MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Langkah Mudah Daftar di Google My Business

26 Aug  · 
1 min read
 · 
eye 3.137  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Daftar di Google My Business tidak dikenakan biaya (gratis). Anda tinggal membuat akun, mendaftarkan bisnis Anda, kemudian melengkapi profil bisnis. Setelahnya, Anda bisa langsung mempromosikan bisnis di Google Bisnisku tersebut. Nah, untuk mendaftarnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

5 Langkah Mudah Daftar di Google My Business

1. Buat Akun dan Mendaftarkan Bisnis

Langkah pertama agar bisa memanfaatkan Google Bisnisku untuk promosi bisnis, Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. 

Caranya, buka situs Google My Business atau Google Bisnisku dan isi form sesuai panduan. Anda bisa mendaftar menggunakan akun Google yang digunakan oleh bisnis Anda, supaya nanti mudah dalam proses verifikasinya. 

2. Masukkan Nama Bisnis

Masukkan nama bisnis Anda. Pastikan penulisannya sudah sesuai dengan yang seharusnya. Tujuannya, untuk memudahkan proses pengajuan dan nantinya juga memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda di mesin pencari atau di Google Maps.

3. Lokasi Bisnis dan No Kontak Aktif

Cara daftar di Google My Business berikutnya, Anda perlu memasukkan informasi mengenai lokasi usaha. Pastikan alamatnya sesuai dengan yang sebenarnya, mengingat lokasi tersebut juga akan tampil di Google Maps. 

Jangan lupa, cantumkan juga nomor kontak yang aktif supaya nanti konsumen bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah.

4. Kelola Bisnis dengan Melengkapi Informasi Bisnis

Tugas Anda belum selesai. Pada tahap ini, Anda perlu memasukkan semua informasi yang berkaitan dengan bisnis, seperti semua produk maupun layanan bisnis, deskripsi masing-masing produk.

Anda juga bisa menambahkan foto produk, foto tampilan tempat usaha, dan jam operasional (jam buka dan jam tutup). Hal ini akan memudahkan pelanggan ketika mereka ingin mengunjungi lokasi usaha atau tempat bisnis Anda.

5. Verifikasi Akun

Untuk memvalidasi keakuratan akun Anda, Google sudah tentu akan meminta verifikasi. Ada beberapa cara verifikasi yang bisa Anda pilih, yaitu verifikasi melalui nomor telepon, email, atau pengiriman dokumen langsung ke kantor Google. 

Proses verifikasi ini sangat penting. Jika tidak melakukannya dengan benar, maka profil usaha Anda tidak bisa ditampilkan.

Tips Mempercepat Proses Verifikasi

Untuk mempercepat proses verifikasi akun Google My Business, Anda bisa melengkapi data bisnis Anda dengan membuat email bisnis yang aktif atau menggunakan Google Ads.

Adakalanya, Google akan meminta Anda mengirimkan sejumlah dokumen untuk memastikan bisnis tersebut memang milik Anda. Lengkapi saja dengan segera dan setelahnya tinggal tunggu proses verifikasi selesai.

Berapa Lama Peninjauan Google Bisnisku?

Lama peninjauan Google Bisnisku dipengaruhi pilihan verifikasi yang Anda ambil. Jika menggunakan email atau nomor ponsel, nanti Anda akan mendapatkan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada akun Google My Business.

Sementara jika proses verifikasi harus menyertakan sejumlah dokumen yang dikirimkan melalui pos atau kurir kepada Google, maka waktu peninjauan kurang lebih 14 hari sejak Anda melakukan pendaftaran akun.


Setelah verifikasi dan peninjauan berhasil, Anda bisa langsung menggunakan Google Bisnisku untuk melakukan promosi, bahkan memasang iklan berbayar di Google Ads untuk jangkauan yang lebih luas. 

Masih belum yakin mendaftarkan bisnis di Google My Business atau memasang iklan di Google Ads? Coba berdiskusi dulu saja dengan tim digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman membantu lebih dari 500+ brand. Lalu kalau ingin tahu lebih banyak mengenai Google Ads, Anda bisa membaca artikel ini dulu: Cara Kerja Google Ads dan Jasa Adwords Jakarta.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC