Iklan Google ads merupakan salah satu layanan pengiklan yang paling gampang untuk diakses, meski tanpa keahlian khusus. Siapa saja bisa memanfaatkan layanan tersebut, bahkan bagi para pebisnis pemula. Meski begitu, ada beberapa istilah yang seharusnya Anda ketahui untuk mempermudah langkah promosi.

 

Daftar Istilah Penting Seputar Iklan Google Ads

Terdapat beberapa daftar istilah Google ads yang akan Anda temukan ketika beriklan menggunakan layanan dan jasa adwords Jakarta. Berikut daftar istilah yang harus diketahui sebelum beriklan.

 

  1. Optimization

Istilah optimization mengacu pada proses untuk menciptakan maupun mengedit kata kunci dan iklan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dari iklan adwords.

 

  1. Keyword

Keyword atau istilah lainnya kata kunci, merupakan kata yang akan memicu kemunculan iklan Anda di mesin pencari. Untuk menemukan keyword terbaik dan melakukan riset keyword di search engine, Anda bisa menggunakan berbagai tools SEO.

 

  1. Placement

Istilah placement, yaitu website yang dipilih untuk menempatkan konten iklan dari bisnis Anda. Placement ini hanya berlaku untuk sistem display advertising dan iklan yang hanya akan muncul di website pilihan.

 

 

  1. Daily Budget

Daily budget adalah jumlah biaya yang perlu dikeluarkan setiap hari atas tiap-tiap campaign iklan. Layanan sistem dari adwords akan membantu Anda dalam mengatur budget tersebut supaya bisa dipakai secara optimal.

 

  1. Landing Page

Landing page artinya adalah link dari halaman website yang akan ditayangkan dalam iklan. Anda akan dialihkan ke halaman tersebut jika klik link iklan yang digunakan.

 

  1. Image Ad

Image ad merupakan layanan pengiklan dalam bentuk gambar, baik itu tampilan statik maupun animasi. Sistem iklan ini hanya berlaku untuk layanan display advertising.

 

  1. Campaign dan Ad Group 

Perlu diketahui, Google adwords akan menyusun iklan ke dalam Campaign dan juga Ad Group. Dalam hal ini, Anda harus membuat Campaign, budget harian, serta target geografis, hingga bahasa. Selanjutnya, akan dibuat beberapa Ad Group dalam Campaign yang punya kata kunci berbeda. 

 

  1. Impression (Impr.) 

Jumlah impression akan menunjukkan sudah berapa kali iklan bisnis Anda tampil pada halaman mesin pencari Google.

 

  1. Click

Istilah click mengacu pada pengunjung atau calon pelanggan yang melihat iklan Anda dan melakukan klik. Dengan demikian, maka adwords data atas klik pengunjung tersebut akan disimpan sebagai click.

 

  1. Clickthrough Rate (CTR)

Clickthrough Rate (CTR) merupakan rasio antara click dan impression yang dihitung dengan click / impression x 100%.

 

 

  1. Cost-per-click (CPC)

Ada juga cost-per-click (CPC) dalam pembayaran iklan, di mana penagihan didasarkan atas banyaknya jumlah klik iklan. 

 

  1. Maximum cost-per-click (maximum CPC)

Maximum CPC adalah harga maksimum yang Anda bayarkan pada setiap klik iklan. Hal ini akan mempengaruhi peringkat iklan di mata Google.

 

  1. Cost-per-thousand impressions (CPM)

Dalam layanan display advertising, terdapat model pembayaran CPM yang merupakan harga yang ingin Anda bayarkan atas tiap 1.000 kali tayangan iklan.

 

  1. Quality Score

Quality score merupakan basis dari kualitas suatu keyword maupun iklan yang dinilai berdasarkan relevansi kata kunci dan iklan. Hal ini juga didasarkan atas kualitas website untuk landing page, hingga catatan performa iklan yang tayang sebelumnya.

 

  1. AdRank

AdRank merupakan peringkat dari Ad atau iklan yang akan sangat berpengaruh pada ketertarikan pengunjung untuk klik iklan.

 

  1. Extensions

Fitur Ad Extensions memungkinkan iklan Anda jadi lebih efektif tanpa adanya penambahan biaya. Fitur Extension memiliki 5 kategori pilihan, yakni Call, Sitelink, Location, App, serta Offer.

 

 

Mengetahui daftar istilah pada iklan Google ads, tentu saja akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah dalam menggunakan Adwords dengan baik.

 

Namun jika Anda butuh bantuan untuk proses pemasangan iklan Google ads, termasuk pengelolaan iklannya demi meraih perkembangan bisnis yang lebih baik, Anda tinggal hubungi saja Redcomm Indonesia

 

Sebagai digital agency Indonesia terbaik yang menjadi satu-satunya agensi dari Indonesia yang mendapatkan gelar Top 5 Agency Best of Culture dari seluruh agensi yang berada di Asia Tenggara, agency digital ini memberikan layanan terintegrasi 360 derajat untuk digital marketing, aktivasi & manajemen sosial media, penyusunan konten, pemasangan & perencanaan media digital, serta analisis big data untuk klien Fortune 500, termasuk Samsung, Biore, Danone, Grab, LINE, Yamaha, YouTube, dan masih banyak lagi.