Media planner dan media buying akan saling bekerja sama demi menentukan strategi pengiklanan paling efektif. Itu semua tentunya harus disesuaikan dengan besarnya anggaran pemasaran dari perusahaan. Oleh karena itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media planning harus dipahami terlebih dulu. 

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Planning 

Sebelum menyusun sebuah media planning, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya berhubungan dengan besarnya anggaran yang tersedia. Kalau Anda adalah pelaku pemasaran maupun media planners, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui: 

 

 

  1. Target Pasar 

Mengenali target pasar perlu dilakukan oleh media planner untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam masyarakat. Anda bisa menggunakan rumus segmenting, targeting, dan positioning (STP) dalam menentukan target pasar agar benar-benar bisa memahami kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Secara lebih detail bisa dijelaskan bahwa untuk menghadapi persaingan yang ketat, Anda harus menentukan segmentasi yang lebih personal demi mengenali perilaku dan kebiasaan konsumen yang beragam.

 

Dengan mengenali perilaku target pasar, Anda bisa menentukan strategi paling sesuai dalam mengenalkan atau mempromosikan produk Anda. Contoh, jika produk Anda adalah produk yang berhubungan dengan perawatan bayi, jelas sasaran promosi Anda harus dapat menjangkau hati para ibu dengan pesan khusus yang mendalam, dan media promosi yang digunakan pun harus sesuai, misalnya dengan memasang iklan di Instagram

 

  1. Penentuan Platform 

Seiring berkembangnya teknologi, pemasaran konvensional hampir tidak dilirik lagi mengingat kebanyakan orang lebih senang menghabiskan waktu mereka berselancar di internet. Namun, beberapa pelaku usaha masih bertahan dengan metode tersebut karena dianggap sudah membuahkan hasil. Oleh karena itu, media planner harusnya dapat mengetahui penggunaan platform paling efektif. 

 

Seperti contoh produk perawatan bayi pada pembahasan poin satu, jika target pasar adalah ibu-ibu muda, maka platform yang sesuai untuk dijadikan media promosi bisa jadi adalah Instagram. Atau kalau produk Anda merupakan perlengkapan art atau menggambar, mungkin lebih tepat sasaran kalau Anda melakukan promosi dalam bentuk video di YouTube disertai dengan tutorial menggambar.  

 

 

  1. Penentuan Budget 

Masalah terbesar dari pelaku pemasaran adalah banyaknya biaya yang dianggarkan untuk promosi dan pemasangan iklan. Sering yang terjadi, proses penyusunan media planning sedikit terhambat dan jalan di tempat akibat terhalang kurang fleksibelnya penggunaan anggaran promosi atau malah tidak tersedianya anggaran promosi dalam jumlah yang cukup. Seringnya mereka lebih fokus untuk membuat media planning sesuai budget, namun melupakan bagaimana metode paling efektif dalam memasarkan produk dengan hasil terbaik. 

 

Digital marketing service kini bisa dijadikan solusi bagi yang sering kebingungan menyusun media planning dan penentuan anggaran promosi. Digital marketing service ini biasanya merupakan layanan yang disediakan digital agency di Indonesia untuk membantu para pemilik usaha memilih dan merencanakan strategi promosi yang paling sesuai dengan brand atau produk.  

 

  1. Pengukuran Keberhasilan 

Banyaknya platform yang dapat digunakan membuat para media planner seringkali kebingungan dalam menentukan media paling efektif untuk pengiklanan. Itulah mengapa, dibutuhkan pengukuran keberhasilan dalam sebuah saluran promosi sehingga bisa jadi pertimbangan dalam melaksanakan strategi promosi berikutnya. 

 

Beberapa pengukuran keberhasilan bisa dimanfaatkan dari berbagai fitur yang telah tersedia di platform yang digunakan. Jika Anda menggunakan website sebagai media promosi, maka Anda bisa melihat data pada Google analytic, sementara di Instagram juga telah tersedia fitur insight yang mampu menyajikan data apakah promosi yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Masih banyak tools lain yang biasa digunakan oleh digital agency untuk membuat laporan secara detail atas digital campaign yang telah dilaksanakan.  

 

 

  1. Tim Penjualan

Media planning yang sudah disusun dengan apik dan strategis tentu menjadi sia-sia apabila tidak dieksekusi oleh tim penjualan. Beberapa perusahaan biasanya akan merekrut orang-orang berkemampuan dalam bidang marketing secara khusus untuk melakukan penjualan secara lebih masif setelah promosi dilakukan. 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media planning ini bisa menjadi kunci keberhasilan kampanye dan promosi yang Anda lakukan. Namun, jangan lupa memberi bumbu-bumbu inovasi di dalamnya agar promosi yang Anda lebih kekinian bahkan lebih menarik perhatian sehingga lebih banyak orang mengenal merek dan produk Anda.