Untuk dapat menjalankan aktivitas berjualan online, Anda membutuhkan perangkat dan aplikasi pendukung yang bisa memudahkan pekerjaan Anda. Dengan kelengkapan peralatan dan perangkat pendukung tersebut, Anda bisa menerapkan social media and digital marketing dengan lebih tepat sasaran sehingga mencapai hasil maksimal. Untuk bisa terus bersaing dengan kompetitor, berikut ini 10 aplikasi terbaik yang bisa mendukung aktivitas bisnis online yang Anda jalankan. 

 

Selain Aplikasi Toko Online, Google Keep Hingga Whatsapp Bisa Jadi Pilihan 

Untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan digital marketing for small business, 10 aplikasi berikut ini bisa jadi referensi. 

 

 

  1. Google Keep 

Dalam menjalankan bisnis online, terutama berjualan produk, Anda tentunya memerlukan buku catatan khusus untuk menyimpan informasi penting seputar transaksi jual beli. Nah, Google Keep ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti catatan manual, yang mana bisa saja hilang atau tercecer. Aplikasi ini dapat terhubung dengan akun Google Anda dan bisa direvisi melalui laptop atau komputer. 

 

  1. Mobile Banking 

Dalam menjalankan bisnis online, Anda perlu mengaktifkan aplikasi mobile banking di smartphone atau perangkat lain yang Anda gunakan dalam menjalankan bisnis. Aplikasi ini akan berguna untuk melancarkan proses transaksi dengan konsumen saat terjadi proses pembelian produk. Anda tak perlu repot melakukan cek manual melalui mesin ATM. Pilih yang sesuai dengan akun perbankan milik Anda. 

 

  1. Buffer 

Untuk memasarkan produk melalui social media and digital marketing, Anda butuh aplikasi Buffer. Tugasnya, untuk menganalisis penjualan yang dilakukan dan memberikan saran pada Anda dalam menjalankan bisnis. Aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan berbagai akun media sosial bisnis Anda. 

 

  1. Hootsuite 

Jika Anda sulit memahami fitur pada Buffer, Anda bisa menggantinya dengan aplikasi sejenis seperti Hootsuite. Dengan tampilan sempurna untuk sebuah aplikasi media sosial, Anda bisa mengatur bisnis dan pemasaran online dengan lebih baik. 

 

 

  1. PhotoGrid

Anda juga wajib memiliki aplikasi desain grafis seperti PhotoGrid. Guna  aplikasi ini untuk menghasilkan foto produk yang lebih eye catching dan menarik konsumen. Berbagai fitur editing yang tersedia, seperti kolase untuk menampilkan beberapa foto dalam satu frame, dan  memberikan filter yang tepat sebuah foto. 

 

  1. Canva 

Canva juga menjadi aplikasi yang cukup penting untuk menunjang Anda dalam mempercantik foto produk, pembuatan pamflet online, serta tampilan halaman toko online Anda. Fiturnya sudah lebih lengkap, terutama soal template yang sangat variatif. Menggunakan aplikasi membuat pekerjaan Anda dalam mendesain tampilan image atau foto promosi produk jadi lebih cepat dan praktis 

 

  1. Messenger 

Dalam memasarkan produk, tentunya Anda butuh digital marketing strategist atau promosi langsung kepada konsumen secara online. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan aplikasi chatting messenger. Jadi, satu kalimat promosi bisa langsung dikirim pada banyak kontak di ponsel Anda, mudah, dan pastinya cepat mendapatkan feedback

 

  1. Line 

Selain messenger, Line juga banyak digunakan sebagai media promosi langsung ke pelanggan secara personal. Termasuk, bisa melakukan transaksi jual-beli dan memberikan informasi lebih detail tentang produk pada konsumen yang berminat. 

 

  1. Marketplace 

Ada banyak marketplace yang bisa Anda coba. Contohnya seperti, Tokopedia, Shopee,Amazon, dan banyak lagi. Di sana, Anda bisa membuka toko online sendiri dan memasarkannya dengan sistem kolaborasi yang saling menguntungkan. Pilihlah marketplace yang punya nama besar atau populer, maka kemungkinan bisnis Anda sukses pun akan terbuka lebar. 

 

 

  1. Whatsapp 

Saat ini, Whatsapp sudah punya fitur khusus untuk bisnis. Dengan membuat akun bisnis di Whatsapp, Anda bisa memasarkan produk serta dapat menggunakan fitur balas pesan otomatis ketika jam kerja Anda berakhir. Ini akan membuat promosi dan penjualan produk jadi lebih mudah, aman, dan tepat sasaran. 

 

Aplikasi Mana Saja yang Wajib Dimiliki? 

Jika menurut Anda memasang 10 aplikasi di atas terlalu banyak, sementara kapasitas penyimpanan ponsel terbatas, maka Anda bisa memilih beberapa aplikasi saja yang bisa dijadikan pendukung digital business. Pilihlah yang  paling dibutuhkan saat ini. Misalnya, Anda perlu mempromosikan produk dengan tampilan yang lebih menarik, maka unduh saja Canva. 

 

Sebagai rekomendasi dari kami, ada baiknya Anda memiliki sedikitnya empat aplikasi seperti mobile banking untuk transaksi, marketplace untuk memasarkan, Canva untuk desain promosi produk, serta Whatsapp atau Line. Jadi, proses dari persiapan produk hingga transaksi bisa berjalan dengan lebih lancar. 

 

Semoga informasi tentang 10 aplikasi yang dapat membantu bisnis online Anda di atas bermanfaat, terutama untuk menunjang aplikasi jualanyang sudah dimiliki saat ini.