MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Peluang Bisnis Startup Tahun Ini

22 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 9.853  
Business

redcomm

Apa itu peluang dalam bisnis? Peluang bisnis adalah terciptanya kesempatan bagi seseorang untuk menawarkan menjalankan bisnis dan mendapatkan penghasilan. 

Nah, apa saja peluang bisnis yang menguntungkan tahun ini? Apakah peluang bisnis startup masih bagus setelah badai PHK dari banyak startup besar di tahun lalu? Baca, yuk. 

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis startup di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. 

Hal ini karena terjadi peningkatan penetrasi internet, meningkatnya jumlah pengguna smartphone, serta dukungan dari pemerintah dan investor pada banyak perusahaan startup yang tumbuh di Indonesia.

Beberapa contoh startup yang telah sukses di Indonesia meliputi Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan lain-lain. 

Keberhasilan startup ini telah menginspirasi banyak orang untuk memulai bisnis mereka sendiri dan membangun ekosistem startup yang semakin berkembang.

Namun sayangnya pada 2022 lalu, cukup banyak badai melandai perusahaan startup, seperti PHK besar-besaran dan bangkrut. 

Contohnya, Shopee Indonesia melakukan pengurangan karyawan hingga 3% pada bulan September 2022 lalu, kemudian perusahaan GoTo melakukan perampingan hingga 1.300 karyawan. 

Perusahaan startup lainnya yang juga melakukan PHK, seperti Sirclo, ruangguru, Xendit, Sayurbox, dan masih banyak lagi.

Membaca data di atas, masih adakah peluang bisnis startup tahun ini? 

Meskipun memiliki potensi yang besar, membangun bisnis startup gampang-gampang susah. Ini fakta sebenarnya. 

Fakta yang tak bisa kita pungkiri bahwa kenapa perusahaan startup banyak yang bangkrut adalah akibat kurangnya pengalaman dan tidak fokus dalam menjalankan bisnis.

Jika Anda ingin mengambil peluang bisnis startup tahun ini, maka pastikan Anda sudah mencari informasi mengenai bidang usaha yang ingin Anda jalankan dan cara memulainya. 

Selain itu, cari tahu juga mengenai kendala yang banyak dihadapi, masalah modal, partnership, pengelolaan bisnis, bahkan cara pemasaran. 

Harusnya kalau Anda memiliki visi yang jelas, mau belajar dari pengalaman pebisnis lain, dan fokus menjalankan bisnis, peluang sukses tetap bisa Anda raih.

Rekomendasi 4 Peluang Bisnis Startup yang Menjanjikan Tahun Ini

1. Bisnis Transportasi, Ekspedisi, dan Travel

Transportasi merupakan kebutuhan primer yang harus ada di tengah-tengah masyarakat. Apalagi untuk orang dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Memang saat ini sudah ada beberapa startup bidang transportasi, seperti Gojek, Grab, dan sebagainya. Tetapi peluang ini tetap menjanjikan lho. 

Beberapa ide bidang transportasi yang mungkin masih bisa Anda kembangkan, misalnya antar jemput anak sekolah berbasis teknologi, bus / travel khusus antar jemput pekerja dengan biaya layanan lebih murah, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis startup bidang ekspedisi atau pengiriman paket, mengingat saat ini kebiasaan masyarakat berbelanja online cukup tinggi. Selain itu, peluang bisnis startup bisa juga berbentuk tour and travel berbasis teknologi.

2. Bisnis Fashion

Fashion trendy tetap menjadi favorit dari generasi ke generasi. Saat ini, banyak orang yang nyaman berbelanja pakaian di toko online dengan menggunakan smartphone. 

Namun sayangnya, adakalanya produk fashion yang ditampilkan e-commerce tak sesuai dengan wujud nyata produknya. 

Nah, ini peluang Anda untuk mengisi kekosongan dan menemukan ide lain terkait startup bidang fashion. 

Misalnya, startup fashion Anda menyediakan produk yang terlihat real, bahkan lengkap dengan ukurannya, sehingga pelanggan tidak lagi kecewa menerima produk yang tidak sesuai harapan.

3. Bisnis Pengiriman (Kurir)

Memang, saat ini sudah banyak peluang bisnis startup di bidang pengiriman atau kurir. Namun, banyak di antaranya yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengiriman yang cepat, tepat, dan aman. 

Salah satu ide bisnis di bidang pengiriman yang hingga hari ini belum ada yang melakukan, yaitu pengiriman produk frozen food antar wilayah di Indonesia. 

Apalagi kalau mampu memastikan proses pengiriman hanya beberapa jam saja sudah tiba di tujuan, dengan harga yang masih terjangkau, baik untuk seller yang mengirimkan produk atau bagi pembeli produk. 

Ide lain di bidang pengiriman, misalnya pengiriman dokumen antar perusahaan dalam sistem paket yang lebih fleksibel, namun tetap bisa memiliki layanan yang cepat dan aman. 

Cobalah cari ide-ide lain yang lebih unik, tetapi dibutuhkan banyak orang. Ingat, bisnis yang cepat berkembang adalah bisnis yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebutuhan orang lain. 

4. Bisnis Kuliner

Bisnis startup di bidang kuliner memang sudah banyak yang melakukannya, namun Indonesia itu kaya akan beragam jenis kuliner khas suatu daerah. Anda tinggal mencari jenis kuliner seperti apa yang masih sedikit yang mengembangkannya. 

Startup di bidang kuliner masih memiliki peluang besar jika Anda mampu menciptakan produk kuliner yang unik, rasa yang enak, pengemasan yang bagus, dan harga ramah di kantong. Jenis-jenis makanan yang sehat, resep rumahan, makanan khas suatu daerah atau negara, katering khusus, dan sebagainya. 

Selain itu, pertimbangkan pula masalah pengiriman produk kuliner. Anda bisa bekerja sama dengan startup lain yang bergerak di bidang pengemasan, penyediaan produk mentah, atau dengan pebisnis yang menjalankan usaha pengiriman cepat. 

Terbukanya peluang yang masih luas bagi bisnis startup di Indonesia menjadi kesempatan bagus bagi siapa pun yang ingin membangun usaha. Kunci agar startup berkembang adalah kejelian melihat peluang dan hati yang tulus untuk menjalankan bisnis yang mampu membantu orang lain. Anda juga bisa belajar dari Contoh Bisnis Startup yang Sukses di Indonesia.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER