MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Keuntungan Menggunakan Long-Tail Keywords yang Wajib Kamu Tahu

13 Feb  · 
6 min read
 · 
eye 732  
SEO & SEM

redcomm

Long-tail keywords adalah kunci sukses yang bisa bikin situsmu lebih bersinar di dunia maya. Ini lebih spesifik dan biasanya lebih panjang dibanding kata kunci umum. 

Meski traffic pencarian mereka tidak sebanyak kata kunci umum, tapi nilai konversinya lebih tinggi karena lebih spesifik. 

Ini yang bikin mereka bisa meningkatkan traffic situsmu secara perlahan tapi pasti dan membantu mendatangkan audiens baru. 

Ranking untuk long-tail keywords jauh lebih mudah karena jumlah situs yang bersaing untuk mereka lebih sedikit dibanding kata kunci umum. 

Semakin panjang dan terarah kata kunci yang kamu gunakan, semakin mudah juga meraih ranking di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Orang yang mendarat di situsmu melalui mereka sangat mungkin untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Yuk, kita ungkap 5 alasan mengapa long-tail keywords patut jadi andalan strategi pemasaranmu!

1. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Mengapa harus menggunakan long-tail keywords? Jawabannya sederhana: mereka membantumu menyasar audiens yang tepat tanpa perlu kerja keras berlebihan. 

Long-tail keywords lebih berguna untuk mencari informasi spesifik, sehingga perusahaan sering mengalami tingkat konversi yang lebih tinggi ketika menggunakannya.

Contohnya, jika kamu mencari jasa marketing untuk produkmu, pencarian dengan kata kunci "marketing agency" mungkin akan memberikan hasil yang terlalu umum. 

Tetapi dengan long-tail keywords seperti "perusahaan agency digital marketing di Jakarta, Indonesia," kamu bisa menemukan marketing agency spesialis dalam dunia digital yang beroperasi di kota kamu.

Keunikan ini juga membuat pembeli potensial membuat keputusan pembelian dengan lebih cepat.

2. Membantu Halaman Baru Cepat Muncul, Meskipun Otoritas Rendah

Google menilai halaman web berdasarkan berbagai faktor, termasuk otoritas online

Beberapa raksasa industri mendominasi peringkat untuk kata kunci dengan persaingan tinggi karena halaman mereka memiliki otoritas lebih tinggi melalui backlink.

Jika situsmu baru atau kurang memiliki backlink, hasil yang diinginkan mungkin sulit dicapai meskipun kualitas kontennya bagus

Untungnya, long-tail keywords dengan istilah pencarian yang lebih tepat dapat membantu. Namun, untuk hasil maksimal, kontennya harus sangat relevan dan lebih baik menjawab pertanyaan pencarian dibandingkan halaman lain.

Ingatlah bahwa kata kunci ini kurang kompetitif, sehingga kamu bisa meraih peringkat tanpa perlu banyak backlink.

Long-tail keywords seringkali juga mencakup short-tail keywords terkait untuk meningkatkan peringkat.

Kombinasi ini memungkinkan kamu mencapai kedua tujuanmu: peringkat untuk kata kunci umum dan long-tail keywords yang lebih terfokus.

3. Lebih Efektif untuk Pencarian Suara

Penting untuk mempertimbangkan cara orang melakukan pencarian online. Saat menggunakan pencarian suara, orang cenderung memasukkan pertanyaan ke bar pencarian, menghasilkan kata kunci yang lebih panjang.

Dengan adanya asisten suara seperti Siri dan Alexa, elemen percakapan semakin memikat. 

Orang yang melakukan pencarian suara untuk mencari informasi biasanya menggunakan long-tail keywords karena mereka kemungkinan besar mencari layanan spesifik. 

Oleh karena itu, mereka dapat dianggap sebagai pengguna dengan niat tinggi, yang secara tepat menjadi target yang perlu kamu tuju.

4. Membantu Optimalkan Strategi Blog

Peningkatan peringkat situsmu bisa signifikan dengan rutin update konten. Cara termudah melakukannya adalah dengan menjaga blog yang memenuhi ekspektasi dan kebutuhan target audiensmu.

Jangan merasa cemas dengan ide dari mana memulai, long-tail keywords bisa membantumu. 

Mereka memberi wawasan tentang kebiasaan pencarian audiensmu, sehingga kamu dapat membuat konten berharga yang mengatasi masalah dan kebutuhan mereka dengan menggunakan long-tail keywords yang sangat terarah.

5. Membuat Konten Personal dan Meningkatkan Visibilitas

Mari lihat bagaimana long-tail keywords membantu membangun konten yang hebat. Empat hingga lima kata yang membentuk long-tail keywords bersifat tepat dan deskriptif. 

Biasanya, long-tail keywords mencakup istilah deskriptif seperti jenis kelamin, kewarganegaraan, dan lokasi geografis, di sekitar mana kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens spesifikmu.

Keunikan ini dapat kamu manfaatkan, karena konten yang dibuat dengan fokus pada kata kunci tersebut umumnya relevan dengan kebutuhan target audiensmu. Pemasaran kontekstual memungkinkan kamu lebih fokus pada strategi kontenmu.

Google mempersonalisasi hasil pencarian untuk long-tail keywords berdasarkan lokasi, usia, dan minat. 

Artinya, dua pengguna dapat menerima hasil yang berbeda untuk kata kunci yang sama. Karena long-tail keywords lebih spesifik, mereka dapat membantumu mengoptimalkan website-mu untuk menarik berbagai tipe pencari.

Juga, karena persaingannya lebih sedikit, long-tail keywords lebih mudah untuk diperingkatkan. 

Search Engine Land memperkirakan bahwa 70% traffic pencarian web berasal dari pencarian long-tail keywords

Meskipun mudah diabaikan dalam strategi pemasaran, jangan lupakan bahwa ketika kamu tidak memfokuskan perhatian pada mereka, kamu melewatkan peluang besar untuk mengarahkan traffic web berkualitas ke situsmu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengapa long-tail keywords itu penting. Tenang saja, kontenmu tidak akan terlupakan, karena luasnya World Wide Web membuatnya tidak sulit untuk menemukan penonton untuk niche spesifikmu. 

Dan ingat, untuk hasil yang diinginkan, jangan hanya fokus pada satu kata kunci. Lebih baik fokus pada beberapa long-tail keywords sekaligus. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan volume traffic keseluruhan yang lebih tinggi untuk situsmu. Ketahui juga, 7 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER