MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Online Presence Bagi Bisnis

30 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 15.254  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Pernahkah Anda mendengar tentang online presence? Istilah ini memang masih terdengar asing bagi sebagian orang yang baru mengenal bisnis online. Inilah mungkin yang menyebabkan banyak pebisnis maupun pelaku UKM belum menerapkan dan memanfaatkannya.

Padahal online presence berkaitan erat dengan digital marketing dan personal branding yang penting bagi bisnis digital. Lantas, apa sebenarnya pengertian, fungsi, dan manfaat online presence ini? Mari simak Redcomm knowledge kali ini sampai akhir, ya!

Pengertian Online Presence

Apa yang dimaksud dengan online presence? Online presence adalah kehadiran online. Artinya sejauh mana suatu objek (individu atau bisnis) dapat ditemukan, dikenali, dan berinteraksi secara online.

Dalam konteks profesional maupun bisnis, tentu saja online presence ini akan melibatkan seluruh platform yang Anda miliki. 

Mulai dari website hingga media sosial akan mendapatkan atensi dari pengguna internet berupa traffic kunjungan, hingga interaksi yang lebih baik dibandingkan dengan website kompetitor.

Salah satu contoh online presence adalah kehadiran online shop yang saat ini bisa menggantikan keberadaan toko offline. Apalagi masyarakat modern ternyata lebih merasa nyaman dan praktis berbelanja secara online.

Dari sini bisa terlihat, kalau bisnis yang Anda jalankan mendapatkan banyak perhatian di dunia maya, maka bisnis tersebut bisa berjalan lebih optimal. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berkembang menjadi lebih besar karena jangkauan pasar yang lebih luas.

Adanya online presence mengharuskan setiap pemilik bisnis, mau secara aktif memaksimalkan penggunaan berbagai platform digital. 

Alasannya, penggunaan platform digital akan memudahkan pengguna internet menemukan dan menjangkau bisnis Anda. Mereka juga jadi lebih mudah berinteraksi serta berbelanja produk maupun jasa dari brand Anda. 

Fungsi Online Presence

Fungsi utama dari online presence adalah memperoleh pelanggan baru ketika mereka mengunjungi suatu website atau platform sosial media bisnis Anda di internet. 

Sayangnya, tidak hanya Anda yang menginginkan hal ini, tetapi semua pemilik bisnis juga menginginkan hal yang sama demi membangun brand image dan brand identity yang kuat.

Namun fungsi online presence tidak hanya bermanfaat dalam kegiatan pemasaran saja, melainkan juga untuk meningkatkan brand awareness agar dikenal baik oleh masyarakat secara luas.

Kalau Anda adalah pebisnis yang baru memulai usaha, online presence inilah yang harus Anda dapatkan terlebih dahulu. 

Caranya tentu saja dengan aktif di semua channel atau platform media sosial dan membangun keberadaan website di mesin pencari besar seperti Google. 

Agar lebih mudah, ikuti panduan dari Redcomm Indonesia, yaitu digital agency Jakarta dan digital marketing agency Indonesia, yang menjelaskannya secara runut di bawah ini.

Manfaat Online Presence

Online presence atau kehadiran online bukan lagi sekadar pilihan bagi pebisnis, tetapi merupakan fondasi vital yang bisa menunjang kesuksesan bisnis jangka panjang. 

Dengan memanfaatkan keberadaan berbagai platform online secara aktif, Anda bisa menjaga relevansi bisnis dengan kebutuhan target market. 

Di saat yang sama, bisnis Anda jadi memiliki daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Agar lebih jelas, berikut beberapa manfaat online presence:

1. Meningkatkan Keberadaan Brand di Dunia Online

Pastinya, Anda sudah tahu kalau kebanyakan orang di era ini akan menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya dengan berbagai tujuan.

Ada yang ingin membangun jejaring sosial di media sosial. Ada juga yang hanya berselancar di berbagai website untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Tapi banyak juga yang berusaha memenuhi kebutuhan mereka dengan melakukan pencarian di internet.

Kebiasaan masyarakat modern ini membuka peluang besar bagi para pebisnis untuk mempromosikan dan memasarkan brand secara online. Bahkan kalau Anda bisa membuat strategi digital marketing yang tepat sasaran untuk membangun online presence, maka jangan kaget jika:

  • Banyak orang ingin tahu dan ingin mengenal brand serta produk atau layanan bisnis yang ditawarkan.
  • Calon pelanggan langsung tertarik untuk mencoba menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan saat Anda menayangkan konten yang berkualitas tentang produk / jasa tersebut.
  • Produk dan jasa Anda dikenal luas dan menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi orang lain.

Oleh karena itu, Anda perlu membangun online presence sebaik mungkin. Pastikan gunakan strategi yang tepat sehingga calon pelanggan dapat memberikan respons positif mengenai suatu produk dari brand Anda saat mereka mengetahuinya untuk pertama kali. 

2. Kegiatan Mempromosikan Produk Menjadi Lebih Mudah

Di era digital, kegiatan mempromosikan produk jadi lebih mudah dan hemat anggaran. Kenapa?

Anda tidak perlu lagi mencetak ribuan katalog, selebaran iklan, memasang puluhan billboard berharga mahal, atau mendatangi banyak orang hanya demi mempromosikan produk dan layanan bisnis.

Kini semua hal yang berkaitan dengan promosi bisnis bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan website dan media sosial. 

Anda tinggal mempublikasi katalog produk yang lengkap di situs web bisnis, lengkap dengan deskripsi atau spesifikasi produk. Lalu tambahkan berbagai artikel informasi dan edukasi untuk melengkapi layanan bisnis Anda.

Sementara untuk menerapkan digital marketing menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, X (Twitter), dan Youtube, Anda bisa membuat dan membagikan konten kreatif dan unik terkait bisnis beserta produknya.

Dengan kata lain, manfaat online presence akan Anda rasakan melalui penyusunan dan pembuatan konten yang kreatif untuk mempromosikan produk, sehingga bisa membuat calon pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

Website dan media sosial menjadi salah satu sarana yang baik untuk digunakan dalam menjaga interaksi dengan pelanggan. Melalui online presence, Anda dapat membangun koneksi yang lebih personal dengan konsumen.

Di saat yang sama, Anda juga bisa mengetahui tingkat kepuasan dari setiap pelanggan dengan memberikan fitur berupa kolom komentar, rating, hingga formulir khusus. 

Jangan lupa untuk menjadikan mereka sebagai loyal customer dengan membuat customer loyalty program yang menarik, seperti diskon, promo, atau mendapatkan sampel produk terbaru. Contoh lainnya, pelajari di sini: Contoh Loyalty Program yang Efektif.

4. Meningkatkan Jangkauan dan Visibilitas

Manfaat online presence berikutnya, Anda sebagai pemilik bisnis dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas daripada yang dapat dicapai melalui sistem pemasaran tradisional. 

Cukup buat situs web bisnis yang profesional dan memiliki kinerja bagus di SERP. Lalu gunakan juga platform media sosial, dan marketplace. Semuanya ini sumber daya yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan potensial di seluruh dunia. 

Hasil yang akan Anda dapatkan sejalan dengan upaya dan strategi yang Anda gunakan. 

Lebih bagus lagi kalau Anda juga menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) yang bisa meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari, dan membuat calon pelanggan mudah menemukan bisnis Anda. 


Setelah memahami pengertian, fungsi dan manfaat online presence di atas, sebaiknya tambahkan pengetahuan Anda dengan Cara Mengoptimalkan Online Presence.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER