MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Tips Promosi Produk Saat Momen Liburan untuk Tingkatkan Omzet

12 Jan  · 
3 min read
 · 
eye 4.221  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Apakah Anda sedang mengalami penurunan omzet secara drastis dan sedang mencari ide promosi produk untuk meningkatkan omzet? Atau apakah Anda sudah menerapkan beberapa cara mempromosikan produk, namun belum menghasilkan penjualan? Mungkin ini saatnya Anda perlu berinovasi dengan menerapkan 7 cara promosi produk yang Redcomm Knowledge bagikan di artikel ini.

7 Cara Promosi Produk untuk Tingkatkan Omzet Saat Momen Liburan

Membangun bisnis pasti bertujuan untuk mendapatkan omzet yang lebih banyak, bukan? Nah, salah satu cara meningkatkan omzet penjualan adalah menerapkan strategi marketing yang tepat pada momen tertentu. Misalnya momen liburan. Berikut beberapa tipsnya:

1. Membuat Google Advertising (Google Ads)

Google advertising adalah sebuah metode mengiklankan produk, jasa, dan bisnis dengan memanfaatkan layanan Google ads

Melakukan pemasangan iklan dengan memanfaatkan Google advertising ini bisa dibilang sangat tepat karena Anda dapat menjangkau lebih banyak orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda.

Misalnya Anda menjual produk kecantikan, maka lakukan riset kata kunci dan gunakan kata keyword “tampil cantik tanpa ragu.”

Setelah itu, buatlah iklan dan landing page yang secara spesifik mengarahkan pembeli agar dapat melakukan klik atau berbelanja ke toko online milik Anda.

Pastikan di toko tersebut, Anda juga sudah menyediakan berbagai produk pendukung di momen liburan atau tetap cantik saat pergi liburan ke tempat bercuaca panas, misalnya.

Anda juga dapat menambahkan teknik jitu agar pembeli semakin tertarik untuk melakukan pembelian. 

Misalnya dengan menawarkan promo gratis ongkir,  packing aman dan rapi, atau dapatkan diskon 30% pada tanggal yang sudah Anda tentukan dengan melakukan minimal pembelian tertentu. Tampilkan juga benefit produk dalam iklan promosi produk yang Anda buat.

Tips yang harus Anda lakukan ketika memasang iklan di Google ads, antara lain:

  • Menetapkan Ad Copy, yaitu potongan teks persuasif yang bisa mendorong audiens melakukan suatu tindakan. Contoh kata-kata promosi untuk momen liburan, Anda bisa menggunakan kata “Liburan” atau “Ini Waktu Terbaik untuk Berlibur”.
  • Mengatur highlight, yaitu fitur yang bisa menyoroti informasi khusus, seperti keunggulan produk, penawaran spesial, dan lainnya. Anda bisa menggunakan deal musiman dan penawaran khusus untuk mengundang lebih banyak orang melakukan pembelian. Contoh, "Liburan Tahun Baru yang Tak Terlupakan: Pesan Penginapan Sekarang dan Hemat 50%."
  • Mengatur bagian urgent untuk meningkatkan urgensi dan membentuk opini mendesak yang bisa jadi merupakan kebutuhan utama pembeli. Doronglah mereka untuk segera melakukan pembelian dengan menggunakan kalimat “Dapatkan diskon 50% sampai tanggal 10 Oktober”. 
  • Menawarkan produk yang relevan dengan momen tertentu yang menjadi fokus perhatian banyak orang. Misalnya momen liburan sekolah, momen akhir tahun, momen Lebaran, Natal, tahun baru, dan sebagainya.
  • Mengatur jadwal iklan dengan tepat pada waktunya agar iklan tersebut tampil ketika ada orang yang mencarinya.

2. Google Shopping

Cara promosi produk secara online yang bisa Anda coba berikutnya, yakni menggunakan Google shopping. Ini sangat berguna untuk mendapatkan pembeli secara instan, terutama jika Anda memiliki produk fisik.

Saat ini, persaingan bisnis sangat ketat. Bisa jadi bukan Anda saja yang menggunakan cara ini, tetapi juga kompetitor. 

Maka yang perlu Anda lakukan adalah mengelola semua aset dan materi promosi agar unik, menawarkan benefit bagi audiens, informasi dan deskripsi produk lengkap, serta foto produk yang menarik.

Karena pemanfaatan Google Shopping masih berhubungan dengan Google Ads atau iklan di Google, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

3. Menggunakan Media Sosial

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk penerapan berbagai strategi marketing saat momen liburan demi mendapatkan lebih banyak omzet. 

Artinya, mendekati momen ini Anda perlu memproduksi lebih banyak konten terkait produk, brand, maupun layanan bisnis yang sesuai dengan momen tertentu.

Gunakan foto atau video yang menarik dan bernuansa liburan. Misalnya konten perayaan natal dan tahun baru. Kemudian sertakan pula kalimat yang menarik dan menggugah minat orang untuk berbelanja.

Jika saat ini Anda sedang menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka buatlah konten video yang menarik dan belum pernah orang lain posting. 

Contoh, konten video cara mengolah bubur kacang hijau dengan topping kopi, misalnya. Video unik seperti ini lebih berpotensi menarik minat orang untuk menonton. 

Sesekali, boleh juga memanfaatkan fitur iklan di media sosial. Pastikan memilih jenis iklan pencarian media sosial yang bisa mendongkrak kinerja pemasaran.

4. Beli Produk Tertentu Dapat Hadiah di Media Sosial

Tips promosi produk berikutnya yang juga bisa Anda coba untuk meningkatkan omzet penjualan, misalnya melakukan lelang online. Audiens yang melakukan pembelian selama acara akan mendapatkan bonus tertentu.

Bonusnya bisa berupa buy 1 get 1, hadiah voucher diskon, dan sebagainya. Ide ini bisa Anda coba realisasikan saat promosi di Instagram Live, TikTok Live, atau ketika mengadakan webinar.

5. Email Marketing

Email marketing bisa digunakan sebagai salah satu cara promosi yang memberikan dampak bagus bagi peningkatan penjualan. Anda bisa memaksimalkan penggunaan email marketing menjelang momen tertentu.

Bisa satu bulan mendekati masa liburan sekolah untuk memberi informasi mengenai produk yang sedang diskon, seperti voucher hotel, wahana bermain, tiket pesawat, dan sebagainya.

Cara memaksimalkan email marketing bisa melalui pembuatan konten email yang lebih personal, seperti menyebutkan nama penerima email dengan baik, dan seolah-olah bercerita tentang momen liburan. 

Kemudian Anda bisa menyertakan sedikit promosi mengenai produk atau layanan yang hendak Anda tawarkan. Jangan lupa, ciptakan urgensi dengan menyematkan batas waktu berlakunya penawaran agar penerima email bergegas melakukan pembelian.

6. Membuat Konten Video yang Menarik dan Unik

Video yang unik dan dapat menarik perhatian audiens merupakan kunci sukses dalam melakukan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Ide marketing ini bisa jadi strategi yang ampuh mengingat zaman sekarang orang senang menonton video di platform YouTube, TikTok, hingga Instagram.

Manfaatkan tren ini dengan membuat konten video yang menarik dengan tema momen liburan dan sertakan juga promosi mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan. Contoh, konten video rekomendasi tempat liburan tahun baru di Jakarta.

7. Membuat Segmentasi Tentang Apa yang Anda Ketahui

Anda juga bisa membuat segmentasi pengguna tentang apa yang Anda ketahui. Hal ini dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan ketika Anda menyelenggarakan digital campaign sesuai dengan target market.

Melalui platform Google analytics, insight di media sosial, atau tools digital marketing lainnya, Anda dapat mengumpulkan data-data mengenai calon pelanggan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan customer baru dengan memanfaatkan secara maksimal data pelanggan ini.

Siap mendapatkan keuntungan dari peningkatan omzet di momen tertentu? Terapkan 7 tips promosi produk di atas. 

Jika membutuhkan konsultasi untuk tren terbaru dalam mempromosikan bisnis, Anda juga bisa menghubungi digital agency Indonesia yang kantornya berlokasi di Jakarta. Langsung klik Kontak Redcomm.

Cara lain menerapkan promosi produk yang bisa meningkatkan omzet, coba ikuti panduan dalam artikel berjudul Strategi Promosi Online yang Wajib Diketahui Pebisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC