knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Evaluasi Set...

Cara Evaluasi Setelah Pasang Iklan di Instagram

20 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 8.476  
Social Media

Cara Evaluasi Setelah Pasang Iklan Di Instagram

Media sosial saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah orang yang bergabung di berbagai platform media sosial, salah satunya adalah Instagram.

Data statistik terbaru menunjukkan jumlah pengguna aktif yang saat ini menggunakan Instagram sudah lebih dari 700 juta pengguna. 

Pakar industri pun mengatakan jika tren kenaikan ini kemungkinan akan terus berlanjut hingga di masa mendatang, mengingat media sosial bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membangun personal branding, memperluas networking, aktualisasi diri, bahkan untuk promosi usaha.

Sebagai pemilik usaha, Anda perlu memikirkan cara praktis dalam memanfaatkan berbagai jejaring media sosial, khususnya Instagram. 

Platform media sosial yang satu ini dapat membantu memasarkan produk dan memperluas jaringan pelanggan Anda. Caranya bagaimana? Simak penjelasan lengkapnya, yuk.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Iklan Instagram?

Sejak diakuisisi Facebook tahun 2013 lalu, Instagram mulai menawarkan fitur iklan bisnis.  Mereka membuka iklan Instagram untuk semua bisnis di tahun 2015 dan bertumbuh pesat hingga tahun 2017 mencapai satu juta pengiklan.

Iklan Instagram bisa Anda kelola melalui halaman Facebook ads manager, sehingga Anda sebagai pengiklan dapat mengakses sejumlah opsi penargetan, serta memungkinkan membuat iklan untuk kedua platform dalam waktu yang bersamaan.

Pada awalnya, promosi melalui media sosial terlihat lebih efektif, namun tanpa adanya strategi pemasaran di media sosial yang baik tentu promosi tidak akan berjalan sesuai harapan. 

Untuk strategi promosi melalui Instagram, Anda bisa mengkombinasikan cara organik dan juga Instagram marketing. Namun setelah beriklan di Instagram, pastikan Anda melakukan evaluasi ya. 

Nah, berikut cara evaluasi setelah pasang iklan di Instagram agar hasil social media campaign yang Anda targetkan bisa tercapai 

Cara Evaluasi Setelah Pasang Iklan di Instagram

Untuk membuat iklan Instagram, Anda dapat melakukannya di halaman Facebook ads manager. Di dalam satu halaman tersebut, Anda dapat sekaligus mengelola iklan di dua platform, di Facebook dan di Instagram. 

Artinya, ketika Anda menayangkan iklan di Facebook, Anda bisa sekalian menayangkan iklan yang sama di Instagram. 

Untuk pasang iklan di Instagram, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Facebook ads Anda, lalu masuk ke fanpage.
  • Cari tab Ad Center di bagian atas halaman. 
  • Masuklah di tab itu dan mulailah membuat social media strategy untuk iklan dengan target market yang Anda tentukan sendiri. 

Setelah Anda membuat kampanye baru, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pemasangan iklan. Apakah untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan audiens yang melihat iklan Anda, meningkatkan traffic website bisnis, interaksi, dan sebagainya.

Dengan kata lain, sebelum mulai melakukan pemasangan iklan, Anda perlu tahu terlebih dahulu tujuan Anda memasang iklan tersebut. 

Jangan lupa memberi nama campaign yang Anda selenggarakan agar bisa memantau hasil dari pemasangan iklan yang sudah Anda lakukan. 

Analisis setiap iklan yang telah selesai dilakukan dan lakukan evaluasi terkait beberapa hal berikut:

  • Apakah iklan yang Anda buat berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan?
  • Apakah anggaran biaya iklan yang Anda keluarkan mampu menghasilkan konversi dan transaksi jauh lebih besar dari biaya yang Anda keluarkan?
  • Apakah target market berhasil dijangkau dengan pemasangan iklan tersebut?
  • Adakah interaksi yang terjadi pada iklan? 
  • Bagaimana tanggapan audiens terhadap iklan tersebut?


Dengan melakukan evaluasi atas pemasangan iklan yang Anda lakukan, Anda bisa memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki atau melakukan peningkatan untuk hal-hal yang berhasil Anda capai. 

Di kampanye iklan berikutnya, lakukan terus analisis dan evaluasi ini sampai Anda menemukan pola pemasangan iklan yang paling sesuai dan paling tepat agar dapat membangun brand awareness dan membuat produk bisnis Anda semakin dikenal luas.

Jika masih membutuhkan pengetahuan tambahan mengenai Instagram marketing, coba pahami Parameter Algoritma Instagram yang Penting Anda Tahu supaya pemasangan iklan lebih tepat sasaran. Lalu lengkapi juga dengan Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran.


Memasang iklan di Instagram membutuhkan strategi yang tepat agar hasil yang Anda dapatkan sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan. Jika masih baru pertama kali melakukannya, coba berkonsultasi dulu dengan Kontak Redcomm. Tim profesional Redcomm siap membantu bisnis Anda berkembang pesat di pemasaran online.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER