MENU
SEARCH KNOWLEDGE

15 Istilah Penting dalam Pemasangan Iklan Google Ads

06 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 7.130  
Digital Marketing

Istilah Dalam Iklan Google Ads

Iklan Google ads adalah salah satu layanan pemasangan iklan yang paling gampang diakses, meskipun Anda belum memiliki keterampilan yang mumpuni. 

Asalkan Anda paham istilah Google Ads yang penting dan tahu fungsinya, maka Anda bisa langsung memasang iklan berbayar di platform tersebut.

Apa saja istilah penting dalam pemasangan iklan di Google Ads? Berikut daftarnya.

Daftar 15 Istilah Penting Seputar Iklan Google Ads

Terdapat beberapa istilah Google ads yang akan Anda temukan ketika beriklan menggunakan layanan dan jasa adwords Jakarta. Berikut daftarnya:

1. AdRank

AdRank adalah peringkat dari Ad atau iklan yang akan sangat berpengaruh pada ketertarikan pengunjung untuk melakukan klik pada iklan yang Anda tayangkan.

2. Campaign dan Ad Group 

Perlu diketahui, Google adwords akan menyusun iklan ke dalam Campaign dan juga Ad Group

Dalam hal ini, Anda harus membuat Campaign, budget harian, serta target geografis, hingga bahasa. 

Selanjutnya, akan dibuat beberapa Ad Group dalam Campaign yang punya kata kunci berbeda.

3. Cost per Click (CPC)

Ada juga istilah Cost per Click (CPC) dalam pembayaran iklan, di mana penagihan berdasarkan atas banyaknya jumlah klik iklan. 

4. Cost per Thousand Impressions (CPM)

Dalam layanan display advertising, terdapat model pembayaran CPM yang merupakan harga yang ingin Anda bayarkan atas tiap 1.000 kali tayangan iklan.

5. Click

Istilah click dalam pemasangan iklan Google Ads mengacu pada pengunjung atau calon pelanggan yang melihat iklan Anda dan melakukan klik. 

Dengan demikian, adwords data atas klik pengunjung tersebut akan disimpan sebagai click.

6. Click Through Rate (CTR)

Click Through Rate (CTR) adalah rasio antara click dan impression yang dihitung dengan click / impression x 100%.

7. Daily Budget

Daily budget adalah jumlah biaya yang perlu dikeluarkan setiap hari atas tiap-tiap campaign iklan. 

Layanan sistem dari adwords akan membantu Anda mengatur budget tersebut supaya dana yang dikeluarkan untuk iklan benar-benar optimal.

8. Extensions

Fitur Ad Extensions memungkinkan iklan Anda jadi lebih efektif tanpa adanya penambahan biaya. Fitur Extension memiliki 5 kategori pilihan, yakni Call, Sitelink, Location, App, serta Offer.

9. Image Ad

Image ad adalah layanan pengiklan dalam bentuk gambar, baik itu tampilan statik maupun animasi. Sistem iklan ini hanya berlaku untuk layanan display advertising.

10. Impression (Impr.) 

Jumlah impression akan menunjukkan sudah berapa kali iklan bisnis Anda tampil pada halaman mesin pencari Google.

11. Keyword

Keyword atau istilah lainnya kata kunci adalah kata yang akan memicu kemunculan iklan Anda di mesin pencari. 

Untuk menemukan keyword terbaik dan melakukan riset keyword di search engine, Anda bisa menggunakan berbagai tools SEO.

12. Landing Page

Landing page adalah adalah link dari halaman website yang akan ditayangkan dalam iklan. Anda akan dialihkan ke halaman tersebut jika klik link iklan yang digunakan.

Beberapa hal yang perlu Anda pelajari terkait landing page, antara lain:

13. Maximum Cost per Click (Maximum CPC)

Maximum CPC adalah harga maksimum yang Anda bayarkan pada setiap klik iklan. Hal ini akan mempengaruhi peringkat iklan di mata Google.

14. Optimization

Istilah optimization mengacu pada proses untuk menciptakan maupun mengedit kata kunci dan iklan. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja dari iklan adwords.

15. Placement & Quality Score

Istilah placement, yaitu website yang dipilih untuk menempatkan konten iklan dari bisnis Anda. Placement ini hanya berlaku untuk sistem display advertising dan iklan yang hanya akan muncul di website pilihan.

Sementara quality score adalah basis dari kualitas suatu keyword maupun iklan yang dinilai berdasarkan relevansi kata kunci dan iklan. 

Hal ini juga didasarkan atas kualitas website untuk landing page, hingga catatan performa iklan yang tayang sebelumnya.

Mengetahui daftar istilah dalam iklan Google ads, tentu saja akan memudahkan Anda dalam melakukan pemasangan iklan yang tepat sasaran. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah dalam menggunakan Adwords dengan baik.

Namun jika membutuh bantuan untuk proses pemasangan iklan Google ads, termasuk pengelolaan iklannya, Anda tinggal hubungi saja  Kontak Redcomm.

Tentang Redcomm

Sebagai digital agency Indonesia terbaik yang menjadi satu-satunya agensi dari Indonesia yang mendapatkan gelar Top 5 Agency Best of Culture dari seluruh agensi yang berada di Asia Tenggara.

Agency digital ini memberikan layanan terintegrasi 360° digital marketing, aktivasi & manajemen sosial media, serta analisis big data untuk klien Fortune 500, termasuk Samsung, Biore, Danone, Grab, LINE, Yamaha, YouTube, dan masih banyak lagi.

Bahkan saat ini, Redcomm Indonesia menjadi Google Partner Premier yang bisa membantu Anda menjalankan iklan di Google Ads dengan lebih efektif dan efisien.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER