MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

27 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 1.263  
Website & Mobile Apps

redcomm

Untuk memaksimalkan kinerja landing page dan bisa mencapai target yang Anda ingin capai, ada baiknya Anda sudah menentukan tujuan jelas, memiliki judul dan desain landing page yang menarik, informasi jelas, dan mengandung Call to Action (CTA). Untuk itu, ikuti panduan dan cara membuat landing page yang menarik di artikel ini.

7 Cara Membuat Landing Page yang Menarik

1. Punya Tujuan dengan Jelas

Sebagai langkah awal, menentukan tujuan dengan jelas dapat membantu Anda menyiapkan landing page secara lebih spesifik. 

Beberapa tujuan yang bisa Anda pilih, misalnya untuk promosi, informasi spesifikasi produk, formulir pendaftaran event atau acara tertentu, dan sebagainya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda jadi lebih mudah menentukan elemen landing page apa saja yang harus ada, informasi atau deskripsi yang mau ditampilkan, copywriting untuk pembuatan tombol CTA, dan sebagainya. 

2. Desain Landing Page Memikat dan Memudahkan

Menentukan rancangan landing page bertujuan untuk memaksimalkan pencapaian target dan tujuan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa poin penting yang akan masuk dalam landing page, termasuk tombol navigasi apa saja yang dibutuhkan.

Prinsipnya, pastikan landing page memikat, namun dengan navigasi yang memudahkan audiens untuk mendapatkan informasi maupun konten yang mereka butuhkan. 

Semuanya ini harus sudah Anda rancang sebelum mulai membuat halaman landing.

3. Buat Headline / Judul yang Menarik

Headline atau judul halaman adalah bagian yang pertama dilihat oleh calon konsumen ketika berkunjung ke website bisnis Anda. Oleh karena itu, penting sekali membuat headline yang menarik, singkat, padat, jelas, sekaligus mengundang rasa penasaran.

Tujuan pembuatan headline yang menarik tentu saja untuk memotivasi calon pelanggan berkunjung ke situs bisnis dan mencari tahu lebih banyak ada apa saja di halaman landing page

Lalu saat mereka tertarik, bisa saja mereka akan langsung menuruti saran Anda yang tercantum dalam landing page, seperti memberi data diri atau meninggalkan alamat email di kolom yang telah Anda sediakan. 

4. Ciptakan Opening yang Menarik

Selain membuat judul yang menarik, Anda juga harus berusaha untuk menciptakan opening pada halaman yang Anda buat dengan semenarik mungkin. 

Pilihlah kata-kata yang bisa memberikan rasa penasaran pada calon pelanggan, sehingga mereka ingin mencari tahu lebih jauh tentang produk, brand, atau layanan yang ditawarkan.

Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai produk yang ditawarkan, beserta kelebihan dan manfaatnya bagi konsumen. 

Selanjutnya, sertakan pula latar belakang kenapa Anda mempromosikan produk tersebut, dan benefit apa yang akan didapatkan konsumen jika melakukan pembelian produk dalam jangka waktu yang sudah Anda tentukan.

5. Buatlah Deskripsi yang Jelas

Setiap bagian di dalam landing page saling berkesinambungan dan memiliki peranan yang penting. Tidak terkecuali penggunaan deskripsi yang lengkap. 

Penulisan deskripsi sebaiknya tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Cukup dibuat secara singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan calon konsumen memahaminya. 

Dari deskripsi ini pula, calon konsumen bisa mengenal Anda dan bisnis Anda dengan lebih baik, kemudian memutuskan apakah akan melakukan konversi atau tidak.

6. Gunakan CTA Semenarik Mungkin

Call To Action (CTA) tidak kalah penting peranannya dengan bagian lain di dalam suatu landing page. 

CTA nantinya berperan mengarahkan calon konsumen untuk melakukan sebuah tindakan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya, seperti melakukan pemesanan produk yang Anda tawarkan, mengisi survei, atau melakukan konversi dalam bentuk lain. 

Beberapa kata yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi calon konsumen, yang biasanya digunakan dalam CTA, antara lain: 

  • Beli sekarang sebelum kehabisan!
  • Masukkan ke Keranjang dan dapatkan voucher potongan harga.
  • Klik di sini dan dapatkan hadiah Anda!

7. Tampilkan Testimoni / Ulasan Pelanggan

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk semakin membuat calon konsumen yakin dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan adalah menyertakan testimoni. 

Di sinilah calon konsumen bisa mengetahui feedback yang diberikan oleh konsumen sebelumnya mengenai produk yang Anda tawarkan. 

Testimoni positif bisa memberi pengaruh yang baik dan menimbulkan kepercayaan pada calon konsumen untuk ikut mencoba produk Anda dan merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan oleh pembuat testimoni. 

 

Beberapa tips di artikel ini bisa menjadi pedoman saat Anda mulai mendesain landing page yang menarik dan mampu menciptakan konversi. 

Namun dalam pembuatannya, pastikan Anda memahami Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan Landing Page bagi Bisnis UKM ya. Atau Anda juga bisa lho berdiskusi dengan tim dari digital marketing agency Jakarta untuk hasil yang lebih baik. Kontak saja mereka dengan klik link ini: Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC