SEO merupakan upaya mengoptimalkan sebuah website agar dapat berada pada peringkat teratas di hasil pencarian. Ada beberapa tips SEO untuk mengoptimalkan konten pada website Anda. Simak baik-baik pada artikel ini.

 

Tips Mengoptimalkan SEO Untuk Konten Website Anda

Dalam dunia digital marketing, konten merupakan faktor yang cukup penting dalam kegiatan pemasaran. Konten yang dimaksud di sini adalah konten marketing, yaitu salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan popularitas sebuah produk atau merek tertentu di dunia maya.

 

 

  1. Tentukan SEO Konten Strategi Anda             

Anda harus menentukan strategi konten marketing, dimulai dengan menentukan kata kunci serta melakukan riset pengguna. Saat Anda mengetahui jenis konten apa yang cocok untuk calon customer serta keyword yang biasa mereka cari, maka Anda dapat membuat desain konten strategi yang spesifik sehingga membantu dalam menarik calon pelanggan.

 

  1. Menerapkan Dasar-dasar Konten yang Berkualitas

Dalam membuat konten, Anda perlu memahami kebutuhan atau keinginan calon customer, seperti mengerti keyword yang sering digunakan serta melakukan behavior mereka. Anda dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami mereka serta sajikan informasi sesuai dengan yang mereka perlukan.

 

Suatu konten dikatakan berkualitas jika bisa membantu calon pelanggan menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. Konten yang panjangnya kurang lebih 1000 kata biasanya cenderung memiliki peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Namun, isi konten hendaknya fokus pada satu pembahasan tertentu saja.

 

Terakhir, suatu konten bisa disebut sebagai konten yang berkualitas kalau memiliki langkah-langkah yang jelas atau Call to Action (CTA) yang menarik. Saat Anda mengenal kebiasaan calon customer dan history belanja mereka, maka konten yang Anda buat dapat mengarahkan mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

 

 

  1. Konten Berisi Informasi yang Jelas, Konkret, dan Valid

Anda dapat melibatkan pengguna agar mereka bisa menikmati lebih banyak konten. Untuk itu, buatlah konten berisi informasi yang jelas, konkret, dan valid. Artinya, konten Anda bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai brand dan produk Anda, sekaligus sebagai sumber informasi bermanfaat yang membantu pelanggan menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. 

 

Jika konten Anda menarik, menghibur, meninggalkan kesan mendalam bagi pelanggan Anda, mereka akan tergerak dengan sendirinya dan dengan senang hati membagikan konten tersebut. Apalagi kalau konten yang Anda buat unik, dapat dipercaya, dan khas, maka berpotensi menjadi viral. Konten yang viral sudah pasti akan tersebar dengan cepat di antara pengguna media sosial sehingga jangkauan konten itu menjadi sangat luas. Ini jelas akan sangat menguntungkan Anda. 

 

  1. Isi Konten Dapat Dipertanggungjawabkan 

Buatlah konten yang benar dan baik. Sebab, bila konten tersebut baik sudah pasti benar, tapi bila benar belum tentu konten tersebut baik. Anda harus dapat membuat konten yang bisa dipertanggungjawabkan pula kebenarannya. 

 

Maksudnya, ketika Anda menyajikan konten dengan informasi yang jujur mengenai produk, brand, atau terkait suatu informasi lain yang masih bertujuan untuk menjadi solusi bagi pelanggan, ini jauh lebih baik. Percayalah, menyajikan konten bohong atau berisi unsur hoax akan membuat Anda bisa mengalami kerugian besar. 

 

Anda kebenaran konten Anda bisa dipertanggungjawabkan, tak ada salahnya Anda menyertakan referensi pendukung, atau menyertakan kutipan dari sebuah sumber dengan menghubungkan pada link otoritas yang lain. Hal ini merupakan teknik membuat konten yang benar. Konten yang memiliki kualitas tinggi biasanya memiliki tata bahasa yang terstruktur dan didukung dengan referensi yang valid. 

 

 

  1. Memeriksa Penggunaan Kata Kunci / Keyword

Anda bisa melakukan riset kata kunci dan user, yaitu memeriksa bagaimana kata kunci atau keyword tersebut digunakan pada konten tertentu. Langkah yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa penggunaan kata kunci, antara lain: apakah kata kunci utama juga diikuti dengan kata kunci pendukung yang memiliki hubungan yang kuat? Apakah pengaturan sub judul di website sudah berisi kata kunci atau belum? Apakah penggunaan kata kunci membuat konten Anda tetap nyaman dibaca ataukah konten malah mirip seperti bahasa mesin?

 

Tips SEO untuk mengoptimalkan konten yang sudah dibahas pada artikel ini semoga bisa membantu Anda melakukan optimasi SEO dengan lebih baik lagi, yang mana dapat meningkatkan traffic pada situs atau website bisnis Anda. Namun, jika membutuhkan praktisi SEO yang memiliki kemampuan mumpuni, hubungi Redcomm