knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Planning

05 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 8.220  
Digital Marketing

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Media Planning

Dalam membuat media planning yang bisa berdampak besar bagi kesuksesan kampanye pemasaran yang Anda selenggarakan, ada beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu target pasar, penentuan platform, budget, pengukuran keberhasilan, & tim penjualan. Berikut penjelasan lengkapnya.

5 Faktor Penting yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membuat Media Planning 

Sebelum menyusun media planning, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya berhubungan dengan besarnya anggaran yang tersedia. 

Kalau Anda adalah pelaku pemasaran maupun media planners, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui: 

1. Target Pasar 

Anda sebagai media planner perlu mengenali target pasar untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam masyarakat. 

Gunakan saja rumus segmenting, targeting, dan positioning (STP) dalam menentukan target pasar agar benar-benar bisa memahami kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. 

Dengan mengenali perilaku konsumen dan melakukan segmentasi yang lebih personal, Anda bisa lebih siap dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat.

Di saat yang sama, Anda juga jadi lebih mudah dalam menentukan strategi promosi produk paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan target audiens.

Contoh, produk Anda adalah produk yang berhubungan dengan perawatan bayi. Maka sasaran promosi Anda seharusnya sudah jelas, yaitu menjangkau hati para ibu dengan pesan khusus yang mendalam.

Lalu, media promosi yang bisa Anda gunakan pun harus yang banyak digunakan audiens target, misalnya dengan memasang iklan di Instagram.

2. Penentuan Platform 

Seiring berkembangnya teknologi, pemasaran konvensional hampir tidak dilirik lagi mengingat kebanyakan orang lebih senang menghabiskan waktu mereka berselancar di internet. 

Sayangnya, masih cukup banyak pelaku usaha bertahan dengan metode pemasaran konvensional karena dianggap sudah membuahkan hasil. 

Oleh karena itu, media planner harusnya dapat mengetahui penggunaan platform paling efektif.  

Seperti contoh produk perawatan bayi pada pembahasan poin satu. Jika target pasar adalah ibu-ibu muda, maka platform yang sesuai untuk dijadikan media promosi bisa jadi Instagram.

Atau kalau produk Anda merupakan perlengkapan menggambar, mungkin lebih tepat sasaran kalau Anda melakukan promosi dalam bentuk video di YouTube disertai dengan tutorial menggambar.  

3. Penentuan Budget 

Masalah terbesar dari pelaku pemasaran adalah banyaknya biaya yang dianggarkan untuk promosi dan pemasangan iklan. 

Sering yang terjadi, proses penyusunan media planning sedikit terhambat dan jalan di tempat akibat terhalang kurang fleksibelnya penggunaan anggaran promosi atau malah tidak tersedianya anggaran promosi dalam jumlah yang cukup. 

Di sisi lain, cukup banyak pebisnis yang lebih berfokus membuat media planning sesuai budget, namun melupakan bagaimana metode paling efektif dalam memasarkan produk dengan hasil terbaik. 

Solusinya, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing service untuk mengatasi kebingungan dalam menyusun media planning dan penentuan anggaran promosi. 

Digital marketing service ini biasanya merupakan layanan yang disediakan digital  marketing agency Jakarta atau digital agency di Indonesia

Tim profesional dan berpengalaman yang ada di agensi digital tersebut siap membantu para pemilik usaha memilih dan merencanakan strategi promosi yang paling sesuai dengan brand atau produk.

4. Pengukuran Keberhasilan 

Banyaknya platform yang dapat digunakan membuat para media planner seringkali kebingungan dalam menentukan media paling efektif untuk menayangkan konten promosi atau memasang iklan. 

Itulah mengapa, Anda membutuhkan pengukuran keberhasilan dalam channel atau media promosi yang Anda gunakan. 

Tujuannya tentu saja untuk mengambil keputusan berdasarkan data terkini dan nantinya bisa mengimplementasikan strategi promosi yang lebih baik di masa mendatang.

Beberapa pengukuran keberhasilan bisa Anda manfaatkan dari berbagai fitur yang telah tersedia di platform yang digunakan, seperti:

5. Tim Penjualan

Media planning yang sudah Anda susun dengan apik dan strategis tentu menjadi sia-sia apabila tidak dieksekusi oleh tim penjualan. 

Beberapa perusahaan biasanya akan merekrut orang-orang yang memang memiliki keahlian dalam bidang marketing untuk melakukan penjualan secara lebih masif setelah promosi dilakukan. 

 

Nah, Anda sudah tahu hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat media planning. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda mencapai target bulan ini ya. Kalau saat ini Anda sedang fokus memasarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis di media sosial, baca dan terapkan Rahasia Pemasaran di Media Sosial yang Sukses.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER