Untuk menerapkan digital marketing, Anda tidak hanya bisa menggunakan media Instagram. Tetapi, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan email, yang biasa dikenal dengan nama email marketing. Email marketing ini biasanya memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, banyak orang bertanya-tanya, bagaimana agar email yang di blast banyak mendapatkan klik? Pada artikel kali ini, mari cari tahu bersama-sama rahasia email blast banyak klik. Email blast banyak yang klik menjadi kunci utama email marketing bisa dikatakan berhasil.

 

Alasan Email Marketing Menarik untuk Dicoba

Dari tahun ke tahun, pengguna internet semakin meningkat. Dengan peningkatan jumlah pengguna internet tersebut, tentunya diikuti dengan pengguna email. Karena, ketika membuat akun pada media sosial hal pertama yang ditanyakan adalah akun email. Dengan kata lain, email menjadi syarat utama untuk bisa memiliki akun di media sosial. Selain itu, sekarang zaman sudah serba teknologi yang mana hampir setiap orang memiliki email.

 

Email marketing tidak hanya digunakan oleh Anda yang memiliki bisnis. Bagi para pemilik atau pengelola website juga perlu menerapkan email marketing guna menaikkan jumlah pengunjung website. Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui bagaimana agar email blast banyak diklik oleh penerima email. Jika email yang dikirimkan hanya dibuka, tetapi tidak dibaca sama sekali, maka upaya Anda jadi sia-sia, bukan? Nah, berikut beberapa rahasia agar email blast yang Anda kirimkan banyak klik.

 

Rahasia Agar Email Blast Banyak Klik

 

 

  1. Buat Subjek Email yang Menarik

Subjek email merupakan kunci dari email yang Anda kirimkan. Semakin menarik kalimat di subjek yang Anda buat, maka akan semakin membuat si penerima email penasaran. Misal, Anda ingin mengirimkan email yang isinya informasi mengenai diskon barang jualan Anda, maka Anda bisa menuliskan subjeknya, sebagai berikut:

 

Contoh 1: 

 

“Kesempatan Terbatas! Hanya untuk hari ini diskon all item hanya khusus untuk Anda!” 

 

Contoh 2:

 

“Diskon all item!” 

 

Bisakah Anda melihat perbedaan dari 2 contoh di atas? Jika menggunakan contoh 1, penerima email akan semakin penasaran karena ada kalimat kesempatan terbatas dan dikhususkan untuk Anda secara pribadi. Namanya kesempatan terbatas, artinya tidak semua orang kebagian diskon. Sedangkan contoh 2, penerima email cenderung memiliki tanggapan biasa saja, bahkan mereka akan menunda membaca email tersebut karena tidak ada sesuatu yang mengundang rasa penasaran mereka. Dan akhirnya, penerima email malah lupa untuk membuka email tersebut.

 

  1. Sisipkan Teknik Call To Action

Ketika Anda mengirimkan email, tidak mungkin hanya isi email dengan penjelasan panjang lebar. Pastinya, Anda akan menyertakan link yang mengajak para pembaca untuk membuka link tersebut. Memang, bukan hal mudah untuk mengajak pembaca klik link yang disertakan di dalam email.

 

Namun, Anda bisa memberikan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas, apa saja yang tertera pada link tersebut sehingga penerima email memiliki gambaran yang lengkap mengenai penawaran Anda. Anda juga dapat menyisipkan kalimat dengan teknik Call To Action yang berupa ajakan untuk membuka link tersebut. Misalnya, “Yuk, klik di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga 70% khusus untuk hari ini!” 

 

 

  1. Sisipkan Pertanyaan

Isi email tidak selalu tentang yang Anda sampaikan. Tetapi, Anda bisa menyisipkan pertanyaan yang mendorong pembaca menanggapi email yang Anda kirim. Hal ini merupakan langkah awal untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon customer. Pertanyaan, harus yang berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan, misalnya dengan mengangkat permasalahan yang sering dihadapi dan solusinya adalah produk Anda tersebut. Menjalin hubungan baik dengan calon konsumen akan membuat email Anda dibaca terus oleh mereka. Ini menjadi salah satu trik agar email yang Anda kirimkan tidak masuk spam.

 

  1. Tambahkan Catatan Tambahan

Jika pembaca sudah membaca email Anda, jangan lupa untuk selalu menyertakan catatan tambahan di bagian akhir email. Tujuannya, untuk memberi penekanan yang membuat pembaca akan mengingat isi email yang Anda kirim. Biasanya dalam psikologi, manusia hanya akan mengingat hal pertama dan hal terakhir yang ditangkap mata dalam waktu lama dengan lebih baik. Itu sebabnya, menambahkan catatan sebagai penegas betapa menguntungkannya kalau pembaca melakukan klik link, perlu kembali diulang di akhir email.

 

  1. Tambahkan Kalimat Urgensi

Bisakah Anda melihat perbedaan, saat Anda perlu membeli barang yang memang tingkat urgensinya tinggi dan urgensinya yang rendah. Anda pasti akan bersemangat membeli barang yang emang urgensinya tinggi atau yang lebih dibutuhkan. Nah, sama halnya dengan pembaca email Anda. Semakin Anda menambahkan kalimat urgensi, maka semakin mereka punya daya tarik untuk melakukan klik.

 

Kalimat urgensi ini bisa menggunakan kata-kata yang mendesak, seperti: “Buruan! Harga akan naik dalam waktu sejam!” Cara ini bisa semakin mendorong pembaca email untuk melakukan klik dan bonusnya dia akan mengambil penawaran tersebut dengan cepat.

 

 

  1. Buat Pembaca Penasaran

Pernahkah Anda penasaran terhadap suatu hal? Pastinya rasa penasaran itu akan mendorong Anda untuk mencari tahu hal tersebut, kan? Nah, Anda juga bisa menerapkan cara ini pada saat membuat email blast agar banyak klik.

 

Misal, informasi mengenai diskon terbatas. Anda bisa menyebutkan barang-barang apa saja yang sedang diskon. Lalu, Anda memberikan kalimat, “Jika Anda ingin melihat barang yang lebih banyak diskon lagi, silakan klik link berikut”. Kalimat ini juga berupa ajakan tanpa disadari oleh pembaca email. 

 

  1. Kirimkan Email pada Waktu yang Tepat

Usahakan untuk mengirimkan email pada malam hari atau akhir pekan. Apabila Anda mengirimkan pada hari dan jam kerja, ada kemungkinan email yang Anda kirimkan akan tenggelam dengan email pekerjaan. Untuk memperbesar kemungkinan email yang Anda kirim akan dibuka dan dibaca oleh penerima email, lakukan pengiriman email di malam hari, sekitar pukul 8 malam hingga tengah malam. 

 

Tetapi, sama halnya dengan media sosial lain, Anda harus melakukan uji coba untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mengirimkan email ke pembaca atau pelanggan Anda. Data tersebut bisa Anda analisis terlebih dahulu demi mendapatkan jam terbaik untuk mengirimkan email.

 

Apakah Anda sudah bisa menerapkan beberapa cara agar email blast banyak klik dari pembaca? Silakan dicoba dulu rahasia email blast banyak klik ini. Kalau sudah mendapatkan hasilnya, entah berhasil atau gagal, silakan hubungi digital marketing strategistuntuk mendapatkan rahasia lainnya.