Kegiatan promosi menjadi faktor penentu dalam meningkatkan angka penjualan bagi seluruh jenis usaha (baik berskala kecil maupun besar). Salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Lalu seberapa penting penerapan digital marketing untuk UKM atau Usaha Kecil dan Menengah. Simak penjelasannya berikut ini.

 

Pentingnya Digital Marketing untuk UKM 

Digital marketing merupakan kegiatan melakukan promosi brand atau produk melalui media digital. Cara ini dianggap paling efektif untuk saat ini sebagai salah satu cara pemasaran bagi semua jenis usaha, tidak terkecuali untuk UKM dan UMKM. Sebab, meskipun bisnis dijalankan dalam skala cukup kecil, menentukan strategi promosi yang tepat tetap perlu dilakukan agar bisnis semakin berkembang. Berikut manfaat pentingnya menerapkan digital marketing. 

 

 

  1. Mudah Mendatangkan Pelanggan

Sebelum berkembangnya dunia digital seperti saat ini, mencari informasi tentang suatu produk atau layanan baru seperti UKM tidaklah mudah. Informasi baru bisa didapatkan dari media cetak tertentu. Bahkan tidak jarang, kita harus mendatangi pelaku bisnis yang ingin diketahui secara langsung demi mendapatkan informasi yang lengkap. 

 

Berbeda dengan saat ini, di mana teknologi sudah begitu maju, ditambah sosial media yang semakin digemari, menjadikan proses mendapatkan informasi jadi lebih praktis. Sekarang membutuhkan informasi apa pun tinggal menggerakkan jari di layar ponsel atau berselancar di internet. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pelaku bisnis bisa memanfaatkan media digital yang ada untuk melakukan promosi demi menjangkau semua pengguna internet di manapun mereka berada. 

 

Cara menerapkan digital marketing untuk UKM bisa dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial, website, ataupun email marketing, yang mana membuat pelanggan mudah menemukan informasi seputar UKM yang dibutuhkan tanpa terbatas jarak, ruang, dan waktu.

 

  1. Meningkatkan Angka Penjualan

Dengan memasang iklan atau mengunggah produk di website maupun media sosial, membuat produk bisa menjangkau pelanggan dari segala lapisan masyarakat. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan penggunaan dari teknologi digital, membuat segala sesuatu yang jauh jadi terasa dekat. 

 

Misalnya, ketika Anda mengunggah foto produk di akun Instagram bisnis. Tentunya unggahan tersebut dapat dilihat oleh pengguna media sosial dari manapun mereka tinggal. Semakin menarik unggahan yang Anda lakukan di media sosial, bisa jadi pengguna tadi akhirnya jadi pelanggan yang secara otomatis melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan. Terjadinya transaksi tentu saja dapat meningkatkan angka penjualan dan menjawab pertanyaan seberapa pentingnya digital marketing untuk UKM.

 

 

  1. Menghemat Biaya Promosi

Beberapa pelaku bisnis biasanya akan membuat anggaran untuk kepentingan pemasaran. Terkadang, mereka perlu berpikir keras untuk mendapatkan strategi marketing yang tepat sehingga anggaran belanja iklan bisa dimaksimalkan dan kembali menjadi keuntungan.

 

Apabila Anda menggunakan digital marketing strategy sebagai salah satu metode pemasaran, tentunya anggaran untuk promosi dapat ditekan seminimal mungkin. Hal ini dapat terjadi karena penggunaan teknologi secara online tidak memerlukan biaya pencetakan dan akomodasi lainnya. 

 

  1. Melayani Pelanggan dengan Cepat

Strategi digital marketing yang dirasa cukup efektif adalah menyediakan layanan chatbot. Para pelanggan akan merasa semua pertanyaan yang mereka ajukan mendapatkan respons secara cepat. Pelayanan yang cepat dengan respons yang baik akan menjadi nilai tambah yang membuat pelanggan bisa terus melakukan pembelian produk usaha Anda. 

 

Mari kembalikan ke diri sendiri dulu. Ketika Anda membutuhkan suatu produk, lalu produk tersebut Anda temukan di e-commerce, media sosial, ataupun website, kemudian Anda mencoba menghubungi pemilik bisnis untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait produk yang Anda inginkan. 

 

Nah, ketika jawaban yang Anda harapkan bisa didapatkan dengan cepat, ternyata tak kunjung mendapatkan jawaban, apa yang akan Anda lakukan? Pasti Anda akan mencari yang lain, kan? Itulah yang juga akan dilakukan calon pelanggan. Maka memanfaatkan digital marketing demi melayani pelanggan dengan cepat sudah jelas bisa membantu meningkatkan jumlah pelanggan loyal Anda. 

 

 

  1. Menjangkau Pengguna Smartphone

Smartphone kini sudah bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Hal ini dapat dijadikan sebuah peluang bagi Anda yang akan melakukan kegiatan pemasaran suatu produk. Pastikan memanfaatkan perkembangan teknologi digital terkini guna menjangkau mereka. 

 

Apabila Anda memasang iklan atau mengunggah produk dan layanan secara online, tentunya pengguna smartphone akan lebih mudah dijangkau. Selain bisa menarik banyak pelanggan, juga akan berdampak pada peningkatan angka penjualan. 

 

  1. Memudahkan saat Perlu Bersaing dengan Kompetitor

Banyaknya kompetitor membuat Anda sebagai pelaku bisnis harus bertindak secara kreatif untuk memenangkan persaingan. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menciptakan ketertarikan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. 

 

Misalnya, Anda seorang pengusaha mebel. Tentunya di luar sana ada pengusaha lain dengan bidang bisnis yang sama sebagai kompetitor Anda. Agar dapat bersaing dengan pebisnis lain, Anda perlu menerapkan digital marketing secara tepat untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari target market yang sudah Anda tetapkan, misalnya menargetkan penambahan pelanggan berdasarkan demografi atau profesi.  

 

Anda bisa menyesuaikan iklan pada promosi Anda dengan apa yang mereka sukai, atau berdasarkan usia, pekerjaan, hobi, dan lainnya. Jika kompetitor melakukan hal yang sama, Anda bisa memantau gerak mereka melalui pergerakan yang terjadi di mesin pencari atau di media sosial. Artinya, memanfaatkan digital marketing dan strategi yang tepat dalam mensukseskan kampanye digital akan sangat membantu Anda mengembangkan bisnis sekaligus bisa menganalisis gerak kompetitor.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu, kan, seberapa penting digital marketing untuk UKM? Kalau sudah tahu, jangan buang waktu lagi. Segeralah menyusun rencana dan langsung wujudkan. Jika masih mengalami kesulitan dalam penerapan digital marketing, Redcomm siap membantu Anda.