2. Penentuan Platform
Seiring berkembangnya teknologi, pemasaran konvensional hampir tidak dilirik lagi mengingat kebanyakan orang lebih senang menghabiskan waktu mereka berselancar di internet.
Sayangnya, masih cukup banyak pelaku usaha bertahan dengan metode pemasaran konvensional karena dianggap sudah membuahkan hasil.
Oleh karena itu, media planner harusnya dapat mengetahui penggunaan platform paling efektif.
Seperti contoh produk perawatan bayi pada pembahasan poin satu. Jika target pasar adalah ibu-ibu muda, maka platform yang sesuai untuk dijadikan media promosi bisa jadi Instagram.
Atau kalau produk Anda merupakan perlengkapan menggambar, mungkin lebih tepat sasaran kalau Anda melakukan promosi dalam bentuk video di YouTube disertai dengan tutorial menggambar.
3. Penentuan Budget
Masalah terbesar dari pelaku pemasaran adalah banyaknya biaya yang dianggarkan untuk promosi dan pemasangan iklan.
Sering yang terjadi, proses penyusunan media planning sedikit terhambat dan jalan di tempat akibat terhalang kurang fleksibelnya penggunaan anggaran promosi atau malah tidak tersedianya anggaran promosi dalam jumlah yang cukup.
Di sisi lain, cukup banyak pebisnis yang lebih berfokus membuat media planning sesuai budget, namun melupakan bagaimana metode paling efektif dalam memasarkan produk dengan hasil terbaik.
Solusinya, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing service untuk mengatasi kebingungan dalam menyusun media planning dan penentuan anggaran promosi.
Digital marketing service ini biasanya merupakan layanan yang disediakan digital marketing agency Jakarta atau digital agency di Indonesia.
Tim profesional dan berpengalaman yang ada di agensi digital tersebut siap membantu para pemilik usaha memilih dan merencanakan strategi promosi yang paling sesuai dengan brand atau produk.