Memiliki pondasi branding yang kuat akan membantu mempertahankan serta meningkatkan brand awareness secara signifikan.
Memiliki pondasi branding yang kuat akan membantu mempertahankan serta meningkatkan brand awareness secara signifikan.
Namun, tantangannya muncul ketika bisnis Anda masih baru dan produknya belum banyak dikenal masyarakat.
Untuk itu, Anda harus berupaya membuat masyarakat mengenai bisnis dan semua produk yang Anda tawarkan terlebih dahulu. Jika perlu, Anda juga harus memastikan produk Anda bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang konsumen hadapi.
Simak yuk penjelasan lengkap mengenai cara membangun brand awareness di artikel Redcomm Knowledge ini.
Mengingat sangat penting membuat target audiens mengenal bisnis dan produk yang Anda tawarkan, mau tidak mau Anda harus membangun brand awareness terlebih dahulu.
Tujuannya tentu saja untuk membuat orang-orang sadar akan keberadaan bisnis dan produk Anda. Berikut beberapa caranya:
Brand identity atau identitas merek terdiri dari nama bisnis, logo, tagline, hingga elemen visual lainnya yang mendeskripsikan bisnis Anda.
Fungsi brand identity untuk memberikan gambaran mengenai identitas perusahaan serta citra yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen.
Nah, beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika membuat identitas brand yang kuat dan memorable, di antaranya:
Anda bisa mempertimbangkan penggunaan nama merek yang mudah diingat dan diucapkan.
Setelah memiliki nama bisnis, selanjutnya sempurnakan dengan desain logo dan pemilihan warna yang unik.
Logo adalah elemen visual yang terdiri dari gambar, teks, atau perpaduan keduanya.
Desain logo yang tepat akan memberikan kesan mendalam dan memudahkan konsumen untuk membedakan produk Anda dengan kompetitor.
Oleh karena itu, buatlah desain logo yang unik, simpel, dan profesional, disertai pemilihan warna menarik juga font yang mudah dibaca.
Untuk menunjang branding, lengkapilah identitas merek dengan tagline yang unik, lucu, menarik, namun smart.
Tagline adalah kalimat pendek yang merangkum nilai bisnis dengan lebih jelas, baik secara merek, produk, maupun jasa.
Jadi, ketika orang membaca tagline, mereka akan langsung ingat dengan produk-produk dari bisnis Anda.
Nah, berikut beberapa contoh tagline yang berkesan dalam ingatan banyak orang:
Pada Januari 2023, We Are Social merilis data terbaru terkait jumlah pengguna internet aktif di Indonesia yang mencapai 212,9 juta orang.
Dari jumlah tersebut, sebagian besar juga aktif menggunakan berbagai platform media sosial untuk bisa terhubung dengan pengguna internet lainnya.
Sebagai pemilik usaha, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk promosi, membangun hubungan, dan berinteraksi dengan pelanggan setia.
Bahkan hal ini juga membuka peluang yang semakin besar sehingga Anda dapat terhubung dengan calon konsumen potensial.
Menggunakan platform media sosial menjadi cara paling mudah dan murah dalam meningkatkan brand awareness.
Di saat yang sama, cara ini akan memudahkan Anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga mereka mau menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan.
Untuk meningkatkan kesadaran merek secara efektif, Anda bisa menggunakan strategi influencer marketing.
Influencer marketing adalah strategi pemasaran media sosial yang melibatkan influencer untuk menjangkau pasar lebih luas melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, TikTok, dan sebagainya.
Cara menerapkan influencer marketing bisa dimulai dengan cara:
Lalu, Anda bisa mengajak influencer bekerja sama mempromosikan brand atau produk Anda. Namun pastikan memilih influencer yang memiliki audiens sesuai target pasar.
Jika masih baru pertama kali menggunakan tips ini, ada baiknya Anda bekerja sama dulu dengan Influencer Management atau KOL Management.
Anda juga bisa menggandeng dan bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia agar kampanye yang Anda terapkan bisa tepat sasaran.
Mengikuti pameran atau event menjadi salah satu strategi dalam membangun brand secara modern.
Dengan cara ini, ada lebih banyak orang yang mengenal merek bisnis Anda, termasuk produk dan jasa yang Anda pasarkan.
Anda bisa mendapatkan informasi terkini mengenai penyelenggaraan pameran, event, bazaar, dan sejenisnya dengan bergabung di komunitas khusus UKM atau dari media sosial.
Nah, setelahnya coba pertimbangkan untuk memiliki stand pada setiap event. Cara lain, Anda bisa mengajukan diri menjadi sponsor acara musik, seminar, dan lainnya.
Untuk menerapkannya memang membutuhkan alokasi dana lebih dan hasilnya mungkin tidak sebanding dengan konversi berupa pembelian dari konsumen.
Meski begitu, mengikuti event khusus juga berpeluang besar memperkenalkan brand kepada masyarakat luas.
Ini cara terbaik membangun exposure dan mendapatkan perhatian dari banyak orang yang mungkin baru pertama kali mengenal brand Anda.
Di samping menggunakan media sosial, Anda bisa mengoptimalkan branding dengan memanfaatkan website untuk membangun brand identity dan sebagai pusat informasi dari produk.
Membuat website yang berisi informasi lengkap mengenai produk akan membantu konsumen mengenal brand dengan lebih baik. Maka, rancanglah website yang user friendly dan menarik.
Beri informasi yang jelas mengenai produk dan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, tambahkan berbagai informasi pendukung lainnya yang menarik dan informatif untuk memperkaya konten marketing yang ada di website.
Misalnya informasi cara menggunakan produk, testimoni pelanggan, hingga artikel yang relevan dengan produk.
Jika belum bisa membuat website sendiri dan mengelolanya, Anda bisa mempercayakan manajemen website bisnis kepada digital marketing agency Jakarta terpercaya seperti Redcomm, misalnya.
Coba berdiskusi dulu saja dengan tim agensi Redcomm dengan klik: Kontak Redcomm. Utarakan kebutuhan Anda, nanti tim Redcomm akan menghubungi Anda dengan membawa solusi yang paling relevan.
Nah, Anda sudah tahu cara membangun brand awareness di artikel ini agar produk makin terkenal. Tinggal terapkan saja sesegera mungkin sesuai kebutuhan ya.
Ngomong-ngomong, sudah tahu belum, kenapa membangun brand awareness itu penting? Untuk tahu alasannya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul: Pengertian Brand Awareness dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC