Chatbot adalah program komputer yang tujuan pembuatannya untuk berinteraksi dengan manusia melalui suatu percakapan.
Chatbot adalah program komputer yang tujuan pembuatannya untuk berinteraksi dengan manusia melalui suatu percakapan.
Singkatnya, chatbot bisa merespons seperti manusia dan memberikan informasi yang pengguna butuhkan, sesuai perintah yang sudah Anda atur sebelumnya.
Chatbot apakah termasuk AI? Tentu saja, program komputer yang satu ini termasuk artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang terbukti bisa turut membantu melancarkan layanan dari suatu bisnis.
Tertarik memiliki chatbot untuk bisnis? Di artikel Redcomm kali ini ada ide chatbot sederhana yang bisa membantu operasional bisnis.
Sebelum mengetahui ide chatbot sederhana untuk bisnis, mari mencari tahu terlebih dulu manfaat chatbot berikut:
Chatbot menjadi robot virtual dan dapat berperan sebagai customer service yang bekerja selama 24 jam non-stop setiap harinya.
Fitur Chatbot AI ini akan membantu melayani pelanggan yang menghubungi bisnis Anda di jam istirahat atau saat jam operasional toko sudah berakhir.
Memanfaatkan fitur layanan pelanggan otomatis ini akan membuat pelanggan merasa lebih puas karena setiap pertanyaan atau permasalahan mereka terlayani dengan cepat.
Anda tinggal melakukan pengaturan pada chatbot tentang pertanyaan-pertanyaan tertentu yang jawabannya sudah diatur sedemikian rupa.
Usahakan untuk jawaban dari setiap pertanyaan dibuat semanusiawi mungkin sehingga pelanggan tidak kesal karena harus bertanya jawab dengan robot.
Menggunakan Chatbot dapat meningkatkan efisiensi operasional karena bisa mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan sederhana.
Contoh tugas rutin tersebut, seperti memberikan informasi dasar, menyelesaikan permasalahan umum, memproses pesanan yang masuk, menjadwalkan janji, dan lainnya.
Dengan cara ini, karyawan Anda bisa mengerjakan tugas yang lebih penting dan membutuhkan pemikiran kreatif.
Chatbot tidak akan merasa kelelahan dalam melayani pelanggan, bahkan bisa melayani banyak pelanggan dalam waktu bersamaan.
Dengan begitu semua pelanggan terlayani dengan baik sekalipun terjadi lonjakan atau ketika ada banyak pelanggan yang tertarik dengan bisnis atau produk Anda.
Untuk menggunakan layanan chatbot di era digital business sekarang ini, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan beberapa chatbot template di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, atau membeli template dari penyedia chatbot.
Jangan lupa, sebelum menggunakannya, Anda harus memikirkan nama untuk chatbot serta mengatur contoh percakapan yang ingin Anda sampaikan.
Selanjutnya, Anda bisa menerapkan beberapa rekomendasi berikut pada chatbot bisnis Anda.
Salah satu cara agar chatbot yang Anda gunakan lebih dikenal oleh orang adalah dengan memberinya nama yang unik dan mudah diingat. Berikut beberapa tips menentukan nama chatbot:
Memiliki bisnis artinya harus melayani pelanggan. Dalam memberikan layanan, sudah pasti Anda perlu mengutamakan keramahan saat menyapa pelanggan.
Untuk itu, Anda bisa membuat format sapaan yang menarik, sekalipun Anda sedang tidak melayani di jam kerja.
Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang penjualan kebutuhan kucing. Anda bisa mengatur pesan sapaan, seperti “Selamat datang cat lovers, ada yang bisa kami bantu?”
Sapaan tersebut memang terdengar simpel, namun bisa menyentuh hati pelanggan dan membuat mereka merasa diperhatikan.
Biasanya, layanan pesan menggunakan robot virtual membutuhkan kode atau kata kunci tertentu.
Kode tersebut bisa membuat orang terbantu untuk mencari informasi dengan lebih mudah. Anda bisa membuat kode simpel dan mudah diingat sesuai fungsinya.
Contoh, Anda bisa meminta pelanggan mengetikkan kata “order” untuk mendapatkan informasi mengenai cara pemesanan, atau mengetikkan kata “help” jika membutuhkan bantuan khusus.
Anda juga bisa mengatur kode lainnya yang mudah dimengerti oleh chatbot dan sesuai dengan konteks pertanyaan pelanggan.
Untuk membuat layanan pesan menggunakan robot yang lebih efektif, Anda bisa menautkan beberapa kata kunci yang ada dengan link informasi produk dan barang yang dicari.
Menautkan keywords dengan link tertentu akan membantu pelanggan yang membutuhkan jawaban yang cepat sebelum mereka memutuskan melakukan pembelian produk.
Agar layanan ini bekerja optimal, Anda harus membuat konten yang tepat dan informatif, sesuai kategori produk di website bisnis Anda.
Pada dasarnya, layanan pesan menggunakan bantuan robot seringkali terlihat kaku. Tetapi Anda bisa melakukan pengaturan jawaban dari chatbot agar terlihat lebih menarik dan manusiawi.
Caranya dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ramah dan sopan. Kemudian bahasa tersebut Anda masukkan ke dalam pengaturan chatbot.
Meski saat ini chatbot sudah semakin canggih, faktor bahasa pada chatbot tetap membutuhkan perhatian khusus agar dapat membuat pelanggan merasa nyaman. Karena sebagian besar orang cenderung kurang menyukai balasan dengan bahasa kaku.
Pelanggan juga biasanya merasa kurang dihargai jika hanya mendapatkan balasan otomatis menggunakan bantuan robot saja. Ingin tahu contoh penggunaan chatbot lainnya? Coba baca dari dua artikel berikut:
Demikianlah artikel mengenai ide penggunaan chatbot untuk kelancaran operasional bisnis. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang tertarik menggunakan layanan pesan otomatis dari chatbot.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC