Jika Anda berprofesi sebagai tim digital marketing websites di salah satu digital marketing agency Jakarta, apakah Anda tahu jika di luar sana, kurang lebih ada 200 faktor yang mempengaruhi peringkat suatu website? Faktor-faktor tersebut mempengaruhi persaingan antar situs untuk berada di halaman pertama Google. 

 

Banyaknya unsur penilaian yang digunakan oleh Google bertujuan mencegah manipulasi yang bisa saja terjadi. Akan tetapi, situs Anda tidak perlu memenuhi semua faktor supaya page rank website berada di urutan paling atas. Hal ini, karena masing-masing faktor memiliki bobot penilaian yang berbeda. Dengan kata lain, Anda hanya perlu memenuhi faktor yang paling utama dan paling penting saja. Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi page rank Google?

 

11 Faktor Utama yang Berpengaruh pada Page Rank Website di Mata Google

 

 

  1. Kualitas Konten

Apabila konten situs Anda berkualitas tinggi, maka kemungkinan mendapatkan peringkat tinggi pun lebih terbuka lebar. Konten berkualitas tinggi bisa dengan riset keyword yang benar dan penggunaan long tail keyword. Oleh sebab itu, saat akan membuat konten, pastikan konten tersebut lengkap bahasannya dan sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kemudian, selalu lakukan pembaharuan konten sesuai dengan perkembangan terkini.

 

Tak hanya itu, akurasi konten pun harus bisa dipertanggungjawabkan, serta penerapan struktur konten dibuat sebaik mungkin. Jangan lupa gunakan heading, subheading, atau H2, H3, dan H4. Dengan catatan apabila dalam artikel tersebut pembahasannya masih sama dan dijabarkan secara detail.

 

  1. Backlink

Selain konten berkualitas, backlink juga penting untuk situs Anda. Ada banyak manfaat backlink yang bisa Anda dapatkan jika penerapannya benar di dalam website. Backlink merupakan suatu link yang menuju ke situs atau websites bisnis yang menjadi target. Tautan tersebut diberikan oleh website lain. 

 

Semakin banyak tautan link yang didapatkan, maka semakin menunjukkan bahwa situs Anda kredibel dan juga terpercaya. Alasannya, tentu saja karena ada banyak website yang tidak merasa ragu untuk menjadikan situs Anda sebagai sumber referensi terpercaya. Bahkan jika Anda merupakan saingan dari website mereka.

 

Untuk mendapatkan backlink berkualitas bagi situs Anda, bekerja sama saja dengan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Ini jika perusahaan Anda di Jakarta dan hendak menerapkan local SEO. Sementara jika Anda ingin menjangkau target market yang lebih luas, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia.

 

 

  1. Search Intent yang Sesuai dengan Konten

Search intent adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan apa yang sedang dicari oleh pengguna. Ketika user mengetikkan tips ternak ayam, maka ia sedang mencari berbagai saran atau cara untuk beternak ayam. Tentunya dalam hal ini, ia tidak hendak mencari sejarah adanya ayam di Indonesia. 

 

Nah, jangan sampai konten Anda mengandung isi yang salah kaprah. Sebab crawler Google pun pasti malas untuk memberi perhatian pada konten yang tak relevan dan tidak memenuhi kebutuhan dari pengguna. Jadi, saat membuat artikel, pastikan isinya sesuai dengan search intent pengguna internet.

 

  1. Website yang Cepat

Mesin pencari Google memahami jika para pengguna internet menginginkan website yang loading-nya cepat, sehingga mereka akan menyarankan situs-situs yang cepat. Pengguna internet pun bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di tingkat paling atas atau page one, yang mana tentunya lebih hemat waktu dan tidak lama menunggu.

 

  1. Ramah Pengguna Smartphone atau Mobile Friendly

Seiring dengan mobilitas yang tinggi, saat ini pengguna smartphone atau mobile phone semakin meningkat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, di mana mereka melakukan hampir semua aktivitas digital dengan memanfaatkan gawai. Oleh sebab itu, Google juga menjadikan unsur mobile friendly sebagai salah satu faktor untuk menentukan page rank dari sebuah situs.

 

  1. Memiliki Domain Authority (DA) yang Tinggi

Domain authority memiliki range nilai dari 0-100. Semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi pula kepercayaan Google pada situs Anda. Sebab, DA berperan dalam penilaian bahwa website Anda expert dan paham pada bidang atau topik yang ditulis. Ini adalah salah satu cara Google untuk menilai reputasi serta keahlian suatu situs dalam salah satu topik yang sedang dibahas.

 

 

  1. Harus Mengoptimasi Kata Kunci

Semua orang yang menggunakan Google, pasti menggunakan kata kunci dan mereka akhirnya menemukan apa dicari berdasarkan keyword tersebut. Pastikan konten yang Anda unggah mengandung kata kunci yang sedang banyak dicari oleh para pengguna internet.

 

  1. Struktur Web yang Rapi

Struktur website yang rapi akan membantu dalam mendapatkan page rank yang tinggi dari Google. Mengapa begitu? Sebab, dengan struktur yang rapi, membuat Googlebot mudah melakukan indexing untuk konten yang diunggah, sehingga bisa muncul di pencarian.

 

  1. Website dengan Security yang Bagus

Dalam satu hari, terdapat lebih dari 500 serangan ke situs yang dibangun menggunakan WordPress. Coba bayangkan jika situs tidak memiliki sistem security yang bagus, maka situs branding companies Anda bisa saja diambil alih oleh penyusup. Anda bisa menggunakan tools security khusus untuk menjaga website beserta semua data atau filenya agar tetap aman.

 

  1. User Experience atau UX yang Memuaskan

User experience atau UX merupakan penilaian pengalaman pengunjung saat berinteraksi di situs yang Anda miliki. Beberapa hal yang perlu Anda cari tahu, seperti apakah para pengunjung mengalami kesusahan ketika sedang mencari sesuatu di situs Anda? Apakah interaksinya berjalan lancar? Jika UX Anda buruk, Google tidak akan memprioritaskan posisi web Anda di pencarian teratas. Sebab, pengunjung mengalami kesulitan saat menggunakan situs Anda.

 

 

  1. Memuat Informasi Bisnis yang Lengkap

Untuk Anda yang mengelola situs bisnis, termasuk bisnis digital agency Jakarta, Anda harus memiliki data atau informasi bisnis yang lengkap, yang mana dapat memberitahu pengunjung terkait bisnis dan lokasi usaha Anda dengan detail. Adapun hal yang harus diperhatikan, antara lain:

 

  • Memiliki nama bisnis, alamat lengkap dan juga nomor telepon yang sama di berbagai tempat, tidak berubah-ubah alias konsisten.
  • Memiliki akun di Google Bisnisku atau Google My Business, serta sudah lengkap datanya.
  • Ada ulasan konsumen yang dicantumkan di Google, maupun dalam berbagai website review yang ada.

 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi page rank situs Anda. Apakah website Anda sudah memiliki seluruh unsur di atas? Jika belum, Anda bisa memulainya sekarang juga secara mandiri atau bekerja sama dengan tim digital marketing agency Indonesia yang berpengalaman dan profesional.