MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Memanfaatkan Podcast untuk Mendapatkan Posisi Terbaik di Search Engine

29 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 2.540  
Video Marketing

redcomm

Apa itu Podcast? Podcast adalah platform berbagi rekaman audio layaknya radio yang kini  semakin banyak dikenal oleh warganet. 

Popularitas platform audio visual yang satu ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya podcaster kreatif yang membuat konten menarik dan mengedukasi. 

Di saat yang sama, pebisnis juga menggunakannya untuk menerapkan digital marketing strategist dalam memasarkan produk kepada audiens atau calon pelanggan. 

Yuk, baca artikel ini untuk tahu cara memanfaatkan Podcast sebagai media promosi dan mendapatkan posisi terbaik di SERP.

5 Tips & Cara Mendapatkan Posisi Terbaik di SERP Melalui Podcast

Pada Redcomm knowledge kali ini, Anda bisa membaca cara membuat konten yang dapat mengundang banyak orang untuk mendengarkannya. 

Bahkan konten Anda berpotensi muncul pada posisi terbaik di search engine. Untuk itu, terapkan beberapa cara berikut:

1. Menentukan Tema Konten yang Unik

Sebelum memulai proses pembuatan konten Podcast, Anda harus menentukan tema konten beserta outline-nya. Ini berguna agar Anda tidak bingung atau mengalami kebuntuan di tengah jalan.

Meskipun kelihatannya hanya berisi rekaman percakapan biasa, namun saat penerapan internet marketing strategies, tetap butuh upaya tersendiri dalam menciptakan konten yang bisa menjadi media pemasaran dan promosi.

Selain itu, Anda juga harus konsisten dengan tema yang sudah ditentukan. Konten yang konsisten memudahkan search engine mengenali ciri khas Podcast Anda, sekaligus memudahkan konten tampil secara organik di mesin pencari Google.

Jika kesulitan dalam menentukan tema konten, coba gunakan Google trends, yaitu tools gratis dari Google yang dapat membantu dalam melakukan riset tentang topik tertentu yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan audiens.

Penggunaan Google trends juga memungkinkan Anda mengukur seberapa besar potensi suatu topik untuk menarik perhatian pengunjung. Lalu bagaimana jika belum berhasil setelah membuat konten pertama?

Tenang, percobaan pertama tersebut tetap bisa dimanfaatkan kok. Anda dan tim digital advertising agency dapat melakukan evaluasi sehingga bisa memperbaiki konten agar berhasil berada di posisi terbaik search engine.

2. Optimasi Kata Kunci

Tidak hanya pada artikel website. Saat melakukan digital marketing campaign, mengoptimasi kata kunci untuk Podcast juga sangat berguna. 

Anda bisa memasukkan kata kunci di URL, judul, dan deskripsi. Mengoptimalkan keyword pada bagian tersebut berpotensi memperbesar peluang Podcast Anda muncul di mesin pencari.

Tips membuat judul untuk optimasi kata kunci:

  • Buatlah judul yang jelas dan mampu mendeskripsikan isi konten.
  • Jangan membuat judul yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Tujuannya supaya audiens mudah menangkap isi yang akan dibahas dan merasa penasaran.
  • Jika memungkinkan, buat judul yang bisa menimbulkan pertanyaan dalam benak audiens.
  • Sesuaikan pemilihan bahasa untuk judul, sesuai target audiens.

3. Membuat Transkripsi

Membuat transkripsi untuk konten audio dapat meningkatkan indeksasi dan aksesibilitas, terutama untuk audiens yang memiliki gangguan pendengaran. 

Menariknya, Google Podcast dapat menyalin dan mengurai konten audio secara otomatis ke teks. Bahkan platform ini juga mampu menganalisis informasi ini untuk digunakan dalam metadata, sehingga kueri penelusurannya muncul. 

Sayangnya, ada kekurangan yang perlu ada waspadai, yaitu  belum tersedia untuk semua bahasa. Jadi, ada baiknya membuat transkripsi dan teks dari audio ini untuk memaksimalkan mesin pencari memahami isi konten. 

Untuk memudahkan prosesnya, Anda bisa menggunakan beberapa web, seperti Otranscribe, Express Scribe, FTW Transcriber, Inqscribe, dan Transcribe.


4. Aktifkan Schema Markup

Jangan lupa mengaktifkan schema markup agar konten muncul di Google Penelusuran dan Google Podcasts. Caranya, Anda bisa menggunakan schema.org dan Podcast Episode markup.

Mengaktifkan schema markup akan memberikan manfaat dalam meningkatkan rasio klik tayang atau click through rate (CTR) pada konten. Sebab schema markup bisa memberikan sinyal yang tepat terkait jenis konten kepada mesin pencari.

Tetapi ingat, Anda harus memiliki tim yang memahami setiap elemen terkait Podcast Episode yang terdapat di schema.org saat mengimplementasikan schema markup. Kemudian lakukan uji struktur markup untuk tahu hasilnya.

5. Submit Podcast Anda

Langkah terakhir agar Podcast mudah ditemukan di platform lain, seperti Google Podcast maupun Spotify, Anda perlu melakukan submit dengan cara membuat link RSS Feed terlebih dahulu.

Link RSS Feed adalah URL yang berguna untuk menghubungkan aggregator tempat Anda mengunggah konten dari satu platform ke platform lain, sehingga tidak perlu membuat konten audio secara berulang.

Artinya, Anda hanya perlu menggunakan satu platform saja dan melakukan submit konten Podcast dengan mudah. Ini cara terbaik yang memungkinkan Anda fokus untuk mengatur strategi mendapatkan posisi terbaik di SERP.

Dengan merebut posisi terbaik di search engine, Anda tidak perlu kesulitan lagi mencari audiens organik. Audiens akan datang dengan sendirinya melalui pencarian berdasarkan kata kunci yang mereka lakukan melalui mesin pencari. 

Jadi, bagaimana? Apakah Anda mau mempromosikan produk di Podcast? Jika iya, coba terapkan cara memanfaatkan Podcast di atas ya. 

Atau untuk lebih optimal, bisa juga bekerja sama dengan salah satu creative media agency dan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Mereka sudah pasti akan membantu mengoptimalkan digital campaign berdasarkan analitik di Podcast.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER