Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya mengoptimalkan performa website supaya bisa berada di peringkat teratas hasil pencarian atau SERP, sehingga konten mendapatkan banyak traffic organik. Berikut caranya.
Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya mengoptimalkan performa website supaya bisa berada di peringkat teratas hasil pencarian atau SERP, sehingga konten mendapatkan banyak traffic organik. Berikut caranya.
Dalam penerapan strategi digital marketing, konten menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran, sehingga dikenal juga dengan nama content marketing.
Content marketing adalah strategi meningkatkan popularitas produk atau merek tertentu di dunia maya melalui penyediaan konten artikel, gambar, video, dan lainnya.
Anda bisa menerapkan strategi konten marketing yang sesuai kaidah SEO dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Optimasi SEO pada konten yang akan tayang maupun yang sudah tayang di website bisnis perlu memiliki strategi konten yang terstruktur dengan baik.
Anda bisa membuat dulu strategi kontennya dengan cara melakukan riset audiens dan riset kata kunci.
Pada saat melakukan riset audiens, cari tahu kebutuhan dan preferensi audiens terhadap suatu produk dan pahami perilaku mereka dalam berbelanja.
Memahami siapa yang akan menjadi target market akan meningkatkan kualitas dan relevansi konten sesuai kebutuhan mereka.
Di saat yang sama, Anda jadi tahu jenis konten yang cocok untuk calon customer serta keyword yang biasa mereka gunakan untuk melakukan pencarian.
Tak hanya menarik perhatian calon pelanggan, namun cara ini juga ampuh untuk memperbesar peluang terjadinya konversi dan penjualan.
Konten yang berkualitas adalah konten yang bisa menjawab permasalahan yang sedang konsumen hadapi, relevan dengan preferensi dan kebutuhan mereka, serta sesuai dengan user intent.
User intent adalah niat pengguna dalam melakukan pencarian konten di mesin pencari.
Ada 4 tipe user intent, meliputi:
Untuk membuat konten berkualitas, perhatikan juga beberapa hal penting berikut:
Pada konten juga perlu ada Call to Action (CTA) yang menarik untuk mengarahkan pelanggan ke langkah selanjutnya.
Misalnya untuk lanjut membaca artikel berikutnya, mengisi formulir pemesanan produk, memasukkan produk ke keranjang belanja, atau langsung melakukan pembelian.
Supaya bisa melibatkan pengguna dalam menikmati lebih banyak konten, buatlah konten berisi informasi yang jelas, konkret, dan valid.
Ini berlaku baik ketika memberi penjelasan mengenai brand, layanan yang tersedia, produk, atau informasi lain yang bisa membantu pelanggan menyelesaikan masalah mereka.
Perlu diingat, konten yang menarik, menghibur, dan meninggalkan kesan mendalam bagi pelanggan bisa mendorong mereka turut membagikan konten ke lebih banyak orang.
Apalagi kalau Anda berhasil membuat konten unik, dapat dipercaya, dan memiliki ciri khas. Bahkan jika memang bisa viral, tanpa perlu memasukkan unsur negatif ke dalam konten, ini memang lebih baik.
Tetapi jika tidak, selama konten bisa menjangkau banyak audiens, ini pun sudah bagus. Semakin banyak audiens yang menemukan konten Anda, semakin besar peluang peningkatan brand awareness dan konversi pembelian.
Buatlah konten yang baik. Sebab, konten yang baik sudah pasti benar, sementara kalau benar, belum tentu konten tersebut baik.
Pada prinsipnya, Anda perlu membuat konten yang isinya bisa Anda pertanggungjawabkan. Ketika perlu melakukan promosi, isi konten promosi harus jujur dan transparan berkaitan dengan produk, brand, atau informasi lain.
Menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda sangat penting. Jangan sampai hanya karena satu konten bohong atau hoax, Anda mengalami kerugian besar.
Agar kebenaran konten bisa dipertanggungjawabkan, tak ada salahnya menyertakan referensi pendukung, atau kutipan dari sumber terpercaya yang berkaitan dengan konten tersebut.
Caranya dengan menambahkan keterangan sumber referensi di bagian akhir konten artikel dan menautkan link sumbernya. Ini merupakan teknik membuat konten yang benar.
Konten yang memiliki kualitas tinggi tak hanya memiliki tata bahasa yang terstruktur, tetapi juga didukung dengan referensi yang valid.
Keyword adalah frasa atau kata yang digunakan audiens untuk menemukan topik yang mereka inginkan. Ada 2 jenis kata kunci, yaitu:
Anda bisa melakukan riset kata kunci, user intent, dan volume pencarian menggunakan tools riset keyword atau memanfaatkan frequently asked questions dan kata-kata yang muncul di penelusuran terkait.
Setelah konten jadi, pastikan Anda memeriksa ulang penggunaan kata kunci, apakah sudah tepat atau belum. Caranya bisa mengikuti panduan berikut:
SEO adalah aktivitas untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari, sehingga memudahkan target pengguna menemukan website Anda.
Penerapan SEO dalam konten sangatlah penting. Maka lakukan optimasi SEO dengan mengikuti panduan di dalam artikel ini.
Jika masih membutuhkan diskusi atau bantuan lebih lanjut, hubungi saja digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia yang melayani bisnis di seluruh Indonesia. Langsung klik Kontak Redcomm untuk menghubungi mereka.
Sementara jika masih membutuhkan tambahan informasi dan pengetahuan mengenai SEO, Anda bisa membaca Jenis Optimasi SEO untuk Meningkatkan Performa Situs Web Bisnis atau Cara Bekerja Sama dengan Jasa SEO Profesional.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC