Membuat website untuk keperluan pribadi, tidak sama dengan saat Anda mendesain web untuk menawarkan jasa atau bisnis.
Membuat website untuk keperluan pribadi, tidak sama dengan saat Anda mendesain web untuk menawarkan jasa atau bisnis.
Hal ini disebabkan, website bisnis membutuhkan kesesuaian dengan tujuan serta kebutuhan untuk menjangkau target pasar yang diinginkan.
Perbedaan antara website personal dengan website bisnis terletak pada bahasa marketing yang digunakan.
Anda perlu menerapkan teknik dan strategi digital marketing tertentu agar dapat mempromosikan, hingga membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.
Caranya bagaimana? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Sebagai pemilik bisnis, apalagi kalau Anda adalah seorang penyedia jasa, maka Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan layanan jasa yang Anda sediakan dibandingkan dengan yang ditawarkan kompetitor.
Riset mengenai hal ini perlu Anda lakukan agar bisa menyediakan layanan jasa yang lebih baik dari yang sudah tersedia di luar sana. Nah, semua keunggulan dari bisnis dan jasa Anda tersebut harus Anda tampilkan di website.
Berikut cara mendesain website yang bisa membuat orang tertarik dengan bisnis Anda maupun menggunakan jasa yang Anda tawarkan.
Tahukah Anda bahwa 58,99% dari total traffic internet global berasal dari perangkat seluler? Ini artinya pengunjung website Anda kemungkinan besar juga datang dari para pengguna smartphone.
Oleh karena itu, desain website yang responsif adalah kunci sukses yang memastikan website bisa menjangkau banyak pengguna internet dan media sosial di berbagai perangkat mobile.
Caranya, pastikan layout, gambar, dan teks dapat menyesuaikan dengan ukuran layar tanpa mengorbankan pengalaman pengguna.
Desain yang mobile friendly tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi juga meningkatkan page rank.
Sudah banyak literatur yang menyebutkan kalau Google lebih memprioritaskan situs yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.
Ketika Anda menjual produk, maka orang akan berfokus pada produk yang sedang Anda tawarkan.
Namun jika Anda menjual jasa, calon pelanggan akan berfokus pada team atau diri Anda sendiri sebagai penyedia jasa.
Untuk itu, Anda perlu membuat page atau halaman “About Us“ yang menjelaskan tentang siapa diri Anda dan siapa saja orang yang menjadi tim kerja.
Apa saja isi atau informasi yang bisa Anda cantumkan di halaman About Us ini? Berikut beberapa di antaranya:
Tujuan pembuatan halaman About Us untuk membantu Anda membangun trust dan membuat calon pelanggan penasaran dengan jasa yang ditawarkan.
Harapannya, setelah melihat halaman ini, calon pelanggan menjadi tertarik dan akhirnya melakukan konversi, baik hanya meninggalkan email atau data kontak, mengirimkan pesan permintaan informasi tambahan, atau bisa jadi langsung memutuskan menggunakan layanan jasa Anda.
Ketika Anda sudah berhasil membuat mereka tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan setia yang mempercayakan semua project mereka kepada Anda.
Pada saat ini, dunia kerja dipenuhi dengan tenaga kerja dari kelompok milenial dan Gen Z.
Nah, Anda pasti sudah tahu, kan, kalau dua kelompok ini memiliki rentang perhatian yang lebih pendek dibandingkan generasi sebelumnya.
Umumnya, mereka ingin menemukan informasi yang mereka butuhkan secepat mungkin.
Oleh karena itu, pastikan website Anda memiliki navigasi yang intuitif dan mudah dipahami. Buat menu yang jelas dengan kategori yang relevan dan penempatan yang logis.
Hindari penggunaan terlalu banyak sub-menu yang bisa membingungkan pengguna. Ada baiknya, Anda memaksimalkan penggunaan breadcrumb agar pengguna tahu di mana posisi mereka saat menjelajahi website Anda.
Selain itu, pastikan di website ada tombol CTA yang menarik, mudah ditemukan, juga mudah dipahami oleh audiens. Anda bisa mempelajari cara membuat dan contohnya pada beberapa artikel ini:
Anda perlu membangun kepercayaan dengan konsistensi dan benar-benar bisa menepati apa yang telah Anda janjikan.
Jika ingin mendapatkan review atau testimoni yang baik dan positif, Anda perlu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada semua pelanggan tanpa terkecuali.
Untuk itu, kerjakan setiap project dari pelanggan dengan sebaik-baiknya. Jika telah selesai dan pelanggan puas, mintalah sedikit testimoni dari mereka.
Satu testimoni yang positif bisa mendatangkan lebih banyak calon pelanggan yang akan dengan senang hati bekerja sama dengan Anda. Dan jika pelanggan berkenan, tampilkan testimoni tersebut di halaman situs web Anda.
Testimoni positif yang dipublikasikan di website bisa menjadi pancingan bagi calon pelanggan baru yang kebetulan membutuhkan jasa yang sama, sehingga mereka akan langsung tertarik menggunakan jasa Anda.
Langkah selanjutnya untuk mendapatkan calon pelanggan adalah dengan melakukan update dan maintenance situs secara berkala.
Cara ini perlu Anda terapkan dengan konsisten untuk memastikan website Anda aktif dengan berbagai informasi terbaru.
Ini sekaligus menunjukkan layanan jasa Anda adalah layanan yang serius dalam menangani kebutuhan pelanggan yang pastinya ingin tetap mengikuti perkembangan zaman.
Melakukan update website secara rutin juga bisa untuk menjaga performa website itu sendiri agar tetap memiliki kualitas dan posisi terbaik di mesin pencari.
Jadi ketika ada calon pelanggan yang mengetikkan kata kunci tertentu demi menemukan solusi atas kebutuhan mereka, pelanggan tersebut bisa langsung menemukan website Anda beserta berbagai informasi yang mereka butuhkan.
Salah satu alat yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan promosi jasa Anda adalah media sosial.
Hal ini sudah tak bisa dipungkiri lagi mengingat hampir semua orang di muka bumi ini menggunakan media sosial untuk banyak hal, termasuk untuk mencari solusi ketika mereka membutuhkan suatu jasa.
Anda bisa menggunakan platform media yang relevan dengan bisnis dan target audiens yang ingin Anda jangkau, seperti Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, maupun Twitter.
Bentuk promosinya dapat berupa postingan teks yang informatif dan menggunakan teknik copywriting dan storytelling dalam content marketing yang bagus.
Selain itu, bisa pula berbentuk posting gambar atau video marketing yang relevan dengan kebutuhan calon pembeli dan apa yang sedang banyak dicari oleh pembeli.
Mungkin ini adalah cara organik yang bisa dilakukan ketika memasarkan produk atau bisnis jasa Anda di sosial media.
Tidak hanya itu. Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar atau ads di media sosial.
Menggunakan Facebook ads dan Instagram ads dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan budget yang bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana yang Anda miliki. Cara ini biasa disebut juga dengan social media marketing.
Iklan berbayar bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan orderan dengan lebih cepat. Anda dapat menargetkan siapa pembeli Anda, mulai dari jenis kelamin, profesi, latar belakang, hingga kebiasaan mereka dalam berbelanja.
Dengan catatan, Anda harus menggunakan media sosial yang sering digunakan oleh calon pembeli sekaligus paham dengan cara menghitung biaya iklan agar tidak over budget.
Bagi Anda yang masih pemula dan belum berpengalaman menjalankan iklan berbayar, lebih baik Anda bekerja sama saja dengan digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia terpercaya. Misalnya menggunakan jasa Redcomm yang merupakan Google Partner Premier.
Redcomm sebagai Google Partner Premier punya tim ahli yang mampu menjalankan iklan berbayar dengan perhitungan yang matang, sehingga hasil yang Anda dapatkan jauh lebih besar dari anggaran iklan yang Anda keluarkan.
Langsung hubungi saja tim kami dengan klik Kontak Redcomm.
Hal sepele terkait pentingnya menggunakan gambar berkualitas terbaik biasanya banyak diabaikan oleh para pebisnis.
Akibatnya, media sosial dan website mereka jadi kekurangan traffic akibat sangat sedikit calon pelanggan atau pengguna internet melakukan kunjungan.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brain Rules, 10% konsumen hanya mengingat informasi yang Anda berikan dalam bentuk teks atau kata-kata yang panjang, namun jika informasi digabungkan dengan gambar, maka 75% konsumen akan dapat mengingatnya dengan baik.
Oleh karena itu, kualitas gambar menjadi faktor penting untuk mendapatkan orderan.
Jadi mulai dari sekarang Anda perlu memperhatikan gambar yang digunakan untuk situs maupun media sosial bisnis Anda.
Selain itu, gambar dapat meningkatkan traffic kunjungan ke situs Anda menjadi lebih banyak, apalagi kalau disertai dengan optimasi SEO yang tepat.
Jika menawarkan jasa online, pastikan formulir kontak mudah diakses di setiap halaman. Menurut data, formulir yang terlalu panjang dapat menurunkan tingkat konversi hingga 50%. Jadi, jaga agar tetap sederhana namun efektif.
Selain itu, hindari meminta terlalu banyak informasi dari pengunjung, karena hal ini bisa mengurangi keinginan mereka untuk mengisi formulir. Cukup minta informasi dasar, seperti nama, email, dan nomor telepon.
Demikian tips mendesain website untuk menawarkan jasa secara online atau website untuk mempromosikan bisnis. Jika memungkinkan, alangkah baiknya kalau Anda juga menambahkan penggunaan Chatbot untuk meningkatkan layanan pelanggan. Ini penjelasannya: Ide Chatbot Sederhana yang Bisa Bantu Operasional Bisnis.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC