MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tingkatan Kemitraan Google Partners, Persyaratan, dan Benefitnya

09 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 41  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Google Partner adalah program dari Google yang memberikan pengakuan dan manfaat khusus bagi digital agency dan digital marketer profesional terkait keahlian dalam mengelola kampanye Google Ads

Dalam program ini, terdapat tiga tingkat kemitraan dengan persyaratan dan manfaat yang berbeda, yaitu Google member, Google partner, dan Google partner premier. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

3 Tingkat Kemitraan Google Partners

1. Google Member

Tingkat pertama dalam program ini adalah Google member. Siapa pun bisa menjadi anggota Google, asalkan memenuhi persyaratan berikut:

  • Memiliki akun Google ads yang aktif.
  • Tidak ada persyaratan pembelanjaan iklan yang spesifik pada tingkatan ini.

Beberapa manfaat kalau Anda bisa menjadi Google member, antara lain:

  • Mendapatkan alat dan panduan untuk memulai Google ads campaign.
  • Bisa mengikuti pelatihan melalui livestream terlebih dahulu agar memahami dasar-dasar Google ads.
  • Bisa mengikuti tantangan tiga bulanan yang Google selenggarakan.
  • Mendapatkan dukungan melalui Pusat Bantuan Google Ads.

2. Google Partner

Tingkat kemitraan kedua disebut Google Partner. Untuk bisa menjadi mitra Google di tingkatan ini, minimal harus ada satu orang di perusahaan Anda yang sudah memiliki sertifikasi Google Ads.

Selain itu, perusahaan harus menunjukkan kinerja kampanye yang baik dengan memenuhi standar Google, serta sudah mengelola iklan di Google ads minimal $10.000 dalam periode 90 hari.

Persyaratan lengkap untuk menjadi Google Partner bisa Anda lihat pada image di bawah ini yang sumbernya dari halaman Support Google.

Lalu manfaat apa saja yang akan didapatkan perusahaan yang berhasil menjadi Google partner? Berikut beberapa di antaranya:

  • Mendapatkan lencana Google Partner yang bisa dipajang di situs web dan materi promosi dan pemasaran perusahaan.
  • Semua manfaat dari member Google bisa dinikmati oleh partner.
  • Mendapatkan rekomendasi untuk memaksimalkan performa Google ads klien yang Anda jalankan.
  • Akses ke data insight, analisis, dan tren industri yang Google keluarkan setiap tahun. Laporan tahunan ini sangat berguna bagi Anda dalam mengambil keputusan bisnis maupun saat merancang dan menjalankan strategi kampanye iklan bagi klien.
  • Berkesempatan mendapatkan penawaran khusus sehingga Anda bisa meningkatkan anggaran iklan klien dengan kredit Google ads.
  • Perusahaan Anda berkesempatan masuk dalam direktori yang Google buat sehingga memperbesar peluang perusahaan ditemukan oleh klien yang membutuhkan jasa Google ads.

3. Google Partner Premier

Tingkat tertinggi dalam kemitraan dengan Google adalah menjadi Google Partner Premier. Pada tingkatan ini sudah pasti kredibilitas perusahaan akan meningkat dan klien bisa memberikan kepercayaan penuh kepada Anda dalam menjalankan iklan Google secara efektif.

Sebagai tingkatan tertinggi, tentu mendapatkannya juga harus melalui berbagai persyaratan terlebih dahulu, seperti yang dijelaskan dalam halaman Persyaratan Google Ads, yaitu: memenuhi seluruh persyaratan untuk menjadi Google partner

Kemudian perusahaan Anda harus berada dalam 3% perusahaan teratas yang berpartisipasi di negara tertentu setiap tahunnya. Nah, faktor yang menentukan apakah perusahaan Anda berada dalam kelompok 3% perusahaan teratas, meliputi:

  • Telah membantu klien lama mengalami pertumbuhan dalam hal pembelanjaan iklan dari tahun ke tahun.
  • Konsisten mendapatkan klien baru yang melakukan pembelanjaan iklan Google ads pertama kali.
  • Punya kemampuan mempertahankan bisnis klien. Pengukurannya tentu saja berdasarkan pembelanjaan iklan yang dilakukan.
  • Memahami dan mengimplementasi dengan baik diversifikasi produk Google di luar Penelusuran, seperti pembelanjaan non-Penelusuran di YouTube, Display & Video 360, Display, Aplikasi, dan Shopping setiap tahun kalender.
  • Pembelanjaan iklan Google ads minimal $20.000 dalam periode 90 hari.

3 Manfaat Menjadi Google Partner Premier

1. Akses ke Fitur Beta Terbaru

Sebagai Google Partner Premier, Anda akan berkesempatan mencoba berbagai fitur beta terbaru yang Google luncurkan, sebelum fitur tersebut dirilis untuk publik.

Kesempatan ini akan membuat perusahaan Anda jadi lebih unggul di industri yang Anda geluti, bahkan dibandingkan dengan kompetitor. 

Sebab, Anda bisa mempelajari fitur dan membuat strategi yang relevan dengan fitur tersebut untuk mencapai hasil ads campaign terbaik.

2. Berkolaborasi dengan Tim Google

Google Partner Premier mendapatkan kesempatan bekerja langsung dengan tim Google dalam mengembangkan strategi kampanye yang tepat sasaran demi impact yang lebih besar. 

Hal ini karena Anda sebagai partner premier mendapatkan pelatihan eksklusif yang berkelanjutan, sesi konsultasi, analisis data yang lengkap, dan dukungan teknis lainnya.

Termasuk respons yang cepat dari tim Google ketika ada masalah saat menjalankan Google ads milik klien.

3. Undangan Khusus untuk Acara Eksklusif

Partner Premier Google akan sering mendapatkan undangan menghadiri berbagai acara yang Google selenggarakan untuk kalangan terbatas.

Menghadiri acara ini membuka peluang yang sangat baik bagi Anda untuk berjejaring dengan berbagai brand dan para profesional dari berbagai bidang.

Tak hanya memungkinkan Anda memperluas wawasan dan pengetahuan dari bertukar keilmuan, tetapi acara ini berpotensi menciptakan kolaborasi dan kerjasama yang lebih luas lagi untuk pertumbuhan bisnis.

Red Communication Menjadi Google Partner Premier di 2024

Kabar gembira yang layak untuk dibagikan kali ini adalah terpilihnya digital marketing agency Indonesia, yaitu Redcomm, yang berkantor di Jakarta, sebagai Google Partner Premier di tahun 2024 ini.

Hingga hari ini, ada 2.830 Partner Premier di seluruh dunia dan dari berbagai negara. Dari jumlah tersebut, 19 di antaranya berasal dari Indonesia. Salah satunya tentu saja Red Communication atau Redcomm Indonesia.


Sertifikasi dari Google ini melengkapi profesionalitas tim Redcomm. Tak hanya sebagai pemegang gelar Digital Agency of the Year 6x berturut-turut sejak 2018 hingga tahun 2023.

Kini tim Redcomm juga telah diakui keahliannya dalam menyelenggarakan Google Ads campaign bagi banyak brand yang menginginkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan. 

Ingin tahu apa yang bisa Redcomm bantu untuk perkembangan bisnis Anda? Baca artikel ini: Red Communication, Google Partner Premier yang Bantu Sukseskan Iklan Digital Bisnis Anda. Atau Anda bisa langsung menghubungi dan bekerja sama dengan Redcomm melalui Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER