MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Search Engine dan SERP Sama Tidak?

28 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 3.707  
SEO & SEM

redcomm

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan search engine? Yang dimaksud dengan search engine adalah alat atau sistem yang membantu pengguna mencari dan menemukan informasi di internet. Contohnya, misalnya Google, Yahoo, Bing, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan lengkap mengenai search engine, fiturnya, dan beda search engine dengan SERP.

Pengertian Search Engine

Apa itu search engine? Pengertian search engine adalah alat atau sistem perangkat lunak yang membantu pengguna internet mencari dan mendapatkan berbagai informasi atau data berdasarkan kueri atau kata kunci yang digunakan.

Jadi, Anda sebagai pengguna internet cukup memasukkan kata kunci / query tertentu untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Nanti search engine akan mencarikannya, kemudian menampilkan sejumlah link pada halaman hasil pencarian yang dianggap relevan dengan pencarian Anda.

Pengertian SERP

SERP singkatan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine berdasarkan kata kunci yang digunakan oleh pengguna internet saat mencari informasi atau data tertentu. 

Bisa dikatakan SERP adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine dan isinya sudah melalui proses penentuan peringkat dan relevansi dengan kebutuhan pengguna.

Hubungan Search Engine dan SERP

Setelah membaca dua pengertian di atas, bisakah Anda melihat hubungan antara search engine dengan SERP? Secara sederhana, search engine menggunakan berbagai komponen yang dimilikinya untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi yang nantinya akan muncul pada SERP. 

Namun, informasi atau data yang bisa tampil di SERP hanyalah informasi yang sudah disaring berdasarkan aturan dan algoritma terbaru. Artikel, konten, bahkan situs yang tampil di SERP juga sudah harus memiliki struktur dan kaidah SEO yang baik. 

Selain itu, sumber informasinya harus terpercaya dan memiliki relevansi yang kuat dengan kebutuhan pengguna.

Komponen dan Fitur Search Engine

1. Query Interface

Query interface adalah antarmuka atau tampilan awal pada mesin pencari yang digunakan untuk mengirimkan dan memproses permintaan atau pertanyaan (query) ke sistem atau program.

Secara umum, tampilan ini akan muncul ketika Anda membuka suatu situs pencarian. Anda akan menemukan kotak pencarian di mana Anda bisa mengetikkan pertanyaan, kueri, atau kata kunci tertentu. 

2. Query Engine

Query engine adalah bagian dari sebuah sistem yang bertanggung jawab untuk memproses dan mengeksekusi query yang diberikan oleh pengguna, mencari, dan mengambil dokumen atau informasi yang relevan, dan menghasilkan hasil pencarian yang sesuai. 

Bisa dikatakan, query engine pada mesin pencarian merupakan jembatan penghubung antara pengguna dengan data yang tersimpan dalam database, sehingga pengguna bisa mengakses data dengan mudah dan cepat. 

3. Spider

Tugas dari komponen bernama spider pada mesin pencari adalah memperbarui data-data dari berbagai situs, baik yang lama maupun baru. Komponen ini akan melacak semua artikel sampai dengan kata kunci dari semua situs di internet.

4. Crawler

Crawler dan spider adalah dua komponen yang sangat mirip. Crawler dibuat untuk mengunjungi, merambati isi dari suatu situs, dan melakukan indexing. Bekerjanya bisa secara menyeluruh pada keseluruhan isi situs maupun secara khusus atau spesifik pada bagian tertentu dalam situs. 

5. Indexer

Indexer bertugas sebagai penampung dari semua informasi yang didapatkan oleh search engine. Pada indexer, semua data disiapkan sebelum ditampilkan di halaman hasil pencarian. 

Dengan adanya indexer, search engine memiliki waktu yang lebih cepat untuk menemukan data yang relevan dengan kata kunci yang digunakan pengguna untuk mencari informasi.

6. Database

Database adalah tempat di mana semua data atau informasi pada internet tersimpan.

7. Web Server

Web server adalah program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan menyajikan halaman web kepada pengguna di internet. 

8. Result Engine

Result engine adalah bagian dari program yang bertanggung jawab untuk memproses data dan menghasilkan output yang relevan, akurat, dan bisa dipercaya berdasarkan query yang diberikan pengguna.

Fitur SERP

1. PPC (Pay per Click)

Fitur ini dapat membantu menaikkan artikel pada halaman pertama mesin pencarian. Namun, ini bukanlah fitur yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma, karena ada biaya yang perlu dibayar untuk bisa menggunakan fitur ini. 

Sebagai pemilik situs, Anda tidak bisa hanya mengandalkan fitur PPC. Anda tetap harus tahu cara menaikkan peringkat situs ke halaman pertama pencarian secara organik yang hasilnya bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

2. Shopping Result

Fitur shopping result biasanya muncul ketika Anda mencari kata kunci yang memiliki search intent commercial, baik itu merek dagang maupun produk dengan spesifikasi tertentu. 

Pada shopping result akan terlihat sebagian informasi berkaitan dengan kata kunci lengkap dengan situs penjualnya. 

3. Organic Search Intent

Anda tidak perlu membayar agar bisa menikmati fitur organic search intent. Sebab, Anda cukup membuat konten yang otentik, unik, informatif, dan menerapkan kaidah SEO. Pastikan konten organik buatan Anda dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan sesuai dengan kueri yang sering mereka gunakan.

4. Featured Snippets

Featured snippets merupakan fitur search engine yang akan memunculkan informasi pada suatu situs pada ranking nol (0). Posisinya sudah pasti berada pada paling atas halaman hasil pencarian, lengkap dengan ringkasan pada artikel atau konten yang mendapatkan featured snippets.

5. Google Knowledge Panel

Fitur Google Knowledge Panel adalah bagian sebelah kanan halaman pencarian. Umumnya, panel di sebelah kanan halaman pencarian akan memunculkan ringkasan informasi penting saat pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu.


Pengetahuan mengenai search engine dan SERP termasuk pengertian, cara kerja, dan fitur-fiturnya, harusnya memberi Anda gambaran betapa pentingnya melakukan optimasi pada situs maupun isi situs secara keseluruhan. Tujuannya, agar bisa tampil di halaman hasil pencarian dan bisa ditemukan oleh audiens dengan mudah. 

Untuk itu, alangkah bagus kalau Anda juga mempelajari cara kerja Google search secara lengkap, sehingga memperbesar peluang situs Anda tampil di halaman pertama pencarian. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di sini: Memahami Cara Kerja Google Search untuk Optimasi Web.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER