MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Strategi Promosi Online Untuk Bisnis yang Baru Go Digital

12 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 4.484  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Apakah Anda pemilik usaha yang terkena dampak pandemi dan terpaksa harus bergegas go digital? Jika iya, maka artikel tentang strategi promosi online ini cocok bagi Anda yang baru pertama go digital. 

Bahkan strategi ini juga dapat menjadi solusi kalau Anda masih bingung harus mulai dari mana menerapkan strategi promosi online yang tepat sasaran. Yuk, baca artikel Redcomm Knowledge ini sampai selesai.

3 Tips dan Strategi Promosi Bagi Pebisnis Online

Tiap-tiap strategi memiliki penerapan yang berbeda dengan hasil yang berbeda pula. Jika Anda berhasil mengkombinasikan semuanya, tentu hasil yang akan Anda dapatkan juga jauh lebih besar.

Namun, karena masih baru pertama kali go digital atau terjun ke dunia digital (usaha online), ada baiknya setiap strategi Anda terapkan satu persatu dulu saja untuk hasil yang lebih optimal.

1.Website Sebagai Etalase dan Sumber Informasi 

Jika usaha offline menggunakan tempat dan memiliki etalase untuk display produk, maka di dunia online tetap dibutuhkan etalase. Hanya saja etalasenya mempunyai bentuk yang berbeda.

Maka saat sudah memutuskan mau menjalankan bisnis online, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat website

Mengapa situs web penting bagi  bisnis online? Sebab, website akan menjadi etalase produk, sekaligus sebagai sumber informasi yang dibutuhkan konsumen untuk mengenal brand Anda secara lebih lengkap.

Pembuatan website menjadi salah satu strategi promosi online yang penting Anda kuasai dan terapkan, mengingat masyarakat Indonesia saat ini telah terhubung dengan internet.

Ketika membutuhkan solusi atas permasalahan yang dihadapi, termasuk ketika membutuhkan produk atau jasa, konsumen akan mencarinya di internet. 

Itulah sebabnya, Anda perlu membuat website dan memastikan website bisnis Anda bisa konsumen temukan dengan mudah di internet.

Beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan ketika membuat website bisnis:

  • Buat website yang sudah menggunakan hosting, domain, dan Top Level Domain (TLD) menggunakan nama bisnis. 
  • Website bisnis sebaiknya menggunakan nama domain yang merupakan nama bisnis. Contoh domain dengan nama brand ada nivea.co.id, kitkat.co.id, blibli.com, dan lainnya. Anda bisa berlangganan nama domain di penyedia layanan hosting dan domain terpercaya.
  • Buat landing page khusus yang akan menjadi pintu masuk untuk mengarahkan konsumen yang datang ke website menemukan berbagai informasi bisnis, atau membantu mereka menuju ke halaman produk.

Setelahnya, lakukan optimasi website menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar website muncul di halaman pencarian mesin pencari, seperti Google. Cara ini juga akan sekaligus meningkatkan visibilitas dan online presence bisnis Anda di dunia online.

2. Terapkan SEO atau Search Engine Optimization 

Nah, di atas tadi sudah disebutkan pentingnya menerapkan optimasi SEO atau search engine optimization. Situs web yang memiliki SEO On Page, ditunjang dengan konten yang bagus, berpeluang lebih besar untuk ditemukan oleh calon konsumen maupun konsumen setia.

SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang bisa meningkatkan kinerja website, serta memperbesar peluang penemuan website bisnis berdasarkan kata kunci yang dibidik.

Memang dalam praktiknya, menerapkan SEO butuh ilmu dan keahlian khusus. Anda bisa mempelajarinya perlahan-lahan. 

Namun karena bisnis juga butuh peningkatan yang signifikan, Anda bisa pula mempekerjakan SEO specialist berpengalaman atau bekerja sama saja dengan digital marketing agency Indonesia dan digital agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.

3. Memanfaatkan Situs Web Marketplace Online

Anda sudah mempromosikan produk dengan membuat website bisnis, juga sudah menerapkan teknik SEO. Namun tugas ini belum selesai lho. 

Masih ada beberapa strategi promosi online yang perlu Anda terapkan, yaitu memanfaatkan marketplace maupun e-commerce, seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan sebagainya.

Mulailah memperkenalkan brand Anda di marketplace papan atas yang sudah memiliki banyak pengguna.

Kenapa perlu mempromosikan produk beserta brand yang baru go digital di marketplace? Berikut alasannya:

  • Lebih mudah menjangkau konsumen dan pasar yang lebih luas karena marketplace bisa merekomendasikan produk Anda kepada audiens yang lebih beragam.
  • Marketplace menggunakan algoritma pencarian canggih yang berguna untuk menampilkan produk secara relevan berdasarkan kata kunci, preferensi pengguna, dan perilaku pembelian sebelumnya.
  • Pemasaran yang terintegrasi, sehingga memungkinkan marketplace memunculkan iklan pada platform mereka juga untuk meningkatkan visibilitas.
  • Konsumen lebih percaya dengan keamanan bertransaksi dan jaminan kualitas produk di marketplace maupun e-commerce
  • Metode pembayaran yang tersedia di marketplace lebih beragam. Hal ini dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Lalu, bagaimana cara agar bisa menarik perhatian calon pelanggan melalui marketplace? Siapkan foto produk terbaik tentang produk maupun layanan bisnis. Pastikan memiliki kualitas HD supaya tidak buram dan warna produk tidak jauh berbeda dengan aslinya.

Kenapa perlu gambar pendukung produk yang unik, indah, dan eye catching? Karena hal pertama yang biasanya dilakukan oleh pengguna marketplace setelah mengetikkan kata kunci tertentu adalah melihat foto produk yang menarik dan jelas.

Setelah muncul ketertarikan, mereka akan melakukan tindakan berupa klik pada link produk. Apalagi kalau dilengkapi dengan spesifikasi yang detail. Itu membantu calon pelanggan untuk memutuskan melakukan pembelian atau tidak.


Setelah 3 strategi promosi online di artikel ini Anda terapkan, jangan lupa lakukan optimasi secara berkala. Ada proses yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil terbaik. Semoga menerapkan ketiga strategi promosi ini dapat membuat bisnis Anda berkembang pesat. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk. Ini penjelasan lengkapnya: Manfaat Instagram Marketing untuk Promosi Online.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER