knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Jenis Digital Marketing Campaign yang Bisa Diterapkan Pengusaha UKM

08 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 4.419  
Digital Marketing

Jenis Digital Marketing Campaign Untuk Ukm

Bisnis yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman akan terancam mati. 

Ini fakta yang tak bisa dipungkiri sehingga mau tidak mau para pengusaha UKM perlu memahami digital marketing campaign dengan tujuan mendapatkan pasar serta bisa bersaing dengan kompetitor.

Digital marketing campaign adalah rencana atau metode yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran atau marketing melalui jalur digital

Dengan digital marketing yang baik, bisnis dapat bertahan dan meningkat. Berikut beberapa jenis digital marketing populer dan bisa Anda terapkan.

7 Jenis Digital Marketing Campaign Untuk UKM

1. Search Engine Optimization 

Search Engine Optimization atau akrab disebut SEO adalah proses untuk mendapatkan traffic website atau blog sehingga bisa masuk ke halaman pertama di mesin pencari. 

Beberapa aspek pada konten yang harus dioptimasi secara SEO, antara lain, deskripsi, penggunaan keyword, pemilihan judul, dan kualitas backlink

Jika website dapat tampil di halaman pertama pencarian, maka bisa meningkatkan traffic website sekaligus mendatangkan lebih banyak konsumen.

2. Search Engine Marketing 

Sekilas, SEM atau Search Engine Marketing ini mirip dengan SEO. Hal yang membedakannya adalah SEM disebut juga dengan istilah pencarian berbayar.

Pelaku marketing akan membayar sejumlah uang sesuai dengan kunjungan atau iklan yang direspons oleh audiens. Hasil yang diberikan SEM juga terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan SEO.

3. Content Marketing

Content marketing adalah teknik digital marketing yang berfokus untuk berbagi konten. Bentuk kontennya dapat berupa tips, motivasi, hiburan, dan lain-lain. 

Tujuan dari penggunaan konten untuk menarik target market dan meningkatkan branding. Anda bisa membuat konten untuk berbagai platform yang Anda gunakan, seperti blog, website, YouTube, atau Instagram.

4. Affiliate Marketing

Metode digital marketing yang disebut affiliate marketing ini cukup populer di kalangan digital marketer. Itulah sebabnya kalau Anda lihat, banyak juga bisnis online yang menerapkan strategi affiliate marketing.

Pada intinya, affiliate marketing adalah hubungan kerja sama dengan pihak lain untuk mempromosikan bisnis dengan sistem pemberian komisi ketika terjadi transaksi pembelian melalui link affiliate-nya. 

Produk-produk digital, seperti e-course, e-commerce, dan lainnya sudah banyak yang menggunakan strategi ini.

5. Social Media Marketing

Sesuai namanya, social media marketing adalah metode digital marketing yang menggunakan platform media sosial guna menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Konsumen sudah jenuh dengan promosi bertipe hard selling maupun yang terlalu gembar-gembor dalam menawarkan barang juga produknya. 

Saat ini, konsumen butuh interaksi dua arah dengan pemilik brand. Karena alasan tersebut, terciptalah metode social media marketing.

Dengan cara ini, pemilik produk bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan calon konsumen, menjadi lebih terlibat, menjalin hubungan baik, dan akhirnya tercipta lebih banyak penjualan.

Biasanya, pemilik produk dapat pula meminta pendapat atau sesekali melakukan giveaway agar interaksi semakin meningkat.

6. Email Marketing

Jenis digital marketing yang satu ini berguna untuk mendapatkan data pelanggan untuk membangun database. Nantinya data inilah yang bisa Anda gunakan dalam berbagai strategi promosi dan pemasaran yang Anda terapkan.

Singkatnya, email marketing adalah penggunaan email untuk memberikan edukasi atau newsletter seputar produk kepada target market

Selain itu, email marketing menjadi media yang tepat untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan potensial, dengan catatan Anda menerapkan strategi email marketing yang tepat.

Setelah beberapa kali memberikan edukasi, biasanya pemilik produk akan mulai menyelipkan soft selling dan akhirnya melakukan penawaran.

7. Influencer Marketing

Menggunakan influencer marketing dapat membantu bisnis UKM menjangkau audiens yang lebih luas dan spesifik.

Saat bekerja sama dengan influencer yang memiliki basis pengikut yang relevan, Anda dapat meningkatkan brand awareness, kepercayaan konsumen, dan meningkatkan penjualan. 

Influencer yang diajak bekerja sama bisa berupa blogger, vlogger, atau pengguna media sosial dengan jumlah pengikut yang signifikan. Agar kerjasama bisa berjalan lancar, lebih bagus kalau Anda berkolaborasi dengan KOL Management atau digital marketing agency Indonesia.


Itulah 7 jenis digital marketing campaign yang bisa diterapkan pengusaha UKM agar bisa terus bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Siapa yang lebih sering belajar dan bisa beradaptasi dengan perkembangan, maka dialah pemenangnya. 

Lalu bagi Anda yang masih belajar digital marketing, boleh juga lho membaca artikel berikut Strategi Dasar Digital Marketing yang Mudah Dilakukan Pebisnis Pemula.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER