Pernahkah Anda mendengar tentang online presence?Istilah ini memang masih terdengar asing bagi sebagian orang yang baru mengenal bisnis online sehingga masih sedikit pebisnis maupun pelaku UKM yang menerapkan dan memanfaatkannya. Apa sebenarnya pengertian, fungsi, dan manfaat online presence ini?

 

Pengertian Online Presence

Online presence bisa diartikan kehadiran online. Maksudnya, platform bisnis Anda, baik website atau media sosial, mendapatkan atensi bagi pengguna internet berupa traffic, kunjungan, interaksi, yang lebih baik dibandingkan dengan situs lain.

 

 

Salah satu contoh dampak dari online presence adalah kehadiran online shop saat ini bisa menggantikan keberadaan toko offline, mengingat masyarakat modern merasa lebih nyaman dan lebih praktis berbelanja dengan cara online. Dari sini bisa terlihat, kalau bisnis yang Anda jalankan mendapatkan banyak perhatian di dunia maya, maka bisnis tersebut bisa berjalan lebih optimal, bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar karena jangkauan pasar yang lebih luas. 

 

Adanya online presence mengharuskan setiap pemilik bisnis, termasuk Anda, mau secara aktif memaksimalkan penggunaan berbagai platform secara digital sehingga bisnis Anda mudah ditemukan dan dijangkau oleh pengguna internet sehingga mereka bisa lebih mudah untuk berinteraksi maupun berbelanja dengan produk dari brand Anda. 

 

Fungsi Online Presence

Fungsi utama dari online presence adalah memperoleh pelanggan baru ketika mereka mengunjungi suatu website atau platform bisnis Anda di internet. Tidak hanya Anda, hampir semua pemilik bisnis menginginkan hal ini demi membesarkan nama brand. 

 

Namun fungsi online presence tidak hanya bermanfaat dalam kegiatan pemasaran saja, melainkan juga untuk meningkatkan brand awareness agar dikenal baik oleh masyarakat secara luas. Kalau Anda adalah pebisnis yang baru memulai usaha, maka online presence inilah yang harus Anda dapatkan terlebih dahulu dengan cara aktif di semua kanal media sosial dan membangun keberadaan website di mesin pencari besar seperti Google. 

 

 

Manfaat Online Presence

Pada bahasan sebelumnya sudah dikatakan sekilas mengenai manfaat online presence, yaitu setiap perusahaan yang menerapkan adanya online presence tentu memiliki tujuan masing-masing. Jika diulas lebih detail maka berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memaksimalkan online presence

 

  1. Meningkatkan Keberadaan Brand di Dunia Online

Pastinya, Anda sudah mengetahui bahwa kebanyakan orang di era ini akan menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya, baik membangun jejaring sosial di media sosial atau berselancar di berbagai website. Hal ini membuat brand yang dipasarkan secara online bisa lebih mudah menarik perhatian mereka.

 

Calon pelanggan bisa saja langsung tertarik apabila suatu konten yang digunakan untuk pemasaran memang memiliki kualitas dan bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang banyak dihadapi pengguna internet. Oleh karena itu, Anda perlu menciptakan online presence secara baik sehingga calon pelanggan dapat memberikan respons positif mengenai suatu produk dari brand Anda saat mereka mengetahuinya untuk pertama kali.

 

  1. Kegiatan Mempromosikan Produk Menjadi Lebih Mudah

Anda tidak perlu mencetak ribuan katalog, selebaran iklan, memasang puluhan billboard berharga mahal, atau mendatangi banyak orang hanya demi mempromosikan produk dan layanan usaha Anda mengingat semuanya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan website

 

 

Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan membuat konten kreatif dan unik terkait bisnis yang Anda jalankan beserta produknya di Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, bahkan di YouTube. Dengan kata lain, hanya perlu menyusun dan membuat konten yang kreatif demi mempromosikan suatu produk dan membuat calon pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.

 

  1. Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

Website dan media sosial menjadi salah satu sarana yang baik untuk digunakan dalam menjaga interaksi dengan pelanggan. Online presence dapat membangun koneksi yang lebih personal dengan konsumen. Di saat yang sama, Anda juga bisa mengetahui tingkat kepuasan dari setiap pelanggan dengan memberikan fitur berupa kolom komentar hingga rating. Jangan lupa untuk menjadikan mereka sebagai loyal customer dengan memberikan penawaran menarik lainnya.

 

Adanya online presence nyatanya memang penting bagi setiap perusahaan. Hal ini menjadi salah satu upaya yang perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya agar mampu bersaing mempromosikan produk tanpa harus menggunakan cara konvensional.