knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Membangun Lo...

Cara Membangun Local SEO Bagi Pemula

15 Oct  · 
4 min read
 · 
eye 4.843  
SEO

Cara Membangun Local Seo Bagi Yang Baru Pertama Melakukannya

Mendapatkan posisi yang bagus di pencarian Google sudah banyak terbukti bisa memberi keuntungan bagi bisnis. Apalagi kalau bisnis Anda juga muncul pada Google Maps, Google Bisnisku, hingga pencarian lokal. 

Jadi saat ada audiens yang mengetikkan kata kunci, “kafe terdekat”, misalnya, maka kafe Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian (SERP).

Nah, supaya visibilitas meningkat pada pencarian Google, Anda perlu memaksimalkan penerapan strategi Search Engine Optimization (SEO), termasuk menerapkan cara membangun local SEO bagi situs bisnis Anda. 

Simak penjelasan lengkapnya di artikel kali ini ya.

Manfaat Optimasi Local SEO Bagi Bisnis

Optimasi local SEO adalah proses mengoptimalkan penerapan strategi SEO pada pencarian lokal di mesin pencari dan di Google Maps

Jenis optimasi yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki bisnis dengan toko fisik atau bisnis dengan area pemasaran pada wilayah tertentu. 

Jadi siapa pun nantinya yang melakukan pencarian bisnis di Google dan merujuk ke bisnis Anda, maka membuka peluang bisnis Anda muncul pada hasil pencarian.

Kalau visibilitas bisnis tinggi dan toko Anda mudah ditemukan oleh calon konsumen, baik secara online maupun offline, tentunya akan memperbesar peluang terjadinya penjualan dan peningkatan keuntungan bisnis.

Jika dirangkum, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau mengoptimasi pencarian lokal, seperti:

1. Efektif Menjangkau Konsumen Lokal

Maksudnya, Anda jadi lebih mudah menjangkau calon konsumen yang berada di sekitar lokasi usaha kalau menerapkan strategi local SEO. 

Biasanya, orang-orang ketika melakukan pencarian suatu bisnis yang merujuk ke lokasi atau alamat bisnis berada, sudah pasti memiliki niat melakukan pembelian. 

Nah, kalau bisnis Anda mudah mereka temukan, tentunya penjualan bisnis akan mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya orang yang datang ke lokasi bisnis Anda.

2. Kepercayaan Meningkatkan Dengan Adanya GMB

Google My Business atau GMB adalah elemen penting yang mendukung kesuksesan strategi local SEO.  Mengapa? 

Sebab agar bisnis bisa muncul di Google My Business, Anda perlu melakukan verifikasi berbagai data dulu, mulai dari alamat, nomor telepon, jam operasional, dan sebagainya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada proses yang harus Anda lalui untuk memunculkan data bisnis di Google My Business dan di Google Maps

Otomatis kredibilitas dan kepercayaan bisa mengalami peningkatan kalau bisnis Anda bisa terdaftar di GMB.

3. Mengurangi Biaya Iklan

Jika mengambil keputusan untuk menerapkan strategi SEO, termasuk membangun local SEO, artinya Anda bisa berupaya mengurangi biaya iklan berbayar atau mengurangi pemasangan iklan di Google Ads.

Memang dalam prosesnya, strategi optimasi SEO membutuhkan waktu untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Tetapi dengan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan posisi di halaman hasil pencarian. 

Lalu jika hal tersebut yang terjadi, maka sudah bisa dipastikan Anda tak perlu lagi beriklan hanya untuk berada di halaman satu.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membangun local SEO agar situs web bisnis berada di page one dan bisa muncul di Google Maps untuk pencarian lokal? 

Jawabannya ada di penjelasan di bawah ini. Yuk, lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

7 Cara Membangun Local SEO Bagi Pebisnis Pemula

Local SEO bukan hanya tentang bisa tidaknya situs web bisnis Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Tetapi ini tentang cara meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnis Anda.

Apalagi kalau melihat data yang pernah Google rilis bahwa hampir setengah pencarian yang dilakukan di Google, yaitu sekitar 46%, memiliki niat pencarian lokal di mana pengguna internet mencari bisnis atau layanan yang berada dekat dengan lokasi mereka.

Nah, supaya bisnis Anda juga mudah ditemukan dalam pencarian lokal, terapkan tahapan penerapan strategi local SEO berikut ini:

1. Buatlah Website yang Mobile Friendly

Pernahkah Anda memperhatikan bounce rate pada situs Anda? Sudah tahukah Anda jika website akan jelek peringkatnya apabila bounce rate-nya tinggi dan pengguna mobile-nya rendah?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi bounce rate. Cari tahu secara detail penyebabnya, supaya Anda bisa segera melakukan perbaikan. 

Karena jika sampai peringkat website jelek di mesin pencari, sudah tentu calon pelanggan akan kesulitan menemukan bisnis Anda secara online

Selain itu, Anda juga harus memastikan situs web bisnis responsif untuk pengguna mobile, seperti smartphone, tablet, atau perangkat mobile lainnya. Ini jadi salah satu cara membangun local SEO yang paling dasar.

2. Manfaatkan Google Maps

Anda bisa membangun brand awareness bisnis menggunakan berbagai tools gratis dari Google, seperti Google Maps.

Peta Google menjadi salah satu tools penting dalam pencarian lokal, mengingat hampir semua pengguna internet menggunakan peta ini ketika perlu mencari lokasi atau rute jalan 

Anda tinggal mengaktifkan fitur Google Maps untuk menentukan titik lokasi bisnis Anda. Kemudian tambahkan informasi bisnis dan lakukan verifikasi kepemilikan bisnis juga ya.

3. Optimalkan Profil Bisnis di Google My Business (GMB)

Agar bisnis bisa muncul di Google Maps (seperti pada penjelasan poin 2), Anda perlu terlebih dahulu membuat akun Google My Business. Kemudian mengoptimalkan profil bisnis di GMB.

Berikut beberapa tips mengoptimalkan profil GMB bisnis Anda:

  • Isi dan lengkapi informasi mengenai bisnis, mulai dari nama bisnis, alamat, nomor telepon, hingga jam operasional bisnis.
  • Unggah foto-foto terbaru dari tempat usaha, produk, atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Agar hasilnya makin maksimal, usahakan mendapatkan ulasan positif dari pelanggan demi meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan baru.

Menurut Moz, Google My Business menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi peringkat Local SEO.

4. Buatlah Daftar Informasi di Direktori

Pada umumnya, penggunaan Google Maps bukan bertujuan agar suatu lokasi atau tempat mudah ditemukan. Namun, peta tersebut sering pula digunakan untuk menemukan kategori khusus. 

Misalnya, Anda mengetik “kopi viral di daerah saya”. Maka, Google pun akan menunjukkan daftar maps lokal, sehingga para pengguna bisa menemukan kopi viral yang ada di sekitar penggunanya. 

Oleh karena itu, setelah Anda memiliki akun Google My Business dan sudah mengklaim daftar bisnis atau usaha, segera lakukan hal berikut:

  • Memastikan informasi usaha Anda selalu akurat dan update. Termasuk memperbaharui secara konsisten di semua web dan media sosial yang Anda miliki.
  • Kumpulkan review dan rating yang bagus. Top 3 hasil pencarian umumnya memiliki rata-rata 47 ulasan dan 4-5 bintang.
  • Berikan respons pada review dari pelanggan di Google, walau hanya sekadar terima kasih saja.
  • Masukkan beberapa foto bisnis Anda, supaya calon pelanggan bisa membayangkan kondisi aslinya.

Jangan lupa, manfaatkan pula direktori bisnis agar selalu memperbaharui informasi dari bisnis yang Anda miliki. 

Jika data Anda selalu diperbaharui dan aktual, maka Google pun akan menampilkan bisnis Anda. 

Apalagi ketika bisnis baru pindah lokasi, Anda harus segera mengganti listing dengan yang paling baru. Lalu jangan lupa, hapus duplikatnya supaya tidak membingungkan konsumen.

5. Optimalkan Data NAP

Pastikan data NAP, yaitu name, address, dan phone number bisnis Anda konsisten di seluruh platform online

Inkonsistensi informasi bisa membuat Google bingung dan berdampak negatif pada peringkat Local SEO. 

Sebaliknya, konsistensi NAP di website, Google My Business, serta media sosial akan membantu Google memahami lokasi dan kredibilitas bisnis Anda.

6. Gunakan Schema Markup untuk Bisnis Lokal

Schema markup adalah kode yang dapat Anda tambahkan ke website untuk membantu mesin pencari memahami konten dengan lebih baik. 

Dengan menggunakan schema markup untuk bisnis lokal, Anda dapat memberikan informasi tambahan, seperti alamat, nomor telepon, ulasan, dan lainnya, yang membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian lokal.

7. Terapkan Strategi SEO dengan Benar

Cara optimasi local SEO dengan optimasi SEO secara umum memang sedikit berbeda dalam penerapannya, namun prinsipnya sama.

Salah satunya, Anda perlu menentukan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Kata kunci tersebut harus ada dalam informasi yang tercantum dalam GMB.

Misalnya, Anda berbisnis dengan produk kopi viral, maka pengguna pasti akan mencari kata kunci seperti “kopi viral kekinian dekat saya” atau “kopi viral murah di kota saya”, dan seterusnya. 

Nah, Anda perlu menemukan kata kunci yang bisa mengundang calon konsumen menemukan bisnis Anda, baik di pencarian pada halaman mesin pencari, maupun pencarian lokal. 

Dengan mencantumkan kata kunci, akan membantu situs Anda lebih berkembang. Selain itu, pertimbangkan untuk memiliki halaman khusus di website dengan fokus lokasi tertentu. 

Jika ada beberapa cabang, maka jadikan beberapa halaman yang berbeda. Ini cara membangun brand awareness dengan local SEO.

 

Jika dalam penerapannya Anda membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk segera menghubungi digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia. Langsung klik Kontak Redcomm.

Itulah beberapa cara membangun local SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis di Google, mulai dari di halaman hasil pencarian, hingga di Google Maps. Selanjutnya, pahami dan terapkan juga Local Business Optimization untuk Pengembangan Bisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC