Cara Kerja CPA Marketing
CPA (Cost Per Action) marketing merupakan bentuk penerapan digital marketing di mana advertiser (pengiklan) membayar affiliate (afiliasi) ketika ada aksi tertentu yang dilakukan oleh audiens pada link afiliasi, seperti membeli produk, mengisi formulir, mendaftar, atau melakukan tindakan lainnya.
Cara kerja CPA marketing, yaitu:
- Advertiser (pengiklan) mencari afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.
- Afiliasi kemudian mempromosikan produk atau layanan tersebut dengan menggunakan tautan afiliasi yang disediakan oleh advertiser.
- Ketika ada audiens melakukan aksi tertentu, seperti membeli produk atau mengisi formulir setelah mengklik tautan afiliasi, advertiser akan membayar afiliasi sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya.
- Jumlah pembayaran tergantung pada jenis tindakan yang diambil oleh audiens
Menerapkan CPA marketing jelas lebih menguntungkan, sebab advertiser hanya perlu membayar ketika ada tindakan tertentu yang dilakukan oleh audiens. Sementara jika hanya terjadi klik link tanpa ada tindakan selanjutnya, advertiser tidak perlu melakukan pembayaran kepada afiliasi.
Pada ulasan mengenai pengertian CPA marketing, jenis, dan cara kerjanya di atas, Anda pasti menemukan berbagai istilah yang berkaitan dengan strategi pemasaran digital ini. Masih ada banyak istilah penting yang perlu Anda tahu lho, supaya bisa memahaminya dengan lebih baik lagi. Mau tahu tidak istilah lainnya? Kalau iya, baca di artikel berikut ini: Istilah Penting dalam CPA Marketing yang Wajib Anda Tahu.