Indikator Penting dalam Digital Marketing
Kesuksesan memulai digital marketing akan ditentukan dengan berbagai indikator yang wajib Anda perhatikan. Berikut beberapa indikator keberhasilan digital marketing:
1. Daya Tarik yang Kuat
Daya tarik produk atau layanan bisnis harus kuat sehingga bisa membuat konsumen mau membeli dan menggunakannya. Daya tarik di sini tidak melulu kualitas produk, namun bisa juga dari kejelian Anda memenuhi kebutuhan mereka.
2. Rasa Ingin Tahu yang Terpuaskan dengan Baik
Memuaskan rasa ingin tahu pelanggan berkaitan dengan informasi, pengetahuan, bahkan hiburan, dapat membuat mereka selalu mencari Anda.
Misalnya, mereka jadi lebih sering membaca berbagai informasi di website bisnis. Bisa pula mereka jadi lebih sering berinteraksi dengan konten-konten Anda di media sosial
3. Kepercayaan Pelanggan Berhubungan dengan Komitmen Anda
Analogi sederhananya, Anda akan lebih mudah mempercayai seseorang yang bisa berkomitmen terhadap suatu hal yang mereka katakan, kan? Pelanggan juga begitu.
Kalau Anda berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, maka mereka pun menjadi lebih percaya pada Anda, bisnis Anda, juga produk yang Anda tawarkan.
4. Orientasi Jangka Panjang yang Jelas
Percaya tidak, pelanggan yang loyal tercipta dari cara Anda memastikan bisnis bisa berjalan untuk waktu yang lama. Jadi saat pelanggan membeli suatu produk yang Anda tawarkan, misalnya, mereka tidak akan waswas bisnis Anda akan menghilang dan mereka jadi kesulitan menghubungi Anda.
Orientasi bisnis yang bisa tumbuh berkesinambungan untuk waktu yang lama sudah tentu mendukung pelayanan yang konsisten (layanan purna jual), maupun interaksi yang intens (mudah menghubungi Anda ketika mereka membutuhkan konsultasi, diskusi, keluhan, dan sebagainya).
5. Fokus Utama Digital Marketing untuk Mencapai Tujuan dan Meraih Kesuksesan
Lalu, bagaimana cara memulai digital marketing yang tepat sasaran hingga bisa mencapai tujuan dan meraih kesuksesan?
Fokus utama yang menjadi kunci penting dalam keberhasilan digital marketing terletak pada bagaimana Anda membuat dan memproduksi konten secara rutin. Selain itu, konten buatan Anda apakah sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau tidak.
Itulah sebabnya, Anda perlu memiliki content planner dan bisa secara kontinyu menyediakan konten yang dapat membantu pelanggan menyelesaikan berbagai permasalahan mereka.
Di saat yang sama, jalin hubungan baik dengan pelanggan melalui interaksi yang soli, seperti memberi respons terhadap komentar di media sosial, menanggapi keluhan, dan sebagainya.
Sudah siap memulai digital marketing untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik? Jika sudah, Anda bisa memulainya dengan 7 Langkah Menerapkan Digital Marketing bagi Pemula serta 8 Langkah Menyusun Strategi Digital Marketing. Jika mengalami kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda juga bisa kok berkonsultasi dengan tim dari Digital Marketing Agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.