Ketika bisnis yang Anda miliki sudah terbilang sukses, maka Anda akan mulai fokus pada kepuasan konsumen agar bisnis Anda menjadi semakin besar. Ada banyak cara yang dilakukan oleh para pebisnis untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan growth hacking marketing. Anda pun bisa mencoba teknik ini pada bisnis yang sedang dijalankan.

 

Apa Itu Growth Hacking Marketing?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menerapkan growth hacking marketing pada bisnis, ada baiknya Anda memahami maksud dari istilah ini terlebih dahulu. Secara sederhana, growth hacking marketing adalah sebuah teknik yang digunakan pada bisnis untuk tujuan menumbuhkan bisnis tersebut.

 

Istilah growth hacking marketing diperkenalkan oleh Sean Ellis pada tahun 2010. Umumnya, teknik marketing ini dilakukan dengan beberapa cara, seperti promosi menggunakan konten, promosi dengan menawarkan produk, dan ada juga yang menggunakan layanan periklanan seperti yang banyak digunakan saat ini.

 

Walaupun cara penerapannya tampak berbeda, namun ketiga hal tersebut memiliki satu tujuan, yaitu membuat perusahaan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang dimaksudkan di sini bukan hanya dalam bentuk uang, namun bisa dalam bentuk lain, seperti mendapatkan banyak pelanggan baru, meningkatnya orang yang menggunakan produk, hingga semakin banyak orang yang memutuskan untuk menjadi pelanggan setia dari produk atau layanan yang ditawarkan.

 

 

Cara Melakukan Growth Hacking Marketing

Ada banyak strategi marketing yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan sebuah produk. Growth hacking marketing bisa menjadi strategi promosi yang Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal.

 

Jika Anda tertarik untuk mencoba menerapkan teknik marketing ini pada bisnis yang sedang Anda jalankan, berikut caranya:

 

  1. Fokus Memahami Pasar

Sudah menjadi tugas seorang marketer untuk berusaha memasarkan sebuah produk atau layanan sehingga lebih dikenal oleh market. Untuk itu perlu dilakukan riset pasar terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menentukan strategi seperti apa yang sebaiknya digunakan. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan hal ini.

 

Keberadaan growth hacking marketing bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang akan memudahkan Anda dalam melakukan analisis pasar. Dengan memahami pasar terlebih dahulu, diharapkan Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon konsumen.

 

Jika produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen, maka Anda juga akan lebih mudah dalam mempromosikannya. Efeknya, penjualan tentu semakin meningkat dan perusahaan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

  1. Mempertahankan Pelanggan

Jika sudah mendapatkan banyak konsumen baru, tugas Anda selanjutnya adalah mempertahankan mereka agar tidak berpaling ke produk atau layanan kompetitor. Menggunakan teknik growth hacking marketing memungkinkan Anda mempelajari perilaku konsumen, sekaligus mendata setiap feedback dari mereka.

 

Apabila sudah mendapatkan data lengkap dari konsumen, berupa kepuasan atau ketidakpuasan terhadap produk Anda, lakukan evaluasi. Lakukan perbaikan pada hal-hal yang membuat konsumen kecewa, sementara tingkatkan semua hal baik yang membuat konsumen puas agar mereka bisa jadi pelanggan setia bisnis Anda.

 

  1. Menentukan Target Market

Mengetahui secara pasti target market yang ingin Anda raih akan memudahkan Anda dalam mempromosikan produk atau layanan. Langkah ini biasanya dilakukan ketika Anda mulai membangun bisnis atau meluncurkan produk baru. Proses penentuan target market bisa dilakukan dengan mengumpulkan data calon pelanggan, seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

 

Dengan adanya data konsumen tersebut, Anda jadi lebih mudah mendapatkan informasi berikutnya terkait perilaku mereka dalam berbelanja. Di saat yang sama, Anda bisa menerapkan berbagai strategi marketing untuk menarik perhatian mereka agar berfokus pada produk atau layanan Anda, bisa melalui email marketing, social media marketing, dan sebagainya. Dasar growth hacking pada marketing adalah menemukan solusi dari permasalahan yang muncul terkait konsumen, produk, dan terciptanya konversi.

 

 

  1. Memaksimalkan Fungsi dan Kinerja Website

Adanya dukungan teknologi seperti sekarang ini menjadikan kebutuhan manusia lebih banyak dilakukan secara online. Oleh karena itu, pembuatan website untuk keperluan promosi produk menjadi salah satu cara meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Ini juga berlaku bagi para pelaku UKM dan pebisnis dari berbagai skala.

 

Growth hacking marketing bisa membantu Anda dalam menemukan strategi yang cocok dengan memaksimalkan fungsi dan kinerja website. Kalau saat ini Anda belum memiliki website, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk segera membuatnya. Namun di saat yang sama, Anda harus memahami bagaimana cara kerjanya, melakukan optimasi, pembuatan konten, dan sebagainya. 

 

Itulah beberapa hal tentang growth hacking marketing yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga teknik ini bisa berguna bagi Anda dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan saat ini hingga menjadi bisnis yang besar.