Google partner merupakan suatu program pemasaran yang disediakan Google bagi digital marketing agency, pemilik bisnis, ataupun pihak ketiga yang mengelola Google Ads milik sebuah brand atau bisnis. Dengan catatan, agency marketing tersebut harus memiliki kompetensi sesuai standar yang sudah ditetapkan dalam program periklanan Google.

 

Google partner tidak berhubungan dengan Search Engine Optimization (SEO), Google Adsense, Gmail, Google Analytics, serta yang lainnya, terkecuali Google Ads tentunya. Jika dilihat secara umum, bisa disimpulkan bahwa manfaat dari program Google partner adalah tersedianya modul bimbingan eksklusif dan program sertifikasi periklanan Google. Untuk pembahasan manfaat lebih lanjut, mari simak ulasan berikut ini.

 

 

Manfaat Menjadi Google Partner

Manfaat menjadi Google partner, Anda akan diperkenalkan kepada klien baru oleh Google disertai dengan akses ke berbagai manfaat yang akan membantu Anda dalam mengelola basis pelanggan yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

 

Anda juga bisa memanfaatkan pengelolaan akun dengan dukungan eksekutif, di mana Anda akan memiliki akses pada fitur dan juga produk Google partner. Tidak berhenti sampai di situ, peluang pemasaran dan pengembangan bisnis serta sertifikasi produk pun akan lebih mudah untuk dilakukan. . 

 

Menjadi bagian dari partner Google membuat Anda bisa terus mengasah keterampilan dan keahlian dalam pemanfaatan produk Google karena adanya akses pelatihan dan dukungan teknis yang disesuaikan. Lalu, dengan memiliki badge partner publisher bersertifikasi, Anda akan jadi terlihat lebih menonjol di antara pesaing yang lain serta mendapatkan akses ke jaringan partner global yang unik.

 

Jenis Keanggotaan Google Partner

Ada tiga jenis keanggotaan sebagai partner Google. Dimulai dari Pendaftaran Baru / Keanggotaan tanpa badge. Kemudian Badge Partner Google berwarna biru. Terakhir, ada Badge Partner Premium yang berwarna merah

 

Dengan memiliki salah satu dari dua keanggotaan ber-badge di atas,Anda akan dapat banyak manfaat guna mengembangkan bisnis partner ke depannya. Jadi, tunggu apalagi, segeralah mendaftarkan diri menjadi anggota Google partner dan dapatkan badge sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang ditangani. 

 

 

Metode & Ketentuan Jadi Google Partner

Siapa pun boleh bergabung menjadi mitra Google. Namun, untuk memperoleh badge partner Google ataupun badge partner Google premium, terdapat beberapa kriteria dari Google yang wajib dipenuhi, antara lain: 

 

  1. Mendaftar di Google Partner

Sebelum mendaftarkan usaha di Google partner, Anda wajib mempunyai akun Google Manager terlebih dahulu. Setelah itu, baru daftarkan usaha Anda beserta nomor akun di halaman registrasi Google partner.

 

  1. Tes Sertifikasi

Langkah berikutnya, Anda wajib mengikuti tes sertifikasi. Terdapat dua tes dari enam tes yang wajib diikuti. Ada tes Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, dan Google Ads Shopping

 

Anda harus memenuhi skor kelulusan serta ambang batas waktu dalam tes ini. Jika tidak lulus dalam penilaian, Anda bisa mencobanya satu hari kemudian. Tes ini juga harus diulang setiap tahun sebab masa berlaku sertifikatnya hanya selama satu tahun. Untuk memperpanjang masa sertifikat itulah Anda harus melakukan ujian sertifikasi lagi, terutama sertifikasi Google Ads, yang dikelola oleh skill shop ini.

 

 

  1. Pembelanjaan Iklan dengan Batas Minimal Tertentu

Google menerapkan persyaratan pembelanjaan iklan dengan jumlah minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari terakhir pada seluruh akun yang Anda kelola, untuk menentukan bahwa perusahaan atau bisnis Anda cukup aktif.

 

  1. Kinerja Perusahaan

Ketentuan terakhir untuk memperoleh badge partner Google adalah menampilkan kinerja atau performa perusahaan kepada Google. Umumnya, Google melihat atau mengevaluasi  berlandaskan pada 4 kriteria berikut:

 

    • Apakah klien melakukan penambahan nilai anggaran?
    • Apakah klien berlangganan dalam 12 bulan terakhir?
    • Bagaimana pemasukan perusahaan secara keseluruhan?
    • Apakah jumlah klien Anda terus mengalami peningkatan?

 

Nah, kurang lebih seperti itulah cara mendaftar program di Google partner. Tidak terlalu sulit bukan? Jika masih membutuhkan saran mengenai hal ini, Anda boleh melakukan kontak kepada tim Redcomm untuk membantu Anda.