MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Tips Membangun Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal

17 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 45.316  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Memiliki pondasi branding yang kuat akan membantu mempertahankan serta meningkatkan brand awareness secara signifikan. Namun, tantangannya muncul ketika bisnis Anda masih baru dan produknya belum banyak dikenal oleh masyarakat. 

Untuk itu, Anda harus berupaya membangun brand awareness dengan strategi yang tepat agar produk makin terkenal. Simak yuk penjelasan lengkap mengenai cara membangun brand awareness di artikel Redcomm Knowledge ini.

5 Tips Membangun Brand Awareness untuk Meningkatkan Popularitas Produk  

1. Buat Identitas Merek yang Unik dan Memorable

Identitas merek terdiri dari nama, logo, dan tagline. Fungsinya untuk memberikan gambaran mengenai identitas perusahaan serta citra yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan nama merek yang mudah diingat dan diucapkan. Lalu, sempurnakan dengan desain logo dan pemilihan warna yang unik. 

Logo adalah elemen visual yang terdiri dari gambar, teks, atau perpaduan keduanya. Desain logo yang tepat akan memberikan kesan mendalam dan memudahkan konsumen untuk membedakan produk Anda dengan kompetitor. 

Oleh karena itu, buatlah desain logo yang unik, simpel, dan profesional disertai pemilihan warna menarik juga font yang mudah dibaca.

Untuk menunjang branding, lengkapilah identitas merek dengan tagline yang unik, lucu, menarik, namun smart. Tagline adalah kalimat pendek yang merangkum nilai bisnis dengan lebih jelas, baik secara merek, produk ataupun jasa. 

Jadi, ketika orang membaca tagline, mereka akan langsung ingat dengan produk-produk dari bisnis Anda. Berikut beberapa contoh tagline yang berkesan dalam ingatan banyak orang:

Just Do It >>> Nike
Think Different >>> Apple
Connecting People >>> Nokia
Berani Kotor Itu Baik >>> Rinso

I’m Lovin’ It >>> Mc Donalds
Life is Never Flat >>> Chitato
Mengatasi Masalah Tanpa Masalah >>> Pegadaian
Berapa lapis? Ratusan! >>> Tango

2. Memanfaatkan Jaringan Media Sosial

Pada Januari 2023, We Are Social merilis data terbaru terkait jumlah pengguna internet aktif di Indonesia yang mencapai 212,9 juta orang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar juga aktif menggunakan berbagai platform media sosial untuk bisa terhubung dengan pengguna internet lainnya. 

Sebagai pemilik usaha, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan pelanggan setia. Bahkan peluang terhubung dengan calon konsumen potensial juga semakin besar.

Menggunakan platform media sosial menjadi cara paling mudah dan murah dalam meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. 

3. Menerapkan Influencer Marketing

Untuk meningkatkan kesadaran merek secara efektif, Anda juga bisa menggunakan strategi influencer marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran media sosial yang melibatkan influencer untuk menjangkau pasar lebih luas melalui berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, TikTok, dan sebagainya.

Cara menerapkan influencer marketing bisa dimulai dari mengidentifikasi influencer yang memiliki pengaruh kuat terhadap followers. Kemudian ajak mereka untuk bekerja sama mempromosikan brand atau produk Anda. Namun pastikan memilih influencer yang memiliki audiens sesuai target pasar. 

Jika masih baru pertama kali menggunakan tips ini, ada baiknya Anda bekerja sama dulu dengan Influencer Management atau KOL Management. Anda juga bisa menggandeng dan bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta agar kampanye yang Anda terapkan bisa tepat sasaran.

4. Ikut Pameran atau Event Khusus

Mengikuti pameran atau event menjadi salah satu strategi dalam membangun brand secara modern. Dengan cara ini, ada lebih banyak orang yang mengenal merek bisnis Anda, termasuk produk dan jasa yang Anda pasarkan. 

Anda bisa mendapatkan informasi terkini mengenai penyelenggaraan pameran, event, bazaar, dan sejenisnya dengan bergabung di komunitas khusus UKM atau dari media sosial. Coba pertimbangkan untuk memiliki stand pada setiap event

Cara lain, Anda bisa mengajukan diri untuk menjadi sponsor acara musik, seminar, dan lainnya. Untuk menerapkannya memang membutuhkan alokasi dana lebih dan hasilnya mungkin tidak sebanding dengan konversi berupa pembelian dari konsumen. 

Meski begitu, mengikuti event khusus juga berpeluang besar untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Ini cara terbaik membangun exposure dan mendapatkan perhatian dari banyak orang yang mungkin baru pertama kali mengenal brand Anda.

5. Punya Website

Di samping menggunakan media sosial, Anda bisa mengoptimalkan branding dengan memanfaatkan website sebagai pusat informasi dari produk. Membuat website yang berisi informasi lengkap mengenai produk akan membantu konsumen untuk mengenal brand dengan lebih baik. Rancanglah website yang user friendly dan menarik. 

Beri informasi yang jelas mengenai produk dan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, tambahkan berbagai informasi pendukung lainnya yang menarik dan informatif untuk memperkaya konten marketing yang ada di website. Misalnya informasi cara menggunakan produk, testimoni pelanggan, hingga artikel yang relevan dengan produk.

Jika Anda belum bisa membuat website sendiri dan mengelolanya, Anda bisa mempercayakan masalah pembuatan website dan pengelolaannya sekaligus kepada digital marketing agency Jakarta terpercaya seperti Redcomm, misalnya. Coba berdiskusi dulu saja dengan tim agensi Redcomm dengan klik: Kontak Redcomm.


Nah, Anda sudah tahu Tips Membangun Brand Awareness agar produk makin terkenal. Tinggal terapkan saja sesegera mungkin sesuai kebutuhan ya. Ngomong-ngomong, sudah tahu belum, kenapa membangun brand awareness itu penting? Untuk tahu alasannya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul: Pengertian Brand Awareness dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER