Usaha Anda sudah memiliki website dengan tampilan yang interaktif dan inovatif. Konten-konten pun sudah dipersiapkan dengan baik agar bisa menjadi sumber referensi bagi pembaca yang mungkin membutuhkan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Di website juga sudah dijelaskan sedetail mungkin mengenai usaha dan produk-produk Anda.

 

Sayangnya, traffic website Anda masih jauh dari harapan. Persaingan yang ketat di dunia bisnis online saat ini membuat website Anda sulit ditemukan di mesin pencari. Nah, inilah saatnya Anda mengetahui dan mempelajari rahasia meningkatkan traffic website agar lebih banyak pengunjung yang datang.

 

 

Rahasia Meningkatkan Traffic Website Agar Lebih Banyak Pengunjung

  1. Gali Topik Secara Mendalam

Satu topik bisa memiliki pembahasan yang panjang. Jangan malas untuk mengupas satu topik secara mendalam. Rata-rata tulisan yang bertengger di ranking satu di mesin pencari, biasanya muncul juga di halaman utama 1000 keyword lainnya. Hal ini terjadi karena ada banyak variasi keyword dari topik yang sama, dan semuanya mencari hasil yang sama.

 

Karena itu, untuk meningkatkan kesempatan website Anda muncul di halaman pertama, Anda harus membuat konten yang menyeluruh dan detail, informatif, dan menggali topik tersebut secara lebih mendalam dan lebih lengkap.

 

  1. Tulislah Topik yang Banyak Dicari Orang 

Meskipun menulis sesuatu yang menarik hati Anda jelas lebih menyenangkan, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan hak istimewa ini untuk menampilkan tulisan dengan topik yang Anda sukai. Karena topik yang Anda sukai belum tentu merupakan topik yang banyak dicari orang. Topik yang menarik hati Anda mungkin hanya bertahan sebentar, kemudian tak dikunjungi lagi oleh orang lain selain Anda.

 

Solusi untuk mencari berbagai topik yang banyak dicari orang, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang direkomendasikan Google. Bagaimana cara mendapatkan topik referensi Google ini?

 

Coba ketikkan satu kata kunci di kolom pencarian yang ada di Google dan lihat beberapa kata yang juga muncul dalam pencarian tersebut. Nah, tugas Anda adalah menuliskan berbagai hal terkait dengan kata kunci-kata kunci yang muncul tersebut. Anda juga dapat mencari topik yang banyak dicari orang dengan masuk ke website tanya jawab, seperti Quora atau Question Hub.

 

 

  1. Bangun Mailing List

Banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya membangun mailing list. Dengan memiliki daftar email pengikut website, Anda dapat membangun interaksi dengan mereka, bahkan bisa mengundang mereka secara baik melalui email ketika Anda baru saja posting tulisan baru. Dari pemberitahuan yang Anda kirimkan, bisa jadi penerima email akan dengan senang hati mengunjungi website Anda, membaca artikel terbaru, dan kalau beruntung mereka akan meninggalkan jejak dalam bentuk komentar di kolom komentar yang tersedia.

 

Jika ingin sedikit lebih agresif, Anda dapat menawarkan satu atau dua keuntungan bagi siapa pun yang mengisi dengan sukarela bagian pendaftaran email, atau survei yang sengaja Anda buat agar mereka mau berkunjung ke website Anda, misalnya dalam bentuk ebook gratis karya Anda, tentang tips tertentu dalam bentuk email marketing, voucher belanja, pelatihan gratis dan sebagainya.

 

  1. Beritahu Orang-Orang yang Anda Kutip di Postingan Anda

Ketika Anda menulis tentang sesuatu, ada kemungkinan Anda akan mengutip beberapa informasi dari website lain. Anda dapat memberitahu pemilik website tersebut sambil meminta izin. Pemilik website mungkin akan berkunjung balik untuk melihat artikel yang Anda sebutkan. Jika Anda beruntung, pemilik website akan memberikan exposure cuma-cuma dengan cara membagikan link postingan Anda di komunitasnya.

 

  1. Naikkan Popularitas Halaman Penting dengan Link Internal

Link internal adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Satu link internal diibaratkan sebagai sebuah jalan rahasia yang dapat Anda tempuh untuk mencari tahu lebih dalam tentang satu kata kunci. Jika Anda memasukkan link internal dari satu postingan populer ke postingan lainnya yang tidak terlalu banyak pengunjung, hal tersebut dapat meningkatkan performa postingan yang tidak populer tadi menjadi populer.

 

 

  1. Promosikan Konten Anda pada Komunitas

Komunitas online adalah tempat yang baik untuk mempromosikan konten Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa melempar link apa pun dan memenuhi grup dengan link website Anda begitu saja. Ingat, ini bukan komunitas fans Anda, jadi Anda harus bisa membaur dan mengetahui aturan yang ada di komunitas tersebut. Cari tahu topik yang banyak dibicarakan. Nah, ketika ada pembicaraan yang mungkin terkait dengan topik yang pernah Anda tulis, barulah Anda membagikan link tulisan tersebut ke komunitas.  

 

  1. Buka Peluang Postingan Tamu

Postingan tamu artinya membiarkan orang lain menulis sesuatu di website Anda. Undang penulis yang Anda kenal bisa membuat tulisan yang bagus untuk menulis di website Anda. Opsi postingan tamu ini adalah kesempatan yang menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi, Anda akan mendapatkan sebuah tulisan yang berkualitas, sedangkan orang yang menulis untuk Anda mendapatkan exposure dalam bentuk backlink ke website mereka, voucher, dan sebagainya.

 

Masih banyak lagi rahasia meningkatkan traffic website agar lebih banyak pengunjung yang bisa Anda coba. Pantau terus halaman website ini dan temukan postingan terbaru kami.