MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Hati-hati Jasa SEO Murah & Bergaransi dan Tips Memilih yang Bagus

20 Apr  · 
4 min read
 · 
eye 7.465  
SEO & SEM

redcomm

Situs web bisnis menjadi “wajah” perusahaan yang harus mudah ditemukan calon pelanggan. Maka salah satu strateginya bisa dengan menerapkan teknik SEO. Sayangnya, tak semua penyedia jasa SEO bisa memberikan hasil yang bagus. Simak di artikel ini bahaya sekaligus tips memilih penyedia jasa SEO yang berkualitas

Bahaya Jasa SEO Murah & Bergaransi

Ketika menemukan iklan jasa SEO murah dan bisa memberikan garansi hasil, tentunya menjadi penawaran menarik yang tak boleh dilewatkan, kan? Namun sebelum Anda tergiur dengan harganya yang murah, pertimbangkan beberapa bahaya berikut:

1. Penggunaan Teknik Black Hat SEO

Banyak penyedia jasa SEO murah menggunakan praktik-praktik Black Hat SEO yang melanggar pedoman Google. 

Black Hat SEO adalah praktik SEO yang menggunakan teknik-teknik manipulatif demi mendapatkan hasil yang bagus, cepat, dan dalam waktu singkat.

Tetapi karena tidak sesuai dengan pedoman yang ditetapkan mesin pencari, seperti Google, website yang menggunakan teknik ini berisiko terkena sanksi dari mesin pencari, mulai dari penurunan ranking, hingga dihapus sama sekali dari hasil pencarian. 

Ini jelas sangat merugikan lho.

2. Kualitas Konten yang Buruk

Salah satu pilar utama dalam penerapan strategi SEO yang baik adalah perencanaan dan produksi konten yang berkualitas. 

Fakta yang banyak terjadi di luar sana, kebanyakan penyedia jasa SEO murah dan bergaransi cenderung mengabaikan aspek ini dan hanya berfokus pada optimasi teknis saja.

Mereka pada akhirnya hanya membuat konten yang berkualitas buruk, tidak menjawab user frustration, tak sesuai search intent, isi konten menyalin konten dari situs lain, bahkan membuat konten yang tidak relevan dengan bisnis Anda. 

Dampak buruk akibat kualitas konten yang buruk tidak hanya membuat peringkat situs menjadi rendah, bahkan bisa merusak reputasi bisnis. Duh, jangan sampai ini terjadi ya.

3. Tidak Mengikuti Update Algoritma Terbaru

Cukup banyak penyedia jasa SEO yang bersikukuh bahwa strateginya yang paling berdampak signifikan. 

Mereka sepertinya lupa kalau algoritma mesin pencari seperti Google akan secara rutin melakukan pembaharuan demi memberikan kualitas layanan yang baik.

Jika strategi SEO yang digunakan tidak sesuai dengan algoritma terbaru mesin pencari, jelas performa situs web bisnis juga akan mengalami penurunan.

4. Kurangnya Transparansi dan Komunikasi

Penyedia jasa SEO murah seringkali kurang transparan dalam memberikan laporan mengenai pekerjaan yang dilakukan dan hasil yang dicapai.

Bahkan ada banyak di antara mereka yang hanya menunjukkan peringkat situs di SERP, namun tidak memperhatikan data dan insight lengkap, seperti traffic, view, engagement, bounce rate, atau issue teknis yang mesti mendapatkan perhatian.

5. Kurangnya Analisis dan Pelaporan

Jasa SEO murah kebanyakan hanya berfokus pada keyword ranking, sehingga aktivitas analisis dan pelaporan menjadi sangat minim.

Padahal tanpa pemantauan, analisis, dan pelaporan yang komprehensif dan rutin, akan sulit mengetahui apakah strategi yang diterapkan berjalan efektif atau tidak.

Akibat lanjutan dari kurangnya analisis ini adalah hasil dari SEO hanya sebentar dan tidak berkelanjutan. Bisa jadi keyword tertentu berada pada posisi teratas untuk sesaat, dan tidak bertahan lama.

Alih-alih salah pilih dan malah bekerja sama dengan penyedia jasa yang salah, lebih baik bekerja sama saja dengan digital agency Indonesia seperti Redcomm Indonesia. 

Untuk diketahui, Redcomm Indonesia adalah digital agency yang berkantor di Jakarta dan berhasil meraih gelar Agency of The Year 6 Tahun berturut-turut sejak tahun 2018, dan menyelenggarakan lebih dari 1000 campaign digital. Hubungi mereka dengan klik Kontak Redcomm.

7 Tips Memilih Jasa SEO Murah dan Bergaransi

 Meskipun ada bahaya terkait pemilihan jasa SEO murah yang kurang tepat, bukan berarti Anda harus menghindarinya. Sebab, masih banyak kok penyedia jasa SEO yang berkualitas. Supaya tidak salah pilih, coba terapkan beberapa langkah berikut saat memilih jasa SEO:

1. Pelajari Portofolio Penyedia Jasa SEO

Sebelum memutuskan menggunakan jasa SEO tertentu, pelajari portofolio mereka dan mintalah contoh hasil kerja sebelumnya.

Cara lain untuk mengetahui hasil kerja dari penyedia jasa SEO, mintalah referensi dari orang yang pernah menggunakan jasanya.

Dengan cara ini, Anda bisa tahu apakah penyedia jasa SEO memang berpengalaman atau tidak.

2. Tinjau Situs Web Jasa SEO Murah

Untuk membuktikan kinerja penyedia jasa SEO murah, Anda juga bisa meninjau situs web mereka.  Apa yang tampil di situs tersebut bisa memberikan gambaran kepada Anda tentang:

  • Apakah penyedia jasa menggunakan teknik black hat atau tidak? Jika situs mereka tidak muncul di hasil pencarian, kemudian besar mereka menggunakan teknik ini.
  • Bagaimana kualitas konten yang mereka hasilkan?
  • Apakah ada review dari pengguna jasa lainnya?
  • Performa website secara umum di hasil pencarian.

Perlu Anda tahu, penyedia jasa SEO yang profesional pasti memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang berpengalaman di bidang SEO. Jadi jelas website official mereka seharusnya juga terkelola dengan baik dan punya performa SEO yang bagus.

3. Menawarkan Harga yang Masuk Akal

Penting untuk selalu waspada dan berhati – hati dengan penyedia jasa yang menawarkan harga terlalu murah, atau bahkan sangat mahal. 

Harga murah memang sangat menggoda bagi sebagian orang. Sebab, sudah menjadi kodrat manusia yang selalu menginginkan sesuatu yang murah, sehingga mereka hanya mengeluarkan sedikit uang untuk kebutuhannya. 

Sementara harga mahal pun bisa mempengaruhi pikiran seseorang, karena banyak yang menganggap kalau harga mahal pasti kualitasnya bagus pula.

Padahal yang sebenarnya, harga bukan patokan yang bisa diandalkan ketika memilih penyedia jasa SEO. Ada baiknya, Anda bandingkan dulu harga dari beberapa penyedia jasa SEO dan pertimbangkan dengan cermat apa yang termasuk dalam paket yang mereka tawarkan.

4. Pertimbangkan Reputasi dan Pengalaman dari Testimoni dan Review

Untuk tahu seberapa lama jasa SEO sudah beroperasi dan seberapa berpengalaman mereka di bidang SEO, Anda bisa melihat dari testimoni dan review dari pengguna jasa mereka sebelumnya.

Testimoni dari pelanggan menjadi hal penting untuk diperhatikan sebelum membuat keputusan. Namun juga harus diingat, ada beberapa perusahaan penyedia jasa SEO yang membuat testimoni palsu di website mereka. Jadi, bagaimana?

  • Baca dulu testimoni yang berhasil Anda dapatkan, baik dari website penyedia jasa SEO murah, dari postingan di media sosial, dan sebagainya.
  • Cari pembanding lain, misalnya review atau ulasan yang tersedia di internet. 
  • Tambahan informasi lainnya yang bisa Anda coba dapatkan untuk memperkuat informasi yang sudah ada, bertanyalah ke teman atau relasi yang sudah pernah menggunakan jasa mereka.

5. Fasilitas Audit & Analisis Website

Penyedia jasa SEO profesional pasti akan dengan senang hati memberikan layanan audit dan analisis singkat secara gratis mengenai performa situs web Anda, termasuk tingkat persaingan untuk kata kunci yang ingin dibidik. 

Oleh karenanya, tanyakan ketersediaan fasilitas ini dan pastikan penyedia jasa mau memberikan layanan tersebut. Secara tidak langsung, cara ini membantu Anda mendapatkan cara kerja mereka dalam implementasi strategi SEO.

6. Metode Kerja, Cara Berkomunikasi, dan Layanan Lainnya

Sebelum deal untuk menggunakan jasa SEO tertentu, coba ajukan berbagai pertanyaan terkait teknis SEO yang akan mereka terapkan. 

Ini cara terbaik untuk memastikan mereka tidak akan menerapkan teknik-teknik manipulatif yang membahayakan situs web bisnis milik Anda.

Lalu, perhatikan cara mereka berkomunikasi. Komunikasi yang jelas dan terbuka menjadi kunci sukses kerja sama. 

Komunikasi pula yang nantinya berpengaruh besar pada ketersediaan laporan berkala tentang hasil kerja, mudah tidaknya mereka dihubungi, dan apakah mereka proaktif menghubungi Anda ketika terjadi masalah.

7. Tidak Memberikan Janji yang Berlebihan

Tak bisa dipungkiri, ada banyak penyedia jasa SEO yang mengatakan jasa mereka yang terbaik dan bisa membuat website bisnis berada di page one.

Padahal di tahun 2024 ini, sudah tidak ada lagi page one di Google, karena Google sudah menerapkan infinity scroll. Kalo masih ada yang menjanjikan hal ini, jelas ini hanya janji semu.


Nah, Anda sudah tahu bahaya jasa SEO murah dan tips memilih jasa SEO profesional berkualitas. Atau kalau mau lebih murah, Anda bisa kok belajar sendiri berbagai teknik SEO. Caranya, pelajari dulu Jenis Konten SEO yang Ampuh Menaikkan Page Rank di Mesin Pencari dan Cara Riset Keyword yang Benar untuk Memenangkan Hasil Pencarian.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER