MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Google Partner dan Cara Mendaftar Programnya

08 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 4.559  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Google secara rutin akan memberikan sertifikat kemitraan kepada perusahaan yang memenuhi persyaratan untuk menjadi partner Google dalam melayani customer

Nah, perusahaan yang mendapatkan sertifikat Google partners akan membantu Google memberikan pelayanan terbaik kepada para pebisnis untuk memasarkan produk dan jasa secara online.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau perusahaan Anda bisa menjadi Google partners. Cari tahu, yuk, apa itu Google partners, manfaatnya, dan cara mendaftar jadi partners Google di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Apa Itu Google Partners?

Google partners adalah program yang Google selenggarakan untuk membantu individu maupun korporasi mendapatkan pengakuan resmi dari Google atas keahlian mereka dalam mengelola kampanye Google Ads

Siapa saja yang bisa menjadi partners Google ini? Semua orang maupun perusahaan, mulai dari  digital agency, digital marketing agency, para digital marketers, hingga konsultan di bidang pemasaran digital 

Bekerja sebagai mitra Google tidak berkaitan dengan aktivitas perbaikan atau maintenance website, penerapan strategi SEO, Google adsense, Gmail, atau produk Google lainnya. Hanya fokus pada pengelolaan iklan berbayar atau Google Ads.

Selain mendapatkan dukungan yang bisa membantu meningkatkan kinerja kampanye iklan klien Anda, menjadi partners Google juga berkesempatan memperoleh akses ke berbagai sumber daya, pelatihan, dan dukungan lainnya.

5 Manfaat Menjadi Google Partner

Ada banyak manfaat yang bisa perusahaan Anda dapatkan kalau menjadi Google partners. Anda akan diperkenalkan kepada klien baru oleh Google, pengelolaan akun dengan dukungan eksklusif, sertifikasi produk, hingga peluang pemasaran dan pengembangan bisnis. Secara lengkap, berikut beberapa manfaat menjadi mitra Google:

1. Pengakuan dan Kredibilitas

Mendapatkan lencana Google Partner adalah tanda pengakuan dari Google bahwa Anda memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam tentang Google Ads. 

Apalagi untuk mendapatkan badge, ada kriteria dan persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti:

  • Lulus ujian sertifikasi.
  • Telah melakukan pembelanjaan iklan dalam jumlah dan waktu yang sudah ditentukan (US$10.000 / 90 hari terakhir).
  • Kinerja perusahaan telah diakui bagus dan bisa bekerja secara profesional dalam melayani klien. 

Dengan memiliki badge Google Partner, kredibilitas perusahaan akan meningkat dan membuat klien jadi percaya kalau perusahaan Anda mampu membantu menangani iklan mereka dengan profesional.

2. Akses ke Informasi & Update Terbaru

Anda pasti sudah paham kalau Google akan secara rutin melakukan update terhadap kinerja algoritmanya. Mau tidak mau, Anda perlu terus mengikuti perubahan-perubahan yang Google lakukan demi menyesuaikan dengan strategi iklan yang relevan.

Nah, bergabung dan menjadi mitra Google memungkinkan Anda mendapatkan akses yang lebih eksklusif ke berbagai informasi dan update terbaru tentang cara kerja Google Ads.

Bahkan Anda juga akan mendapatkan pelatihan lanjutan, alat bantu, dan panduan praktik terbaik, supaya perusahaan Anda tetap berada di garda terdepan dalam strategi periklanan digital.

3. Dukungan Prioritas

Menjadi Google Partner memberi Anda akses ke dukungan prioritas dari tim Google. Artinya, ketika terjadi masalah ketika menjalankan iklan.

Misalnya permasalahan seperti iklan tidak muncul, kesalahan eksekusi strategi, hingga serangan malware yang bisa bikin boncos budget iklan.

Begitu Anda menghadapi masalah, tim Google akan segera memberikan bantuan, termasuk memberikan saran strategi kampanye terbaik jika Anda membutuhkannya.

4. Peluang Kolaborasi

Google sering kali mengundang para Partner untuk berpartisipasi dalam program beta dan uji coba fitur baru. 

Ini kesempatan yang bagus di mana Anda bisa melakukan uji coba fitur terbaru Google Ads sebelum fitur tersebut dirilis ke publik. Bahkan Anda bisa memberikan umpan balik langsung kepada tim pengembang Google.

4. Perangkat dan Pelatihan

Ada banyak pelatihan gratis dan berbayar yang Google selenggarakan. Nah, sebagai partner Google, Anda akan mendapatkan alat dan pelatihan yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Google Ads

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sertifikasi yang diakui di industri, dan membuat perusahaan Anda lebih unggul dibanding kompetitor.

5. Terhubung Secara Eksklusif dengan Google

Memiliki koneksi yang erat dengan Google tak hanya membuat Anda mendapatkan dukungan yang cepat untuk mengatasi berbagai masalah yang datang.

Hal paling penting berikutnya, Anda akan mendapatkan berbagai penawaran menarik, termasuk promosi, berkaitan dengan kampanye Google Ads

Tentunya ini akan sangat menguntungkan, baik untuk Anda maupun untuk klien yang bekerja sama dengan Anda.

Metode & Cara Daftar Google Partner

Siapa pun boleh bergabung menjadi mitra Google. Namun, untuk memperoleh badge partner Google maupun badge partner Google premium, terdapat beberapa kriteria dari Google yang wajib dipenuhi, antara lain: 

1. Mendaftar Jadi Google Partner

Sebelum mendaftarkan usaha di Google partner, Anda wajib memiliki akun Google Manager terlebih dahulu. 

Setelah itu, baru daftarkan usaha Anda beserta nomor akun di halaman registrasi Google partners.

2. Ujian Sertifikasi

Langkah berikutnya, Anda wajib mengikuti ujian sertifikasi. Terdapat dua tes dari enam topik ujian yang wajib Anda ikuti. 

Ada tes tentang Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, dan Google Ads Shopping

Anda harus mendapatkan skor kelulusan serta ambang batas waktu dalam tes ini. Jika tidak lulus dalam penilaian, Anda bisa mencobanya satu hari kemudian. 

Tes ini juga harus diulang setiap tahun sebab masa berlaku sertifikatnya hanya selama satu tahun. Untuk memperpanjang masa sertifikat itulah Anda harus melakukan ujian sertifikasi lagi, terutama sertifikasi Google Ads.

3. Pembelanjaan Iklan dengan Batas Minimal Tertentu

Google menerapkan persyaratan pembelanjaan iklan dengan jumlah minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari terakhir pada seluruh akun yang Anda kelola.

Persyaratan ini diberlakukan untuk menentukan perusahaan atau bisnis Anda cukup aktif dan kredibel dalam menjalankan kampanye Google Ads dan punya strategi yang jitu untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Kinerja Perusahaan

Ketentuan terakhir untuk memperoleh badge partner Google adalah perusahaan Anda memiliki kinerja yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang Google berlakukan. 

Umumnya, Google melihat dan melakukan evaluasi berdasarkan pada 4 kriteria berikut:

  • Apakah klien melakukan penambahan nilai anggaran?
  • Apakah klien berlangganan dalam 12 bulan terakhir?
  • Bagaimana pemasukan perusahaan secara keseluruhan?
  • Apakah jumlah klien Anda terus mengalami peningkatan?

Demikian penjelasan mengenai apa itu Google partners dan cara mendaftar jadi partner Google. Prosesnya tidak terlalu sulit kok, apalagi kalau Anda sudah berpengalaman dalam menjalankan Google Ads campaign

Sebelum mendaftar jadi Google partners, lengkapi dulu pengetahuan Anda mengenai Tingkatan Kemitraan Google Partners, Persyaratan, dan Benefitnya. Jika masih membutuhkan saran mengenai hal ini, Anda boleh kontak Tim Redcomm dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER