Perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa membuat para pebisnis melakukan digital marketing strategist dan transaksi jual beli di berbagai platform yang tersedia. Tak terkecuali, aplikasi untuk berkirim pesan chat. Salah satunya adalah aplikasi Telegram. 

 

Bisa dikatakan, Telegram memiliki banyak kelebihan dibandingkan aplikasi obrolan daring lain yang biasa Anda gunakan. Sebab, berbagai fitur di dalamnya bisa membuat pekerjaan Anda dalam menjalankan bisnis semakin mudah. 

 

Apa Itu Telegram?

Telegram berasal dari Rusia dan diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 2013. Fokus utama dari aplikasi ini adalah kecepatan pengiriman pesan dan keamanannya dari segala aspek. Maka, tak heran jika penggunanya bisa bertambah dengan pesat dari tahun ke tahun. Berikut ini beberapa kelebihan Telegram dibandingkan aplikasi chatting lain untuk membantu bisnis Anda! 

 

Beberapa Kelebihan Telegram Dibandingkan Aplikasi Chat Lain untuk Menjalankan Bisnis

 

  1. Gratis dan Bebas dari Iklan

Seperti yang Anda ketahui, aplikasi Telegram dapat diunduh secara gratis melalui Play Store ataupun App Store, tergantung jenis sistem operasi smartphone Anda. Selain itu, Anda akan mendapatkan akses gratis selamanya, tanpa ada tayangan iklan atau biaya lain yang akan dibebankan belakangan. 

 

 

  1. Memiliki Teknologi Cloud dan Cache 

Telegram memiliki ruang penyimpanan tersendiri yang dinamakan cloud dan disertai dengan teknologi cache. Keberadaan dua fitur ini membuat Telegram lebih hemat dalam menyimpan data berupa teks, foto maupun video, yang tersimpan dalam history percakapan di smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memori ponsel pintar Anda penuh. Dengan begini, Anda bisa lebih fast response terhadap pelanggan. 

 

  1. Mudah Saat Diakses Menggunakan Perangkat Lain 

Sebagai aplikasi pengirim pesan online, Telegram dapat Anda gunakan di berbagai platform, seperti Android, iOS, Windows, sampai dengan Linux. Selain itu, teknologi cloud yang dimilikinya dapat memudahkan Anda untuk mengakses akun Telegram di media lain meski smartphone sedang tidak aktif atau mati. Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, pastinya akan sangat terbantu dengan kemudahan yang ditawarkan Telegram ini.

 

  1. Memiliki Fitur Channel  

Fitur berikutnya yang menjadi kelebihan Telegram adalah terdapat fitur channel. Fitur channel ini digunakan untuk berbagi informasi atau menyiarkan pesan kepada para pengikut. Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin melakukan digital marketing social media, fitur ini tentunya akan lebih memudahkan Anda saat membagikan informasi ataupun menyiarkan pesan seputar produk terbaru, layanan, juga promosi yang sedang berlangsung kepada para pembeli.

 

Tautan untuk channel yang Anda buat pun bisa diatur public agar mudah ditemukan, atau sebaliknya, di-setting private supaya hanya orang-orang tertentu yang bisa bergabung melalui undangan Anda dan menjadi pelanggan. 

 

  1. Sistem Keamanannya Lebih Baik 

Di zaman sekarang ini, keamanan data pengguna aplikasi merupakan hal yang penting. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk digital business. Nah, Telegram menawarkan keamanan melalui end to end encryption serta penggunaan secure chat yang bisa Anda atur saat pertama kali memulai chat. Caranya, ketuk pada menu tiga garis, pilih secret chat baru, kemudian pilih kontak yang dikehendaki. Adanya fitur ini membuat Anda tidak perlu khawatir akun Telegram Anda diretas oleh orang lain. 

 

 

  1. Dapat Menampung Lebih Banyak Anggota Grup

Sebagai pengelola grup, apalagi untuk menjalankan digital marketing campaign, Anda mungkin merasa kesulitan menambah anggota karena jumlah maksimum sudah terlampaui. Solusinya, Anda dapat beralih menggunakan Telegram, yang memiliki daya tampung hingga 5.000 orang dalam satu grup menggunakan fitur Super Group. Fasilitas ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat grup alumni sekolah atau grup pembeli untuk bisnis. 

 

  1. Dapat Mengubah Pesan yang Sudah Terkirim  

Jika aplikasi lain hanya menawarkan fitur menghapus pesan yang sudah terkirim, berbeda dengan Telegram. Aplikasi ini dapat mengedit atau menyunting pesan yang sudah Anda kirimkan ke pengguna lain. Caranya, cukup klik pada pesan yang ingin dilakukan pengubahan, pilih edit. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur menghapus pesan yang sudah dikirimkan.

 

  1. Dapat Membagikan File dengan Ukuran Asli atau Dikompres 

Ketika mengirimkan foto di aplikasi lain, maka resolusi dan kualitas foto akan mengecil secara otomatis. Sementara itu, Telegram menawarkan hal yang berbeda. Anda bisa memilih apakah ingin mengirimkan file video ataupun foto dalam versi original atau versi yang dikompres. Jadi, Anda bisa menentukan pilihan sebelum mengirimkan file ke pengguna lain. Pengguna Telegram juga bisa dengan leluasa mengirimkan berbagai jenis file, di antaranya gambar, video, PDF, ZIP, MP3, dan sebagainya. 

 

  1. Pengguna Dapat dengan Leluasa Menggunakan Stiker 

Dalam melakukan proses digital marketing business, apalagi melalui pengiriman pesan secara daring, terkadang penggunaan stiker diperlukan untuk menyenangkan hati pelanggan. Di Telegram, Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan grafis yang berkualitas tinggi. Selain itu, pengguna Telegram juga bisa membuat stiker serta membagikannya ke pengguna lain tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. 

 

 

  1. Memiliki Banyak Fitur Tema yang Bisa Dipilih  

Telegram memiliki pilihan tema, seperti default, Blue, Dark atau Day,Night, dan Blue Night. Bahkan, Telegram sudah bisa mendukung fitur dark mode. Cocok bagi Anda yang menyukai tema dengan sentuhan dark mode atau mode gelap, sehingga bekerja dan mempromosikan bisnis menggunakan aplikasi ini menjadi lebih menyenangkan dan produktif. 

 

  1. Terdapat Fitur Bot 

Fitur bot yang dimiliki oleh Telegram adalah program yang bisa digunakan siapa saja. Fungsi dari bot ini bisa memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal, di antaranya bot translate, bot main game, bot pencarian link, dokumen, dan banyak lagi yang lainnya. 

 

Itulah beberapa kelebihan aplikasi Telegram dibandingkan aplikasi lain. Dengan mengetahui kelebihan yang ada pada Telegram, Anda bisa memaksimalkan penggunaannya untuk melakukan strategi digital marketing. Selamat mencoba!