Membuat website untuk keperluan pribadi, tidak sama dengan saat Anda mendesain sebuah web untuk menawarkan jasa atau bisnis. Hal ini disebabkan, website bisnis membutuhkan kesesuaian dengan tujuan serta kebutuhan untuk menjangkau target pasar yang diinginkan. Perbedaan antara website personal dengan website bisnis terletak pada bahasa marketing yang digunakan, di mana perlu adanya penerapan teknik marketing tertentu untuk dapat mempromosikan, bahkan hingga membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. 

 

Sebagai pemilik bisnis, apalagi kalau Anda adalah seorang penyedia jasa, maka Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan layanan jasa yang Anda sediakan dibandingkan dengan yang ditawarkan kompetitor. Riset mengenai hal ini perlu Anda lakukan agar bisa menyediakan layanan jasa yang lebih baik dari yang sudah tersedia di luar sana. 

 

Apa yang harus dilakukan untuk dapat menawarkan layanan jasa secara online? Jika menggunakan website, bagaimana tampilan desain website harus dibuat agar bisa memikat calon pelanggan sehingga mau menggunakan layanan jasa Anda?

 

Tips Mendesain Website untuk Menjual Jasa secara Online

Berikut beberapa tips membuat web untuk menawarkan jasa secara online yang bisa Anda coba.

 

 

  1. Membuat Halaman About Us

Ketika Anda menjual sebuah produk, maka orang akan berfokus pada produk yang sedang Anda tawarkan. Namun jika Anda menjual jasa, calon pelanggan akan berfokus pada team atau diri Anda sendiri sebagai penyedia jasa. 

 

Untuk itu, Anda perlu membuat page atau halaman “About Us“ yang menjelaskan tentang siapa diri Anda dan siapa saja orang yang menjadi tim kerja. Lalu, berikan pula informasi mengenai layanan jasa yang ditawarkan, client yang pernah menggunakan jasa Anda beserta testimoni mereka jika ada, dan alasan kenapa calon pelanggan harus menggunakan jasa Anda. 

 

Anda juga bisa melengkapi halaman tersebut dengan foto tim Anda, portofolio hasil kerja yang sudah Anda selesaikan dengan baik, beberapa image terkait project besar yang sudah pernah Anda tangani, bahkan suasana kantor Anda berikut kegiatan terkait layanan jasa yang Anda tawarkan.

 

Tujuan pembuatan halaman ini adalah untuk membantu Anda membangun trust dan membuat calon pelanggan penasaran dengan jasa yang ditawarkan. Harapannya, setelah melihat halaman ini, calon pelanggan menjadi tertarik dan akhirnya melakukan konversi, baik hanya meninggalkan email atau data kontak, mengirimkan pesan permintaan informasi tambahan, atau bisa jadi langsung memutuskan menggunakan layanan jasa Anda. Ketika Anda sudah berhasil membuat mereka tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan setia yang mempercayakan semua project mereka kepada Anda.

 

Untuk semakin meyakinkan pelanggan, Anda juga bisa menjelaskan tentang keunggulan jasa yang Anda tawarkan dibandingkan dengan kompetitor. Di sini, personal branding yang kuat akan sangat membantu Anda meyakinkan calon pelanggan sehingga membuat mereka tidak ragu memilih jasa yang Anda.

 

  1. Tampilkan Testimoni Pelanggan

Untuk membuat sebuah testimoni layanan atau service bukanlah hal yang mudah. Anda perlu membangun kepercayaan dengan konsistensi dan benar-benar bisa menepati apa yang telah Anda janjikan. Jika Anda ingin mendapatkan review atau testimoni yang baik dan positif, Anda perlu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada semua pelanggan Anda tanpa terkecuali.

 

Untuk itu, kerjakan setiap project dari pelanggan dengan sebaik-baiknya. Jika telah selesai dan pelanggan puas, mintalah sedikit testimoni dari mereka. Satu testimoni yang positif bisa mendatangkan lebih banyak calon pelanggan yang akan dengan senang hati bekerja sama dengan Anda. Dan jika pelanggan berkenan, tampilkan testimoni tersebut di halaman situs web Anda. Testimoni positif yang dipublikasikan di website bisa menjadi pancingan bagi calon pelanggan baru yang kebetulan membutuhkan jasa yang sama, bisa langsung tertarik untuk menggunakan jasa Anda pula. 

 

 

  1. Selalu Update Website Anda

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan calon pelanggan adalah dengan melakukan update dan maintenance pada situs Anda secara rutin. Cara ini perlu diterapkan dengan konsisten untuk memastikan website Anda aktif dengan berbagai informasi terbaru, sekaligus menunjukkan bahwa layanan jasa Anda adalah layanan yang serius dalam menangani kebutuhan pelanggan yang pastinya ingin tetap mengikuti perkembangan zaman.

 

Melakukan update website secara rutin juga bisa untuk menjaga performa website itu sendiri agar tetap memiliki kualitas dan posisi terbaik di mesin pencari. Tujuannya, agar ketika ada calon pelanggan yang mengetikkan kata kunci tertentu demi menemukan solusi atas kebutuhan mereka, pelanggan tersebut bisa langsung menemukan website Anda beserta berbagai informasi yang mereka butuhkan.

 

Supaya tak mengganggu performa website, Anda perlu membuat jadwal maintenance website yang tepat. Proses maintenance ini biasanya memakan waktu dan membuat website kadang tak bisa dibuka pengunjung. Akibat website yang sulit dibuka atau loading lama, bisa membuat calon pelanggan enggan berkunjung lagi ke website bisnis Anda. 

 

Cara mengatasi hal ini, tetapkan jadwal maintenance pada saat jam sepi atau jam di mana website memiliki angka kunjungan paling sedikit. Anda juga bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang memiliki layanan digital marketing websites dan internet marketing services. Mereka bisa membantu Anda mempercepat proses pembuatan sekaligus maintenance website dengan lebih cepat dan tepat.

 

  1. Promosikan di Media Sosial

Salah satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi jasa Anda adalah media sosial. Hal ini sudah tak bisa dipungkiri lagi mengingat hampir semua orang di muka bumi ini sudah menggunakan media sosial untuk banyak hal, termasuk untuk mencari solusi ketika mereka membutuhkan suatu jasa.

 

Media sosial bisa digunakan sebagai tempat Anda melakukan promosi jasa yang Anda sediakan, sekaligus bisa langsung berinteraksi dan berdiskusi dengan calon pelanggan yang kebetulan langsung tertarik ketika melihat postingan promosi di media sosial Anda. Platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, maupun Twitter, sudah banyak digunakan oleh pebisnis untuk melakukan promosi. 

 

Bentuk promosi yang digunakan bisa dalam bentuk postingan teks yang informatif dan menggunakan teknik copywriting dan storytelling yang bagus. Selain itu, bisa pula berbentuk posting gambar atau video marketing yang relevan dengan situs Anda setiap harinya. Jangan lupa untuk mencari tahu sebanyak mungkin mengenai kebutuhan calon pembeli dan apa yang sedang banyak dicari oleh pembeli. Mungkin ini adalah cara organik yang bisa dilakukan ketika memasarkan produk atau bisnis jasa Anda di sosial media.

 

Tidak hanya itu. Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan di media sosial yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan budget yang bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana yang Anda miliki. Cara ini biasa disebut juga dengan social media marketing. Iklan berbayar bisa menjadi sebuah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan orderan dengan lebih cepat. Anda dapat menargetkan siapa pembeli Anda, mulai dari jenis kelamin, profesi, latar belakang, hingga kebiasaan mereka dalam berbelanja. Dengan catatan, Anda harus menggunakan media sosial yang sering digunakan oleh calon pembeli dan relevan dengan mereka agar Anda dapat menemukan calon pembeli yang tepat.

 

 

  1. Gunakan Gambar Visual Terbaik 

Hal sepele terkait pentingnya menggunakan gambar berkualitas terbaik biasanya banyak diabaikan oleh para pebisnis. Akibatnya, media sosial dan website mereka jadi kekurangan traffic akibat sangat sedikit calon pelanggan atau pengguna internet melakukan kunjungan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brain Rules, 10% konsumen hanya mengingat informasi yang Anda berikan dalam bentuk teks atau kata-kata yang panjang, namun jika informasi digabungkan dengan gambar, maka 75% konsumen akan dapat mengingatnya dengan baik.

 

Oleh karena itu, kualitas gambar menjadi faktor penting untuk mendapatkan orderan. Jadi mulai dari sekarang Anda perlu memperhatikan gambar yang digunakan untuk situs maupun media sosial bisnis Anda. Selain itu, gambar dapat meningkatkan traffic kunjungan ke situs Anda menjadi lebih banyak, apalagi kalau disertai dengan optimasi SEO yang tepat.