MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Digital Marketing: Tujuan, Indikator Kesuksesan, dan Fokus Utamanya

23 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 3.146  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital untuk memudahkan konsumen mengenal bisnis dan membeli produknya secara online. Tujuan digital marketing sudah tentu untuk mendatangkan lebih banyak konsumen ke bisnis Anda. Cari tahu secara lengkap tujuan digital marketing, indikator kesuksesan digital marketing, dan fokus utama keberhasilan strateginya di artikel ini.

Apa Tujuan dari Digital Marketing?

Kenapa pebisnis perlu menerapkan digital marketing dan apa tujuan dari digital marketing? Dua pertanyaan semacam ini mungkin mengisi pikiran Anda ketika pertama kali mendengar tentang digital marketing. Nah, berikut ini beberapa tujuan dari digital marketing:

1. Branding Usaha

Untuk bisa dikenal masyarakat luas, pebisnis harus membangun branding usahanya. Yang dimaksud dengan branding usaha adalah semua upaya yang Anda lakukan, baik melalui penciptaan logo, slogan, konten informasi, kemasan, dan sebagainya, supaya konsumen bisa mengenal dan mengingat bisnis sekaligus produknya.

Kalau Anda membangun branding secara digital, jangkauan pemasaran Anda jadi semakin luas. Tak hanya di dalam negeri, bahkan bisa menjangkau pasar luar negeri. Cukup mengunggah satu konten yang dibuat secara spesifik dan targeted, maka ada banyak konsumen yang bisa kamu jangkau.

2. Media Interaksi yang Memperkuat Hubungan Anda dengan Pelanggan

Mengingat digital marketing memungkinkan Anda melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen, maka Anda memiliki kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Ketika pelanggan sudah merasa nyaman dan kebutuhannya bisa terpenuhi dengan baik, maka tak menutup kemungkinan mereka jadi percaya dengan produk dan layanan bisnis Anda. Akhirnya, mereka pun jadi pelanggan setia.

3. Hemat Biaya Promosi dan Pemasaran

Saat Anda memutuskan menggunakan digital marketing, Anda bisa menghemat banyak dan tak perlu menghambur-hamburkan uang hanya untuk mempromosikan dan memasarkan produk maupun layanan bisnis. 

Dengan catatan, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran digital di platform yang tepat. Misalnya memanfaatkan content marketing, email marketing, social media marketing, dan sebagainya.

4. Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan traffic penjualan tentu harapan banyak pelaku usaha. Karena jangkauan pasar yang luas dan biaya promosi yang lebih murah, Anda jadi punya kesempatan meningkatkan penjualan. Dengan cara ini, otomatis keuntungan perusahaan juga mengalami peningkatan.

5. Memungkinkan Melakukan Analisis dan Evaluasi Bisnis dengan Lebih Baik

Analisis dan evaluasi penting untuk dilakukan secara rutin dan berkala. Nah, menggunakan sistem pemasaran digital akan memudahkan proses promosi dan pemasaran secara langsung kepada konsumen. 

Anda bisa membagikan berbagai informasi terkait produk dan layanan bisnis dengan lebih cepat serta lebih mudah. Kemudian Anda tinggal melihat insight yang didapatkan dari aktivitas tersebut.

Hampir semua platform digital menyediakan fitur insight untuk Anda analisis dan evaluasi. Bahkan sudah banyak pula tersedia tools digital marketing yang bisa Anda gunakan. Nantinya, hasil analisis dan evaluasi ini membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang lebih baik.

Indikator Penting dalam Digital Marketing

Kesuksesan memulai digital marketing akan ditentukan dengan berbagai indikator yang wajib Anda perhatikan. Berikut beberapa indikator keberhasilan digital marketing:

1. Daya Tarik yang Kuat

Daya tarik produk atau layanan bisnis harus kuat sehingga bisa membuat konsumen mau membeli dan menggunakannya. Daya tarik di sini tidak melulu kualitas produk, namun bisa juga dari kejelian Anda memenuhi kebutuhan mereka. 

2. Rasa Ingin Tahu yang Terpuaskan dengan Baik

Memuaskan rasa ingin tahu pelanggan berkaitan dengan informasi, pengetahuan, bahkan hiburan, dapat membuat mereka selalu mencari Anda.

Misalnya, mereka jadi lebih sering membaca berbagai informasi di website bisnis. Bisa pula mereka jadi lebih sering berinteraksi dengan konten-konten Anda di media sosial

3. Kepercayaan Pelanggan Berhubungan dengan Komitmen Anda

Analogi sederhananya, Anda akan lebih mudah mempercayai seseorang yang bisa berkomitmen terhadap suatu hal yang mereka katakan, kan? Pelanggan juga begitu. 

Kalau Anda berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, maka mereka pun menjadi lebih percaya pada Anda, bisnis Anda, juga produk yang Anda tawarkan.

4. Orientasi Jangka Panjang yang Jelas

Percaya tidak, pelanggan yang loyal tercipta dari cara Anda memastikan bisnis bisa berjalan untuk waktu yang lama. Jadi saat pelanggan membeli suatu produk yang Anda tawarkan, misalnya, mereka tidak akan waswas bisnis Anda akan menghilang dan mereka jadi kesulitan menghubungi Anda.

Orientasi bisnis yang bisa tumbuh berkesinambungan untuk waktu yang lama sudah tentu mendukung pelayanan yang konsisten (layanan purna jual), maupun interaksi yang intens (mudah menghubungi Anda ketika mereka membutuhkan konsultasi, diskusi, keluhan, dan sebagainya).

5. Fokus Utama Digital Marketing untuk Mencapai Tujuan dan Meraih Kesuksesan

Lalu, bagaimana cara memulai digital marketing yang tepat sasaran hingga bisa mencapai tujuan dan meraih kesuksesan? 

Fokus utama yang menjadi kunci penting dalam keberhasilan digital marketing terletak pada bagaimana Anda membuat dan memproduksi konten secara rutin. Selain itu, konten buatan Anda apakah sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau tidak.

Itulah sebabnya, Anda perlu memiliki content planner dan bisa secara kontinyu menyediakan konten yang dapat membantu pelanggan menyelesaikan berbagai permasalahan mereka. 

Di saat yang sama, jalin hubungan baik dengan pelanggan melalui interaksi yang soli, seperti memberi respons terhadap komentar di media sosial, menanggapi keluhan, dan sebagainya.


Sudah siap memulai digital marketing untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik? Jika sudah, Anda bisa memulainya dengan 7 Langkah Menerapkan Digital Marketing bagi Pemula serta 8 Langkah Menyusun Strategi Digital Marketing. Jika mengalami kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda juga bisa kok berkonsultasi dengan tim dari Digital Marketing Agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER