knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Seberapa Penting Digital Marketing untuk UKM

04 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 11.768  
Digital Marketing

Seberapa Penting Digital Marketing Untuk Ukm

Kegiatan promosi menjadi faktor penentu dalam meningkatkan angka penjualan bagi seluruh jenis usaha, baik itu usaha berskala kecil maupun besar. 

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing.

Lalu seberapa penting penerapan digital marketing untuk UKM atau Usaha Kecil dan Menengah. Simak penjelasannya dalam artikel ini, ya.

Pentingnya Digital Marketing untuk UKM

Digital marketing adalah kegiatan melakukan promosi brand atau produk melalui media digital. Cara ini dianggap paling efektif untuk saat ini sebagai salah satu cara pemasaran bagi semua jenis usaha, tidak terkecuali untuk UKM dan UMKM.

Maka meskipun bisnis Anda masih kecil, Anda tetap perlu menentukan strategi promosi yang tepat agar bisnis semakin berkembang. 

Berikut manfaat pentingnya menerapkan digital marketing:

1. Mudah Mendatangkan Pelanggan

Sebelum berkembangnya dunia digital seperti saat ini, mencari informasi tentang suatu produk atau layanan baru seperti UKM tidaklah mudah. Informasi baru bisa didapatkan dari media cetak tertentu. 

Bahkan tidak jarang, Anda harus mendatangi pelaku bisnis yang ingin diketahui secara langsung demi mendapatkan informasi yang lengkap.

Berbeda dengan saat ini. Adanya teknologi yang sangat maju dan sosial media, menjadikan pencarian informasi jadi praktis. 

Cukup dengan menggerakkan jari di layar ponsel atau berselancar di internet, Anda bisa mendapatkan informasi apapun yang Anda butuhkan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pelaku bisnis bisa memanfaatkan media digital yang ada untuk melakukan promosi, demi menjangkau semua pengguna internet di manapun mereka berada.

Cara menerapkan digital marketing untuk UKM bisa dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial, website, maupun email marketing.

Semua strategi tersebut bisa memudahkan pelanggan menemukan informasi seputar UKM yang mereka butuhkan tanpa terbatas jarak, ruang, dan waktu.

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Dengan memasang iklan atau mengunggah produk di website maupun media sosial, membuat produk bisa menjangkau pelanggan dari segala lapisan masyarakat. 

Inilah yang menjadi salah satu keunggulan penggunaan teknologi digital, membuat segala sesuatu yang jauh jadi terasa dekat.

Misalnya, ketika Anda mengunggah foto produk di akun Instagram bisnis. Tentunya unggahan tersebut dapat dilihat oleh pengguna media sosial dari manapun mereka tinggal.

Semakin menarik unggahan yang Anda lakukan di media sosial, bisa jadi pengguna tadi akhirnya jadi pelanggan yang secara otomatis melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan.

Terjadinya transaksi tentu saja dapat meningkatkan angka penjualan dan menjawab pertanyaan seberapa pentingnya digital marketing untuk UKM.

3. Menghemat Biaya Promosi

Beberapa pelaku bisnis biasanya akan membuat anggaran untuk kepentingan pemasaran.

Terkadang, Anda perlu berpikir keras untuk mendapatkan strategi marketing yang tepat sehingga anggaran belanja iklan bisa dimaksimalkan dan kembali menjadi keuntungan.

Apabila Anda menggunakan digital marketing strategy sebagai salah satu metode pemasaran, tentunya anggaran untuk promosi dapat ditekan seminimal mungkin. 

Hal ini dapat terjadi karena penggunaan teknologi secara online tidak memerlukan biaya pencetakan dan akomodasi lainnya.

4. Melayani Pelanggan dengan Cepat

Strategi digital marketing yang dirasa cukup efektif adalah menyediakan layanan chatbot. Para pelanggan akan merasa semua pertanyaan yang mereka ajukan mendapatkan respons secara cepat. 

Pelayanan yang cepat dengan respons yang baik akan menjadi nilai tambah yang membuat pelanggan mau terus melakukan pembelian produk usaha Anda.

Mari kembalikan ke diri sendiri dulu. Ketika Anda membutuhkan suatu produk, lalu produk tersebut Anda temukan di e-commerce, media sosial, atau website

Kemudian Anda mencoba menghubungi pemilik bisnis untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait produk yang Anda inginkan.

Nah, ketika jawaban yang Anda harapkan bisa didapatkan dengan cepat, ternyata tak kunjung mendapatkan jawaban, apa yang akan Anda lakukan? Pasti Anda akan mencari yang lain, kan? Itu pula yang akan dilakukan calon pelanggan.

Maka memanfaatkan digital marketing demi melayani pelanggan dengan cepat sudah jelas bisa membantu meningkatkan jumlah pelanggan loyal.

5. Menjangkau Pengguna Smartphone

Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk melakukan pencarian informasi dan produk di internet atau di media sosial.

Ini jelas peluang bagi Anda yang melakukan kegiatan promosi dan pemasaran bisnis, baik sebagai upaya memperkenalkan produk dan jasa, untuk meningkatkan penjualan, atau tujuan lainnya.

Caranya, pastikan website bisnis responsive dan mobile friendly, punya navigasi yang tak berantakan ketika dilihat menggunakan smartphone, dan tombol navigasinya bisa diklik.

Atau bisa pula memastikan semua aset desain visual menarik, tidak buram, tidak pecah, saat audiens mengaksesnya.

6. Bisnis Jadi Lebih Kompetitif

Agar dapat bersaing dengan pebisnis lain, Anda perlu menerapkan digital marketing secara tepat untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari target market. 

Anda bisa mulai dengan menargetkan penambahan pelanggan berdasarkan demografi, profesi, hobi, usia, pekerjaan, dll. Kemudian memasang iklan yang relevan dengan kebutuhan audiens  

Misalnya, Anda seorang pengusaha mebel. Tentunya di luar sana ada pengusaha lain dengan bidang bisnis yang sama sebagai kompetitor Anda.

Coba analisis dan pelajari bagaimana performa situs web mereka, konten yang diunggah di media sosial, maupun strategi pemasaran yang bisa mendatangkan banyak pelanggan ke bisnis mereka.

Di sinilah strategi digital marketing berperan penting untuk membantu Anda mengembangkan bisnis sekaligus bisa menganalisis gerak kompetitor.

7. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan strategi digital marketing yang tepat, UKM dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. 

Anda bisa membangun kehadiran online melalui media sosial, website, dan konten berkualitas dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Ini menjadi cara terbaik agar bisnis UKM yang Anda jalankan bisa terus diingat dan dicari konsumen, termasuk produk, jasa, maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan.


Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu, kan, seberapa penting digital marketing untuk UKM? Kalau sudah tahu, jangan buang waktu lagi. Segera susun rencana dan langsung wujudkan. 

Jika masih mengalami kesulitan dalam penerapan digital marketing, hubungi Kontak Redcomm. Sebagai digital marketing agency Indonesia yang berhasil meraih predikat Digital Agency of the Year 6x dalam 6 tahun berturut-turut, tim Redcomm sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan digital campaign dan membantu banyak brand.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER