2. Google Shopping
Cara promosi produk secara online yang bisa Anda coba berikutnya, yakni menggunakan Google shopping. Ini sangat berguna untuk mendapatkan pembeli secara instan, terutama jika Anda memiliki produk fisik.
Saat ini, persaingan bisnis sangat ketat. Bisa jadi bukan Anda saja yang menggunakan cara ini, tetapi juga kompetitor.
Maka yang perlu Anda lakukan adalah mengelola semua aset dan materi promosi agar unik, menawarkan benefit bagi audiens, informasi dan deskripsi produk lengkap, serta foto produk yang menarik.
Karena pemanfaatan Google Shopping masih berhubungan dengan Google Ads atau iklan di Google, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
3. Menggunakan Media Sosial
Maksimalkan penggunaan media sosial untuk penerapan berbagai strategi marketing saat momen liburan demi mendapatkan lebih banyak omzet.
Artinya, mendekati momen ini Anda perlu memproduksi lebih banyak konten terkait produk, brand, maupun layanan bisnis yang sesuai dengan momen tertentu.
Gunakan foto atau video yang menarik dan bernuansa liburan. Misalnya konten perayaan natal dan tahun baru. Kemudian sertakan pula kalimat yang menarik dan menggugah minat orang untuk berbelanja.
Jika saat ini Anda sedang menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka buatlah konten video yang menarik dan belum pernah orang lain posting.
Contoh, konten video cara mengolah bubur kacang hijau dengan topping kopi, misalnya. Video unik seperti ini lebih berpotensi menarik minat orang untuk menonton.
Sesekali, boleh juga memanfaatkan fitur iklan di media sosial. Pastikan memilih jenis iklan pencarian media sosial yang bisa mendongkrak kinerja pemasaran.
4. Beli Produk Tertentu Dapat Hadiah di Media Sosial
Tips promosi produk berikutnya yang juga bisa Anda coba untuk meningkatkan omzet penjualan, misalnya melakukan lelang online. Audiens yang melakukan pembelian selama acara akan mendapatkan bonus tertentu.
Bonusnya bisa berupa buy 1 get 1, hadiah voucher diskon, dan sebagainya. Ide ini bisa Anda coba realisasikan saat promosi di Instagram Live, TikTok Live, atau ketika mengadakan webinar.
5. Email Marketing
Email marketing bisa digunakan sebagai salah satu cara promosi yang memberikan dampak bagus bagi peningkatan penjualan. Anda bisa memaksimalkan penggunaan email marketing menjelang momen tertentu.
Bisa satu bulan mendekati masa liburan sekolah untuk memberi informasi mengenai produk yang sedang diskon, seperti voucher hotel, wahana bermain, tiket pesawat, dan sebagainya.
Cara memaksimalkan email marketing bisa melalui pembuatan konten email yang lebih personal, seperti menyebutkan nama penerima email dengan baik, dan seolah-olah bercerita tentang momen liburan.
Kemudian Anda bisa menyertakan sedikit promosi mengenai produk atau layanan yang hendak Anda tawarkan. Jangan lupa, ciptakan urgensi dengan menyematkan batas waktu berlakunya penawaran agar penerima email bergegas melakukan pembelian.