MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Google Ranking Factor: Apa Itu & Faktor Peringkat Google yang Penting

23 May  · 
3 min read
 · 
eye 1.824  
SEO & SEM

redcomm

Google ranking factor adalah faktor-faktor yang digunakan Google untuk menentukan peringkat website di SERP. Cari tahu yuk, apa itu Google ranking factor dan faktor peringkat Google yang penting di artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Google Ranking Factor?

Google Ranking Factor adalah berbagai faktor atau informasi yang digunakan oleh algoritma Google untuk menentukan peringkat suatu halaman web sehingga dapat tampil di SERP atau hasil pencarian. 

Salah satu faktor penting yang akan dilihat Google yaitu seberapa baik dan lengkap suatu halaman web menjawab kueri yang dimasukkan audiens di mesin pencari.

Contoh: salah satu pengguna internet memasukkan kata kunci “digital marketing agency Jakarta”. 

Jika halaman website Anda mengulas tentang digital marketing agency Jakarta secara lengkap dan bisa menjawab kueri yang digunakan oleh audiens, maka halaman situs web Anda akan muncul setiap pengguna internet menggunakan kata kunci tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Google dalam menentukan peringkat, antara lain kualitas konten, search intent, relevansi konten, loading speed website, struktur web, dan masih banyak lagi. Lanjutkan membaca untuk tahu faktor yang menentukan peringkat situs di SERP.

5 Faktor Penting dalam Google Ranking Factor

1. Konten Berkualitas Tinggi

Pernah dengar istilah “content is king” kan? Meskipun banyak yang menganggap istilah ini merupakan teknik SEO lama, tetapi hingga hari ini konten tetap menjadi faktor penting yang akan menentukan kualitas website Anda secara keseluruhan. 

Artinya, konten berkualitas tinggi menjadi salah satu faktor terpenting dalam peringkat Google. Konten yang berkualitas itu seperti apa? Ya, jelas konten yang informatif, segar, unik, serta isinya relevan dengan kebutuhan audiens. 

Untuk itu, buatlah konten yang bermanfaat, original, dan relevan dengan kueri yang banyak digunakan audiens. Lakukan riset kata kunci yang tepat dan masukkan di dalam konten secara cerdas, sehingga audiens dan juga Google memahami topik dan relevansi konten Anda. 

Semakin berkualitas konten Anda, semakin besar kemungkinan situs Anda mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian Google.

2. Search Intent and Content Relevancy

Search intent adalah maksud atau tujuan audiens melakukan pencarian. Apakah untuk menemukan solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi, atau mencari informasi agar bisa memahami suatu topik? 

Nah, Anda perlu memahami tujuan pencarian yang dilakukan audiens kemudian baru membuat konten yang relevan dengan kebutuhan mereka. Kenapa hal ini penting?

Untuk menentukan peringkat di SERP, Google akan melihat search intent audiens, kemudian mencocokkannya dengan konten di suatu website. Jika konten Anda relevan dengan maksud pencarian yang dilakukan audiens, jelas konten Anda akan ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian.

Supaya lebih paham, perhatikan contoh berikut: audiens mengetikkan kata kunci “buah tinggi sehat”. Ada beberapa kemungkinan audiens mengetikkan kata kunci tersebut, seperti:

  • Audiens sedang mencari informasi manfaat buah tinggi sehat (search intent: informational)
  • Buah tinggi sehat bisa berarti berbagai jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi (search intent: navigational)
  • Bisa jadi audiens ingin membeli buah tinggi serat (search intent: commercial)

Ada 3 jenis search intent yang bisa ditemukan dari kata kunci yang sama. Maka mau tidak mau Anda mesti menyesuaikan jenis konten dengan ketiga search intent tersebut agar relevan dengan tujuan pencarian yang dilakukan audiens. 

Di saat yang sama, pastikan juga konten tersebut relevan dengan bisnis Anda. Jangan sampai website bisnis Anda mengenai alat berat, tapi kontennya berisi tentang buah-buahan. Ingin tahu lebih banyak tentang search intent? Anda bisa membacanya di artikel tentang Konten SEO.

3. Loading Speed dan Mobile Friendly

Faktor berikutnya yang akan menentukan bagus tidaknya peringkat situs di mesin pencari, yaitu berkaitan dengan kecepatan muat situs atau loading speed.

Jika situs Anda lemot, sulit dibuka, bahkan butuh waktu lama menunggu hingga seluruh isi halaman terlihat jelas, sudah pasti ranking page akan turun. 

Selain loading speed website, faktor lain yang masih berkaitan adalah mobile friendly. Artinya, website harus responsif dan bisa bekerja dengan baik di semua perangkat mobile

Jangan sampai situs tampil bagus dibuka di desktop, namun jadi berantakan ketika dibuka di smartphone dengan layar ukuran 15”, sehingga audiens kesulitan membaca informasi yang ada di website.

4. Struktur Website dan Security

Struktur website yang bagus, logis, dan memiliki menu navigasi yang jelas, akan membantu Google sekaligus audiens memahami hirarki dan kaitan antar informasi di dalam website. Apalagi kalau internal link juga dibangun dengan baik.

Selain itu, situs yang aman dan sudah memiliki sertifikat SSL akan meningkatkan kepercayaan audiens untuk berkunjung ke website Anda. Itulah sebabnya, pastikan situs web memiliki sekuritas yang bagus, rutin melakukan pembaharuan software, dan aman bagi audiens.

Kedua faktor di atas menentukan page rank atau peringkat situs di halaman hasil pencarian search engine.

5. Optimasi Keyword

Optimasi kata kunci adalah teknik yang penting dalam strategi SEO. Anda perlu memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan topik konten. 

Penggunaannya pun harus alami dan tidak berlebihan. Sebab, spamming keyword hanya akan membuat halaman situs Anda buruk di mata Google.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk optimasi kata kunci? Berikut beberapa di antaranya:

  • Masukkan kata kunci pada tag judul.
  • Buat meta deskripsi dan tambahkan keyword supaya audiens memiliki gambaran yang jelas mengenai isi konten.
  • Kata kunci juga perlu dimasukkan dalam ALT Image dan anchor text.
  • Alih-alih spam keyword, lebih baik gunakan Latent Semantic Indexing (LSI).


Google ranking factor adalah faktor-faktor yang digunakan Google untuk menentukan posisi suatu situs di mesin pencari. Jika Anda masih butuh lebih banyak informasi mengenai faktor lain yang mempengaruhi posisi website di SERP, lanjutkan membaca artikel berikut: 21 Google Ranking Factor yang Wajib Kamu Perhatikan di Tahun 2023.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC

redcomm
26 May
·
2 min read
·
eye 10.431 views
SEO & SEM
redcomm
28 Feb
·
3 min read
·
eye 3.680 views
SEO & SEM