MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Analisis Persaingan SEO yang Sukses untuk Brand Anda

 · 
3 min read
 · 
eye 550  
SEO & SEM

redcomm

SEO alias Search Engine Optimization semakin jadi andalan penting bagi bisnis online

Kenapa? Karena SEO adalah salah satu cara utama orang menemukan brandmu di dunia maya. Jadi, posisimu di mesin pencari itu amatlah krusial.

Nah, menurut Backlinko, posisi pertama di Google punya klik sebanyak 27%, sementara halaman kedua hanya dapat 0,63% klik saja.

Oleh karena itu, analisis persaingan SEO bisa memberikanmu pandangan tentang apa yang dilakukan pesaing dalam SEO dan bagaimana posisimu dibanding mereka.

Ini akan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan mereka, supaya kamu bisa buat strategi yang mempertahankan posisimu di atas mereka di peringkat mesin pencari, baik itu Google atau yang lainnya. 

Berikut adalah lima langkah kunci yang harus kamu lakukan dalam analisis persaingan.

1. Kenali pesaingmu

Entah kamu startup atau perusahaan mapan, kamu harus tahu siapa pesaingmu. 

Ini tidak cuma berlaku untuk produk atau layanan yang kamu jual, tapi juga untuk posisimu di mesin pencari pesaingmu di SEO.

Langkah pertama dalam mengidentifikasi pesaingmu adalah membuat daftar. Lihat kata kunci dan pencarian website yang ingin kamu jadikan prioritas, lalu lihat website atau perusahaan mana yang muncul.

Misalnya, saat mencari 'Tren SEO 2023', kamu bisa lihat bahwa Wordstream menempati posisi unggulan, sementara posisi dua dan tiga ditempati oleh Search Engine Journal. 

Nah, jika kamu berusaha untuk menduduki peringkat untuk kata kunci ini, mereka adalah pesaingmu.

Ada juga beberapa alat analisis persaingan SEO yang bisa membantumu. SEMRush punya tab analisis persaingan yang akan memberikanmu wawasan tentang website lain yang juga menduduki peringkat untuk kata kunci yang sama. 

Ini juga akan membantumu menemukan situs-situs yang mungkin belum pernah kamu dengar atau pertimbangkan sebagai pesaing, jadi ini adalah cara bagus untuk menemukan pesaing-pesaing tersembunyi.

2. Analisis strategi SEO pesaing

Lihat website pesaingmu untuk mendapatkan gambaran tentang strategi SEO mereka. Ini mencakup struktur website, jenis konten yang dibuat, dan kata kunci yang mereka bidik.

Kamu juga perlu memeriksa kecepatan website dan responsivitas mobile pesaingmu. Ini bisa dilakukan dengan alat-alat seperti Google PageSpeed Insights dan Google Mobile-Friendly Test.

Mengetahui hal ini akan membantumu memahami bagaimana website-mu dibandingkan dengan pesaing dalam hal SEO teknis.

3. Analisis kata kunci pesaing

Mungkin kamu sudah berhasil dengan kata kunci utama, tapi bagaimana dengan kata kunci lain yang menempatkanmu di halaman pertama hasil pencarian?

Perhatikan kata kunci-kata kunci tersebut karena mengoptimalkannya dalam kontenmu bisa membantumu melampaui pesaing. 

Kamu juga perlu mencari celah dan peluang kata kunci. Ini akan membantumu mengidentifikasi istilah atau frasa yang seharusnya kamu bidik menggunakan alat-alat seperti SEMRush atau AHREFS.

Juga, perhatikan kata kunci yang mungkin telah hilang dari pesaingmu dan memiliki volume pencarian yang baik. 

Lihat di mana mereka merosot dalam peringkat, kunjungi halamannya, dan coba cari tahu alasannya. 

Lalu manfaatkan kesempatan itu dengan membuat konten yang mencakup kata kunci tersebut.

4. Analisis optimasi on-page pesaing 

Alasan pesaingmu menduduki peringkat lebih tinggi dalam SEO bisa jadi karena mereka menghabiskan waktu dan usaha untuk mengoptimalkan halaman mereka.

Jadi, kamu perlu menganalisis halaman-halaman yang melampauimu dalam peringkat. Ini akan membantumu mengidentifikasi mengapa pesaingmu lebih unggul dalam hal posisi di mesin pencari.

Elemen-elemen yang harus kamu pertimbangkan dalam analisismu adalah:

  • Judul. Judul halamanmu penting bagi Google karena menunjukkan seberapa relevan sebuah kata kunci dengan pencarian. Pastikan tag judulmu benar dan terkait dengan kata kunci yang sesuai.
  • Meta-data. Ini penting untuk kata kunci meta dan deskripsi meta. Keduanya akan membantu Google mengidentifikasi apa isi halamanmu. Lihat apa yang dilakukan pesaingmu untuk mengoptimalkan hasil pencarian.
  • Heading atau Judul. Google suka heading dan memberikan bobot pada tag <h> saat terkait dengan kata kunci tertentu. Ini juga bisa muncul di potongan unggulan sehingga bisa membawa kontenmu ke bagian atas halaman.
  • Struktur tautan internal. Tautan internal membantu mengarahkan pengunjung ke konten yang relevan dan juga bisa memberi keuntungan SEO. Jangan terlalu banyak menambahkan tautan, tapi termasuk tautan berkualitas yang relevan yang membuat orang tetap berada di situsmu.
  • Konten berkualitas. Kamu bisa menulis sebanyak mungkin konten yang kamu inginkan, tapi kecuali kontennya berkualitas dan relevan, orang nggak akan tinggal untuk membacanya, dan mesin pencari tidak akan menganggapnya penting. Kualitas lebih penting daripada kuantitas saat menciptakan konten.
  • Gambar dan video. Apakah pesaingmu mengoptimalkan gambar dan video mereka untuk web dan mobile? Apakah mereka diberi tag dengan nama yang deskriptif dan relevan? Kamu harus melakukan hal yang sama untuk bersaing.
  • Markup Schema dan data terstruktur. Data terstruktur membantu mesin pencari memahami isi halaman dan bisa meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.
  • URL. Lihat URL pesaingmu dan lihat apakah mereka melakukan sesuatu yang berbeda. Pastikan URL-mu deskriptif, singkat, dan mencakup kata kunci yang relevan.
  • Pengalaman pelanggan. Usability adalah faktor peringkat, jadi lihat tata letak halaman pesaingmu, navigasi, dan waktu pemuatan. Bagaimana pengalaman keseluruhan bagi pelanggan, dan bagaimana perbandingannya dengan milikmu?

5. Analisis backlink pesaing

Backlink penting bagi mesin pencari dan peringkat. Kamu bisa banyak belajar dari profil backlink pesaingmu dengan menggunakan alat seperti Ahrefs, SEMrush, atau Moz untuk mendapatkan wawasan.

Tapi, ini bukan tentang jumlah backlink. Backlink berkualitas yang kamu cari, dan itu adalah tambahan hebat untuk setiap konten. 

Faktanya, backlink berkualitas rendah bisa merusak halamanmu dan dianggap sebagai spam, jadi jangan gunakan outreach hanya untuk mendapatkan backlink dari mana saja.

Misalnya, jika salah satu halamanmu diberi tautan dari situs berotoritas tinggi seperti Wired, itu akan memberi otoritas pada halamanmu dan sangat baik untuk peringkat.

Lakukan analisis untuk melihat backlink apa yang dimiliki pesaingmu yang mungkin membantu mereka naik peringkat, dan lihat apakah kamu bisa menirunya. 

Apakah mereka mendapatkan tautan bagus dari media atau direkomendasikan oleh organisasi atau badan terkemuka?

Situs yang memberikan tautan kepada pesaingmu juga mungkin memberikan tautan kepada kamu, jadi catat siapa mereka. 

Kamu selalu bisa mencoba mencapai mereka tentang blog atau panduan baru yang mencakup topik baru atau lebih baik untuk mendapatkan backlink.


Nah, itu dia, langkah-langkah untuk melakukan analisis persaingan SEO dengan sukses. Ketahui juga, 7 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC