Anda pasti sudah familiar dengan istilah SEO. Sayangnya, penerapan teknik SEO dalam meningkatkan kinerja website bisnis di mesin pencari atau search engine, membutuhkan pengetahuan dan keahlian tersendiri. Itu sebabnya, Anda perlu tahu berbagai fitur penting di search engine demi dapat melakukan optimasi SEO dengan lebih baik.

 

Cara Kerja Mesin Pencari

SEO mencakup semua hal yang dilakukan oleh sebuah merek untuk bisa mendapatkan traffic ke situs bisnis, terutama traffic organik. Pengertian traffic organik merupakan kunjungan yang berasal dari mesin telusur atau search engine secara langsung. Lebih tepatnya, audiens menemukan website bisnis Anda hanya dari mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari. 

 

Cara kerja search engine itu rumit dan SEO melibatkan semua aspek teknis yang ada, misalnya dari arsitektur situs, kreativitas dalam membuat konten, penggunaan keyword atau kata kunci yang banyak dicari audiens, bahkan berdasarkan pengalaman pengguna yang datanya didapatkan dari situs itu sendiri.

 

Di sisi lain, cara kerja mesin pencari juga dipengaruhi algoritma Google yang terus mengalami perubahan. Hal ini wajar, karena Google sebagai penyedia mesin pencari terbesar di dunia tentu menginginkan yang terbaik sehingga terus melakukan pengembangan dan perbaikan. Dengan adanya perubahan algoritma, sudah pasti akan mempengaruhi pula proses penentuan peringkat untuk setiap konten di mesin pencari.

 

Supaya bisa maksimal dalam penentuan page rank di search engine, Anda perlu tahu bagaimana caranya mesin pencari bekerja. Selain itu, juga harus memahami bagaimana orang-orang bereaksi terhadap konten yang ada dalam situs Anda. Setiap membuat konten, pastikan Anda menggabungkan struktur situs dan kreativitas dalam membuat konten yang baru, unik, dan dinamis, sesuai dengan perkembangan algoritma.

 

 

Fitur Penting di Search Engine yang Wajib Anda Tahu

Beberapa tahun yang lalu, semua hasil penelusuran muncul dalam bentuk daftar yang sederhana, disertai sedikit cuplikan dan link deskriptif. Namun dengan perkembangan teknologi, mesin pencari juga sudah mengalami perubahan. 

 

Saat ini, tampilan pada mesin pencari jauh lebih lengkap dengan berbagai fitur SERP yang lebih menarik. Misalnya, sudah tersedia gambar-gambar yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Deskripsi yang berada di bawah URL juga lebih variatif dan informatif. 

 

Contohnya, saat Anda mengetikkan kata kunci ‘pisang nugget lumer’, maka fitur pun akan memberikan informasi tambahan yang bisa saja penting dan menarik bagi Anda, mulai dari gambar pisang nugget, resepnya, video YouTube cara membuat pisang nugget lumer, dan sebagainya.

 

Anda memang tak bisa menentukan dengan pasti, apakah situs Anda akan mendapatkan fitur SERP tambahan. Meski begitu, Anda bisa meningkatkan peluang tampil dengan lebih menarik di mesin pencari, jika melakukan beberapa hal ini:

 

  • Buatlah struktur situs yang rasional bagi mesin pencari dan para pengguna.
  • Buatlah konten yang diolah sedemikian rupa, sehingga membuat halaman Anda bisa dipindai dengan mudah oleh mesin telusur dan tentu saja disukai juga oleh para pengunjung situs.
  • Gunakan markup skema, maupun sejumlah kode terstruktur, yang mampu membantu crawler supaya bisa memahami situs Anda dengan lebih baik lagi. 

 

Selanjutnya, supaya bisa memahami cara kerja search engine dengan baik, terutama untuk melakukan optimasi yang bertujuan meningkatkan kualitas website secara keseluruhan, Anda perlu mengetahui beberapa fitur SERP yang tersedia, seperti:

 

 

  1. Rich Snippet 

Pengertian Rich Snippet adalah cuplikan dari beberapa baris teks pada artikel yang memiliki informasi tambahan dan dianggap penting untuk diketahui pengguna. Biasanya, rich snippet akan ditampilkan pada semua hasil pencarian yang dilakukan oleh mesin telusur sesuai dengan apa yang pengunjung inginkan. 

 

Adapun cuplikan yang ditampilkan, masih memiliki hubungan dengan keyword atau kata kunci yang pengguna internet diketikkan pada kolom pencarian. Contohnya, skor rating atau ulasan yang diberikan pengunjung dalam review restoran yang sedang dicari seseorang di internet.

 

  1. Featured Snippet

Featured Snippet merupakan tampilan ringkasan atau jawaban untuk kata atau kalimat yang diketikkan pengguna internet di kolom pencarian. Posisinya, biasanya berada di bagian atas halaman SERP atau halaman hasil penelusuran Google. Dalam kolom cuplikan tersebut, jawaban ringkas dari isi web, mulai dari judul halaman, tautan ke halaman maupun tautan link, bahkan kadang terdapat pula heading dan subheading di dalam halaman web. Ini tentu akan memudahkan pencarian pengguna, karena fokus Google memang meningkatkan kenyamanan pengguna internet dalam mencari suatu informasi di mesin pencari.

 

  1. People Also Ask atau Orang juga Bertanya

Untuk fitur SERP yang satu ini, dikenal juga sebagai pertanyaan terkait. Isinya adalah sejumlah pertanyaan yang sejenis dan masih berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet di kolom pencarian. 

 

Tampilan dari people also ask sedikit berbeda, diletakkan dalam bentuk blok dan ada tambahan fitur drop down yang menunjukkan website mana saja yang direferensikan Google kepada pengguna.

 

  1. Knowledge Cards atau Kartu Pengetahuan

Jika Anda memperhatikan cara kerja mesin pencari dalam menyediakan hasil penelusuran yang dilakukan pengguna internet, pasti paham mengapa Knowledge Cards menjadi salah satu fitur SERP. Coba ketikkan pencarian dengan kata kunci tertentu di internet. 

 

Nanti pada hasil penelusuran, Anda bisa melihat di panel yang ada di sebelah kanan. Isi dari panel tersebut adalah sejumlah informasi penting mengenai apa yang sedang Anda cari. Misalnya, Anda mencari film Train to Busan. Maka pada panel di sebelah kanan, Anda bisa menemukan sinopsis singkat dari film Train to Busan, daftar pemain, tahun pembuatan film, dan sebagainya.

 

 

  1. Image Packs

Image Packs adalah fitur yang menampilkan sejumlah gambar secara horizontal yang berhubungan dengan apa yang sedang dicari. Gambar tersebut akan mempermudah dalam menemukan sesuatu yang benar-benar sedang dicari oleh si pengguna internet.

 

  1. Instant Answer atau Jawaban Instan

Fitur yang satu ini, akan muncul ketika Google bisa memberikan jawaban cepat bagi kueri yang diketikkan di kolom pencarian search engine. Contohnya, saat Anda menanyakan cuaca hari ini, atau jadwal sholat hari ini, maka Google langsung memberikan jawaban tanpa ada tautan yang menuju ke suatu situs. Fitur ini sangat praktis bagi pengguna internet yang membutuhkan informasi atau jawaban cepat.

 

Demikian beberapa fitur yang ada di search engine dan wajib Anda ketahui. Semua fitur ini bisa Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Tujuannya, untuk membuat website bisnis yang Anda kelola mendapatkan posisi terbaik atau page rank di Google

 

Cara lain untuk meningkatkan visibilitas website bisnis Anda di search engine, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia maupun digital marketing agency Jakarta, yang menyediakan jasa SEO profesional, search engine optimization, search engine marketing, creative agency websites, digital marketing websites, online marketing services, internet marketing strategies, dan sebagainya. Hubungi langsung saja ke Tim Redcomm.