Mendapatkan posisi yang bagus di pencarian Google, nyatanya memang bisa memberikan banyak keuntungan. Apalagi untuk digital marketing website. Oleh karena itu, Anda harus memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) dari situs Anda. Salah satunya, dengan cara membangun local SEO bagi situs Anda tersebut.

 

Mungkin bagi pemula, hal ini akan sangat membingungkan. Anda pasti membutuhkan referensi dan penjelasan lengkap serta tips untuk memulai SEO lokal ini, bukan? Nah, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu penjelasan terkait SEO vs SEM di Redcomm knowledge sebelumnya. Baru setelahnya, Anda membaca artikel cara membangun Local SEO di sini!

 

Alasan Kenapa Harus Optimasi Local SEO

Optimasi local SEO bisa membantu website atau lokasi bisnis Anda muncul pada halaman beranda pencarian. Misalnya, ketika calon pembeli mengetikkan sesuatu yang berhubungan dengan situs Anda, atau produk yang Anda jual, maka bisnis atau layanan Anda akan ditampilkan kepada mereka. Hal tersebut, tentu saja dapat membuat usaha Anda lebih populer, bahkan memungkinkan terjadinya konversi.

 

 

Jadi, Anda tidak boleh melewatkan momen tersebut dan harus memanfaatkannya dengan menerapkan tips local SEO sebagai berikut!

 

  1. Buatlah Website yang Mobile Friendly

Pernahkah Anda memperhatikan bounce rate pada situs Anda? Sudah tahukah Anda jika website akan jelek peringkatnya, apabila bounce rate-nya tinggi dan pengguna mobile-nya rendah? Ada banyak faktor yang mempengaruhi bounce rate. Cari tahu secara detail penyebabnya, supaya Anda bisa segera melakukan perbaikan. Karena jika sampai peringkat website Anda jelek di mesin pencari, sudah tentu website Anda sulit ditemukan oleh pelanggan Anda. 

 

Pastikan pula, situs Anda sudah didesain untuk membuat pengguna mobile, seperti smartphone, tablet, atau perangkat portabel lainnya, merasa nyaman. Ini adalah salah satu cara membangun local SEO yang paling dasar.

 

  1. Manfaatkan Google Maps

Anda bisa membangun brand awareness melalui local SEO dengan menggunakan berbagai tools gratis dari Google, seperti Google Maps. Dalam pencarian lokal, peta Google dapat membantu pengguna internet yang sedang mencari lokasi bisnis Anda dengan cepat, dan juga ingin tahu bagaimana caranya sampai ke sana.

 

Mengaktifkan fitur Google Maps bukan hanya disarankan untuk Anda yang baru memulai optimasi SEO saja. Ya, bagi yang sudah lama berbisnis, maupun yang baru saja pindah lokasi bisnis, baiknya segera klaim lokasi di Google Maps dan jangan ditunda. 

 

Selain mudah, fitur Google yang satu ini pun gratis. Semua orang bisa menambahkan bisnis mereka ke Google Maps. Namun jangan lupa, Anda juga harus memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik dari bisnis tersebut.

 

 

  1. Mengoptimalkan Daftar Google Maps yang Anda Miliki dan Buatlah Daftar Informasi Anda di Direktori

Pada umumnya, penggunaan Google Maps bukan hanya bertujuan supaya dapat menemukan bisnisnya secara langsung. Namun, bisa juga untuk menemukan kategori khusus. Misalnya, Anda mengetik “kopi viral di daerah saya”. Maka, Google pun akan menunjukkan daftar maps lokal, sehingga para pengguna bisa menemukan kopi viral yang ada di sekitar user

 

Oleh karena itu, setelah Anda memiliki akun Google My Business dan sudah mengklaim daftar bisnis atau usaha Anda, segeralah lakukan hal berikut:

 

  • Memastikan jika informasi usaha Anda selalu akurat dan update, termasuk memperbaharui secara konsisten di semua web dan media sosial yang Anda miliki.
  • Kumpulkan review dan rating yang bagus. Top 3 hasil pencarian umumnya memiliki rata-rata 47 ulasan dan 4-5 bintang.
  • Berikan respons pada review dari pelanggan di Google, walau hanya sekadar terima kasih saja.
  • Masukkan beberapa foto bisnis Anda, supaya calon pelanggan bisa membayangkan kondisi aslinya.

 

Jangan lupa, manfaatkan pula direktori bisnis agar selalu memperbaharui informasi dari bisnis yang Anda miliki. Jika data Anda selalu diperbaharui dan aktual, maka Google pun akan menampilkan bisnis Anda. Apalagi ketika bisnis baru pindah lokasinya, maka Anda harus segera mengganti listing dengan yang paling baru. Lalu jangan lupa, hapus duplikatnya supaya tidak membingungkan.

 

  1. Carilah Kata Kunci Lokasi yang Ditargetkan

Tips local SEO yang bisa dilakukan selanjutnya adalah gunakan nama lokasi, dan pertimbangkan bagaimana pengguna yang ada di sekitar Anda akan mencari bisnis ini. Misalnya, Anda berbisnis di usaha kopi viral, maka pengguna pasti akan mencari kata kunci seperti “kopi viral kekinian dekat saya” atau “kopi viral murah di kota saya”, dan seterusnya. Anda harus temukan kata kunci yang bisa mengundang mereka menemukan bisnis Anda.

 

Dengan mencantumkan kata kunci ini, akan membantu situs Anda lebih berkembang. Pertimbangkan juga memiliki halaman khusus untuk website Anda, dengan fokus lokasi tertentu. Jika ada beberapa cabang, maka jadikan beberapa halaman yang berbeda. Ini cara membangun brand awareness dengan local SEO.

 

  1. Selalu Praktekkan SEO yang Benar

Cara optimasi local SEO dengan optimasi SEO umum memang agak berbeda dalam satu atau dua hal, akan tetapi ada juga yang saling tumpang tindih. Beberapa praktik SEO umum bisa Anda gunakan untuk SEO lokal Anda. Yang jelas Anda harus melakukan praktik SEO baik itu on page, maupun off page

 

Anda juga membutuhkan tools khusus untuk memantau peningkatan SEO atau bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia. Mereka memiliki tim profesional terkait SEO, SEM, digital marketing strategist, creative advertising, bahkan social media marketing strategy.

 

 

Itulah beberapa cara membangun brand  awareness dengan local SEO yang bisa Anda lakukan, jika ingin visibilitas Anda dalam Google mampu memberikan lebih banyak pengunjung.

 

Anda mungkin tidak akan bisa melakukan semuanya sekaligus dalam satu waktu, Anda harus tetap mempelajari satu demi satu supaya kelak bisa menangani semua tips membangun local SEO. Yang terpenting, jangan sampai malas untuk mempelajari hal tersebut. Luangkan waktu untuk mempelajari setiap tips yang telah disebutkan, dan ukur sejauh mana peningkatan SEO bisnis yang Anda miliki.