Platform berbagi rekaman audio layaknya radio bernama Podcast semakin banyak dikenal oleh warganet. Tentu saja ini bukanlah hal aneh, mengingat semakin banyak Podcaster kreatif yang membuat konten menarik dan mengedukasi. Selain itu, para pebisnis pun mulai menggunakan Podcast sebagai digital marketing strategist dalam memasarkan produk kepada audiens atau calon pelanggan.

 

Hanya saja, dalam melakukan promosi di Podcast ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Sebab, Anda tidak bermain visual seperti pada media sosial lainnya. Jadi, Anda dan tim digital branding agency harus mengetahui cara agar konten Podcast yang dibuat bisa mengundang banyak pendengar.

 

Cara Mendapatkan Posisi Terbaik di SERP Melalui Podcast

Nah, pada Redcomm knowledgekali ini, Anda bisa mencari tahu cara supaya Podcast bisnis Anda didengarkan oleh banyak audiens. Hal yang perlu dilakukan adalah membuat konten Anda muncul pada posisi terbaik di search engine. Dengan cara seperti ini, audiens akan lebih mudah melihat konten Podcast Anda muncul. 

 

Lalu, bagaimana cara agar Podcast Anda muncul di posisi terbaik search engine? Berikut ini adalah ulasannya untuk Anda!

 

 

  1.  Menentukan Tema Konten yang Akan Dibuat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tema konten yang akan dibuat beserta outline-nya. Ini berguna agar Anda tidak bingung atau mengalami kebuntuan di tengah jalan.Sebab, meskipun kelihatannya Podcast hanya sekadar berisi rekaman percakapan biasa, namun saat penerapan internet marketing strategies, tetap butuh upaya tersendiri dalam menciptakan konten yang menarik dan juga relevan supaya memudahkan audiens mengenali channel Podcast Anda.

 

Selain itu, Anda pun harus konsisten dengan tema yang diputuskan. Karena, konten Podcast yang konsisten memudahkan search engine dalam mengenali Podcast Anda, dan hal ini akan memudahkan konten tersebut tampil secara organik di mesin pencarian Google.

 

Jika Anda kesulitan dalam menentukan tema konten yang akan dibuat, maka cobalah gunakan Google trends yang dapat membantu Anda melakukan riset tentang suatu topik tertentu yang sedang banyak digemari oleh audiens. Google trends dapat memudahkan Anda mengukur seberapa besar potensi suatu topik untuk menarik perhatian pengunjung. Mungkin, saat pertama kali Anda menentukan tema, itu tidak secara instan membuat konten Anda berhasil berada di posisi terbaik search engine. Namun, dari percobaan pertama ini, Anda dan tim digital advertising agency dapat melakukan evaluasi dan mengambil kesimpulan untuk memperbaiki episode Podcast selanjutnya.

 

  1. Optimasi Kata Kunci

Saat Anda melakukan digital marketing campaign, mengoptimasi kata kunci tidak hanya berlaku pada artikel website, namun pada Podcast pun sangat berguna. Anda bisa memasukkan kata kunci di url Podcast, judul, dan juga deskripsi. Dengan mengoptimalkan keyword pada bagian tersebut, potensi Podcast Anda muncul di mesin pencari menjadi lebih besar.

 

Buatlah judul yang jelas dan mampu mendeskripsikan apa yang ada di Podcast tersebut. Jangan membuat judul yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Ini berguna agar audiens mudah menangkap isi yang akan dibahas dan merasa penasaran.

 

 

  1. Membuat Transkrip

Membuat transkrip mengenai konten Podcast Anda dapat meningkatkan indeksasi dan aksesibilitas, terutama untuk audiens yang memiliki gangguan pendengaran. Menariknya, Google Podcast dapat menyalin dan mengurai konten audio secara otomatis. 

 

Google Podcast menganalisis informasi ini untuk digunakan dalam meta datanya, sehingga kueri penelusurannya muncul. Namun, kekurangan dari Google Podcast adalah belum tersedia untuk semua bahasa. Jadi, ada baiknya membuat transkrip sendiri untuk konten Podcast Anda. Sebab, dengan adanya transkrip ini, tentu bisa memudahkan mesin pencari menemukan konten Anda jauh lebih detail dan akurasi yang tinggi.

 

Anda bisa menggunakan beberapa web untuk membantu dalam pembuatan transkrip manual ini, di antaranya Otranscribe, Express Scribe, FTW Transcriber, Inqscribe, dan Transcribe.

 

  1. Aktifkan Schema Markup

Jangan lupa, saat Anda melakukan online marketing campaign, Anda dapat mengaktifkan Podcast agar muncul di Google Penelusuran dan Google Podcasts. Caranya, gunakan schema.org dan juga PodcastEpisode markup. Dengan mengaktifkan schema markup ini, maka akan meningkatkan rasio klik tayang atau click through rate (CTR) pada konten Podcast Anda.

 

 

  1. Submit Podcast Anda

Langkah terakhir agar Podcast Anda mudah ditemukan di platform lain seperti Google Podcast ataupun Spotify, submit dengan cara membuat link RSS Feed terlebih dahulu. Link RSS Feed merupakan url yang digunakan untuk menghubungkan aggregator tempat Anda mengunggah Podcast dari satu platform ke platform lain, sehingga tidak perlu membuat Podcast secara berulang. Anda hanya perlu menggunakan satu platform saja dan melakukan submit konten Podcast dengan mudah.

 

Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan Podcast agar mendapatkan posisi terbaik di search engine. Jangan lupa pelajari pula analitik di Podcast untuk mendapatkan data insight yang akan mendukung Anda menetapkan strategi konten yang tepat sasaran. Dengan merebut posisi terbaik di search engine, maka Anda tidak perlu kesulitan lagi mencari audiens organik. Audiens akan datang dengan sendirinya melalui pencarian dari kata kunci yang mereka lakukan melalui mesin pencari. 

 

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mempromosikan produk Anda di Podcast? Jika ya, coba lakukan langkah-langkah di atas agar akun Podcast Anda lebih cepat dikenal oleh calon pelanggan. Jika Anda membutuhkan bantuan dari profesional, bekerja sama dengan salah satu creative media agency menjadi pilihan yang bagus.