knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
9 Cara Digital Ma...

9 Cara Digital Marketing Agency Membantu UKM Berkembang di Era Digital

21 Apr  · 
4 min read
 · 
eye 14  
Bisnis

Cara Digital Marketing Agency Membantu Ukm

Di tengah pesatnya digitalisasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia menghadapi tantangan besar untuk bertahan dan berkembang di era digital. 

Bukan sekadar bisa tidaknya menjual produk secara online, tetapi bagaimana membangun brand yang dikenal luas, menjangkau pelanggan yang tepat, dan bersaing di tengah ramainya marketplace dan media sosial.

Inilah mengapa peran digital marketing agency menjadi solusi strategis bagi UKM. Lantas, bagaimana cara digital marketing agency membantu UKM dan strategi seperti apa yang bisa diterapkan? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Mengapa UKM Butuh Strategi Digital Marketing Agency?

Berjalan sendiri bisa mencapai impian demi impian, tetapi kalau ingin mencapai lebih banyak impian dan sukses besar, maka bekerja samalah dengan orang-orang yang bisa mendukung Anda mencapai impian.

Anda pasti pernah mendengar nasihat semacam itu, kan?

Salah satu kerja sama yang akan menguntungkan pemilik bisnis UKM adalah bekerja sama dengan digital marketing agency. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Persaingan Digital Semakin Ketat

Menurut data dari Google, Temasek & Bain, nilai transaksi e-commerce Indonesia diprediksi menyentuh USD 150 miliar pada tahun 2025. 

Di sisi lain, jumlah UKM yang aktif di ranah digital juga terus meningkat, yang otomatis akan meningkatkan persaingan antar pebisnis kecil, menengah, hingga bisnis besar yang sudah lebih dulu eksis.

Untuk memenangkan persaingan, Anda sebagai pemilik bisnis UKM perlu didampingi tim digital marketing agency Indonesia yang paham market share dan strategi efektif untuk memenangkan pasar.

2. Paparan Brand di Internet

Laporan dari We Are Social & Hootsuite Digital 2025 mencatat kalau pengguna internet di Indonesia memiliki waktu online rata-rata mencapai 8 jam 16 menit per hari.

Konsumen tidak hanya mencari produk melalui marketplace, tetapi juga aktif di media sosial, browsing di mesin pencari, hingga membaca review online sebelum memutuskan membeli.

Perubahan perilaku konsumen ini harus menjadi fokus perhatian. Artinya, Anda perlu memastikan bisnis memiliki online presence yang kuat dan mudah konsumen temukan ketika mereka melakukan pencarian secara online

Bekerja sama dengan tim digital marketing agency seperti Redcomm memungkinkan mereka membantu Anda dengan cara:

  • Membangun identitas brand yang memorable.
  • Menerapkan strategi content marketing yang efektif. 
  • Mengoptimalkan kanal-kanal digital agar traffic dan konversi terus meningkat.

3. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Alih-alih belajar sendiri yang butuh waktu lama, Anda sebagai pemilik bisnis UKM bisa langsung fokus ke pengembangan produk dan layanan, sementara strategi digital serahkan saja kepada ahlinya.

Bahkan dengan cara ini, Anda tidak perlu membentuk tim digital marketing sendiri. Cukup mengandalkan perusahaan agensi yang berpengalaman, sehingga lebih hemat biaya operasional.

4. Akses ke Tools dan Insight Profesional

Digital marketing agency umumnya sudah memiliki expertise mumpuni dalam penggunaan tools canggih yang mungkin belum Anda kuasai.

Contohnya keterampilan dalam menggunakan SEO tools yang powerful, seperti Ahrefs, SEMrush.

Lalu juga terbiasa menggunakan analytic platforms, seperti Google Analytics dan Google Search Console, social media analytics, hingga alat predictive analytics dan  AI-based marketing automation.

5. Strategi yang Disesuaikan dengan Karakter UKM & Target Pasar Spesifik

Setiap UKM punya kebutuhan unik yang sesuai dengan karakternya masing-masing, termasuk target market yang spesifik.

Nah, agensi yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, apalagi sudah pernah menyelenggarakan lebih dari 1000+ digital campaign untuk 500 brand, jelas akan bisa menyusunkan strategi yang tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda.

9 Strategi dari Digital Marketing Agency untuk Membantu UKM Berkembang

Sebagai pebisnis UKM, Anda pasti sudah paham kalau menerapkan strategi digital marketing sangat penting untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Tapi kalau baru memulai bisnis dan belum punya pengalaman, jelas hal ini bisa menyulitkan, bahkan bisa merugikan kalau sampai salah strategi.

Oleh karena itu, lebih baik manfaatkan saja strategi yang disediakan oleh tim profesional dari perusahaan agensi periklanan, seperti:

1. Branding dan Positioning

Banyak UKM kesulitan membangun brand yang menonjol di tengah kompetitor. Nah, keberadaan digital marketing agency dapat membantu merancang identitas brand yang unik dan konsisten di seluruh channel digital, mulai dari logo, tone of voice, hingga storytelling.

Bahkan dalam upaya membangun branding dan positioning ini, tim agensi juga akan membantu Anda dalam hal:

  • Menciptakan brand personality yang sesuai target pasar.
  • Konsisten visual dan pesan di media sosial, website, hingga marketplace.
  • Membangun narasi brand yang relevan dengan value bisnis UKM.

2. Strategi SEO untuk Memenangkan Pencarian Organik

Strategi berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari digital marketing agency adalah strategi SEO yang bisa membuat bisnis Anda memenangkan pencarian organik.

Tim dari agensi akan menyusunkan strategi khusus, mulai dari:

3. Social Media Marketing yang Efektif dan Hemat Biaya

Media sosial menjadi salah satu media yang efektif untuk membangun awareness dan engagement. Beberapa strategi yang biasanya diimplementasi oleh digital marketing agency, antara lain:

  • Pembuatan konten kreatif yang relevan dengan target audiens.
  • Pemanfaatan fitur interaktif, seperti polling, story quiz, dan live streaming.
  • Strategi collaboration dengan micro influencer yang relatable untuk membangun kepercayaan dan menjangkau komunitas tertentu.
  • Optimalisasi video marketing, mulai dari short video hingga live shopping, agar lebih menarik perhatian audiens.

4. Paid Ads dengan Targeting Tepat Sasaran

Budget promosi UKM umumnya terbatas, sehingga setiap rupiah harus menghasilkan dampak maksimal. Agency dapat membantu pemilik bisnis UKM mengelola iklan digital yang efektif, dengan strategi:

  • Targeting spesifik berdasarkan demografi, interest, hingga behavior konsumen.
  • Kombinasi iklan konversi di marketplace dan iklan awareness di media sosial.
  • A/B testing kreatif dan copywriting agar iklan terus dioptimasi.

5. Marketplace Optimization agar Produk UKM Muncul di Pencarian Teratas

Strategi optimasi di marketplace sangat penting mengingat banyak bisnis UKM mengandalkan platform yang satu ini untuk melakukan pemasaran dan penjualan. 

Beberapa strategi optimasi marketplace yang sebaiknya Anda manfaatkan, misalnya:

  • Optimasi judul dan deskripsi produk dengan keyword relevan.
  • Pembuatan foto produk dan video produk yang menarik.
  • Strategi promo dan campaign seasonal yang selaras dengan tren belanja.

6. Data Driven Decision Making

Setiap strategi yang diterapkan tidak sekadar berdasarkan feeling. Agency digital menerapkan data driven strategy dengan menganalisis performa secara berkala.

Mereka biasanya baru menyelenggarakan digital campaign setelah melihat tren engagement dan konversi dari setiap channel, mengidentifikasi produk yang paling diminati, hingga evaluasi dan pivot strategi sesuai perkembangan tren dan kebutuhan pasar.

7. Hyper Personalization

Konsumen kini menginginkan pengalaman yang personal.

Digital marketing agency membantu UKM memanfaatkan data pelanggan untuk menyajikan konten, promo, dan rekomendasi produk yang relevan dan personal.

8. Integrasi Omnichannel

Digital marketing agency dapat membantu Anda mengintegrasikan semua touchpoint agar customer journey lebih mulus dan pengalaman berbelanja lebih nyaman.

Hal ini karena pola kebiasaan dan perilaku konsumen yang sering berpindah-pindah dari marketplace, media sosial, hingga website, saat melakukan pencarian produk maupun berbelanja. 

9. Pemanfaatan Chatbot dan Conversational Marketing

Dengan keterbatasan sumber daya, UKM bisa mengandalkan chatbot untuk memberikan pelayanan instan dan responsif, sekaligus mendukung aktivitas promosi secara otomatis, dengan biaya operasional lebih hemat.

Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda pahami dulu Fungsi Chatbots dan Manfaatnya dalam Peningkatan Layanan Pelanggan.


Di tengah pesatnya pertumbuhan digital di Indonesia, digital marketing agency punya peran besar dalam membantu UKM berkembang.

Mulai dari membangun identitas brand, menyusun strategi promosi yang efektif, hingga memanfaatkan teknologi terbaru.

Hubungi Kontak Redcomm jika Anda sedang mencari perusahaan agensi digital ya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER