih banyak visitor, meningkatkan kepercayaan, atau mendorong pembaca konten melakukan pembelian?

 

Jika tujuannya untuk memberi informasi, Anda perlu membuat konten yang memang informatif, berisi hal-hal penting yang perlu diketahui, dan konten ini bisa sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk menggunakan produk bisnis Anda. 

 

Sementara jika yang ingin Anda capai adalah terjadinya transaksi dan penjualan, maka diperlukan treatment khusus. Mungkin di artikel lain akan kita bahas mengenai hal ini lebih dalam. Hanya saja perlu diingat, content marketing sebaiknya bisa menjadi solusi bagi pelanggan terlebih dahulu. Jika mereka telah percaya, mereka tak akan segan melakukan transaksi sesegera mungkin. 

 

  1. Lakukan Riset Buyer Persona

Apa maksud dari buyer persona? Buyer persona adalah gambaran secara lengkap dari hasil proses pengidentifikasian mengenai target audiens atau calon pelanggan dari data-data yang sebenarnya Anda dapatkan dari pelanggan itu sendiri. 

 

Melakukan riset buyer persona bisa melalui berbagai macam cara, seperti menyebarkan kuesioner, menggunakan lembaga survei pelanggan, bekerja sama dengan brand consultant atau digital marketing strategist dari salah satu digital agency di indonesia.

 

  1. Memilih Platform yang Tepat

Strategi yang ketiga, memilih platform yang akan digunakan untuk menyebarluaskan konten marketing yang telah dibuat. Pemilihan platform digital yang tepat akan sangat membantu pemasaran produk Anda. 

 

  1. Membagi Jenis Konten  

Dalam strategi membuat content marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bisnis, sebaiknya Anda membagi konten menjadi 3, yaitu konten yang berisi tentang pengenalan, konten branding, dan konten penjualan yang akan mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi (pembelian). 

 

Konten pengenalan bisa berisi apa, siapa, dan bagaimana Anda mampu menjadi solusi atas kebutuhan pelanggan. Pada konten pengenalan ini bisa pula tentang hal-hal mendasar yang biasanya mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari, solusi atas hal-hal tersebut, serta tips-tips pendukung. 

 

 

Lalu pada konten branding, Anda bisa mulai mengenalkan brand atau usaha yang Anda jalankan, siapa, apa, dan bagaimana bisnis Anda bisa membantu pelanggan, dan sebagainya. Nah, pada konten penjualan, Anda bisa mulai memberitahu alasan produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi pelanggan. 

 

Semoga 4 Strategi Membuat Content Marketing yang Mendatangkan Keuntungan Bisnis ini bisa memberi inspirasi bagi Anda yang saat ini hendak mengembangkan dan membuat content marketing yang lebih baik.