Apakah Anda ingin artikel maupun halaman di situs web milik Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian? Jika iya, salah satu caranya Anda mesti mengoptimalkan penggunaan meta description.
Apakah Anda ingin artikel maupun halaman di situs web milik Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian? Jika iya, salah satu caranya Anda mesti mengoptimalkan penggunaan meta description.
Mengapa hal ini penting? Sebab Google secara otomatis akan mengambil cuplikan halaman web berdasarkan permintaan pencarian, konten pada halaman, dan juga meta description.
Oleh sebab itu, cari tahu dan pelajari tentang definisi, manfaat, dan ciri meta description yang SEO friendly di artikel ini, yuk.
Meta description adalah tag HTML yang memberikan ringkasan singkat tentang isi dari suatu halaman web.
Deskripsi singkat ini biasanya akan muncul di bawah judul halaman dan URL, serta memberi gambaran kepada audiens tentang apa yang akan mereka dapatkan dari halaman tersebut.
Meskipun meta description tidak secara langsung memengaruhi peringkat halaman di SERP, deskripsi ini sangat penting untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan rasio klik tayang atau Click Through Rate (CTR) dari hasil pencarian.
Meta description memiliki beberapa manfaat penting dalam upaya pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut beberapa manfaat utama dari meta description:
Meta description yang menarik dan relevan dapat meningkatkan rasio klik tayang (CTR) dari hasil pencarian.
Ketika audiens mencari informasi di mesin pencari seperti Google, mereka melihat meta description sebagai ringkasan singkat tentang isi halaman.
Deskripsi yang ditulis dengan baik dan menggambarkan konten secara akurat cenderung lebih menarik perhatian pengguna, yang akhirnya mendorong mereka mengklik tautan dan mengunjungi situs web Anda.
Karena isi meta description adalah informasi singkat tentang isi halaman, maka audiens akan terbantu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.
Meskipun meta description tidak secara langsung memengaruhi peringkat SEO, penggunaannya yang efektif dapat memudahkan Google memahami isi halaman, sehingga Google bisa lebih cepat melakukan indexing dan ranking.
Lalu semakin relevan meta description dengan isi halaman, semakin besar kemungkinan Google merekomendasikan website Anda kepada audiens di halaman pencarian. Dengan catatan penentuan posisi ini sesuai dengan Google Ranking Factors.
Hal inilah yang kemudian bisa menjaring banyak pengunjung, meningkatkan traffic website, dan merupakan sinyal yang baik dalam meningkatkan nilai engagement serta angka konversi.
Meta deskripsi yang relevan dan akurat dapat menarik pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten Anda.
Lalu saat isi halaman memang berkualitas, audiens bisa saja berada lebih lama di halaman tersebut sehingga meningkatkan dwell time, atau menjelajahi lebih banyak konten.
Inilah yang kemudian membantu mengurangi bounce rate (tingkat pentalan), yang merupakan indikator pengguna meninggalkan situs segera setelah tiba, karena halaman tidak memenuhi kebutuhan atau harapan mereka.
Konsistensi dalam pembuatan meta description yang menarik dapat membantu memperkuat citra merek di mata pengguna.
Apalagi kalau Anda bisa memasukkan elemen-elemen brand, seperti nada bicara atau pesan utama ke dalam deskripsi, Anda dapat membantu membangun kesan yang kuat tentang brand Anda di seluruh hasil pencarian.
Panjang karakter yang digunakan dalam meta description yang baik seharusnya tidak lebih dari 155 karakter. Anda bisa menggunakan tools penghitung karakter, seperti Word Counter.
Meski sebenarnya tidak ada batasan yang disarankan, namun Anda perlu mematuhinya agar tidak ada kalimat yang terpotong, yang dapat merusak angka CTR.
Google sendiri menampilkan meta description bergantung pada berbagai faktor, seperti:
Tips agar meta description memberi hasil maksimal adalah dengan menulis informasi penting di awal kalimat.
Saat ini banyak orang yang mengandalkan Google dalam mengatasi permasalahan mereka. Audiens mencari solusi melalui bantuan Google dengan cara mengetikkan keyword yang sesuai dengan problem mereka.
Di sisi lain, meta description yang berisi keyword membuat halaman tersebut lebih diutamakan. Meski penempatan keyword di meta description tidak memberi manfaat secara langsung dari segi SEO, tetapi minimal Anda bisa menarik perhatian audiens sehingga mereka melakukan klik.
Apalagi biasanya Google akan menebalkan frasa atau kata yang merupakan kata kunci sehingga memudahkan pengguna memindai konten yang mereka butuhkan.
Memasukkan CTA akan membuat meta description menjadi persuasif. Cara ini juga dapat meningkatkan peluang orang melakukan klik. Maka gunakan Call to Action (CTA) yang spesifik, misalnya:
Anda bisa mempelajari lebih detail mengenai CTA dengan mencari tahu tentang Jenis CTA dan Penggunaannya, atau baca juga Contoh CTA yang Efektif dan Faktor Pendorong Terjadinya Klik.
Ingat, meta description adalah kalimat yang menggambarkan isi konten dengan jumlah karakter yang dibatasi sehingga Anda harus bisa membuat kalimat yang detail, lengkap, efektif, namun tetap singkat.
Anggap saja meta description sebagai undangan. Maka buatlah kalimat yang membuat pembaca menerima atau mau mengunjungi undangan yang Anda berikan.
Tulis deskripsi yang atraktif, menggunakan kalimat aktif, dan jangan terlalu samar. Orang harus tahu apa yang akan mereka dapatkan saat mengklik tautan.
Mencantumkan informasi penting dalam meta description akan membuat Audiens menilai konten Anda relevan dan menarik.
Apalagi jika Anda menulis konten untuk halaman produk, mau tidak mau Anda harus bisa menuliskan deskripsi produk lengkap dengan spesifikasinya.
Selain itu, harus ada nama dan model produk, ketersediaan stok, fitur yang menarik, promo dan pilihan pengiriman, atau benefit lain yang bisa audiens dapatkan.
Meta description wajib dibuat berbeda antara satu sama lain karena akan tampak tidak menarik bila semua halaman memiliki deskripsi yang sama.
Ada cukup banyak pula praktisi SEO yang berpendapat, alih-alih membuat deskripsi yang sama, lebih baik dikosongi saja bagian meta description. Nanti Google yang akan membuatkan cuplikan sesuai relevansi konten.
Meski tidak berdampak langsung pada SEO, pembuatan meta description tidak boleh Anda lewatkan karena akan memberi keuntungan secara tidak langsung pada performa website. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Baca penjelasan lengkapnya di artikel berjudul: Tips Membuat Meta Description yang SEO Friendly & Mendatangkan Traffic.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC