MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Fitur Penting di SERP yang Wajib Anda Tahu

11 May  · 
3 min read
 · 
eye 8.157  
SEO & SEM

redcomm

Fitur apa saja yang dimiliki Google search? Fitur yang tersedia di SERP, antara lain Rich Snippet, Featured Snippet, People Also Ask, Image Pack,Paid Result, Knowledge Card, Instant Answer, dan lainnya. Pelajari setiap fitur dan fungsinya untuk bisa memaksimalkan teknik SEO yang Anda terapkan bagi website

9 Fitur Penting di Search Engine yang Wajib Anda Tahu

Beberapa tahun lalu, semua hasil penelusuran di search engine muncul dalam bentuk daftar yang sederhana, disertai sedikit cuplikan dan link deskriptif. Namun dengan perkembangan teknologi, mesin pencari juga sudah mengalami perubahan. 

Saat ini, tampilan pada mesin pencari jauh lebih lengkap dengan berbagai fitur SERP yang lebih menarik. Misalnya, sudah tersedia gambar-gambar yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Deskripsi yang berada di bawah URL juga lebih variatif dan informatif. 

Contohnya, saat Anda mengetikkan kata kunci “pisang nugget lumer, maka fitur pada SERP akan memberikan informasi tambahan yang bisa saja penting dan menarik bagi Anda, mulai dari gambar pisang nugget, resepnya, video YouTube cara membuat pisang nugget lumer, dan sebagainya.

Yuk lebih memahami apa saja fitur SERP, berikut penjelasannya: 

1. Rich Snippet

Pengertian Rich Snippet adalah cuplikan dari beberapa baris teks pada artikel yang memiliki informasi tambahan dan bisa jadi penting untuk audiens ketahui. 

Adapun cuplikan yang ditampilkan, masih memiliki hubungan dengan keyword atau kata kunci yang pengguna internet diketikkan pada kolom pencarian. Contohnya, skor rating atau ulasan yang diberikan pengunjung pada review restoran yang sedang audiens cari di internet.

Beberapa konten yang bisa muncul pada rich snippet, yaitu:

  • Konten produk: berisi properti produk seperti nama brand, foto, deskripsi produk, bahkan review pengguna. Bahkan kadang muncul juga harga produknya.
  • Tokoh: saat audiens mengetikkan nama tokoh ternama, maka ada tambahan informasi berupa perusahaan tempat bekerja / atau perusahaan yang didirikan sang tokoh, organisasi, jabatan, hingga kontak yang bisa dihubungi.

Organisasi: rich snippet juga menampilkan tambahan informasi pada konten mengenai organisasi suatu bisnis, seperti alamat situs, lokasi organisasi, nomor telepon, dan sebagainya.

2. Featured Snippet

Featured Snippet adalah cuplikan atau blok teks yang ditampilkan di posisi paling atas hasil pencarian utama di Google. Blok teks ini berisi jawaban yang relevan dengan pertanyaan audiens, kadang disertai pula dengan gambar atau video. 

Isi kolom cuplikan atau blok teks, seperti ringkas dari isi web, mulai dari judul halaman, tautan ke halaman maupun tautan link, bahkan kadang judul pada headings dan subheading ditampilkan pula di featured snippet

Informasi yang ditampilkan Google di featured snippet sudah tentu membantu audiens menemukan jawaban untuk pertanyaan mereka. Hal ini karena Google memang berfokus meningkatkan kenyamanan pengguna internet dalam mencari suatu informasi di mesin pencari.

Di saat yang sama, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan kalau situs web berhasil menempati posisi featured snippet, yaitu berpeluang besar menarik perhatian lebih banyak pengguna internet untuk berkunjung ke website Anda, serta meningkatkan click through rate (CTR).

3. People Also Ask atau Orang juga Bertanya

Untuk fitur SERP yang satu ini, dikenal juga sebagai pertanyaan terkait. Isinya berupa sejumlah pertanyaan yang sejenis dan masih berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet di kolom pencarian. 

Tampilan dari people also ask sedikit berbeda, karena letaknya berada dalam bentuk blok. Lalu ada tambahan fitur drop down yang menunjukkan situs mana saja yang direferensikan Google kepada pengguna.

4. Knowledge Cards atau Kartu Pengetahuan

Jika Anda memperhatikan cara kerja mesin pencari dalam menyediakan hasil penelusuran yang dilakukan pengguna internet, pasti paham mengapa Knowledge Cards menjadi salah satu fitur SERP. Coba ketikkan pencarian dengan kata kunci tertentu di internet. 

Nanti pada hasil penelusuran, Anda bisa melihat di panel yang ada di sebelah kanan. Isi dari panel tersebut adalah sejumlah informasi penting mengenai apa yang sedang Anda cari.

Misalnya, Anda mencari film Train to Busan. Maka pada panel di sebelah kanan, Anda bisa menemukan sinopsis singkat dari film Train to Busan, daftar pemain, tahun pembuatan film, dan sebagainya. 

Fitur ini sangat membantu bagi pengguna internet yang ingin mencari informasi dalam waktu singkat dan cepat.

5. Image Packs

Image Packs adalah fitur yang menampilkan sejumlah gambar secara horizontal yang berhubungan dengan apa yang sedang dicari. 

Gambar tersebut akan mempermudah dalam menemukan sesuatu yang benar-benar sedang dicari oleh si pengguna internet.

Contoh: Anda mengetikkan kata kunci “Buku bergambar”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa gambar berkaitan dengan kata kunci yang Anda gunakan.

6. Google My Business

Google My Business (GMB) adalah fitur SERP yang menampilkan informasi bisnis Anda, seperti alamat, nomor telepon, jam buka, ulasan, dan gambar di halaman SERP. 

Ingin bisnis lebih dikenal luas di media internet? Ya, Anda perlu memanfaatkan fitur GMB sehingga situs bisnis Anda memiliki kesempatan untuk muncul di bagian atas halaman SERP dan meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis.

7. Instant Answer atau Jawaban Instan

Fitur yang satu ini, akan muncul ketika Google bisa memberikan jawaban cepat bagi kueri yang diketikkan di kolom pencarian search engine. 

Contohnya, saat Anda menanyakan cuaca hari ini, atau jadwal sholat hari ini, maka Google langsung memberikan jawaban tanpa ada tautan yang menuju ke suatu situs. Fitur ini sangat praktis bagi pengguna internet yang membutuhkan informasi atau jawaban cepat.

8. Sitelinks

Sitelinks adalah fitur SERP yang menampilkan tautan langsung ke halaman web di situs Anda. Fitur ini berguna untuk membantu audiens jadi lebih mudah menemukan situs Anda, serta dapat meningkatkan kredibilitas situs web di mata pengguna dan mesin pencari.

9. Video Carousel

Video carousel adalah fitur SERP yang menampilkan video yang terkait dengan kata kunci pencarian dalam bentuk carousel. 

Biasanya, video carousel muncul di bagian atas halaman SERP dan dapat membantu situs web untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari konten video.


Demikian beberapa fitur yang ada di SERP dan wajib Anda ketahui. Semua fitur di atas bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin supaya situs web mendapatkan posisi terbaik atau page rank di Google. Caranya, maksimalkan konten supaya bisa masuk fitur di SERP. Pelajari di sini: Cara Membuat Konten Tampil di Fitur SERP.

Cara lain untuk meningkatkan visibilitas website bisnis di search engine, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia maupun digital marketing agency Jakarta, yang menyediakan jasa SEO profesional, search engine optimization, dan search engine marketing. Hubungi langsung saja ke Tim Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER