5 tips agar webinar sukses dan berjalan lancar jadi tema artikel ini mengingat sepanjang 2020, terutama sejak Indonesia mengalami masa pandemi corona, kegiatan webinar menjadi salah satu solusi bagi perusahaan dan lembaga untuk melakukan kegiatan. Ya, sejak diberlakukannya physical distancing atau PSBB dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang membuat banyak orang maupun pengusaha harus berkegiatan dari rumah, maka webinar menjadi solusi untuk mendapatkan sumber penghasilan maupun sebagai kegiatan promosi demi menjangkau pelanggan potensial yang lebih banyak lagi.

 

Webinar adalah singkatan dari website seminar, yang berarti kegiatan seminar, workshop, atau presentasi dilakukan secara daring melalui sebuah platform digital. Walaupun webinar erat kaitannya dengan bisnis, namun dalam praktiknya Anda dapat bertukar ide ataupun pengetahuan dengan berbagai orang dari belahan bumi manapun.

 

Selain itu, webinar juga digunakan perusahaan atau brand untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan brand awareness, maupun memperkenalkan sebuah produk, sehingga kredibilitas dan kepercayaan pelanggan ataupun audiens terhadap perusahaan jadi meningkat.

 

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat webinar, berikut ini ada 5 tips agar webinar sukses dan berjalan lancar. 

 

 

5 Tips Agar Webinar Sukses dan Berjalan Lancar

  1. Tentukan Tujuan Anda

Untuk membuat webinar yang sukses, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah menentukan tujuan diadakannya webinar tersebut. Misalnya, Anda ingin mengadakan presentasi dalam rangka mengenalkan produk terbaru, memperkuat branding, dan memberikan informasi yang unik serta menarik seputar tren terkini pada publik. Apa pun tujuan Anda, kenalilah dengan baik audiens atau target peserta webinar tersebut.

 

Dengan menentukan tujuan secara tepat, Anda bisa membuat materi atau tampilan presentasi dengan lebih maksimal. Agar lebih mudah dipahami, materi presentasi bisa Anda buat dalam bentuk powerpoint yang dilengkapi dengan gambar yang menarik serta pembahasan yang ringkas. 

 

  1. Mengenali Audiens

Tips agar webinar sukses selanjutnya adalah dengan mengenali target audiens. Jika peserta webinar adalah para remaja, Anda harus menyesuaikan materi dengan kebutuhan dan kesukaan mereka. Misalnya dengan membuat seminar yang tidak membosankan, atau dengan penambahan unsur-unsur yang sedang menjadi booming di dunia dan keseharian mereka. 

 

Akan tetapi jika target audiens adalah orang dewasa, maka Anda perlu melakukan penyesuaian kembali terhadap materi yang akan dibahas. Akan lebih baik jika webinar bisa diterima oleh banyak pihak. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset yang lebih banyak, berinteraksi, atau bertanya pada audiens untuk mengetahui seminar apa yang diinginkan dan bisa menyelesaikan permasalahan audiens melalui webinar.

 

 

  1. Persiapan yang Matang

Tips berikutnya, lakukan persiapan dengan matang. Anda bisa memantapkan topik dan materi yang akan dibahas, menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan webinar, serta platform yang ingin digunakan. 

 

Khusus untuk platform, ada beberapa yang lazim digunakan, seperti Zoom, Webex, GoToWebinar, atau aplikasi lain. Carilah topik, waktu, serta platform yang memungkinkan semua orang mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, pastikan Anda juga menguasai platform yang dipilih. Persiapan yang matang sangat berguna agar webinar lancar dan minim gangguan.

 

  1. Publikasikan Webinar

Setelah semua persiapan matang atau selesai, jangan lupa melakukan publikasi mengenai acara webinar yang akan Anda selenggarakan. Buat pengumuman di berbagai platform, seperti di media sosial, website, atau pesan broadcast. Gunakan juga hashtag atau dengan memasang iklan di Google ads, Instagram ads, dan Facebook ads jika dibutuhkan demi mendapatkan lebih banyak peserta.

 

Tips agar Webinar sukses yang keempat ini sangat berpengaruh untuk mendatangkan lebih banyak audiens. Agar mereka bisa tahu kapan dan di mana Anda akan mengadakan webinar. Buatlah publikasi semenarik mungkin agar orang jadi ingin menghadiri acara webinar Anda.

 

 

  1. Mempersiapkan Mental

Tips lainnya yang tak kalah penting untuk membuat webinar sukses adalah jangan lupa mempersiapkan mental sebaik mungkin. Anda bisa melakukan latihan terlebih dahulu, baik dalam mempresentasikan materi maupun cara untuk berbicara dan menjawab pertanyaan para audiens. 

 

Pastikan untuk menguasai materi sehingga Anda bisa lebih percaya diri dalam menyampaikan materi tersebut kepada audiens. Karena dapat dipastikan Anda akan berhadapan dengan audiens yang beragam, maka persiapan mental perlu dilakukan demi mencegah Anda gugup kemudian lupa akan materi yang seharusnya bisa Anda jelaskan dengan baik. 

 

Itulah 5 tips agar webinar suksesdan dapat berjalan dengan lancar yang bisa Anda coba. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan koneksi internet yang stabil agar tidak terjadi jeda atau masalah teknis lainnya saat webinar tengah berlangsung. Hal terakhir, cobalah sering mengikuti webinar yang diselenggarakan orang lain, sehingga Anda mempunyai lebih banyak referensi dalam membuat webinar Anda sendiri.